Beragam Aplikasi Android Untuk Penguncian Aplikasi Menggunakan Pola dan Sidik Jari Paling Aman dan Terbaik

0

maxresdefault

Kembali lagi bersama Tim Futureloka yang tak bosan-bosannya memberikan informasi terkini seputar teknologi yang sedang hits. Keamanan smartphone kamu tentunya sangatlah penting, karena smartphone sudah menjadi bagian dari diri kita sadar maupun tak sadar. Tentunya kamu membutuhkan proteksi lebih untuk melindungi smartphone dari orang iseng atau pihak yang mencoba mengorek privasi kamu.

Sudah hampir tiba dipengujung tahun 2017, keberadaan smartphone berteknologi fingerprint sudah banyak beredar dipasaran. Kalau kamu salah satunya pasti kamu merasa bahwa privasi smartphone kamu telah terjaga. Namun begitu, kami memiliki daftar beragam aplikasi lockscreen dengan menggunakan fingerprint atau sidik jari.

Baca juga :

Tak perlu berkecil hati bagi kamu yang belum punya smartphone dengan fitur sensor fingerprint. Karena beragam aplikasi lockscreen yang akan dibahas juga dilengkapi dengan fitur pola dan fitur keamanan lain selain fingerprint. Jadi aplikasi-aplikasi ini dijamin cocok untuk smartphone yang bahkan belum dilengkapi dengan sensor fingerprint.

Bukan sembarang aplikasi, Tim Futureloka telah memilih 15 aplikasi menggunakan pola serta sidik jari yang mampu melindungi smartphone kamu dengan proteksi ganda yang pastinya aman dan merupakan yang terbaik. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak penjelasan mengenai Beragam Aplikasi Android Untuk Penguncian Aplikasi Menggunakan Pola dan Sidik Jari Paling Aman dan Terbaik berikut ini.

1. AppLock – Fingerprint

AppLock-640x375

Aplikasi lock screen satu ini dipersembahkan oleh developer SpSoft. Tak seperti aplikasi lockscreen biasa, AppLock – Fingerprint memiliki fitur canggih lockscreen yang mendukung PIN, password, gesture, pola dan fitur fingerprint. Tak hanya mampu untuk mengunci layar smartphone kamu, AppLock ini juga bisa mengunci berbagai media social serta galeri foto kamu.

Kamu juga dapat memilih metode untuk membuka lockscreen dengan menerapkan proteksi seperti membuat pola, membuat password, menggunakan face detection, atau mengaktifkan fitur fingerprint. Setiap aplikasi juga kamu atur dengan berbagai jenis password yang berbeda. Kemungkinan smartphone kamu akan kebobolan menjadi mustahil. Tapi kamu juga perlu ingat-ingat tiap passwordnya.

Untuk password bertipe pola, aplikasi ini menyediakan pola mulai dari yang simple berukuran 3 x 3 sampai yang paling sulit yaitu 18 x 18. Dengan pola seluas itu kamu bahkan bisa membuat pola-pola yang rumit ya. Kalau kamu lupa password kamu yang begitu banyak, kamu bisa mengatur email dan security QnA.

2. AppLock – Fingerprint Unlock

unnamed

Aplikasi fingerprint ini didesain khusus untuk smartphone dengan OS Android 6.0 keatas atau smartphone Samsung dan yang memiliki sensor fingerprint. Tapi tak berarti smartphone lain tak bisa menggunakan aplikasi ini lho guys. Selain spesialisasinya pada fingerprint, kamu juga bisa mengamankan smartphone menggunakan pola dan juga password.

Menu settings dan credit card juga bisa dilindungi dengan aplikasi ini agar tak bisa disalahgunakan oleh pihak yang jahat. Uniknya lagi, kamu juga bisa mengamankan wifi kamu melalui aplikasi ini. Jadi selain tanpa izin kamu, orang lain tak bisa menggunakan wifi pribadi kamu.

