Perbandingan Bagus Mana HP Apple iPhone 7 VS Oppo F3 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

iphone-7-vs-oppo-f3

Sama seperti sebelumnya, kedua flagship ini memiliki spesifikasi kelas premium, iPhone 6S dan 6S Plus. Hanya saja untuk versi Apple iPhone 7 Plus tentu menjadi varian lebih tinggi dibanding Apple iPhone 7. Hadir sebagai produk baru dari vendor yang telah terkenal sebagai produsen teknologi kelas atas, tentu Apple iPhone 7 akan semakin mengibarkan nama Apple di kancah dunia.

Untuk Apple iPhone 7, Apple mengusung bodi dengan ketebalan standar. Selain itu, pada ruang dapur pacunya, Apple iPhone 7 juga digadang-gadang bakal membawa semua hal yang terbaru dari smartphone Apple ini, dari mulai sistem operasinya sampai ke mesin pengoperasiannya.

Sukses dengan produk flagshipnya, iPhone 6S dan 6S Plus, rupanya membuat Apple semakin bersemangat untuk mengikuti persaingan pasar dengan teknologi-teknologi terbaru. Kali ini, berdasarkan rumor yang beredar Apple juga akan segera mendatangkan flagship terbarunya yakni, Apple iPhone 7 dan Apple iPhone 7 Plus.

Di awal Mei 2017, Oppo F3 akhirnya resmi dirilis secoleh Oppo. Smartphone premium buatan pabrik asal Negeri Tirai Bambu tersebut memang dihadirkan sebagai salah satu produk dari jajaran F3 Series. Di mana sebelumnya, seri F3 Plus telah dirilis terlebih dahulu oleh pihak Oppo.

Selain itu, kabar akan kemunculan smartphone flagship ini pun semakin menguat dengan laporan yang dilansir dimana spesifikasi yang akan diusung oleh Oppo F3 ini sudah terpampang di beberapa negara. Belum pula dengan bocoran video yang memiliki durasi sepuluh detik yang muncul di saluran YouTube Slash Leaks di mana dalam video tersebut memamerkan perangkat yang diduga Oppo F3 ini.

Tentu, dengan diluncurkannya ponsel canggih yang mengusung tersebut maka lengkap sudah F3 Series buatan Oppo yang memang dihadirkan di tengah-tengah masyarakat sebagai flagship andalannya yang membawa tema “Selfie Expert”. Di sisi lain, dengan nama Oppo F3 yang hadir tanpa embel-embel “Plus”, tentu saja perangkat kelas menengah atas ini akan dibekali dengan kemampuan yang setingkat lebih rendah dari versi F3 plus.

Kali ini Tim Futureloka berkesempatan untuk membahas mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Apple iPhone 7 VS Oppo F3 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia, berikut ulasannya :

Perbandingan Spesifikasi HP Apple iPhone 7 VS Oppo F3

Spesifikasi iPhone 7

  • Desain Berteknologi Canggih dengan Bodi Lebih Ramping

Untuk urusan desain, spesifikasi iPhone 7 ini masih sama dengan nuansa yang dibawa Apple dari dulu yakni dengan sentuhan mewah pada setiap desainnya. Kali ini, Apple masih tetap mengusung desain khas iPhone dari generasi ke generasi, tentunya dengan sedikit memberikan sentuhan baru dan modern. Smartphone terbaru dari Apple ini sekarang mengusung pilihan warna casing yang lebih bervariatif yang membuatnya nampak lebih fresh.

Secara fisik, generasi baru dari iPhone ini memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih ramping dari generasi iPhone 6. Meski masih belum diketahui dimensi detailnya, namun diketahui bahwa ketebalan Apple iPhone 7 ini tak melebihi dari seri sebelumnya. Hal ini akan menciptakan bodi yang sangat nyaman untuk digenggam.

iphone-7-3

Diantara keluarga iPhone, seri Apple iPhone 7 ini termasuk salah satu yang memiliki bodi paling tipis. Untuk urusan display, Apple iPhone 7 ini masih sama mengandalkan jenis layar terbaik dengan kekayaan warna warna mencapai 16 M. Dengan layar berukuran sedang yang memiliki resolusi sangat bagus dengan kerapatan layar yang standar ini akan memberikan tampilan visual yang cukup bagus dan jernih serta nyaman di mata.

