instantly-get-song-lyrics-android-with-quicklyric.1280x600

Mendengarkan music merupakan kegiatan yang bisa mengurangi stress, memperkuat daya ingat, dan tentunya bisa belajar bahasa baru. Terkadang bahkan kita akan bersenandung dan menyanyikan lirik lagu yang sedang kita dengarkan. Hal itu menunjukkan betapa sukanya kita terhadap lagu tersebut atau keadaan kita yang tersirat pada tiap liriknya.

Sekarang dengan berbagai macam jenis music kamu bisa mendengarkan beragam lagu melalui smartphone kamu dengan aplikasi music. Spotify dan Joox merupakan salah satu contoh aplikasi music yang paling banyak digunakan oleh masyarakat khususnya remaja. Joox sendiri memiliki kelebihan menyediakan lirik lagu pada setiap lagu yang terdaftar pada aplikasi itu.

Baca juga :

Tapi bagaimana kalau kamu mendengarkan lagu pada aplikasi lain? Atau mendengarkan lagu secara offline yang tidak tersedia liriknya. Akan sangat merepotkan jika kita harus mencari lirik lagu pada browser tiap kali lagu berganti. Sebagai solusi, kali ini Tim Futureloka akan membahas mengenai 10 Aplikasi Lirik Lagu Untuk Android Online dan Offline Atau Tanpa Koneksi Internet Paling Bagus.

Pasti kamu sudah tak sabar untuk mengetahui lebih lanjut mengenai beragam aplikasi ini. Beberapa dari daftar aplikasi lirik lagu memiliki fitur canggih seperti equalizer ataupun sync guna dapat berpadu dengan lagu. Jadi tak perlu takut ketinggalan saat lagu diputar. Nah langsung saja simak penjelasannya.

1. Musixmatch Lyrics

musixmatch_widget2

Pembahasan awal kita mulai dari Musixmatch Lyrics. Aplikasi lirik lagu yang satu ini sudah sangat dikenal akan kemampuannya yang dapat memuaskan pendengar lagu dengan lirik yang tepat dan kemampuan sync nya. Dengan Musixmatch Lyrics kamu bisa mengetahui lirik lagu dari aplikasi seperti  Spotify, Youtube, Pandora, Apple Music, SoundCloud, Google Play Music.

Tak hanya itu kamu juga bisa melihat lirik lagu dengan Musixmatch Lyrics dari layanan streaming favorit kamu. Kamu juga bisa dengan cepat mengakses aplikasi ini dengan adanya widget Floating Lyrics yang berisi track yang kamu putar saat ini. Mencari lirik lagu semakin mudah karena kamu dapat mengetik keyword lagu seperti judul, artist, dan bahkan hanya menggunakan sebaris kata dari lirik yang kamu cari.

musixmatch-music-lyrics-android

Karena bisa terhubung dengan Youtube kamu bisa mengatur posisi sesuai kenyamanan kamu. Fullscreen dan landscape mode adalah posisi yang bisa kamu gunakan pada aplikasi ini ketika menonton video Youtube. Musixmatch Lyrics juga akan memberitahukan kamu jika terdapat pembaruan dari artist favorit kamu. Berbagi lirik lagu favorit bisa dengan fitur LyricsCard dan bergabung dengan Community untuk dapat ikut mentranslate lagu-lagu favorit kamu.

Selain widgetnya, Musixmatch Lyrics juga punya fitur lock screen yang menampilkan informasi lagu yang diputar saat itu dan juga untuk memudahkan melihat lirik disaat smartphone kamu dalam posisi terkunci. Kamuoun tetap bisa mengontrol lirik lagu dengan satu sentuhan saja tanpa harus membuka lock screen smartphonemu.

2. Shazam – Discover Music

Shazam+update

Aplikasi lirik lagu lainnya yang sangat populer jatuh pada Shazam. Shazam sendiri telah didownload oleh miliaran pengguna smartphone. Tentunya aplikasi ini bersifat gratis dan dapat didownload melalui Google Play Store untuk pengguna Android. Dengan mendownload Shazam kamu sudah dapat menikmati indahnya lirik lagu pada video clip, lagu, dan juga streaming.

