Beragam Aplikasi Android Untuk Kamus KBBI Paling Lengkap, Terbaik, dan Gratis

0

KBBI

Bahasa Indonesia mungkin sudah jadi bahasa yang kita gunakan sehari – hari. Tapi, apakah kamu sudah yakin dengan penggunaan katamu itu sesuai dengan kalimat bahasa Indonesia yang baik dan benar? Jika belum, kamu dapat belajar melaui Kamus Besar Bahasa Indonesia yang lengkap. Kamus Besar Bahasa Indonesia lengkap yang dicetak setebal lebih dari 2.000 halaman itu memuat sangat banyak kata, lantas apa kita harus mencari satu demi satu halaman untuk menemukan kata yang kita cari? Tentu tidak!

baca juga :

Kemajuan teknologi yang sangat pesat sangat membantu kita dalam proses belajar mengajar, banyak kamus penerjemah bahasa di googleplay yang bisa kamu download, tapi jangan salah guys! Kita juga punya Kamus Besar Bahasa Indonesia digital yang bisa kamu jadikan acuan untuk melatih tata bahasamu menjadi baik dan benar sesuai dengan ejaan. Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi untuk kamu beragam kamus besar bahasa Indonesia terbaik yang bisa kamu download secara gratis.

1. KBBI Edisi V

Kbbi1 Kbbi2

KBBI V bisa dikatakan menjadi salah satu aplikasi Kamus Bahasa Indonesia terbaik sampai saat ini. Kamus yang bisa didownload pada IOS atau Android ini langsung dikembangkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

KBBI edisi V ini sebenarnya ada versi cetaknya, namun untuk sekarang ini kamus cetak dirasa kurang praktis dalam penggunaannya, apalagi KBBI V ini memiliki 127.036 lema dan makna sehingga tebalnya mencapai 2.040 halaman. Untuk masyarakat digital seperti sekarang ini yang membutuhkan kecepatan sangat bijak dengan menciptakan kamus “resmi” secara virtual.

Fitur yang dimilki oleh aplikasi KBBI edisi V antara lain ;

  • Cepat dan Lengkapnya Pencarian Kata

Ketika kamu mencari sebuah arti kata, maka aplikasi ini akan menampilkan arti kata yang sesuai dengan cepat dan tanpa loading. Kamu juga dapat melihat saran kata – kata yang terkait dengan kata yang ingin kamu cari.

Setiap arti kata yang muncul nantinya akan terhubung dengan berbagai macam gabungan kata, kata turunan, dan peribahasa sesuai dengan kata tersebut. Contoh kamu mengetik kata “minum”, maka konten yang akan muncul adalah arti kata minum, turunan kata “minum” seperti  diminum, minuman, meminum, dan lainnya.

  • Kata dari Berbagai Bahasa

Kamus ini juga dilengkapi dengan kata – kata dari berbagai macam bahasa, ada bahasa asing seperti Inggris, Arab, Itali, Jerman, dan spanyol, juga bahasa daerah seperti  bahasa Sunda, Aceh, Bali, Madura, Jawa, dan masih banyak lagi.

  • Antarmuka yang Sederhana (Friendly user)

Menggunakan aplikasi ini sangat mudah dan tidak ribet, selain itu aplikasi ini juga bebas dari iklan, sehingga kamu bisa menggunakannya tanpa terganggu oleh iklan – iklan yang mengganggu.

  • Berjalan Offline

Seperti fungsinya sebagai pengganti kamus cetak, maka aplikasi ini kamu bisa pakai secara offline. Kamu dapat menggunakannya kapanpun dan dimanapun tanpa terhambat koneksi internet yang lambat atau kehabisan kuota.

