LINE Corporation dan Yahoo Japan Corporation telah merampungkan integrasi bisnis mereka pada tahun 2021 lalu, tetapi tahun ini menandai pertama kalinya kedua perusahaan mengadakan dan bekerja sama menggelar konferensi teknologi bersama Tech-Verse 2022! Acara streaming yang disiarkan secara langsung telah dilaksanakan pada tanggal 17 dan 18 November, dengan lebih dari 50,000 orang bergabung dalam acara yang sukses diselenggarakan ini secara daring.

Bersatu di bawah naungan Z Holdings Group, LINE dan Yahoo! JAPAN menyajikan sebanyak 86 sesi tentang berbagai topik terkait teknologi, berfokus pada tantangan dan solusi terkait data/AI, sisi server, aplikasi seluler, dan infrastruktur.

Tech-Verse 2022 dimulai dengan sesi pembukaan yang menampilkan CTO LINE Tomohiro Ikebe dan CTO Yahoo! JEPANG Masahiko Kokubo. Kedua CTO membahas kebutuhan untuk mengatasi berbagai tantangan yang penting seperti pertumbuhan data, keamanan dan perlindungan privasi, serta kewajiban untuk memastikan keandalan informasi, yang terus berkembang seiring dengan munculnya “era informasi”. Sesi ini kemudian diikuti dengan presentasi tentang strategi dan visi terkait teknologi dari kedua perusahaan yang menerangkan jika keduanya berupaya untuk memenuhi tanggung jawab serta berkomitmen untuk terus berkembang.

Ikebe juga memperkenalkan Information Universe (IU), platform data LINE yang dirancang khusus untuk mengelola data dalam jumlah besar secara efisien dan aman, serta menghadirkan pembaruan di LINE Blockchain.

Information Universe (IU)

LINE, yang memulai layanannya pada tahun 2011 dan saat ini memiliki hampir 200 juta pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAU) secara global, telah membangun platform data yang dirancang untuk mengelola beban kerja data berskala besar serta mendemokratisasi analitik data, yang kami sebut Information Universe (IU). Selain IU, perusahaan juga telah membangun dan memanfaatkan MLU (Machine Learning Universe), sebuah platform milik LINE untuk memanfaatkan akumulasi data untuk pembelajaran mesin.

Lebih jauh lagi, Ikebe mengumumkan bahwa LINE telah berinvestasi dalam Federated Learning dengan Privasi Diferensial — Federated Learning menjadi jenis pembelajaran mesin terdistribusi yang mengurangi informasi dari perangkat individu, sedangkan Privasi Diferensial mengacu pada pendekatan statistik terhadap privasi yang melindungi privasi dengan menyuntikkan noise. Secara bersama-sama, pendekatan ini memungkinkan pengembangan pembelajaran mesin dan peningkatan kenyamanan dalam melindungi privasi pengguna.

LINE Blockchain dan Peluncuran Mainnet Generasi Ketiga

Pada sesi pembukaan, Ikebe juga mengumumkan perilisan mainnet generasi ketiga di akhir tahun ini. LINE telah meneliti dan mengembangkan blockchainnya sejak 2018 lalu, dan saat ini mengoperasikan berbagai layanan serta platform NFT terkait seperti DOSI dan LINE NFT. DOSI dan LINE NFT dirancang berdasarkan LINE Blockchain, teknologi blockchain milik perusahaan. Saat ini mainnet terbaru tengah dirilis dan dikembangkan sebagai proyek open source, serta akan menyediakan fungsi smart contract menggunakan WebAssembly, untuk meningkatkan kinerja aplikasi web.

CTO Yahoo! JAPAN Kokubo kemudian melanjutkan sesi tersebut dengan menghadirkan kasus-kasus teknologi baru yang diperkenalkan dalam data/AI dan keamanan, sehingga layanan dapat digunakan dengan lebih nyaman dan aman. Rekomendasi AI diberikan sebagai contoh representatif tentang bagaimana teknologi AI mengubah layanan lama, menghasilkan daftar dan pengelompokan rekomendasi kategori secara otomatis.

Kokubo juga menjelaskan bagaimana Yahoo! JAPAN sedang membangun platform data/AI dan memperkenalkan proses konfirmasi identitas tanpa kata sandi berdasarkan protokol FIDO (Fast Identity Online) untuk memberikan pengalaman dan keamanan pengguna yang lebih baik. Yahoo! JAPAN bergabung dengan FIDO Alliance pada tahun 2014 untuk memperkuat keamanan dan menjadi kasus pertama di dunia yang menerapkan autentikasi bersertifikasi FIDO2 untuk layanan komersial bagi konsumen.
Setelah sesi pembukaan, developer dari LINE, Yahoo! JAPAN, dan beberapa perusahaan Z Holdings Group lainnya — termasuk dely Inc., Demae-can Co. Ltd., Ikyu Corporation, ValueCommerce Co. Ltd., Z Lab Corporation, dan ZOZO Inc. — berbagi wawasan yang diperoleh tiap-tiap perusahaan melalui inisiatif operasi dan R&D.

LINE dan Yahoo! JAPAN berencana memperkuat kemitraan mereka untuk mengatasi tantangan teknis yang dihadapi dan menyediakan layanan yang lebih nyaman. Di acara Tech-Verse di masa datang kita berharap keduanya dapat berbagi wawasan dan studi kasus secara lebih luas lagi.

Video dan detail terkait Tech-Verse 2022 dapat ditemukan di situs web resmi dan saluran media sosial berikut.

– Situs resmi Tech-Verse: https://tech-verse.me/en

– Akun Twitter: https://twitter.com/techverse_en

– Halaman Facebook: https://www.facebook.com/TechVerseEn/

– LINE Engineering:  https://engineering.linecorp.com/en/

– Blog Yahoo! JAPAN Tech: https://techblog.yahoo.co.jp/  (Bahasa Jepang)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here