Yang paling membuat kamu makin suka dengan aplikasi ini adalah bebas iklan. Ya kamu tak akan menemukan iklan yang mengganggu pada lockscreen kamu. Ada uga fitur intruder selfie, yang menangkap gambar pelaku yang mencoba membobol keamanan smartphone kamu. Dengan aplikasi AppLock – Fingerprint Unlock kamu bisa mengamankan aplikasi seperti:

  • Wifi
  • Bluetooth
  • Panggilan masuk
  • Install atau uninstall aplikasi
  • Play Store
  • Browser
  • Setting/pengatuan
  • Dan aplikasi lain yang ingin kamu lindungi

3. App Lock: Fingerprint Protection

unnamed (1)

Satu lagi aplikasi yang menggunakan nama “App Lock” yaitu App Lock: Fingerprint Password. Meski begitu aplikasi ini berbeda ya dari aplikasi-aplikasi sebelumnya. Aplikasi ini mendukung sistem keamanan menggunakan pola, pin, dan juga fingerprint. Untuk fitur fingerprint, pastikan smartphone kamu memiliki sensor Fingerprint dan minimal bersistem operasi Android 6.0 Marshmallow.

App Lock satu ini juga dapat mengamankan Bluetooth serta Wifi kamu. Ketika penyusup berusaha mencoba membuka smartphone kamu, maka aplikasi ini akan memotret sang penyusup dan mengirimkan fotonya ke email yang sudah kamu atur sebelumnya. Aplikasi ini juga bisa kamu memiliki fitur Fake Cover.

Fitur ini dapat menunjukkan kotak dialog palsu yang berisi “Force Close” yang bisa diatur untuk muncul pada aplikasi tertentu. Kamu pastinya bisa membuka aplikasi ini nantinya untuk menghindari orang yang kamu curigai. Selain aplikasi kamu juga bisa mencoba mengamankan game kamu lho. Tentunya aplikasi ini gratis dan tersedia di Google Play Store.

4. LOCKit – App Lock, Photo Vault, Fingerprint Lock

unnamed (2)

Aplikasi lockscreen karya developer SuperTools Corporation ini tersedia di Google Play Store dan tentunya gratis untuk digunakan. Berbagai fitur yang tersedia pastu menjamin keamanan smartphone kamu seperti lockscreen security, fake cover, intruder selfie, fingerprint lock, dan fitur canggih lainnya. Aplikasi ini juga sudah mendukung bahasa Indonesia.

Untuk memakai fitur fingerprint, pastikan smartphone kamu minimal Android 6.0 ke atas dan juga memiliki hardware yang support fingerprint ya. Untuk fitur keamanan selain fingerprint, ada pola dan pin yang bisa kamu terapkan diseluruh aplikasi dan lockscreen. Fitur Vault berfungsi untuk menyembunyikan foto atau video yang tak ingin dilihat oleh orang lain.

Untuk lockscreen kamu bisa menggunakan banyak tema yang tersedia yang tentunya bagus dan gratis. Fitur Fake Cover juga hadir pada aplikasi LOCKit untuk menipu orang lain dan mencegah untuk membuka smartphone kamu. Ukurannya yang kecil juga nyaman untuk didownload dan tidak buang-buang kuota, aplikasi yang sangat disarankan untuk kamu.

5. ICE Unlock Fingerprint Scanner

com.dft.iceunlock

Aplikasi super canggih yang satu ini membuat terobosan baru dalam teknologi fingerprint. Kalau biasanya kita memerlukan smartphone dengan hardware yang mendukung fingerprint, kali ini kamu bisa menggunakan sensor fingerprint menggunakan kamera. Jadi hampir semua smartphone yang memiliki kamera bisa menggunakan aplikasi ini.

