Perbandingan Bagus Mana HP Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL VS Lenovo A7000 Plus Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

Asus berhasil menggebrak pasar dengan menghadirkan smartphone kelas menengah ke bawah (Mid-to-Low-End) dengan seri Zenfone 4, 5, dan 6 yang memiliki spesifikasi tinggi dikelasnya. Hadir dengan prosesor Intel Atom, Asus berhasil membuat para penikmat teknologi penasaran akan kinerjanya. Selain itu dengan strategi menyediakan produk disegala segmen harga mulai dari yang termurah dengan harga satu jutaan hingga paling tinggi dengan harga tiga jutaan dikala pertama peluncurannya.

Setelah berhasil dengan seri Zenfone generasi pertama, ditahun berikutnya Asus kembali menghadirkan seri Zenfone generasi ke dua yang memiliki desain hampir mirip dengan generasi pertama. Tidak seperti generasi sebelumnya yang menggunakan Intel Atom sebagai dapur pacunya, pada seri ke dua Asus menghadirkan dapur pacu dari Qualcomm. Salah satu andalannya pada Zenfone seri ke dua adalah Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL. Seri Zenfone yang satu ini ditanamkan fitur kamera yang beda dari seri Zenfone lainnya dengan adanya penambahan Laser Autofocus.

Terlepas dari Asus, dilain pihak Lenovo juga berhasil menggebrak pasar smartphone dengan menghadirkan smartphone dikelas yang sama yaitu menengah ke bawah. Selain harganya murah, smartphone yang diluncurkan oleh Lenovo juga memiliki spesifikasi yang terbilang tinggi dikelasnya. Salah satu seri smartphone andalannya adalah Lenovo A7000 Plus. Seri ini adalah peningkatan dari seri Lenovo A7000 biasa yang tentunya memiliki spesifikasi yang ditingkatkan.

Baca juga artikel menarik lainnya.

Dengan mengisi kelas pasar yang sama dan memiliki spesifikasi yang terbilang tinggi dikelasnya tentunya ada perbandingan dari kedua seri smartphone ini. Maka pada artikel ini tim Futureloka akan membahas perbandingan antara Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL dengan Lenovo A7000 Plus berdasarkan spesifikasi, kamera, dan harga yang ditawarkan. Apa saya perbandingannya? Berikut adalah perbandingan antara keduanya.

Perbandingan spesifikasi hp Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL VS Lenovo A7000 Plus

Spesifikasi Asus Zenfone 2 Lase ZE500KL

Desain dan Material

Seperti yang disinggun sebelumnya, Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL masih menggunakan desain yang serupa namun diberi sedikit perubahan dari seri sebelumnya. Jika sebelumnya tombol power dan volume diletakan di pinggir bezel, pada seri ke dua Asus meletakannya dibagian atas untuk tombol power dan dibagian belakang untuk tombol volume. Selain berfungsi sebagai tombol volume, juga dapat difungsikan sebagai tombol shutter kamera untuk memudahkan pengguna saat memotret gambar saat selfie. Material yang digunakan sebagai bahan case nya menggunakan bahan plastik namun dipoles sedemikian rupa sehingga terlihat seperti menggunakan material metal. Memiliki dimensi 143.7 x 71.5 x 10.5 mm dan berat 140 gram, dengan dimensi tersebut tentunya akan terasa nyaman saat digenggam. Namun sayangnya bagian belakang dinilai terasa licin yang bisa menyebabkan lebih gampang selip saat digenggam.

Selain tombol volume, juga terdapat kamera utama yang berukuran 8 megapixel pada bagian belakangnya. Terdapat juga dual LED flash dan laser autofocus disebelah kiri dan kanan kamera utamanya. Untuk slot Jack 3.5 sendiri diletakan pada bagian atas, sedangkan port Micro USB diletakan dibagian bawah.

Beralih pada bagian depan, Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL menggunakan layar IPS berukuran 5 inch dengan resolusi HD 720×1280 pixel. Memiliki rasio body (Screen-to-body-ratio) sebesar 70% yang menyebabkan layar utamanya akan terlihat lebih besar dibandingkan dengan bezel (bingkai). Tombol kapasitif diletakan diluar layar sehingga tidak mengganggu tampilan pada layar LCD. Asus sudah melengkapinya dengan lapisan Gorilla Glass 4 sehingga layar lebih tahan terhadap goresan dan debu.

