Perbandingan Bagus Mana HP Huawei P8 Lite VS Samsung Galaxy A5 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

p8-lite-vs-a5-2017

Tahun 2015 lalu, berbagai vendor smartphone yang berasal dari Tiongkok memang terlihat cukup agresif dalam menciptakan produk-produk barunya. Salah satunya vendor tersebut adalah Huawei.

Awal triwulan kedua 2015 ini, Huawei mengenalkan Huawei P8 Lite sebagai varian terbaru yang akan melengkapi deretan smartphone kelas premium di pasaran gadget dunia. Seakan mengikuti trend smartphone flagship, Huawei P8 Lite hadir dengan desain stylish dan didukung oleh komponen-komponen canggih di dalamnya.

Smartphone terbaru racikan vendor yang berbasis di Senzhen, Tiongkok tersebut memiliki kualitas mesin dan fitur yang tak kalah canggihnya jika dibandingkan dengan produk-produk lainnya.

Dari namanya bisa diketahui bahwa smartphone ini merupakan anggota terbaru di jajaran keluarga “A” series milik Samsung sekaligus menjadi generasi penerus dari Samsung Galaxy A5 2016 yang sepertinya cukup sukses di pasaran pada tahun ini.

Samsung Galaxy A5 2017 sendiri pertama kali menunjukkan dirinya ke hadapan publik pada bulan Agustus yang lalu. Kini, identitas dari perangkat ini sedikit demi sedikit mulai terkuak sebab bocoran mengenai detail tampilan dan spesifikasi yang dibawanya sudah beredar di dunia maya.

Kali ini Tim Futureloka bekesempatan untuk membahas mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Huawei P8 Lite VS Samsung Galaxy A5 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia, berikut ulasannya.

Perbandingan Spesifikasi HP Huawei P8 Lie VS Samsung Galaxy A5

Spesifikasi Huawei P8 Lite

  • Desain Stylish dengan Bobot yang Sangat Ringan

Pada ulasan awal mengenai spesifikasi Huawei P8 Lite, kita akan membahas penampilan luar smartphone ini. Dengan ukuran tubuh ini, Huawei P8 Lite memiliki bentuk yang sangat ramping, namun tetap kokoh dan stylish.
Huawei menanamkan layar berkualitas tinggi yang dipastikan akan memberikan tampilan visual yang tajam dan enak dipandang mata. Selain itu, layar pada smartphone ini juga memiliki kekayaan warna.
Resolusi layar pada Huawei P8 Lite ini akan menghadirkan display gambar yang benar-benar tajam. Huawei juga menyematkan teknologi teranayar sebagai User Interface-nya. Sedangkan untuk proteksi layarnya, spesifikasi Huawei P8 Lite menggunakan perlindungan layar Corning Gorilla Glass yang akan melindunginya dari resiko goresan.
  • Dapur Pacu Mengandalkan Prosessor Octa Core

Kinerja prosessor pada Huawei P8 Lite juga didukung oleh RAM berkapasitas besar. Dengan kombinasi kedua komponen tersebut, dipastikan smartphone ini bisa menghadirkan kinerja yang sangat memuaskan, termasuk jika diajak untuk menjalankan aplikasi-aplikasi berat.

p8-lite-1

Selain itu, kehadiran OS Android mumpuni ini pada Huawei P8 Lite juga semakin menyempurnakan kinerja mesinnya. Pada kartu pengolah grafisnya, Huawei belum mempublikasikan GPU jenis apa yang akan ditanamkan pada produk terbarunya ini.

  • Ruang Penyimpanan Data Internal Besar

Berpindah sedikit lebih dalam ke sektor ruang penyimpanan data, spesifikasi Huawei P8 Lite juga dibekali dengan internal memory yang sangat besar. Smartphone berlayar 5 inci ini memiliki internal memory besar.

Ruang pada Huawei P8 Lite tersebut sudah lebih dari cukup untuk mengakomodasi file-file penting, mulai dari file audio video, aplikasi, game atau yang lainnya. Jadi, tak perlu khawatir lagi akan kehabisan ruang untuk menyimpan file.

Namun, jika ingin menambah kapasitas ruang penyimpanan datanya, kamu bisa memanfaatkan slot microSD yang tersedia pada Huawei P8 Lite ini. Dengan menambahkan kartu external memory, kamu bisa meningkatkan kapasitas ruang penyimpanan data pada spesifikasi Huawei P8 Lite hingga mencapai kapasitas maksumum.

p8-lite

Body 143 x 70.6 x 7.7 mm, 131 Gram, Plastik
Layar 5.0 inci IPS LCD Capacitive , 720 x 1280 Pixel
Jaringan 4G LTE, 3G HSDPA, 2G GSM
Sistem Operasi Android v5.0.2 Lollipop
Chipset CPU HiSilicon Kirin 620 + GPU Mali-450MP4
Memori RAM : 2 GB , Internal : 16 GB , MicroSD : up to 256 GB
Kamera Belakang 13 MP , Autofocus, Dual LED Flash
Kamera Depan 5 MP
Sensor Proximity , Accelerometer , Ambient Light , Compass
Warna Hitam, Putih, Gold
Baterai Li lon 2200 mAh, Non-Removable

Spesifikasi Samsung Galaxy A5

  • Ponsel Adopsi Desain Premium Pendahulunya

Desain yang dibawa oleh anggota terbaru di seri A ini memang tak jauh berbeda dengan milik pendahulunya. Dengan desain premium yang dimilikinya membuatnya terlihat menawan dengan bezel pada layar yang terlihat tipis.

