Perbandingan Bagus Mana HP Asus Zenfone 3 VS Xiaomi Redmi Note 4 Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

Handphone saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan. Bahkan ada semacam istilah kalau lebih baik dompet yang tertinggal daripada handphone. Perkembangan handphone sendiri saat ini semakin pesat, tidak hanya digunakan untuk telepon dan SMS saja sekarang fungsinya lebih banyak lagi. Seperti kamera, internet, multimedia, dan sebagainya. 

Banyak vendor atau fabrikasi dari smartphone, bahkan vendor yang sebelumnya tidak bermain pada perangkat mobile, saat ini berbondong-bondong membuat smartphone nya sendiri untuk ikut bersaing di pasaran. Contohnya Asus yang sebelumnya hanya berbisnis pada perangkat PC (Personal Computer), sekarang sudah memiliki merek dagang pada bisnis smartphone, yaitu Zenfone. Ada pula Xiaomi, vendor yang dapat dikatakan baru ini berhasil menggebrak pasar dengan produknya yang memiliki spesifikasi yang diatas rata-rata pada kelasnya namun dibandrol dengan harga yang murah. Namun antara Asus dan Xiaomi mana yang paling unggul?

Nah, kali ini tim Futureloka akan membahas tentang perbandingan smartphone terbaru dari Asus dan Xiaomi, yaitu Asus Zenfone 3 dan Xiaomi Redmi Note 4. Smartphone yang memiliki spesifikasi nyaris sama ini memiliki perbandingan yang cukup menyulitkan calon penggunanya. Apa saja perbandingannya tersebut? Silahkan simak ulasan berikut ini.

Baca juga artikel menarik lainnya.

Desain

Desain menjadi hal pertama dalam pertimbangan memilih smartphone. Asus Zenfone 3 memiliki dimensi 152.6 x 77.4 x 7.7 mm dengan berat 155 gram. Sementara Xiaomi Redmi Note 4 memiliki dimensi 151 x 76 x 8.5 mm dengan berat 164 gram. Asus Zenfone 3 lebih tipis dan ringan daripada Xiaomi Redmi Note 4. Hal tersebut dikarenakan Xiaomi Redmi Note 4 memiliki baterai yang lebih besar kapasitasnya daripada Asus Zenfone 3, yaitu 4100 mAh yang mendapat peningkatan dari pendahulunya yaitu Xiaomi Redmi Note 3 Pron yang memiliki kapasitas 4050 mAh, sementara Asus Zenfone 3 hanya 3000 mAh.

zenfone 3

Pada bagian layar sama – sama memiliki ukuran yang sama, yaitu 5.5 inch. Namun panel layar yang digunakan sedikit berbeda, jika Xiaomi Redmi Note 4 menggunakan panel layar IPS biasa, lain hal nya dengan Asus Zenfone 3 yang menggunakan panel layar Super IPS+ yang dinilai lebih unggul. Sedangkan resolusi layarnya memiliki resolusi yang sama pula yaitu FHD 1080×1920 pixel dengan kerapatan pixel 401 ppi (pixel-per-inch) dan sudah mendukung layar 2.5D. Sayangnya Xiaomi Redmi Note 4 tidak dilengkapi dengan pelindung layar seperti Gorilla Glass, sedangkan Asus Zenfone 3 menggunakan pelindung layar Gorilla Glass 3 yang dapat melindungi dari goresan. Baik Asus Zenfone 3 maupun Xiaomi Note 4 sama-sama menggunakan material metal untuk casing nya.

Pada bagian desain ini Asus Zenfone 3 unggul pada material yang digunakan pada layar, dimensi, dan beratnyapun lebih unggul dari Xiaomi Redmi Note 4. Namun, Xiaomi Redmi Note 4 lebih unggul pada bagian baterainya dari Asus Zenfone 3.

Kamera

Kedua smartphone ini menggunakan kamera yang resolusinya berbeda. Asus Zenfone 3 memiliki resolusi kamera sebesar 16 MP dengan bukaan f/2.0, sedangkan Xiaomi Redmi Note 4 hanya menggunakan kamera dengan resolusi 13 MP saja dengan bukaan f/2.0. Fitur yang ditawarkannya pun hampir sama, seperti dual LED flash, auto/touch focus, panorama, HDR, dan sebagainya. Perbedaan yang mencolok lainnya adalah Xiaomi Redmi Note 4 tidak memiliki fitur OIS (Optical Image Stabilizer) sedangkan Asus Zenfone 3 sudah dilengkapi dengan OIS.

