15 Aplikasi Android untuk Remote TV Polytron serta Universal yang Paling Bagus, Terbaik, dan Gratis

0

smartphone-tvPerlahan tapi pasti kehadiran HP Android menjelma menjadi sebuah benda yang mutifungsi. Pasalnya dengan berbekal sebuah HP Android saja bisa melakukan beragam hal dari mulai membaca berita terbaru, menikmati hiburan, sampai dengan mengontrol barang elektronik seperti TV. Ya, HP android memang bisa jadikan sebagai remote control TV dengan menginstal aplikasi remote TV android kedalamnya. Berbagai TV segala merek juga bisa di control dengan HP android dari mulai Polytron, Coocaa, LG, Samsung, Toshiba, dan lainnya.

Hadirnya aplikasi remote TV android yang dengan mudahnya ditemukan saat ini memang membuat tidak perlu repot dan kebingungan lagi jikalau remote TV sedang rusak, kehabisan baterai, atau bahkan hilang. Hanya tinggal mengarahkan smartphone android ke TV dan saluran channel serta volume pun bisa ganti sesuka hati.

Sebagai catatan, saat ini aplikasi remote TV sudah banyak yang bekerja dengan memanfaatkan teknologi IR Blaster atau sinar Infra Red (Infra Merah) yang ada pada smartphone alias tanpa WiFi, berbeda dengan dahulu dimana aplikasi remote control TV android masih mengandalkan jaringan WiFi. Namun tentu saja, aplikasi remote TV berbasis WiFi juga masih tetap populer dan bisa Andalkan. Kali ini Tim Futureloka berksempatan untuk membahas tentang 15 Aplikasi Android untuk Remote TV Polytron serta Universal yang Paling Bagus, Terbaik, dan Gratis. Berikut ulasannya:

1. Remote Control Universal TV

Remote Control Universal TV

Seperti namanya, aplikasi remote TV serbaguna ini bisa Sobat gunakan untuk berbagai perangkat TV segala merek dari mulai Samsung, Sony, LG, JVC, Panasonic, Philips, maupun berbagai smart TV lainnya. Aplikasi ini memanfaatkan Infra Red yang ada pada smartphone Sobat untuk akses kontrolnya. Pengguna apliasi ini pun bisa menggunakan aplikasi remote TV android ini untuk berbagai keperluan yang berhubungan dengan TV seperti mengganti channel, menonaktifkan suara TV, mengatur volume, dan tentunya mematikan dan menyalakan TV.

Selain menawarkan tampilan tombol remote TV yang simpel sehingga akan memudahkan dalam mengontrol TV, aplikasi Remote Control Universal TV ini juga memiliki fitur menarik, yakni hadirnya pilihan empat jenis tema menarik yang bisa Sobat sesuaikan sesuka hati. Sobat bisa mendapatkan aplikasi remote TV android terbaik ini secara gratis di Play Store.

2. AnyMote Universal Remote +WiFi

AnyMote Universal Remote +WiFi

Aplikasi Remot TV serbaguna lainnya adalah AnyMote Universal Remote yang merupakan karya keluaran developer Color Tiger. Kenapa serbaguna? Karena dengan aplikasi remote TV android ini bisa mengatur berbagai barang elektronik dari mulai TV, AC, DVD BluRay, Amplifier, sampai dengan Xbox. Maka tidak mengherankan kalau AnyMote Universal merupakan salah satu aplikasi remote TV android terbaik yang bisa temukan saat ini.

Namun dibalik kelebihannya yang support berbagai barang elektronik, aplikasi remote TV tanpa infrared ini tidak kompatibel terhadap beberapa perangkat HP android semisal Huawei, Sony, LG G3, serta Samsung Galaxy S7. Akan tetapi kalau Sobat pengguna HP Xiaomi, aplikasi remote TV ini bisa berjalan dengan sangat baik. Berbicara soal fitur, ternyata fitur yang ditawarkan pada aplikasi ini cukup berkualitas karena bisa mengatur warna atau tema, mengatur posisi tombol, mengganti icon, serta bisa melakukan perintah suara lewat fitur Google Now.

3. SAMSUNG TV & Remote (IR)

aplikasi ini merupakan aplikasi remote TV yang dikhususkan untuk perangkat elektronik TV Samsung saja. Sama seperti kebanyakan aplikasi lainnya, Samsung TV & Remote menggunakan Infrared sebagai media koneksinya, jadi pastikan smartphone android Sobat sudah memiliki fitur Infrared.