2. Kamus Besar Bahasa Indonesia by Yufid

yufid

Walaupun bukan buatan resmi dari Kementerian Pendidikan dan Budaya, aplikasi ini juga bisa dijadikan sebagai panduan kamu untuk mempelajari bahasa Indonesia. Karena aplikasi yang dikembangkan oleh Yufid ini mengambil sumber data yang benar – benar kredibel atau dapat dipercaya yaitu pusatbahasa.kemendiknas.go.id sehingga kata – kata yang masuk kedalam kamus ini bisa dikatakan sangat luas.

yufid1yufid2

Beberapa fitur lain yang membuat kamu bisa jadikan ini sebagai alternatif adalah tombol bookmak, yaitu kamu dapat menyimpan sebuah kata yang ingin kamu hafalkan atau kamu lihat dilain waktu tanpa harus mencarinya lagi lewat mesin pencarian, kamu bisa lebih efisien. Selain itu aplikasi ini bisa kamu download secara gratis di googleplay , dan sama seperti KBBI V aplikasi ini juga dapat dikatakan userfriendly karena memang tampilan yang dibuat dengan sederhana, sehingga kamu tidak kesusahan menggunakannya.

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) by Kodekolus

Kbbi pusat bahasa

Kamus ekabahasa resmi bahasa Indonesia ini disusun langsung oleh Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa dan diterbitkan oleh Balai Pustaka. Kamus ini dapat kamu jadikan acuan untuk belajar bahasa Indonesia yang baku, karena kamus ini lengkap dan akurat serta diterbitkan oleh penerbit yang memiliki hak paten dari pemerintah Republik Indonesia.

Kamus yang  dapat digunakan secara offline ini melakukan pencarian berdasarkan indek yang diurutkan berdaasarkan kata dasar, penjelesan kata serta turunan kata tidak ditampilkan pada indeks pencarian agar kamu dapat menggunakan kamus ini secara cepat langsung ke kata yang ingin kamu cari.  Untuk sumber data kamu tak perlu khawatir karena data yang diambil disarikan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia yang resmi.

4. KBBI Offline 2017 by ABCode

kbbi ofline

Aplikasi kembangan ABCode bisa menjadi rujukan utama untuk kamu. Aplikasi KBBI ini tidak memerlukan koneksi internet untuk dapat berjalan, didalam kamus ini terdapat puluhan ribu kata bahasa Indonesia. Aplikasi ini sangat ringan dan sangat mudah digunakan, dengan ukuran aplikasi yang lebih kecil maka KBBI ini dapat kamu install dan tetap menghemat memori smartphone kamu.

Fitur yang ditawarkan aplikasi ini juga beragam, seperti History, yang mampu menampung kata – kata terakhir yang kamu cari. Hal ini mempermudah kamu dalam, melakukan pencarian kata yang baru kamu butuhkan terakhir kali. Fitur Bookmark juga mempermudah kamu untuk mencari kata yang ingin kamu cari, kamu dapat menandai  sebuah kata dan membukanya lagi tanpa harus mencari kata tersebut.

5. Kamus Besar Bahasa Indonesia by Hopeless

hopeless

Kamus bahasa indonesia dengan desain yang sangat oke ini bisa kamu coba guys! Selain kosakata yang lengkap karena diambil dari sumber yang terpercaya, kamus ini juga memberikan suatu pengalaman menyenangkan ketika kamu melakukan pencarian di aplikasi ini.

Banyak fitur yang ditawarkan aplikasi ini;

  • Offlline, kamu dapat melakukan pencarian tanpa takut kehabisa kuota karena aplikasi ini dapat kamu jalankan tanpa koneksi (offline).
  • Pencarian yang cepat, aplikasi ini sangat minimalis sistem pencariannya dapat kamu pilih sendiri. Sesuai dengan urutan indeks kamus atau lewat mesin pencarian, yang pasti kamu tidak akan banyak menunggu untuk mendapatkan suatu kata yang kamu cari.
  • Text to Speech, kamu dapat mendengarkan cara pengucapan kata lewat fitur ini. Hasil dari arti kata maupun turunan kata akan dibacakan oleh aplikasi ini, sehingga sangat cocok untuk berlatih bahasa Indonesia yang baik dan benar.

hopeles1 hopeles2

baca juga :

Nah, itu dia teman – teman beragam aplikasi kamus besar bahasa Indonesia terbaik yang bisa kamu download secara gratis. Semoga artikel dari Tim Futureloka ini dapat bermanfaat untuk kamu dalam belajar bahasa Indonesia secara luas, sehingga kamu dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan kalimat yang baik dan benar. Aplikasi mana yang menurut kamu paling lengkap? Silahkan tulis di kolom komentar guys, dan jika kamu punya aplikasi yang lebih baik versi kamu juga silahkan tulis komentarmu dibawah, sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here