Cara kerjanya adalah kamu cukup menaruh jari kamu ke kamera belakang dengan jarak 7-13 cm. Pastikan jari kamu focus ke kamera dan tidak bergerak ya, lalu tekan tombol pada layar. Setelah kamera mendeteksi sidik jari, maka kamu bisa membuka smartphone kamu.

Tak perlu khawatir soal privasi karena sidik jari/fingerprint kamu akan segera dihapus dan tidak dikirimkan ke pihak ketiga ataupun pemerintah. Jadi aplikasi ini aman untuk digunakan. Sidik jari kamu akan ditransmisi menjadi template dan akan disimpan ke storage ICE yang hanya bisa diakses oleh ICE Unlock.

Apabila sidik jari tak sesuai, maka smartphone kamu tak akan bisa dibobol orang lain. Secara spesifik kamu harus memiliki kamera belakang yang disertai LED Flash agar bisa focus dalam mengambil gambar sidik jari kamu. Aplikasi ini gratis dan dapat didownload pada Google Play Store.

6. FingerSecurity

Download-FingerSecurity-Premium-Apk-latest

FingerSecurity pertama kali dirilis oada 16 Juli 2014 yang merupakan aplikasi pertama bagi smartphone Android yang menggunakan fingerprint sebagai kemanan untuk aplikasi. Aplikasi ini khusus menyediakan keamanan dengan menggunakan fingerprint. Tapi aplikasi ini juga memiliki sistem backup berupa pin atau password. Jadi ketika fingerprint tidak terdeteksi, kamu bisa menggunakan sistem keamanan alternatif.

FingerSecurity memiliki berbagai fitur yang bisa kamu gunakan secara gratis, diantaranya:

  • Melindungi berbagai aplikasi menggunakan fingerprint/sidik jari
  • Terdapat widget
  • Unlock berbagai aplikasi secara bersamaan
  • Password alternative berupa password atau pin
  • Secara otomatis melindungi aplikasi yang baru diinstal
  • Fake crash dialog
  • FingerSecurity tak bisa diuninstall atau dihentikan secara paksa
  • Mendeteksi penyusup dengan mengambil gambar mereka dengan kamera depan
  • Dan berbagai fitur lainnya

7. CM Locker-AppLock, Lockscreen

hqdefault

CM Locker dari Cheetah Mobile telah didownload oleh lebih dari jutaan pengguna. Aplikasi ini juga mendapatkan rating cukup tinggi dalam menyuguhkan aplikasi untuk mengamankan smartphone kamu. Aplikasi ini juga memiliki fitur Anti-Theft yang dapat mendeteksi smartphone kamu jika hilang dan mengaktifkan suar darurat. Terdapat banyak tema dan wallpaper HD yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Fitur AppLock juga tersedia untuk melindungi aplikasi pada smartphone kamu dengan password, pola, pin, ataupun fingerprint. Sosial media beserta foto, video, pesan, serta kontak juga dapat dilindungi oleh aplikasi ini. Kalau ada penyusup yang salah memasukkan password, maka CM Locker akan langsung mengambil gambar penyusup itu dan dikirim langsung gambarnya ke email kamu.

Untuk dapat melacak smartphone yang hilang kamu perlu mengaitkan CM Locker ke akun Facebook kamu. Saat layar terkunci, kamu bisa mengaktifkan berbagai aplikasi dengan cepat tanpa harus membukanya, seperti music, kamera, dan juga toolbox berisi kalkulator, flashlight, dan tools lainnya. Perlu diingat fingerprint hanya dapat digunakan pada smartphone yang memiliki hardware fingerprint.

8. Fingerprint Gestures

rmmyzo2oezp2hexyzqsj

Sebelum mendownload aplikasi ini pastikan smartphone kamu memiliki sistem operasi Android 6.0 keatas atau khusus smartphone Samsung memiliki OS Android 5.0 keatas. Kalau sudah memenuhi syarat, maka aplikasi ini bisa digunakan pada smartphone kamu. Fingerprint Gestures menggunakan teknologi Google Pixel. Sensor berupa gesture/gerakan juga diterapkan pada aplikasi ini.

