Asus-Zenfone-Go-vs-Samsung-Galaxy-J2

Nama Asus sempat menggebrak pasar gadget dunia lewat seri smartphone Zenfone Laser yang mengusung teknologi kamera dilengkapi sensor laser. Kali ini, vendor asal Taiwan itu kembali memunculkan satu keluarga baru lagi yang akan menggenapi seri Asus Zenfone.

Ponsel baru besutan Asus kali ini adalah Asus Zenfone Go yang merupakan produk terbaru Asus untuk pangsa pasar smartphone kelas menengah ke bawah. Meski statusnya hanyalah gadget kelas low-end.

Baca juga:

Diplot di kelas menengah bawah, Asus Zenfone Go bukan berarti hadir dengan bekal seadanya. Nama besar Asus Zenfone pasti menjadi alasan mengapa smartphone yang akan kita bahas kali ini tak boleh diremehkan.

Pertengahan tahun 2015 lalu, Samsung merilis Smartphone J series, yaitu Samsung Galaxy J2. Samsung Galaxy J2 ini diciptakan untuk menempati segmen smartphone entry level atau kelas pemula. Walaupun hanya merupakan perangkat pintar kelas pemula, namun produk terbaru dari Samsung ini penuh akan perhitungan.

Hal ini karena Samsung Galaxy J2 sendiri diracik oleh salah satu pabrikan smartphone terbaik dunia. Mulai dari spesifikasi fisik hingga bagian yang terdalam, hampir semuanya menggunakan komponen-komponen kelas atas serta memiliki kemampuan kelas tinggi.

Kali ini Tim Futureloka berkesempatan untuk membahas mengenai Perbandingan Bagus Mana Asus Zenfone Go VS Samsung Galaxy J2 Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia, berikut ulasnnya :

Perbandingan Spesifikasi HP Asus Zenfone Go VS Samsung Galaxy J2

Spesifikasi Asus Zenfone Go

  • Desain Minimalis Khas Asus Zenfone Series

Desain yang menjadi bagian dari spesifikasi Asus Zenfone Go ini masih mengusung sangat desain khas Asus seperti seri-seri sebelumnya. Secara fisik, dimensi ini tidak akan memakan banyak tempat ketika Asus Zenfone Go ditaruh di saku celana atau digenggam.
Material bodi smartphone ini masih didominasi oleh plastik yang membuatnya terlihat agak terlihat ringkih. Namun sekali lagi, hal tersebut adalah demi menekan biaya produksi Asus Zenfone Go ini.
Selain itu, penggunaan material plastik pada ponsel ini juga tetap memberikan kenyamanan ketika dipegang meski terasa agak licin pada sudut-sudut tertentu. Layar pada Asus Zenfone Go akan mampu menampilkan kualitas visual yang cukup baik.
Adapun jenis layar yang digunakan Asus pada produknya ini yang memiliki kekayaan warna mencapai 16 M.
Namun sayangnya, spesifikasi Asus Zenfone Go pada bagian layar belum dilengkapi sistem proteksi layar seperti Corning Gorilla Glass sehingga harus menambakan screen guard tambahan sebagai pelindung layarnya.
  • Smartphone Low-end Level dengan Komponen Dapur Pacu Berkualitas

Walaupun hanya merupakan smartphone kelas pemula namun Zenfone Go ini dibekali dengan komponen hardware yang cukup berkualitas. Untuk smartphone kelas pemula, kombinasi CPU pada smartphone ini sudah termasuk yang terbaik.

Penggunaan chipset Mediatek juga menjadi hal menarik karena saat ini chip tersebut merupakan salah satu komponen chip terbaik. Kemudian, performa Asus Zenfone Go ZC500TG juga didukung oleh kehadiran RAM berkapasitas besar.

Ruang seluas tersebut akan memberikan keleluasaan bagi perangkat hardware maupun softwarenya saat smartphone ini menerima perintah operasional. Berjalan pada sistem operasi Android dengan banyak fitur juga akan memberikan pengalaman seru dunia Android bagi pengguna Asus Zenfone Go ini.

Jadi, jika melihat spesifikasi yang menggawangi sektor mesinnya, ponsel ini termasuk ponsel murah namun memiliki performa yang bisa diandalkan. Namun, spesifikasi Asus Zenfone Go tak dilengkapi dengan kartu pengolah grafis yang berkualitas tinggi.

  • Kapasitas Memori Ekstra Besar yang Bisa Disesuaikan dengan Kebutuhan

Selanjutnya, spesifikasi Asus Zenfone Go juga menyediakan pilihan untuk konsumen dengan dua pilihan kapasitas memori. Hal ini tentu dapat menjadi alternatif bagi yang memiliki file-file berukuran besar.

Dengan dua pilihan memori yang sangat luas, Asus Zenfone Go akan mampu menampung semua kebutuhan penyimpananmu. Asus Zenfone Go pun juga dilengkapi dengan slot external memory yang bisa digunakan untuk menambah kapasitas penyimpanannya.