Untuk kamu free user kamu tak perlu khawatir karena bisa menggunakan Shazam dengan berbagai fitur seperti mengidentifikasi lagu hanya dengan satu sentuhan, menyanyikan lirik berdasarkan lagu atau video, terhubung dengan Spotify dan banyak lagi. Shazam juga menyediakan mode offline tanpa menggunakan internet.

Shazam-follow-artists-iPhone-screenshot-001

Saat pertama kali menggunakan Shazam kamu harus melakukan registrasi dan login. Tujuannya adalah agar semua aktifitas, lagu favorit, dan lirik yang kamu sukai tetap ada walaupun kamu mengganti perangkat atau smartphone. Hanya cukup login pada akun yang sama dan semua data akan tersinkronisasi secara otomatis.

Untuk kamu yang ingin merasakan fitur lebih, tentunya bisa bergabung untuk merasakan menjadi member dengan cara melakukan pembelian. Untuk lagu eksklusif kamu bisa membelinya dengan satu sentuhan pada Google Play Music. Kamu juga bisa membagikan pada dunia lirik lagu yang kamu sukai melalui Facebook, Twitter, WhatsApp, Pinterest, Google+ dan media social lainnya.

3. Genius – Song Lyrics

genius-lyric-matching

Seperti namanya aplikasi lirik Genius sangatlah pintar dalam melayani kamu akan kebutuhan lirik. Bagaimana tidak, pada Genius terdapat fitur canggih yang dapat mendeteksi lagu yang sedang diputar disekeliling kamu. Jadi ketika kamu memasuki sebuah café dengan lagu yang nyaman dan ingin tahu lirik dan judulnya, cukup gunakan Genius dan aplikasi pintar ini akan mendeteksi lagu tersebut.

Saat memutar lagu kamu tak perlu takut ketinggalan karena Genius memiliki fitur highlight pada liriknya. Jadi lagu dan lirik akan tersinkronisasi dan berpadu memudahkan kamu dalam menyanyikan lirik lagu. Lirik lagu yang kamu ingin cari juga bisa dideteksi pada aplikasi pemutar music seperti Spotify, Pandora, Play Music, Soundcloud dan aplikasi lainnya.

genius-android

Genius juga memiliki sekitar 1.7 juta lagu dan diupdate secara berkala. Aplikasi lirik ini juga bisa memberi tahu kamu arti lirik lagu, alasan mengapa penciptanya menggunakan pilihan kata, dan bahkan hal apa yang dilakukan mereka ketika melakukan sesi rekaman. Semua bisa kamu ketahui dengan Genius melalui fitur barunya Behind the Lyrics.

Fitur baru ini diaplikasikan pada Genius sekitar awal tahun 2016. Pada pertama kali peluncuran Behind the Lyrics mengusung tema lagu Hip Hop. Konten pada Behing the Lyrics sendiri berisi fakta unik, anotasi, cerita yang melatar belakangi lagu tersebut, dan informasi lainnya yang membuat kamu kepo. Tunggu apalagi, Genius ini dapat kamu download pada Google Play Store secara gratis.

4. TuneWiki – Lyrics for Music

ellie-664x374

Melihat lirik lagu pada pemutar music dan radio sekarang sudah memungkinkan dengan munculnya TuneWiki. Berlatar belakang hitam TuneWiki ternyata memiliki fitur Lyric Art. Dengan Lyric Art kamu bisa melihat lyric dengan berbagai style dan font yang berbeda sesuai dengan keinginan kamu. Dengan begini pastinya membuat kamu semakin nyaman dalam menyanyikan lagu tersebut. Yang sangat menariknya kamu juga melakukan kostumisasi.

Cukup pilih lagu yang ingin kamu edit liriknya, lalu kamu bisa dengan leluasa memilih background, font, dan warna yang berbeda-beda tiap baris liriknya. Lyric Art yang telah kamu buat bisa kamu bagikan ke teman-teman melalui Facebook, Twitter, tumblr, dan juga link yang telah otomatis dibuat.

tunewiki-screeshots-120604

Tak lupa fitur utama dari aplikasi lirik ini adalah menyediakan berbagai lirik yang kamu cari. Lirik yang tersedia dapat ditranslate menjadi lebih dari 40 bahasa. Lagu pada SD Card juga bisa kamu akses liriknya dengan TuneWiki. Mencari lirik juga mudah dengan hanya mengucapkan sebaris lirik lagu dan dengan cepat akan dicarikan lagu yang kamu maksud.