Selain memiliki display yang jernih, Apple iPhone 7 sudah juga dilengkapi dengan proteksi layar yang cukup canggih, yaitu dengan menggunakan Ion-strengthened glass yang akan melindungi layar ponsel dari goresan benda tajam sekalipun. Kemudian, layar smartphone ini juga dilengkapi dengan proteksi Oleophobic Coating yang akan membuatnya tahan terhadap tekanan benda cair sekalipun, sehingga tidak akan menyebabkan layar mengembun.

Untuk bagian display, Apple iPhone 7 ini memang memiliki banyak sekali fitur canggih. Salah satunya adalah fitur terbaru dari Apple, yaitu 3D Touch Display yang merupakan fitur yang mampu mendeteksi segala macam jenis tekanan. Kemudian, ada juga fitur Display Zoom yang akan memberikan tampilan layar lebih terlihat longgar.

Tak ketinggalan juga, untuk bagian display dari spesifikasi iPhone 7 ini sudah dilengkapi dengan teknologi Fingerprint Sensor yang mampu memindai sidik jari, serta ditambahkan fitur Apple Pay sebagai sarana untuk pembayaran konten resmi dari Apple Store.

 

  • Dapur Pacu Disenjatai Chipset dan iOS Terbaru 

Selama ini, deretan produk Apple memang dikenal sebagai salah satu produk yang memiliki performa paling baik. Karenanya, spesifikasi Apple iPhone 7 akan dibekali dengan komponen terbaru pada ruang dapur pacunya yang tentu saja akan siap memberi performa kelas wahid. Rangkaian chipset pada Apple iPhone 7 ini akan menghadirkan performa mumpuni khas gadget kelas tinggi. Jadi, apa pun nanti jenis prosesor yang akan digunakan oleh Apple pastinya akan menghadirkan kinerja yang sangat maksimal.

Meski jenis prosesor untuk Apple iPhone 7 ini Apple tetap menggunakan prosesor berteknologi tinggi layaknya komputer. Untuk mendukung optimalisasi kerja pada ruang dapur pacu, Apple iPhone 7 ditandem dengan RAM cukup besar.

Kehadiran RAM berkapasitas besar pada Apple iPhone 7 ini akan membantu meningkatkan kemampuan olah data serta menjamin kelancaran dalam menjalankan semua jenis aplikasi. Terakhir, spesifikasi iPhone 7 pada bagian ruang dapur pacu akan berjalan pada sistem operasi terbaru yang pastinya akan membawa fitur lebih canggih dan menarik.

  • Kapasitas Memori Internal Bisa Pilih Sesuai Kebutuhan

Sama seperti seri-seri iPhone sebelumnya, kali ini Apple menghadirkan Apple iPhone 7 ke dalam beberapa varian memori internal yang masing-masing memiliki kapasitas memori internal berbeda. Tercatat, Apple menghadirkan iPhone seri 7 ke dalam tiga pilihan kapasitas memori.

Untuk ukuran sebuah smartphone, kapasitas memori pada Apple iPhone 7 ini sudah sangat besar. Kapasitas memori tersebut bisa digunakan untuk menampung segala macam aplikasi, baik yang membutuhkan kapasitas besar maupun kecil. Pada sektor memorinya ini, Apple iPhone 7 memang dibekali dengan memori internal yang sangat besar karena tidak dibekali dengan slot microSD atau eksternal memori.