Dengan adanya gesture kamu bisa mengatur tindakan apa yang akan dilakukan oleh aplikasi ini. Ada bermacam-macam perintah yang bisa kamu gunakan, diantaranya:

Icon touch panel
• Back
• Home
• Recent apps
• Sleep (Root)
• Power button menu
• Scroll down (Root)
• Scroll up (Root)
• Open notifications panel
• Toggle notifications panel
• Open quick settings
• Toggle quick settings
• Play/pause song (6.0+)
• Next song (6.0+)
• Previous song (6.0+)
• Toggle auto-rotate (6.0+)
• Torch (6.0+)
• Toggle ringer mode
• App
• App shortcut
• Search
• Screenshot (Root)
• Assistant (Root)
• Dan berbagai perintah lainnya

9. Fingerprint Quick Action

quickfingfeat

Satu lagi aplikasi yang menggunakan perintah gesture/gerakan yang bisa diterapkan pada fingerprint di smartphone kamu. Untuk dapat mengaktifkan perintahnya, kamu terlebih dulu harus mengatur perintah dan setting mana yang kamu suka. Terdapat beberapa perintah yang bisa kamu gunakan seperti:

  • Sleep
  • Go back
  • Go home
  • Show recent apps
  • Show power menu
  • Toggle split screen
  • Expand notifications panel
  • Toggle notifications panel
  • Expand quick settings
  • Launch app or shortcut
  • Dan perintah lainnya

10. IObit Applock : Face Lock & Fingerprint Lock 2017

Visidon

Dari namanya kamu pasti sudah bisa menerka bahwa aplikasi ini dapat mengamankan smartphone kamu menggunakan fitur face lock dan juga fingerprint. IObit juga menambahkan fitur mutakhir yang meningkatkan keamanan pada fitur Face Lock-nya. Dengan menggunakan IObit, kamu akan mendapat pengamanan untuk berbagai aplikasi dan file yang bersifat pribadi, seperti:

  • Mengunci smartphone ketika tidak dipakai
  • Face Lock mendeteksi wajah kamu untuk mengaktifkan smartphone yang terkunci
  • Fingerprint Lock dapat digunakan pada kondisi memiliki OS Android 6.0+ dan adanya dukungan hardware untuk fingerprint
  • Menyembunyikan konten privasi
  • Menangkap gambar penyusup yang mencoba membuka smartphone kamu
  • Melindungi seluruh aplikasi
  • Support untuk tablet dan Android 6.0+
  • Keamanan berupa PIN, Pola, fingerprint, dan face lock
  • Berbagai macam tema gratis yang bisa kamu gunakan

IObit juga memiliki versi Pro-nya juga. Cukup membayar sekitar $2.99 maka keuntungan yang kamu dapatkan adalah:

  • Bebas iklan
  • Face Lock terbaru
  • Tema baru tiap bulannya
  • Kostumisasi pada pengaturan untuk menambah keamanan
  • Mengubah dan mengatur lockscreen sesuka hatimu

11. AppLock: PIN, Pattern, & Fingerprint Support

pnd.app2.vault5

AppLock dari developer Quantum4u ini dijamin praktis dan tidak ribet saat penggunaannya. Dengan memilikih metode pengamanan seperti PIN, pola, dan fingerprint, kamu juga bisa mengaktifkan perlindungan ganda dengan Dual Password Protection. Pola yang kamu gambar setiap kali membuka smartphone pun akan disembunyikan sehingga orang lain tak bisa mengintip pola.

Aplikasi yang bisa dilindungi oleh AppLock yang satu ini meliputi semua aplikasi seperti media social, tools, galeri, dan juga games. Aplikasi ini juga telah mendukung lebih dari 13 bahasa lho. Password Recovery-Easy akan otomatis diaktifkan kalau-kalau kamu lupa dengan password yang kamu masukkan.

