Beragam Aplikasi Android Gratis yang Wajib Untuk Dimilki dan Pastinya Berguna Untuk Mahasiwa

0

Dalam beraktivitas yang berhubungan dengan menggunakan smartphone, aplikasi menjadi salah satu hal penting untuk menunjang aktivitas tersebut. Baik untuk berkomunikasi maupun bertukar data. Beda profesi beda lagi aplikasi yang digunakan. Begitu pula bagi seorang mahasiswa. Banyak aplikasi yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk menunjang kegiatannya. Baik kegiatan akademik maupun kegiatan non akademik. Tujuannya adalah supaya kuliah dapat berjalan dengan lancer sedemikian rupa sesuai keinginan. Namun sering kali aplikasi ini tidak diketahui kegunaannya oleh seorang mahasiswa padahal sebenarnya memiliki manfaat yang besar bagi perkuliahan.

Nah, pada artikel kali ini tim Futureloka akan membahas tentang aplikasi untuk Android yang wajib dimiliki dan bermanfaat bagi mahasiswa. Tentunya aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Play Store. Apa saja aplikasinya? Silahkan baca selengkapnya di bawah ini.

Baca juga artikel menarik lainnya.

MAMIKOST

Bagi kamu yang berkuliah sekaligus merantau jauh dari kampung halaman, aplikasi MAMIKOST akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Terutama jika kamu adalah seorang mahasiswa baru dan belum tahu daerah kampus tempat kamu berkuliah sehingga kamu tidak terlalu bingung mencari tempat kost. Cara kerja aplikasi MAMIKOST adalah memindai lokasi kostan yang terdekat disekitar kamu. Tentunya hanya kost yang sudah terdaftarlah yang dapat terdeteksi. Selain lokasi, kamu juga dapat mengetahui fasilitas apa saja yang disediakan oleh kostan, bahkan kamu juga dapat melihat foto-foto keadaan kostan. Bagaimana, sangat bermanfaat bukan?

Alarmy

Bangun terlambat sudah pasti akan dialami oleh seorang mahasiswa. Terutama bagi kamu yang memiliki masalah insomnia yang berujung pada tidur dengan waktu yang sangat larut. Aplikasi Alarmy akan membantu kamu untuk bangun. Bukan hanya sekedar membunyikan HP kamu dengan sangat keras, untuk mematikannya kamu harus melakukan beberapa persyaratan. Seperti menggoyangkan HP kamu dengan keras sehingga kamu harus mengeluarkan tenaga ekstra, mengambil foto suatu objek di luar rumah untuk dideteksi, atau menyelesaikan soal matematika yang tentunya akan membuat kamu memungsikan otak kamu lebih keras lagi.

Google Docs

Selanjutnya adalah aplikasi dari Google yang sangat bermanfaat untuk mengerjakan tugas. Ya, Google Docs akan sangat bermanfaat untuk mengolah dokumen tentunya untuk seorang mahasiswa sangat bermanfaat ketika ada tugas kuliah. Selain itu Google Docs dapat dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan kelompok dimana kamu dapat mengerjakan tugas kelompok pada satu dokumen meski anggota kelompok kamu tidak berada pada satu tempat dengan kamu.

Google Calendar

Google Calendar sangat bermanfaat untuk mengatur jadwal. Bagi kamu yang seorang mahasiswa, kamu dapat mengatur jadwal kamu seperti jadwal ujian, mengerjakan tugas, dan sebagainya sehingga kegiatan kuliah kamu dapat tersusun sedemikian rapihnya.

Google Drive

Aplikasi yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi seorang mahasiswa. Google Drive adalah layanan penyimpanan awan (Cloud) yang tentunya dapat dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai file dokumen dan file lainnya pada penyimpanan awan sehingga ketika file asli yang bersifat offline menghilang karena terhapus, kamu masih punya backup pada Google Drive. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi seorang mahasiswa dalam menyimpan dokumen, terutama menyimpan dokumen skripsi. Selain itu kamu juga dapat berbagi file dengan teman-teman kamu, baik hanya satu file maupun berupa folder.

Google Translate

Aplikasi Google Translate akan bermanfaat bagi seorang mahasiswa ketika seorang dosen memberikan sebuah dokumen materi atau jurnal yang ditulis dengan Bahasa Inggris. Tentunya bagi kamu yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang kurang baik harus membutuhkan kamus dalam menerjemahkan berbagai uraian kalimat pada dokumen atau jurnal tersebut. Selain menerjemahkan sebuah kalimat atau paragraph, Google Translate juga dapat menerjemahkan satu dokumen sekaligus.

Google Classroom

Sebenarnya tidak banyak yang menggunakan cara ini, namun Google Classroom sangat bermanfaat bagi seorang pelajar maupun guru. Google Classroom dapat mengemat kertas, tinta, maupun pensil karena segala urusan kelas seperti tugas dan sebagainya dilakukan secara virtual.

Yuk simak ke halaman selanjutnya…

1
2
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here