Dapur Pacu dan Memori

Pada Zenfone generasi pertama Asus menggunakan Intel Atom sebagai dapur pacu nya. Lain hal dengan seri Zenfone generasi ke dua yang sudah menggunakan Qualcomm sebagai dapur pacunya. Seri yang digunakan adalah Qualcomm MSM8916 atau biasa dikenal dengan Snapdragon 410 dengan Quad-core dan clock sebesar 1.2 GHz. Zenfone 2 Laser ZE500KL dilengkapi GPU Adreno 306 dengan RAM 2 GB dan memori internal sebesar 16 GB yang dapat ditambah dengan microSD hingga 128 GB.

Beralih pada software, Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL telah dilengkapi dengan Android 5.0 Lollipop yang dapat ditingkatkan ke Android 6.0 Marshmellow. Selain itu Asus telah mendesain tampilan AOSP Android dengan ZenUI yang memiliki tampilan yang lebih menarik dan penambahan fitur yang lebih kaya.

Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL telah dilengkapi dengan fitur dual SIM-card dan sudah mendukung jaringan 4G LTE dan telah dilengkapi dengan baterai yang memiliki kapasitas 2400 mAh yang dapat dicopot (removable).

Spesifikasi Lenovo A7000 Plus

Desain dan Material

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Lenovo A7000 Plus adalah pembaharuan dari Lenovo A7000 biasa. Desainnya sendiri sama seperti pendahulunya, bahkan terlihat identic karena memang pada bagian desainnya sendiri tidak diberikan perubahan dari seri sebelumnya baik dari segi ukuran maupun estetika lain seperti dimensi dan ukuran layar. Tidak seperti vendor lain, dengan adanya tamahan ‘Plus’ pada nama serinya maka layarnya akan lebih besar, namun lain hal dengan Lenovo A7000 Plus yang memiliki layar dengan ukuran sama dengan seri sebelumnya. Ukuran layarnya sendiri masih 5.5 inch. Jika seri sebelumnya layar yang digunakan hanya beresolusi HD 720×1280 pixel, maka pada Lenovo A7000 Plus mendapat peningkatan layar jenis IPS beresolusi Full HD 1080×1920 pixel. Sama seperti Zenfone 2 Laser ZE500KL yang meletakan tombol kapasitif diluar dari layar, Lenovo A7000 Plus juga demikian. Hal tersebut memberikan kepuasan lebih karena tidak menggangu konten yang ditampilkan pada layar LCD. Dimensi dari Lenovo A7000 Plus adalah 152.6 x 76.2 x 7.99 mm dengan berat yang sama dengan Zenfone 2 Laser ZE500KL, yaitu 140 gram.

Beralih ke material casing, Lenovo A7000 Plus masih memiliki ukuran dan material yang sama dengan seri sebelumnya, yaitu menggunakan material Plastik non-unybody yang dibalut dengan warna hitam. Penempatan tombol volume dan power masih berada dibagian kanan perangkat, sementara port micro USB dan slot Jack 3.5 berada pada bagian atas perangkat.

Dibagian belakang terdapat kamera dan dual LED flash. Selain itu juga terdapat buzzer dengan kualitas suara Doubly Atmos. Secara ergonomic, Lenovo A7000 Plus memiliki ukuran yang besar. Namun dengan ditambahkannya lapisan doff sehingga genggaman tidak akan terasa licin.

Dapur Pacu dan Memori

Dapur pacu atau biasa disebut prosesor yang digunakan pada Lenovo A7000 Plus adalah prosesor dari MediaTek seri MT6752 dengan kecepatan Quad-core 1.7 GHz dan dilengkapi dengan GPU Mali-T760MP2. Berbeda dengan seri sebelumnya, Lenovo A7000 Plus mendapat peningkatan pada memorinya. Jika sebelumnya hanya 1 GB, maka pada Lenovo A7000 Plus menggunakan RAM sebesar 2 GB dengan memori internal yang ditingkatkan pula menjadi 16 GB. Memori internal masih dapat ditingkatkan dengan microSD hingga 32 GB.