12. Smart AppLock (App Protect)

Smart-AppLock-screenshot-840x472

Walaupun berukuran kecil, tapi aplikasi ini bisa mengamankan smartphone kamu dengan mencakup segala aplikasi. Atur sesuka hati dengan Smart AppLock ini agar pesan, panggilan, media social, galeri, dan bahkan koneksi wifi kamu aman dari orang yang tak diinginkan. Untuk mencegah anak terlalu sering bermain games, kamu juga bisa mengunci games yang ada dismartphone kamu.

Smart AppLock juga menawarkan tiga metode keamanan seperti PIN, pola, dan juga fingerprint. Khusus untuk fingerprint, smartphone kamu harus memiliki sensor fingerprint ya. Kalaupun tak ada, kamu tetap bisa menggunakan metode pengamanan yang lainnya. Google Play Store menyediakan aplikasi ini secara gratis untuk tiap kontennya.

13. AppLock

AppLock-Logo

Aplikasi terakhir didaftar yang dengan nama AppLock ini dikembangkan oleh developer DoMobile Lab. Telah mendukung 24 bahasa dari negara yang berbeda dan didownload lebih dari 200 juta pengguna tak heran aplikasi ini sangatlah bagus. Untuk menjaga privasi kamu aplikasi ini dapat melindungi galeri, social media, aplikasi privasi, dan bahkan games.

Kamu juga bisa menyembunyikan aplikasi ini untuk mencegah agar tidak di uninstall orang lain atau secara tak sengaja. Ada pula Vault untuk menamung video dan foto yang kamu anggap memerlukan privasi. Jaringan wifi, mobile data, dan Bluetooth bisa kamu amankan agar tak dipakai sembaranga oleh orang lain.

14. Couchgram, Call & App Lock

Couchgram3

Couchgram aplikasi keamanan terkini yang trendy dan gaul. Bagaimana tidak, tersedia berbagai tema dan layar gratis yang bisa mempercantik lockscreen kamu. Tentunya aplikasi ini dilengkapi dengan metode keamanan seperti PIN, pola, dan juga fingerprint. Couchgram berfungsi maksimal pada smartphone Samsung dan smartphone dengan OS Android 6.0+

Bosan dihubungi oleh pihak asung yang mengganggu, dengan Couchgram kamu bisa membockir nomor tersebut agar tak lagi mengganggu kamu. Privasi berlaku pada aplikasi, media, file, serta galeri yang ada di smartphone kamu. Kalau ada yang mencoba menyusup ke smartphone kamu, apikasi ini akan secara otomatis mengambil gambar orang tersebut.

15. Photo Pattern Lock Screen-DIY

unnamed (3)

Kalau tadi banyak aplikasi dengan fitur fingerprint, kali ini ada aplikasi khusus pola yang unik. Tiap titik pola bisa kamu atur dan pasang dengan foto atau gambar kesukaan kamu. Dengan kemampuan tak terbatas, kamu juga bisa mengatur lockscreen dengan gambar HD dan menarik. Bentuk titik pola juga bisa diatur ke bentuk bulat, hati, dan bentuk unik lainnya.

Tersedia gratis di Google Play Store kamu bisa mendownloadnya sekarang juga. Cukup slide menu keatas, kamu bisa mengatur setting dengan cepat tanpa perlu membuka smartphone kamu terlebih dahulu.

Itulah tadi Beragam Aplikasi Android Untuk Penguncian Aplikasi Menggunakan Pola dan Sidik Jari Paling Aman dan Terbaik yang bisa Tim Futureloka sampaikan. Aplikasi-aplikasi ini seluruhnya aman, gratis, dan tersedia di Google Play Store. Jadi kamu bisa mendownloadnya sewaktu-waktu tanpa perlu khawatir. Semoga bermanfaat ya. Sampai jumpa di artikel lainnya!

Baca juga :

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here