Kamera depannya sendiri juga memiliki perbedaan pada resolusinya. Asus Zenfone 3 memiliki kamera depan dengan resolusi 8 MP, sementara Xiaomi Redmi Note 4 hanya 5 MP saja. Jadi dapat disimpulkan bahwa Asus Zenfone 3 lebih unggul dari Xiaomi Redmi Note 4 dalam kamera.

Peforma

Pada peforma dari kedua smartphone ini memiliki banyak kesamaan. Seperti pada prosesornya yang sama-sama menggunakan prosesor dari Qualqomm yaitu Snapdragon 625 Octa-core dengan clock 2.0 GHz Cortex-A53 dan GPU Adreno 506. Pada bagian memori keduanya memiliki dua varian yang berbeda. Asus Zenfone 3 memiliki dua varian yaitu RAM 3 GB dengan kapasitas memori internal 32 GB dan RAM 4 GB dengan kapasitas memori internal 32 GB.

Sedangkan Xiaomi Redmi Note 4 memiliki varian RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB dan RAM 4 GB dengan kapasitas memori internal 64 GB. Memori pada Asus Zenfone 3 dan Xiaomi Redmi Note 4 dapat ditambah dengan microSD hingga 256 GB dengan menggunakan slot kartu SIM ke dua. Sistem Operasi yang digunakan adalah Android 6.0 Marshmallow, dan keduanya pun sudah mendapatkan update ke Android 7.0 Nougat. Jadi sebenarnya pada bagian peforma, kedua smartphone ini tidak memiliki perbedaan yang mencolok. Baik Asus Zenfone 3 dan Xiaomi Redmi Note 4 sudah mendukung jaringan 4G LTE.

Harga

Harga menjadi pertimbangan yang paling penting dari semuanya. Dan pada bagian harga, kedua smartphone ini mengisi kelas yang berbeda. Di Indonesia Asus Zenfone 3 dihargai dengan harga IDR. 4.099.000 untuk varian RAM 3GB/Storage 32GB dan IDR. 4.399.000 untuk varian RAM 4GB/Storage 32GB dimana hal tersebut dapat dikatakan bahwa Asus Zenfone 3 berada pada kelas mid-to-low-end. Sedangkan Xiaomi Redmi Note 4 dihargai IDR. 2.299.000 untuk varian RAM 3GB/Storage 32GB yang artinya berada pada kelas low-to-mid-end.

Perlu diketahui bahwa Xiaomi Redmi Note 4 yang resmi dijual di Indonesia hanya varian RAM 3GB/Storage 32GB saja. Namun, banyak pula distributor tidak resmi yang menjual Xiaomi Redmi Note 4 varian RAM 4GB/Storage 64GB, harga yang ditawarkanpun bervariasi, bahkan ada juga yang menjual versi mediateknya.

Kesimpulan

Kesimpulan dari perbandingan kedua smartphone tersebut dapat dikatakan bahwa Asus Zenfone 3 lebih unggul pada segi desain dan kameranya. Namun Xiaomi Redmi Note 4 unggul pada segi baterai dan harga yang ditawarkan lebih murah dari Asus Zenfone 3. Dengan spesifikasi yang nyaris sama dengan Asus Zenfone 3, Xiaomi Redmi Note 4 dihargai jauh lebih murah dari Asus Zenfone 3. Keunggulan lain yang dimiliki oleh Asus Zenfone 3 adalah terletak pada Service Center yang sudah banyak tersebar diseluruh Indonesia. Jika kamu lebih mementikan fitur yang ditawarkan, maka Asus Zenfone 3 layak kamu pilih. Namun, jika kamu lebih mementingkan harga, maka Xiaomi Redmi Note 4 sangat layak untuk kamu pilih karena memiliki spesifikasi yang nyaris mirip dengan Asus Zenfone 3.

Xiaomi-redmi-note-4

Sebelum membeli smartphone sebaiknya buat pertimbangan terlebih dahulu. Pilihlah smartphone yang sesuai dengan kebutuhan dan tentunya sesuai juga dengan budget yang dimiliki. Semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu kamu yang merasa bingung memilih diantara kedua smartphone tersebut.

Sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

Baca juga artikel menarik lainnya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here