Slot external memory yang ada pada spesifikasi Asus Zenfone Go ZC500TG ini mampu menampung microSD Card hingga kapasitas 64 GB. Berikut spesifikasi selengkapnya :

Asus-Zenfone-Go
  • Layar
5.0 inci IPS LCD Capacitive , 720 x 1280 Pixels
  • Body
144.5 x 71 x 10 mm , 135 gram , Plastik
  • Jaringan
3G – HSDPA
  • Sistem Operasi
Android v5.1 Lolipop
  • Chipset
CPU Mediatek MT6580 + GPU Mali 400MP2
  • Memori
RAM : 2 GB , Internal : 16 GB , MicroSD : up to 64 GB
  • Kamera Belakang
8 MP , LED Flash, Autofocus
  • Kamera Depan
2 MP
  • Sensor
Proximity , Accelerometer , Ambient Light
  • Warna
Hitam , Putih , Merah
  • Baterai
Li lon 2070 mAh

Spesifikasi Samsung Galaxy J2

  • Smartphone Entry Level dengan Dukungan Visual Canggih

Sama seperti smartphone buatan Samsung lainnya, Galaxy J2 ini masih mengusung bentuk bodi memanjang dengan keempat sudut melengkung yang dilengkapi dengan tombol home screen berbentuk elips. Secara fisik juga, Samsung Galaxy J2 ini membawakan bodi yang cukup proporsional.

Artinya, tidak terlalu tipis atau tidak terlalu tebal sehingga membuat ponsel pintar ini nyaman untuk dioperasikan. Namun, teknologi canggih pada layar ini memiliki keamanan yang masih rentan karena belum dilapisi dengan sistem proteksi layar anti gores untuk melindungi pada saat pengoperasian.

  • Dapur Picu Andalan

Kini saatnya kita masuk ke bagian dalam guna menilik kualitas bagian permesinan atau dapur pacunya. Untuk sektor mesin, kali ini spesifikasi Samsung Galaxy J2 mengusung komponen buatan Samsung sendiri. Dengan begitu segala macam kelemahan pada mesin Galaxy J2 pastinya telah dipertimbangkan dengan sangat matang oleh Samsung sendiri. Kehadiran RAM berkapasitas menengah juga akan memberikan kemampuan multitasking yang cukup baik.

  • Kebutuhan Penyimpanan File Terpenuhi Maksimal

Dibekali dengan spesifikasi mesin pada dapur pacu yang memberikan performa kerja handal, keluarga baru dari Samsung ini tentunya juga memenuhi kebutuhan ruang penyimpanan yang cukup memadai. Untuk itulah, spesifikasi Samsung Galaxy J2 pada sektor ruang penyimpanan pun juga dibekali dengan komponen yang tak kalah maksimal.

Kapasitas internal memory pada Samsung Galaxy J2 tersebut dirasa masih lebih dari cukup untuk mengcover kebutuhan ruang simpan bagi file-file sistem maupun file pribadi yang meliputi foto, video, audio, bahkan game-game eksternal. Keberadaan slot microSD eksternal pada spesifikasi Galaxy J2 ini dapat diamanfaatkan sebagai memori tambahan untuk menyimpan file-file eksternal agar ruang memori internal tetap longgar untuk mengakomodasi file sistem saja. Berikut spesikasi lengkapnya :

j2

  • Layar
4.7 inci Super AMOLED Capacitive , 540 x 960 Pixel,
  • Jaringan
4G LTE
  • Body
136.5 x 69 x 8.4 mm, 129g, Plastik
  • Sistem Operasi
Android v5.0 Lolipop
  • Chipset
CPU Exynos 3475 + GPU Mali-400
  • Memori
RAM : 1 GB , Internal : 8 GB , MicroSD : up to 32 GB
  • Kamera Belakang
5 MP , LED Flash , Autofocus
  • Kamera Depan
2 MP
  • Sensor
Proximity ,  Accelerometer , Ambient Light , Gyro,
  • Warna
Hitam, Putih, Gold
  • Baterai
Li Ion 2000 mAh

Perbandingan Hasil Kamera Asus Zenfone Go VS Samsung Galaxy J2

Duet Andalan pada Lini Fotografi

Bagian utama pada sektor fotografinya dimotori oleh kamera belakang berkekuatan 5 MP yang bersanding dengan teknologi LED Flash dan juga autofocus. Dalam rilisnya, Samsung menulis bahwa kamera utama pada Samsung Galaxy J2 tersebut mampu membuat pengguna menikmati hasil jepretan foto dan rekaman video dengan detail keindahan yang maksimal.