Hal ini sebenarnya juga demi kebaikan pengguna Apple iPhone 7 karena saat ini banyak kartu microSD abal-abal yang tidak kompatibel dengan perangkat pada iPhone. Jadi, meski spesifikasi iPhone 7 di bagian memori ini tak dibekali dengan slot microSD, hal ini tak akan menjadi masalah karena slot memori internalnya sudah berkapasitas besar. Berikut spesifikasi lengkapnya :

iphone-7-1

  • Layar
4.7 inci LED-backlit IPS LCD Capacitive , 750 x 1334 Pixel, IP67 Certified
  • Body
138.3 x 67.1 x 7.1 mm, 138 gram, Full Metal
  • Jaringan
3G HSDPA+, 4G LTE Cat9 450/50 Mbps
  • Sistem Operasi
iOS 10.0.1
  • Chipset
CPU Apple A10 Fusion + GPU PowerVR Series7XT Plus
  • Memori
RAM : 2 GB , Internal : 32/128/256 GB , MicroSD : No
  • Kamera Belakang
12 MP , PDAF, OIS, Quad-LED (dual tone) flash
  • Kamera Depan
7 MP
  • Sensor
Proximity , Accelerometer , Ambient Light , Gyro, Fingerprint
  • Warna
Jet Black, Hitam, Silver, Gold, Rose Gold
  • Baterai
Li lon 1960 mAh, Non-Removable

Spesifikasi Oppo F3

  • Mengusung Desain Super Elegan dengan Layar Full HD

Jika dilihat secara sepintas, tampaknya bentuk bodi yang dibawa ponsel terbaru buatan Oppo ini tak berbeda dengan versi sebelumnya. Bukan tanpa alasan mengingat desain dari perangkat terbaru Oppo ini memang tampak dibuat dengan rancangan yang begitu kompak dan sangat ramping.

Hal itu tentu juga tak lepas dari ukuran dimensi yang diusung Oppo F3 ini dengan bodi yang cukup panjang dan hanya berketebalan yang tidak terlalu. Sehingga, dengan dimensi yang cukup slim tersebut maka akan membuat perangkat ini lebih mudah ketika dibawa kemana-mana oleh penggunanya.

Apalagi dengan bobotnya yang sangat ringan. Tentu saja akan semakin membuat ponsel Oppo F3 ini kian diminati oleh para calon konsumen yang memiliki tingkat kesibukan tinggi. Di sisi lain, tak ketinggalan juga dari segi visualnya. Sebab, selain segi desain fisik pada bodinya, perangkat ini juga akan dilengkapi dengan layar lebar yang memiliki kemampuan resolusi Full HD berkerapatan tinggi.

Dengan demikian maka sudah barang tentu bahwa smartphone canggih dan mewah bernama Oppo F3 ini akan mampu memperlihatkan visualisasi yang sangat atraktif dan menarik. Bahkan pada sektor layarnya menggunanakan tipe panel khas Oppo yang juga turut disematkan sehingga tampilan visualnya pun akan semakin tampak begitu jernih dan tajam. Pastinya, hal tersebut menjadi kelebihan tersendiri pada sisi eksterior dari spesifikasi Oppo F3 ini.

oppo-f3

  • Dibekali Chipset Terbaru dan RAM Besar Hasilkan Performa Super Handal

Selain mampu menghadirkan desain fisik yang begitu menawan, tampaknya spesifikasi Oppo F3 ini juga mampu memberikan hasil kinerja ponsel yang begitu optimal. Hal itu tentu saja menjadi keunggulan tersendiri bagi perangkat kelas premium buatan Oppo ini.

Pasalnya, diketahui bahwa perangkat cerdas bernama Oppo F3 ini akan dibekali dengan komponen hardware tangguh berupa chipset terbaru yang nantinya akan berkolaborasi dengan prosesor Octa Core. Tentu sudah jelas dan pasti bahwa dengan bekalan komponen tersebut maka performa maupun kinerja yang dihasilkannya pun akan menjadi super handal.