Terlepas dari hardware, Lenovo A7000 Plus telah dilengkapi dengan Android 5.0 Lollipop yang dapat ditingkatkan versinya ke Android 6.0 Marshmellow. Sama seperti Asus, Lenovo juga telah mendesain ulang tampilan AOSP Android menjadi tampilan khas mereka yang diberi nama VibeUI yang tentunya memiliki tampilan yang lebih menarik dengan penambahan fitur-fitur lainnya.

Baterai yang digunakan pada Lenovo A7000 Plus berkapasitas 2900 mAh yang dapat dipasang dan dilepas (removable). Sama seperti Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL, Lenovo A7000 Plus juga telah dilengkapi dengan dual SIM yang mendukung jaringan 4G LTE.

Perbandingan hasil kamera Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL VS Lenovo A7000 Plus

Kamera Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL memiliki kamera yang sebenarnya sama saja dengan Lenovo A7000 Plus, namun istimewanya adalah adanya laser autofocus yang sangat berguna saat mengambil focus pada objek yang hendak diambil gambarnya. Selain itu, dengan laser autofocus kamera pada Zenfone 2 Laser ZE500KL dapat mendapatkan focus hanya dengan waktu 0.03 detik saja. Resolusi kamera utamanya sendiri sebesar 13 MP dengan dual LED flash. Kamera pada Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL juga dilengkapi dengan fitur PixelMaster yang berfungsi untuk memotret objek pada malam hari.

Tidak ketinggalan juga fitur-fitur lainnya seperti mode Panorama, HDR, touch focus, autofocus, face detection, Geo-tagging. Kamera pada Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL juga dapat merekam video hingga resolusi 1080p dengan 30 frame per second. Sedangkan pada kamera depannya, Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL telah dilengkapi dengan kamera depan beresolusi 5 MP dengan tambahan fitur autofocus.

Kamera Lenovo A7000 Plus

Kamera pada Lenovo A7000 Plus mendapatkan peningkatan dari generasi sebelumnya yang hanya 8 MP. Dengan adanya peningkatan kamera yang menjadi 13 MP ape tentunya kualitas yang dihasilkan akan lebih baik dari sebelumnya. Tidak seperti Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL yang memiliki fitur tambahan seperti laser autofocus dan PixelMaster untuk memotret kondisi kurang cahaya, kamera pada Lenovo A7000 Plus tidak dilengkapi dengan fitur tambahan lain selain fitur-fitur yang biasa ditemukan pada kamera smartphone pada umumnya, seperti mode Panorama, HDR, touch focus, autofocus, face detection, Geo-tagging, juga dapat merekam video hingga resolusi full HD 1080p dengan 30 frame per second. Namun kameranya dinilai dapat diandalkan untuk mengambil gambar objek dalam kondisi memadai.

Kamera depannya memiliki resolusi 5 MP yang dirasa sudah cukup untuk sekadar memotret foto selfie. Namun kamera depan Lenovo A7000 Plus tidak dilengkapi dengan fitur autofocus seperti pada Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL.

Perbandingan dari segi harga Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL VS Lenovo A7000 Plus di Indonesia

Harga adalah bagian terpenting yang tentunya akan menentukan semuanya. Karena menyasar pasar dengan kelas yang sama, tentunya harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda. Berdasarkan situs resmi Asus Indonesia, Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL saat ini dijual dengan harga IDR. 1.999.000.

Sedangkan Lenovo A7000 Plus saat ini dijual dengan harga IDR. 1.750.000. Harga Lenovo A7000 Plus memang lebih murah, namun dengan harga yang ditawarkan oleh Asus pada Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL kamu bisa menikmati fitur kamera yang lebih kaya.