Pada radio kamu bisa mencari saluran radio yang kamu inginkan dan berdasarkan jenis aliras musiknya. Kamu juga bisa melihat lagu yang sedang populer dan diakses liriknya oleh orang lain. Jangan lupa untuk melakukan follow ketika kamu suka dengan kreasi lirik orang lain agar terus dapat melihat lirik lainnya yang ia buat.

5. Lyrics Mania

71f39f90

Dengan teknologi terintegrasinya Lyrics Mania memiliki jutaan lirik lagu yang bisa kamu cari dengan mudah. Cukup menggunakan MusicID kamu bisa mengidentifikasi lirik lagu yang sedang diputar disekitar kamu dengan cepat. Banyak aplikasi pemutar music seperti Google Play Music dan Spotify yang tidak menyediakan lirik lagu.

Namun dengan Lyrics Mania kamu bisa mengetahui lirik lagu yang sedang kamu putar pada aplikasi pemutar music dan dapat kamu nikmati secara real-time atau bahkan saat streaming. Khusus pada Spotify jangan lupa untuk mengaktifkan pada pengaturan Device Broadcast Status.

6. GOM Audio

a1

Kalu kamu belum pernah mencoba aplikasi yang satu ini, mungkin sekarang merupakan waktu yang tepat untuk mulai mencoba. Alasannya karena GOM Audio memberikan lagu yang berjumlah lebih dari jutaan dan mendukung sistem support sync ke berbagai lagu yang sedang kamu dengarkan. Jadi kamu bisa mendengarkan lagu sambil menyanyikan liriknya melalui GOM Audio.

GOM Audio juga menyediakan podcast populer dan cloud music, kamu pun bisa mendengarkannya langsung atau mendownloadnya. Selain itu GOM Audio juga punya berbagai fitur canggih seperti :

  • Fungsi gesture : untuk menyalakan atau menonaktifkan sync lirik dengan sekali sentuhan dengan waktu yang lama
  • GOM Audio menyediakan berbagai widget yang bisa kamu gunakan dengan leluasa seperti mengatur ukuran, fitur quick play, warna, dan lainnya.
  • Smart Lock Screen yang menyediakan fitur Keep Screen Function, Sync Lyrics, Quick Play, dan Current Playlist.
  • Sync Lyrics Viewer untuk dapat melihat atau mencari lirik saat music diputar.
  • Sync Lyrics Editing yang memungkinkan kamu untuk menyimpan sementara lirik yang telah kamu edit.
  • GOM ID memberi keleluasaan untuk kamu agar dapat mengatur lirik yang kamu sukai supaya tersinkronisasi dari menu Favorites pada GOMPod ke computer kamu.
  • GOM Audio yang menawarkan suara dengan 10 BAND equalizer dan dapat mengubah berbagai suara dengan efeknya seperti control kecepatan Playback dan juga pitch control.
  • GOM Audio juga mendukung penyimpanan cloud seperti DropBox, Google Drive dan OneDrive.
  • Ada juga Timer untuk mengatur waktu untuk menyesuaikan kapan lagu akan berhenti.
  • My Ring Tone bisa kamu gunakan untuk mengubah lagu kesukaan kamu menjadi ringtone.

Banyak sekali ya fitur dari GOM Audio ini. Untuk dapat menggunakannya kamu hanya peril mendownloadnya melalui Google Play Store untuk kamu yang menggunakan Android. Pemakaiannya pun gratis cocok sekali untuk kamu free user.

7. Lyricsmint : Hindi Songs Lyrics

app.lyricsmint.com

Untuk kamu penggemar music India atau Bollywood ternyata tersedia lho aplikasi lirik lagu yang diciptakan khusus untuk memberikan lirik lagu beraliran Hindi atau Bollywood. Aplikasi ini dapat berjalan pada Android minimal versi 2.3 keatas dan mendukung smartphone serta tablet. Kamu akan tetap update berkat teknologi Cloud API Lyricsmint ini.

Beberapa fitur penting yang memudahkan kamu dalam pemakaian aplikasi lirik ini diantaranya terdapat Browser Lyrics untuk mencari lirik lagu yang kamu sukai. Lagu tersebut dapat juga lagu populwe atau lagu non-film. Fuzzy Search berguna untuk memperbaiki ketika terdapat kesalahan pada ejaan lirik yang sedang kamu cari.

lyricsmint_tablet

Dalam penggunaanya kamu akan menemui tampilan yang terkesan simple dan ramah untuk dipandang. Tak perlu lagi sulit mencari menu karena tampilannya yang sederhana. Lirik yang sudah kamu temukan bisa kamu simpan agar nantinya bisa kamu nikmati secara offline. Kamu bisa menyimpan hingga lebih dari 150 lirik lagu.

