Platform OS Android Oreo Sekarang Diinstal pada 4,6 Persen Perangkat Android

0

android-oreo

Sejumlah informasi terbaru dari Distribusi Android pada tahun 2018 sudah masuk. OS Android Oreo (8.0 dan 8.1) sekarang diinstal sebanyak 4.6 persen dari semua perangkat Android yang ada didunia. Itu merupakan peningkatan lebih dari 400 persen sejak angka Februari lalu. Dilihat oleh statistik resmi Google , nomor distribusi Android sedang menuju ke arah yang lebih update. Oreo dan Nougat mendapati peningkatan dalam pemasangan.

Berita terbesarnya adalah jumlah instal Oreo meningkat empat kali lipat. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa Honor, Huawei, Motorola, HMD Global, dan banyak produsen lain telah memperbarui perangkat mereka ke Android 8.0 Oreo. Dan perusahaan seperti OnePlus juga mendorong Android 8.1 Oreo. Produk-produk ini kemungkinan akan melihat lonjakan besar lain bulan depan karena perusahaan mendorong Oreo ke lebih banyak smartphone.

Android 7.0-7.1.1 Nougat juga mengalami peningkatan 2,3 persen bulan ini, sehingga jumlah pemasangan menjadi 30,8 persen secara keseluruhan. Semua versi Android lainnya mengalami penurunan pada bulan ini. Mulai dari Marshmallow sampai ke yang paling awal, Gingerbread.

Meskipun banyak pengguna android yang  mengharapkan jumlah distribusi Oreo meningkat selama dua bulan terakhir, lompatan empat kali lipat ini sangat menakjubkan. Kenyataan bahwa lebih dari setengah perangkat Android sekarang di Marshmallow atau lebih baru adalah berita hebat, karena perangkat pada sistem operasi yang lama jauh lebih rentan terhadap ancaman keamanan.

Dari KitKat, ke Lollipop, ke Marshmallow, dan ke Nougat, setiap versi Android yang baru tampaknya mengincar perangkat yang lebih sedikit dan melakukannya dengan cara yang lebih lambat.

Namun, dengan peningkatan yang signifikan dalam jumlah Oreo setelah hanya dua bulan, akan membuat beberapa vendor besar semakin meningkatkan performa smartphonenya  Karena harga ponsel yang terus meningkat, ini dapat memperlambat laju tingkat penggunaan smartphone Android lebih sedikit dengan versi software lama yang tetap beroperasi.

android-oreo-8

Selain itu, masih ada perangkat Android yang diluncurkan tanpa versi Android terbaru di luar box, yang diakibatkan oleh perangkat Cina berbiaya rendah dan pertumbuhan pasar yang meningkat di negara-negara berkembang. Namun, peningkatan laju rilis untuk versi Android utama mungkin menjadi salah satu alasan besar untuk bentuk grafik di atas.

Faktor kunci lainnya di sini adalah setiap versi Android baru hadir dengan lebih banyak perangkat Android yang beredar , yang berarti dampak langsungnya menurun. Ada lebih dari dua miliar perangkat Android aktif bulanan yang digunakan sekarang, jadi hanya ada lebih banyak tempat untuk versi Android terbaru untuk diliput.

Berada di versi terbaru Android tidak sepenting dulu. Dengan Layanan Google Play, dapat mendorong pembaruan penting ke hampir setiap perangkat Android tanpa perlu melakukan perbaharuan ke seluruh bagain android. Ditambah lagi, sejumlah OEM yang baik telah berfokus untuk meluncurkan patch keamanan Android terbaru ke perangkat mereka, yang berarti ponsel Android tidak rentan terhadap serangan seperti dulu.

Demikianlah artikel mengenai Android Version Distribution : Platform OS Android Oreo Sekarang Diinstal pada 4,6 Persen Perangkat Android yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat. Bagikan artikel iini kepada oraang terdekat kalian khususnya para pengamat smartphone. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here