Selain, itu bagian belakang bodi dari Samsung Galaxy A5 2017 ini juga sepertinya masih mempertahankan material kaca dan frame metal yang hadir dalam warna hitam, biru, emas dan pink seperti bocoran yang baru-baru ini beredar.

Sedangkan untuk sensor fingerprint juga tampaknya masih akan tertanam pada tombol home di bagian depan. Peningkatan pun diberikan pada handset ini dengan dimilikinya IP67 certified yang mengklaim bahwa perangkat ini mampu bertahan dalam air dan debu.

Bahkan fitur water resistant-nya mampu membuatnya tahan dalam air di kedalaman 1 meter selama 30 menit. Menghiasi bagian visualnya dilengkapi dengan salah satu jenis layar terbaik dengan kekayaan warnanya.

Layar ini mampu menghasilkan resolusi Full HD sehingga tampilannya terlihat lumayan jernih dan tajam. Layar yang tersemat pada spesifikasi Samsung Galaxy A5 2017 ini juga telah dioptimalkan dengan proteksi mumpuni sehingga aman terhadap goresan dan benturan.

a5-2017-2

  • Performa Tangguh dan RAM Besar

Samsung Galaxy A5 2017 ini dipersenjatai dengan mesin teranyar serta memang untuk smartphone dengan kelas menengah. Belum lagi kehadiran RAM berkapasitas besar yang turut mengoptimalkan kinerja dari Samsung Galaxy A5 2017 ini karena mendukung jalannya aktivitas multitasking dengan lancar dan responsif.

Untuk urusan pengolahan grafisnya sendiri hingga kini belum diketahui jenis kartu grafis yang digunakan. Samsung bisa saja menggunakan kartu grafis seperti pada generasi sebelumnya.

Namun, yang pasti untuk menjalankan semua komponen yang tersemat pada spesifikasi Samsung Galaxy A5 2017 tersebut, ponsel ini mengandalkan sistem operasi Andorid terbaru sehingga kinerjanya tak perlu diragukan lagi.

  • Storage Ekstra Luas Dilengkapi Slot microSD 

Performa yang tangguh tentu menjadi kurang sempurna jika tidak didukung dengan ruang penyimpanan yang memadai sebab seluas apa storage yang dimiliki oleh ponsel biasanya akan mempengaruhi operasionalnya.

Untuk urusan yang satu ini, Samsung sengaja menghadirkan ruangan extra luas dengan bekalan memori internal besar pada Samsung Galaxy A5 2017 ini. Kapasitas memori internal yang dimiliki oleh smartphone terbaru Samsung ini tentu tak hanya mampu mengcover file sistem saja, tetapi juga menyediakan ruangan yang leluasa bagi pengguna untuk menyimpan koleksi file hiburan milikinya.

Tak puas dengan itu, Samsung Galaxy A5 2017 ini juga didukung dengan slot microSD yang bisa mendukung perluasan ruang penyimpanan hingga kapasitas maksimal. Sehingga pengguna dari ponsel ini nantinya akan sangat terbantu dalam urusan simpan menyimpan file, mengingat sektor penyimpanan dari spesifikasi Samsung Galaxy A5 2017 ini tergolong mumpuni.

Layar 5.2 inci Super AMOLED Capacitive , 1080 x 1920 Pixel
Bodi Frame Metal + Backcover Glass , Sertifikasi IP 68
Jaringan GSM , 3G , HSDPA , HSPA+ , 4G LTE
Sistem Operasi Android v6.0 Marshmallow
Chipset CPU Exynos 7880 + GPU Mali-T830MP3
Memori RAM : 3 GB , Internal : 32 GB , MicroSD : up to 256 GB
Kamera Belakang 16 MP , OIS , LED Flash &  Autofocus
Kamera Depan 16 MP
Sensor Fingerprint, Proximity , Accelerometer , Ambient Light ,
Warna Black Sky, Gold Sand, Blue Mist, Peach Cloud
Baterai Li ion 3000 mAh , Non Removable , Fast Charging

Perbandingan Hasil Kamera HP Huawei P8 Lie VS Samsung Galaxy A5

Lini Fotografi Canggih Bersenjata Dual Kamera 16 MP

Samsung menghadirkan dua buah kamera berspesifikasi tinggi beresolusi 16 MP yang tersemat pada bagian punggungnya. Kamera ini pun sudah ditemani dengan fitur OIS, autofocus, dan LED flash sehingga selain bisa digunakan untuk menghasilkan foto pada kondisi minim cahaya dan sedikit goncangan, foto yang dihasilkan juga tampak berkualitas karena minim blur.