Kamu juga akan menerima notifikasi secara berkala yang menginformasikan ketika adanya lirik lagu terbaru. Undang teman kamu agar bisa berbagi lagu kesukaan kamu. Lirik yang sedang kamu baca juga bisa kamu bagikan dengan cara menekan tombol share melalui beragam media social.

8. Ambrosia KPop Lyrics

unnamed

Karena sedang boomingnya aliran music KPOP di seluruh dunia, maka developer Ambrosia Designs menciptakan sebuah aplikasi lirik untuk memberikan lirik lagu KPOP. Tak perlu khawatir karena aplikasi lirik ini memberikan lirik lagu dengan berbagai bahasa termasuk bahasa yang telah diterjemahkan agar kamu tak bingung ketika membacanya.

Ambrosia KPop Lyrics menyediakan lebih dari 350 grup KPOP yang akan ditambahkan secara berkala. Jumlah tersebut sudah termasuk grup band terkenal seperti Girl’s Generation, EXO, Shinee, dan lainnya. Untuk menikmati lirik ini kamu bisa menggunakan internet secara online ataupun secara offline. Tentunya aplikasi ini gratis untuk pengguna Android dan bisa kamu akses melalui Google Play Store.

9. Lyrics

unnamed

Aplikasi dari JRT Studio ini menciptakan aplikasi lirik lagu dengan nama yang simple yaitu Lyrics. Sesuai namanya, aplikasi lirik lagu ini memberikan akses untuk kamu agar dapat mencari, membaca, dan juga menyimpan lirik lagu yang sedang kamu cari atau kamu sukai. Ukuran file nya yang kecil pastinya tidak memakan memory banyak pada smartphone kamu. Fitur Lyrics yang bisa kamu gunakan :

  • Melihat lirik bersamaan ketika lagu sedang diputar
  • Lirik yang tersedia terdiri dari jutaan lagu
  • Desain yang menarik dan mendukung Android 5.0
  • Tema Light dan Dark
  • Menampilkan lirik asli pada Rocket Player, Android Music dan GoneMad
  • Cari lirik berdasarkan artist, lirik, album, track, atau berdasarkan semua kategori
  • Kontrol music pada layar Now Playing

Aplikasi ini juga mendukung berbagai aplikasi pemutar music :

  • Rocket Player
  • JRT Studio Music Player
  • GoneMAD
  • Play Music
  • Spotify
  • Pandora
  • Beats
  • iHeartRadio
  • Rdio
  • Songza
  • Mulk Music
  • PowerAMP
  • Shuttle
  • PlayerPro
  • doubleTwist

10. Lyrically

lyricallyheader

Ingin ikut berpartisipasi dalam menyediakan lirik lagu? Kalau begitu kamu harus coba Lyrically ini. Aplikasi lirik lagu ini didedikasikan dari fans ke fans lain. Ya setiap lirik diketik dan dibagikan oleh fans dan bisa kamu lihat dan gunakan. Didukung oleh Wikia.com tentunya kamu bisa ikut bergabung dalam organisasi Fandom ini. Lirik yang tersedia lebih dari jutaan lirik dengan tampilan sederhana.

Lyrically juga mendukung aplikasi pemutar music lains eperti Google Play Music, Pandora, Spotify, Deezer, dan aplikasi pemutar music lainnya. Kamu juga bisa berbagi lirik lagu melalui Bluetooth, Facebook, Email, Google Drive dan banyak lagi. Lirik yang tersedia banyak yang gratis dan ada juga beberapa yang memerlukan transaksi pembelian.

Baca juga :

Jadi bagaimana apakah kamu sudah mencoba aplikasi lirik lagu diatas? Tentunya aplikasi ini terdapat beberapa yang memerlukan koneksi internet da nada juga yang bersifat online. Demikianlah dari artikel ini. Semoga memberikan manfaat untuk kamu yang sedang mencari aplikasi lirik lagu. Sampai jumpa di artikel lainnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here