SAMSUNG TV & Remote (IR)

Untuk user interface nya, aplikasi ini menawarkan tampilan yang simpel tanpa ada terlalu banyak tombol sehingga sangat mudah untuk dipahami siapa saja. Sobat tidak hanya bisa menggunakan aplikasi ini untuk remote Smart TV Samsung saja, TV tabung Samsung pun sudah support aplikasi ini. Adapun kalau menginginkan aplikasi Samsung TV & Remote ini bisa berjalan maksimal, sistem operasi HP Sobat minimal harus Jelly Bean.

4. Panasonic TV Remote 2

Panasonic TV Remote 2

Aplikasi yang saru ini cocok untuk kalian yang tidak membutukan aplikasi remote TV tanpa ada fitur Infrared di dalamnya. Seperti namanya, Panasonic TV Remote 2 merupakan sebuah aplikasi remote control televisi yang memang dikhususkan untuk TV Panasonic saja, jadi buat Sobat yang memiliki TV selain merek Panasonic dipastikan tidak bisa menggunakan aplikasi ini. Cara kerja konektivitasnya adalah dengan memanfaatkan jaringan WiFI yang tersedia di rumah, sehingga Sobat diharuskan online saat hendak menjalankan aplikasi Panasonic TV Remote 2. Dan karena mengharuskan online, jadi untuk TV Panasonic tabung tidak akan bisa support aplikasi ini, hanya Smart TV saja.

5. LG TV Remote

LG TV Remote

LG TV Remote memang aplikasi remote TV android yang dikembangkan oleh pabrikan LG khusus untuk produk Smart TV LED buatan mereka. Namun, jenis Smart TV LG yang bisa menggunakan aplikasi aplikasi remote TV LG ini adalah minimal keluaran tahun 2012. Untuk bisa menjalankan TV lewat aplikasi ini, Sobat harus terlebih dahulu menyambungkannya lewat jaringan WiFi lewat menu WiFi Screen Share yang ada pada TV ke HP Android. Setelah itu, Sobat tinggal masukkan nomor yang ada dan barulah HP android Sobat bisa terhubung dengan Smart TV LG.

6. Remote Control All TV

Selain aplikasi Remote Control Universal TV buatan CodeMatics, aplikasi remot TV serbaguna yang juga bisa digunakan untuk berbagai merek TV adalah Remote Control All TV yang merupakan kreasi dari Adventure Team yang diklaim cocok hingga ribuan perangkat TV sekaligus dan mendukung hingga 90% merek TV terbaru di tahun 2017. Jadi, Sobat yang mungkin saat ini remote TV nya sedang rusak atau hilang dan memiliki Smart TV merek Sharp, Toshiba, Samsung, LG, Fujitsu, Sony, maupun Panasonic bisa langsung menjajal aplikasi remote TV android ini.

Remote Control All TV

Remote Control All TV menyediakan dua jenis pilihan konektivitas untuk pengendaliannya. Untuk yang smartphonenya dilengkapi dengan Infrared, maka bisa menggunakan konektivitas Infrared (IR) blaster. Adapun kalau HP android kalian tidak memiliki Infrared, maka bisa menggunakan konektivitas WiFi-to-IR converter.  Untuk fitur yang terkandung pada aplikasi ini sendiri terdiri dari daya On/Off, AV / TV, Mute, Volume Up Control, Volume Down Control, Saluran Up Control, Saluran Down Control sampai Indeks Channel yang kesemuanya memiliki tampilan yang ringkas dan sederhana.

7. Remote Control For TV

Remote Control For TV

Remote Control For TV juga merupakan salah satu aplikasi remote TV terbaik dan gratis yang bisa  didapatkan. Sama seperti kebanyakan aplikasi yang lainnya, Remote Control For TV mengharuskan tersedianya Infra Red baik pada smartphone maupun Smart TV milik penggunanya. Adapun merek-merek TV yang didukung oleh aplikasi ini merupakan Smart TV yang populer semacam Samsung TV, LG TV, Sony TV, Panasonic TV, Toshiba TV, dan lainnya. Namun sayang sekali TV Polytron belum bisa dijalankan menggunakan aplikasi ini.

Yuk simak langsung ke halaman selanjutnya…

1
2
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here