Berikut adalah spesifikasi lengkap dari kedua perangkat tersebut:

Spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL Lenovo A7000 Plus
Jaringan Teknologi GSM / HSPA / LTE GSM/HSPA/LTE
2G bands GSM 850/900/1800/1900 – SIM 1 & SIM 2 GSM 850/900/1800/ 1900 – SIM 1 & SIM 2
3G bands HSDPA 850/900/1900/2100 HSDPA 2100
4G bands LTE LTE
Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps HSPA, LTE Cat4 150/50 Mbps
GPRS Yes Yes
EDGE Yes Yes
Body Dimensions 143.7 x 71.5 x 10.5 mm (5.66 x 2.81 x 0.41 in) 152.6 x 76.2 x 8 mm (6.01 x 3.00 x 0.31 in)
Weight 140 g (4.94 oz) 140 g (4.94 oz)
SIM Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by) Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Layar Tipe IPS LCD, 16M colors IPS LCD, 16M colors
Ukuran 5.0 inches (~70% screen-to-body ratio) 5.5 inches (~71.7% screen-to-body ratio)
Resolusi 720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density) 1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density)
Multitouch Yes Yes, up to 5 fingers

– Lenovo Vibe

Perlindungan Corning Gorilla Glass 4

– Asus ZenUI

Platform OS Android 5.0 (Lollipop), upgradable to 6.0 (Marshmallow) Android 5.0 (Lollipop), upgradable to 6.0 (Marshmallow)
Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 Mediatek MT6752
CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 Octa-core 1.7 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 306 Mali-T760MP2
Memori Card slot

Internal

microSD, up to 128 GB

8/16 GB, 2 GB RAM

microSD, up to 32 GB

16 GB, 2 GB RAM

Kamera Kamera

Utama

13 MP, f/2.0, laser autofocus, dual-LED (dual tone) flash 13 MP, f/2.0, autofocus, dual-LED flash
Fitur Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR Geo-tagging, touch focus, face detection
Video [email protected] [email protected]
Kamera Depan 5 MP, autofocus 5 MP
Suara Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes Yes
3.5mm jack Yes Yes

– Dolby Atmos audio

– Active noise cancellation with dedicated mic

Komunikasi WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth v4.0, A2DP, EDR 4.0, A2DP
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS Yes, with A-GPS
Radio To be confirmed FM radio
USB microUSB v2.0 microUSB 2.0
Fitur Sensor Accelerometer, gyro, proximity, compass Accelerometer, gyro, proximity, compass
Pesan SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
Browser HTML5 HTML5
Baterai 2400 mAh 2900 mAh

 

Kesimpulan

Pada perbandingan desain, Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL unggul karena bentuknya yang ergonimis, namun material yang digunakan dinilai masih terasa licin dan bisa menyebabkan selip saat digenggam. Meski begitu Lenovo A7000 Plus juga memiliki keunggulan pada desainnya. Meski ukurannya lebih besar, namun dengan adanya doff pada casing nya menjadikannya terasa nyaman dan tidak licin saat digenggam.

Pada bagian layarnya, Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL dapat dikatakan lebih unggul karena telah dilengkapi dengan pelindung kaca Gorilla Glass 4 sehingga tahan terhadap goresan dan debu.

Berpindah pada segi peforma yang ditawarkan keduanya memiliki peforma yang dapat dikatakan sama karena memiliki prosesor yang didesain menggunakan arsitektur prosesor yang sama. Memori yang ditawarkan juga sama yaitu 2 GB RAM dan 16 GB memori internal. Software nya pun sama, yaitu Android 5.0 Lollipop yang dapat ditingkatkan ke Android 6.0 Marshmellow. Meski baterai Lenovo A7000 Plus lebih besar dari Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL, hal itu diimbangi karena layarnya yang lebih besar daripada Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL.

Sedangkan dari segi harga, pada saat pertama kali diluncurkan kedua smartphone ini memiliki harga yang berbeda. Yaitu IDR. 2.399.000 untuk Lenovo A7000 Plus dan IDR. 2.199.000. Namun saat ini Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL dijual dengan harga IDR. 1.999.000 sedangkan Lenovo A7000 Plus saat ini dijual dengan harga IDR. 1.750.000. Meski harga Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL lebih mahal, namun pengguna dapat menikmati fitur kamera yang lebih kaya.

Begitulah Perbandingan Bagus Mana HP Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL VS Lenovo A7000 Plus Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia. Semoga dengan artikel ini dapat menjawab keraguan kamu dan menjadi informasi yang berguna. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Baca juga artikel menarik lainnya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here