Tak cukup sampai di situ saja, Oppo F3 pun juga akan diluncurkan dengan berbekal RAM berkapasitas Besar di mana dengan kapasitas RAM tersebut maka kinerja operasionalnya akan semakin cepat dan sangat responsif, apalagi ketika digunakan untuk menunjang aktivitas multitasking. Sementara itu, untuk memberikan performa grafik yang mumpuni maka Oppo F3 pun akan menghadirkan sebuah kartu grafis yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Tentu, dengan dipersenjatainya kartu grafis tersebut, dipastikan akan mampu memberikan tampilan grafis super smooth dan tajam, khususnya bagi sobat yang suka menonton video atau bermain game dengan tingkat grafis tinggi. Di samping itu, untuk sistem operasinya sendiri bahwa spesifikasi Oppo F3 akan mengandalkan OS Android dengan segudang fitur sebagai platform utama penggerak kinerja komponen dapur pacu.

  • Storage Longgar dengan Bekalan Memory Internal Luas

Diluncurkan sebagai smartphone flagship yang menyasar pada segmen kelas menengah atas maka ruang penyimpanan menjadi salah satu bagian terpenting dalam menunjang setiap aktivitas simpan menyimpan. Sebab, di era seperti saat ini, bagian penyimpanan file menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi para konsumen.

Oleh karena alasan itulah maka Oppo F3 pun menawarkan memory internal dengan kapasitas maksimal yang sangat besar. Jika melihat kapasitas pada ruang simpan internal tersebut, tampaknya dirasa sudah cukup memadai untuk mencukupi kebutuhan akan ruang simpan sebagai media menyimpan file pribadi milik pengguna Oppo F3 ini, seperti aplikasi maupun game.

Bahkan, ruang penyimpanan yang disediakan oleh Oppo pada perangkat ini pun juga bisa diperluas dengan mengunakan micro SD hingga batas maksimum. Sehingga, kebutuhan penyimpanan file besar pun akan semakin tercukupi. Tentu saja dengan ketersediaan storage yang berkapasitas besar pada spesifikasi Oppo F3 tersebut maka kebutuhan pengguna dalam urusan simpan menyimpan file pun akan tercukupi. Berikut spesifikasi lengkapnya :

oppo-f3-1

  • Layar
5.5 inci IPS LCD, 1080 x 1920 pixels, Gorilla Glass 5
  • Body
153.3 x 75.2 x 7.3 mm, 153 Gram, Full Metal
  • Jaringan
DualSIM , GSM , 3G HSDPA , HSPA+ , 4G LTE
  • Sistem Operasi
Android v6.0 Marsmallow, Color OS 3.0
  • Chipset
CPU Mediatek MT6750T + GPU Mali-T860MP2
  • Memori
RAM : 4 GB , Internal : 64 GB , MicroSD : up to 256 GB
  • Kamera Belakang
13 MP , Phase Detection Autofocus, LED flash
  • Kamera Depan
Dual 16 MP + 8MP , Screen Flash
  • Sensor
Fingerprint, Proximity ,  Accelerometer , Ambient Light , Gyro,
  • Warna
Gold, Rose Gold
  • Baterai
Li – Ion 3200 mAh, Non-Removable

Perbandingan Hasil Kamera Apple iPhone 7 VS Oppo F3

Duet Kamera 12 MP dan 5 MP

Untuk segi fotografi, spesifikasi Apple iPhone 7 dibekali kamera dengan ukuran dan resolusi yang siap menghasilkan fotografi berkualitas. Untuk ponsel pintar terbaru ini, Apple membekalinya dengan kamera utama berukuran 12 MP. Di antara keluarga iPhone, kamera pada Apple iPhone 7 memang salah satu yang memiliki resolusi paling besar memiliki ukuran yang sama dengan generasi iPhone 6.

Hal ini pastinya akan memberikan kualitas jepretan foto yang maksimal. Selain memiliki resolusi lensa yang sangat bagus, kamera belakang pada Apple iPhone 7 ini juga telah dilengkapi dengan beberapa fungsi-fungsi fotografi modern, seperti misalnya Phase Detection, Autofocus, Dual LED Flash dan juga fitur Touch Focus.