Kamera dari Samsung Galaxy A5 2017 ini pun mampu merekam video dengan kualitas jernih. Sementara itu, dibagian depannya tersemat kamera sekunder yang menakjubkan beresolusi 16 MP.

Kamera tersebut tentu akan memanjakan para pengguna yang hobi berswafoto karena sangat mumpuni untuk menghasilkan foto selfie serta mengakses video call dan mendukung video full HD. Fitur pendukung kamera modern lainnya  juga turut melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy A5 2017 pada sektor ini.

kamera-samsung-galaxy-a5-2017

Fotografi Kelas Atas dengan Kamera Utama 13 MP

Sektor fotografi memang menjadi salah satu sektor unggulan yang dibawa ponsel pintar ini. Sebagai ponsel pintar kelas premium, Huawei P8 Lite juga dilengkapi dengan komponen lini fotografi yang mumpuni.

Kamera utama pada smartphone ini memiliki ukuran sebesar 13 MP. Huawei P8 Lite juga dilengkapi dengan LED Flash yang ditempatkan pada sisi sebelah kiri kamera. Keberadaan LED Flash tersebut dapat membantu menghasilkan foto yang tetap berkualitas meski berada pada tempat yang minim cahaya.

Selain fungsi fotografi, kamera utama pada Huawei P8 Lite juga bisa digunakan untuk merekam video yang akan menghasilkan video Full HD. Sebagai pelengkap, spesifikasi Huawei P8 Lite pada sektor fotografi juga dilengkapi dengan kamera sekunder 5 MP yang berada pada sisi depannya.

P8LiteCam_w720

 

Perbandingan dari Segi Harga HP Huawei P8 Lie VS Samsung Galaxy A5

Harga Huawei P8 Lite untuk bulan ini mengalami kenaikan harga dan dijual Rp 1,6 Jutaan untuk harga barunya. Sedangkan harga bekasnya dibandrol dengan harga 1,0 jutaan saja.

Melihat semua spesifikasi serta bandrolan harga yang ditawarkan, Huawei P8 Lite memang cukup menggoda untuk dimiliki. Memang, smartphone ini terbilang smartphone jadul atau sudah lama hadir dipasaran. Namun spesifikasi yang dimilikinya tak bisa diremehkan. Menawarkan kemampuan kamera depan dan belakang yang cukup bisa diandalkan dengan resolusi 13 MP dan 5 MP.

Huawei-P8-Lite-2017

Sedangkan, harga Samsung Galaxy A5 2017 untuk bulan ini masih stabil diangka 4,5 Jutaan. Sedangkan untuk harga bekasnya masih 3,5 Jutaan. Untuk harga 4,4 jutaan Samsung Galaxy A5 2017 kami rasa sangat masuk akal karena smartphone ini sudah dibekali dengan spesifikasi yang sangat istimewa.

Perbandingan dari Segi Baterai HP Huawei P8 Lie VS Samsung Galaxy A5

Baterai Berkapasitas 3.000 mAH

Menilik kembali pada komponen-komponen unggulan yang menghiasi spesifikasinya maka bisa dikatakan jika konsumsi daya dari perangkat ini tentu akan lumayan besar. Tak salah sepertinya jika Samsung membenamkan bateray Lithium Ion berkapasitas 3.000 mAH pada Samsung Galaxy A5 2017 ini.

Baterai tersebut selain cukup awet juga mampu mendukung berbagai macam aktivitas dalam waktu seharian penuh. Sayangnya, tipe baterai yang dipakai oleh Samsung Galaxy A5 2017 ini adalah non-removable sehingga tidak bisa dilepas.

Namun, menariknya sektor pemasok daya ini sudah dilengkapi dengan fitur fast charging sehingga mendukung pengisian daya secara lebih efisien. Sektor daya spesifikasi Samsung Galaxy A5 2017 ini nampaknya juga dapat dikatakan memadai.

a7-2017-1

Baterai Standar Berkapasitas 2200 mAh

Meski dikategorikan sebagai ponsel pintar kelas menengah ke atas, ternyata Huawei P8 Lite tak dibekali dengan kapasitas baterai yang mumpuni. Smartphone racikan Huawei ini hanya memiliki baterai berkapasitas 2200 mAh saja.

Kapasitas baterai tersebut tentu terhitung kurang jika kita menilik spesifikasi mesin yang dimiliki oleh Huawei P8 Lite ini. Jadi, jika kawan Begawei memiliki aktivitas tinggi, kami sarankan untuk membawa pemasok daya cadangan saat menggunakan ponsel pintar ini sebagai partner beraktivitas.

Selain kapasitasnya yang terhitung rendah, spesifikasi Huawei P8 Lite pada sektor ini juga bisa dikatakan “ketinggalan jaman”. Pasalnya, smartphone ini masih menggunakan baterai berjenis Lithium-Ion, bukan baterai Polymer seperti kebanyakan ponsel pintar premium lainnya.

Demikianlah artikel mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Huawei P8 Lite VS Samsung Galaxy A5 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here