Dengan dukungan LED Flash serta autofocus yang sudah ada pada kamera utama Samsung Galaxy J2, akan tetap akan mendapatkan hasil jepretan gambar terbaik.Sedangkan untuk kebutuhan selfie, smartphone terbaru dari Samsung ini mengandalkan kamera sekunder berkekuatan 2 MP yang terletak pada sisi depannya. Meskipun hanya berukuran 2 MP, namun pastinya kemampuan fotografi kamera sekundernya sudah bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Samsung-Galaxy-J2-Camera-Sample-3

Lini Fotografi Standar Namun Tetap Fungsional

Saat akan membeli smartphone, tentu salah satu yang menjadi pertimbangan sobat Begawei adalah sektor kamera. Sektor kamera mutlak diperlukan, untuk memenuhi kebutuhan dokumentasi.

Dalam sektor kamera, spesifikasi Asus Zenfone Go sudah dipersenjatai dengan dua kamera yaitu kamera primer dan sekunder. Kamera utama atau kamera belakang Asus Zenfone Go memiliki ukuran 8MP dengan resolusi besar. Kamera primer Asus Zenfone Go tersebut juga didukung oleh fitur autofocus yang memungkinkan untuk menangkap obyek bergerak atau obyek berhenti dengan lebih tajam.

Selain itu, untuk kamu yang gemar memotret pada malam hari, Asus Zenfone Go juga sudah dilengkapi dengan lampu flash dengan jenis LED. Lampu flash jenis ini memiliki jangkauan cahaya yang lebih luas dan penyebaran cahaya yang cukup baik untuk sebuah smartphone.

Namun sayangnya, untuk kamera depan Asus masih membekali spesifikasi Asus Zenfone Go dengan kamera standar dengan kekuatan sebatas 2 MP. Meski kualitas kamera depannya hanya biasa-biasa saja, namun kamera tersebut tetap fungsional untuk kebutuhan selfie atau video call.

outdoor zenfone go

Perbandingan dari Segi Harga Asus Zenfone Go VS Samsung Galaxy J2

Harga samsung galaxy J2 bulan ini masih stabil diangka 1,6 Jutaan. Sementara itu untuk bekasnya kami perkirakan masih berada dikisaran 1,2 Jutaan. Untuk harga 1,6 Jutaan ini kami rasa Samsung Galaxy J2 saat ini kurang relevan mengingat persaingan smartphone yang semakin sengit dengan hadirnya beberapa pendatang baru yang menawarkan spesifikasi lebih tangguh dan harga yang lebih terjangkau.

Asus-Zenfone-GO

Harga Asus Zenfone Go untuk bulan ini harga baru mengalami cukup banyak kenaikan harga menjadi 1,8 Jutaan dan untuk harga masih sama yakni 800 Ribuan.  Harga yang ditawarkan Asus Zenfone Go terbilang sangat murah, karena smartphone ini memiliki desain menarik dan memiliki spesifikasi sangat baik seperti RAM 2 GB dan kamera belakang 8 MP.

Perbandingan dari Segi Baterai Asus Zenfone Go VS Samsung Galaxy J2

Pasokan Daya Berkekuatan Baterai 2000 mAh

Mengingat spesifikasi yang dibawanya cukup mumpuni, terutama pada layar, dapur pacu juga konektivitas, tentu saja konsumsi daya baterai pada Samsung Galaxy J2 juga akan terhitung besar. Untuk itulah, Samsung membekalkan baterai Lithium Ion berkapasitas 2.000 mAh pada Galaxy J2 ini.

Memang kapasitas baterai tersebut masih sangat cukup untuk mempertahankan ponsel agar tetap hidup selama seharian, hanya saja untuk penggunaan wajar. Sebaiknya sediakan selalu suplai daya cadangan dari perangkat powerbank untuk mengantisipasi apabila sewaktu-waktu dibutuhkan isi ulang baterai.

Suplai Daya Andalkan Baterai Berkapasitas 2.070 mAh

Spesifikasi Asus Zenfone Go ini penyematan baterai berkapasitas 2.070 mAh. Untuk ukuran ponsel pintar kelas pemula, kapasitas baterai pada Asus Zenfone ini sebenarnya sudah cukup besar.

Untuk penggunaan normal, smartphone ini bisa bertahan hidup selama kurang lebih seharian. Selain memiliki kapasitas yang cukup besar, Asus Zenfone Go pun sudah menggunakan jenis baterai versi baru, yakni baterai Lithium-Polymer. Jenis baterai yang menjadi bagian dari spesifikasi Asus Zenfone Go ini memiliki daya tahan lebih baik jika dibandingkan dengan baterai jenis Lithium-Ion.

Baca juga:

Demikianlah artikel mengenai Perbandingan Bagus Mana Asus Zenfone Go VS Samsung Galaxy J2 Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat.

Kedua smartphone yang memliki harga dan spesifikasi bersaing ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Pilihlah smartphone dengan bijak dan dapat menyesuaikan kebutuhan dalam beraktivitas. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here