Selain itu, kamera utama pada Apple iPhone 7 ini juga telah didukung oleh teknologi terbaru dari Apple, yaitu teknologi Simultaneous 4K Video Recording. Selain bisa menghasilkan jepretan foto yang bagus, kamera utama pada Apple iPhone 7 ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan hasil rekaman yang cukup jernih dan detail.

Untuk melengkapi lini fotografi pada  Apple iPhone 7, disematkan juga kamera sekunder berukuran 5 MP. Ukuran kamera tersebut tergolong kecil untuk keluaran ponsel pintar saat ini, namun dapat dipastikan kamera yang dibenamkan dalam spesifikasi iPhone 7 tersebut mampu bersaing dengan gadget lain dikelasnya.

iphone-7

Dilengkapi Dual Kamera Depan “Selfie Expert” 16 MP + 8 MP dan Kamera Belakang 13 MP

Menginjak pada segmen berikutnya, kali ini kita akan membahas sektor yang paling diunggulan dan diandalkan pada spesifikasi Oppo F3, yaitu lini fotografi. Mengusung tema “Selfie Expert”, tentu saja sektor dokumentasi atau lini fotografi pada flagship mewah buatan pabrik asal Negeri Panda ini akan dipersenjatai dengan kamera super handal.

Pasalnya, perangkat terbaru dari Oppo ini akan mengusung dual kamera canggih, yaitu kamera belakang dan kamera depan. Untuk kamera belakang Oppo F3 akan mengusung kamera beresolusi 13 MP lengkap dengan fitur phase detection autofocus, OIS, dan LED Flash sehingga akan memberikan hasil bidikan foto yang sangat jernih dan cukup tajam.

Sedangkan di sisi lain, untuk kamera depannya sendiri juga akan menawarkan dual kamera dengan kemampuan resolusi 16 MP + 8 MP di mana yang sudah pula dilengkapi dengan sensor size. Tentu saja dengan bekalan kemampuan yang ditawarkan pada kamera depan Oppo F3 tersebut maka dipastikan akan memberikan hasil jepretan selfie yang begitu atraktif dan memuaskan, sangat cocok bagi kawula muda pecinta selfie.

Selain itu, beberapa fitur pendukung pun juga turut disematkan pada lini fotografi yang dibawa Oppo F3 ini, antara lain seperti 1/2.8″ sensor size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama. Tak ketinggalan juga bahwa selain mampu digunakan untuk mengambil foto atau gambar

Lini fotografi ini juga bisa dipakai untuk merekam video dengan kualitas Full HD sehingga mampu menghasilkan video record super jernih. Sehingga memang spesifikasi Oppo F3 pada lini fotografinya menjadi hal yang paling diunggulkannya untuk menarik konsumen.

oppo-f3-2

Perbandingan dari Segi Harga Apple iPhone 7 VS Oppo F3 di Indonesia

Harga iPhone 7 untuk saat ini harga barunya dijual sekitar 11,9 Jutaan untuk versi memori internel 32 GB, untuk penyimpanan internal 128 GB dibanderol dengan harga 13,6 Jutaan. Sementara untuk versi memori internal 256 GB ditawarkan sekitar 15,5 Jutaan. Smentara untuk harga bekasnya masih diangka 9,5 Jutaan.

Apabila bagi menginginkan iPhone 7 dengan banderol harga yang lebih murah kami akan merekomendasikan iPhone 7 bergaransi distributor. Untuk versi internal 32 GB ditawarkan sekitar 8,9 Jutaan, sementara untuk versi internal 128 GB dijual dengan harga 10,6 Jutaan sementara untuk versi internal yang paling besar yakni 256 GB ditawarkan dengan harga 14,1 Jutaan.

Meski harganya tergolong mahal iPhone 7 juga tawarkan spesifikasi mentereng seperti kinerja hardware tangguh, ada fitur tahan air serta dilengkapi dengan kamera beresolusi tinggi. Jadi smartphone ini bisa menjadi pilihan yang cukup bagus untuk kamu pilih terutama buat kamu yang berkantong tebal.

iphone-7-2

Sedangkan, Oppo F3 untuk saat ini harganya dijual sekitar 3,6 Jutaan untuk harga barunya. Sementara untuk harga bekasnya dijual sekitar 3,3 Jutaan. Jika melihat tabel diatas harga barunya  mengalami sedikit penurunan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Oppo F3 ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk kamu miliki disegmen menengah kebawah, selain hadir dengan kamera selfie juara, HP ini juga dilengkapi dengan spesifikasi mentereng. Dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan Oppo F3 Plus, diharapkan Oppo F3 ini akan banyak diminati oleh pengguna smartphone di Indonesia.

Perbandingan dari Segi Baterai Apple iPhone 7 VS Oppo F3

Kapasitas Baterai Pastikan Sesuai Kebutuhan Operasional

Jika melihat spesifikasi Apple iPhone 7 ini, tentu smartphone terbaru dari Apple ini membutuhkan kapasitas baterai cukup besar untuk mendukung segala kegiatan operasional. Tanpa baterai dengan kapasitas yang besar spesifikasi ponsel yang tinggi tiada artinya.

Tampaknya Apple perlu mencermati kata-kata tersebut, berhubung saat ini kapasitas baterai Apple iPhone 7 masih belum diketahui, Apple tentu perlu mempertimbangkan lebih matang dalam memberi kapasitas baterai, karena seperti diketahui  untuk generasi sebelumnya, Apple membekali kapasitas daya yang masih terbilang standar.

Meski kapasitasnya belum diketahui, namun yang pasti Apple iPhone 7 akan dibekali dengan baterai non-removable Lithium Polymer. Dan yang lebih menarik, seperti rumor yang terdengar bahwa baterai yang dibenamkan dalam spesifikasi iPhone 7 tersebut akan bisa dilakukan charging tanpa kabel karena memiliki fitur wireless charging.

OPPO-F3-Plus-Black

Disokong Daya Baterai Li-Ion Berkapasitas 3200 mAh

Seperti pada beberapa perangkat lain, baterai merupakan roh utama pada sebuah perangkat pintar, tak terkecuali pada perangkat terbaru dari Oppo F3ini mengingat keberadaannya sebagai sumber suplai daya yang dibutuhkan setiap komponen dalam menjalankan kinerjanya.

Guna menunjang kebutuhan daya akan setiap komponen tersebut maka Oppo pun membekali ponsel buatannya ini dengan sebuah baterai dari jenis Li-Ion yang memiliki kapasitas daya hingga 3200 mAh. Apabila ditelisik secara mendalam pada Oppo F3 ini, tampaknya dengan bekalan baterai tersebut maka dipastikan sudah dirasa memadai untuk menunjang kebutuhan daya pada setiap komponen.

Terutama, pada sektor layarnya yang begitu luas dengan kemampuan resolusi tinggi. Sehingga, dipastikan perangkat Oppo F3 ini memang akan membutuhkan suplai tenaga yang cukup besar. Selain itu, yang cukup menarik yaitu fitur berupa fast battery charging (VOCC Flash Charge) yang akan membuat pengisian daya baterai menjadi lebih cepat dan efisien.

Demikianlah artikel mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Apple iPhone 7 VS Oppo F3 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia yang dapat Tim Futureloka sampaikan, smeoga bermanfaat.

Kedua smartphone kelas atas ini merupakan produk teranyar dari kedua vendor yang sudah tidak asing ditelinga kita ini memiliki kelebihan yang luar biasa, namun bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Pilihlah smarthone dengan bijak dan dapat memenuhi kebutuhan dalam beraktivitas sehari – hari. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here