Belajar Bahasa Jepang Tingkat Dasar Untuk Pemula

0

belajar-bahasa-jepang-dasar-untuk-pemula

Bagi para pemula yang ingin memulai mempelajari Bahasa Jepang tentunya menemui beberapa kesulitan. Seperti halnya bentuk huruf latin yang digunakan dalam Bahasa Indonesia, berbeda dengan huruf-huruf yang digunakan dalam Bahasa Jepang. Pada bagian awal belajar Bahasa Jepang juga diperlukan penekanan pembelajaran pada kemampuan berbicara, mendengar, membaca, dan menulis dengan baik. Selain itu permasalahan lain yang sering dihadapi para pemula adalah struktur yang berbeda dengan Bahasa Inggris yang sudah menjadi makanan sehari-hari. Maka dari itu, bagi para pemula disarankan mempelajari Bahasa Jepang dari hal-hal yang paling dasar terlebih dahulu.

Bahasa Jepang Dasar Untuk Pemula

Bagi para pemula yang akan mempelajari Bahasa Jepang sebaiknya dimulai dengan mengenal dan memahami semua jenis huruf agar dapat merangkai kata dan kalimat.

Berikut huruf dasar bahasa Jepang untuk Pemula:

1. Hiragana

Huruf hiragana adalah huruf dasar bahasa Jepang. Belajar bahasa Jepang untuk pemula wajib mempelajari huruf-huruf ini. Jika di sebelah atas tulisan hiragana ditambahkan tanda petik atau bulatan bunyinya berbeda pula. Berikut contoh tabel huruf Hiragana :

japanese-hiragana-chart

2. Katakana

Belajar bahasa Jepang untuk pemula terarahkan pada huruf pendukungnya yaitu katakana. Katakana umumnya digunakan untuk menulis istilah asing yang telah diserap ke dalam bahasa Jepang, contoh penggunaan katakana dapat dilihat dari kalimat berikut

Daftar huruf katakana

ベッド (beddo) = tempat tidur

メール (Meru) = e-mail

テレビ (terebi) = TV

Berikut contoh tabel huruf Katakana :

huruf katakana

3. Kanji

Huruf Kanji merupakan huruf-huruf dasar dan pertama dibuat oleh bangsa Cina. Huruf Kanji Cina dan Jepang sama persis tidak ada bedanya. Akan tetapi, kanji yang diberlakukan Cina sampai jaman modern ini adalah kanji yang telah dimodifikasi dengan tujuan memudahkan pembelajaran. Namun, di era yang sudah maju ini bangsa Jepang masih membudayakan kanji dengan bentuk aslinya. Cara membaca satu kata kanji bisa berbeda-beda tergantung kebutuhan penggunaan kalimatnya. terdapat dua aturan membaca huruf kanji yaitu kunyomi dan onyomi. Kedua jenis ini dibedakan berdasarkan cara baca asal negaranya. Huruf kunyomi adalah cara membaca yang digunakan oleh bangsa Jepang sedangkan bangsa Cina menyebutnya onyomi. Kunyomi tertuju untuk kata kerja, sementara onyomi untuk kata kombinasi.

japanese-kanji

Setelah dapat memahami jenis-jenis huruf Jepang, para pemula mulai dapat lanjut mempelajari ketahap berikutnya yaitu kosakata serta tata Bahasa Jepang. Untuk memahami kosa kata Bahasa Jepang, kita bisa memasang target harus menghafal berapa banyak kosakata baru dalam sehari. Kita juga bisa memanfaatkan buku kamus bahasa Jepang maupun internet sebagai media penunjang dalam mempelajari Bahasa jepang.

Sebagai permulaan disarankan mencari kosakata yang mudah, dimana kita sering temukan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya seperti kosakata hari, tanggal, benda – benda yang sering kita jumpai disekitar kita, ataupun angka.

Belajar Angka/Bilangan Bahasa Jepang Dasar

Dalam mempelajari sebuah bahasa, kita dituntut untuk mempelajati huruf, kata-perkata, angka, dan tanda baca, serta cara pengejaan. Begitu juga bahasa Jepang yang notabene memiliki tatanan huruf berbeda dengan huruf yang biasa kita gunakan pada sehari-hari. Kali ini kita akan khusus mempelajari tentang angka beserta penulisannya dalam bentuk Kana (Hiragana + Katakana), Kanji, dan Romaji.
Berikut kita mulai berhitung angka mulai 0 (nol) hingga 10 (sepuluh) dalam bahasa Jepang,

Angka ( 0-10) Kana Kanji Romaji
0 ゼロ/れい Zero/Rei
1 いち Ichi
2 Ni
3 さん San
4 し/よん Shi/Yon
5 Go
6 ろく Roku
7 しち/なな Shichi/Nana
8 はち Hachi
9 きゅう/く」 Kyuu/Ku
10 じゅう Juu

Memasuki bilangan belasan, orang jepang membacanya adalah dengan menambahkan bilangan “Juu” (sepuluh) di depan satuannya, seperti halnya angka 11 misalnya yang terbentuk dari “10+1” sehingga dibaca “Juu-ichi”. Berikut angka belasan dalam bahasa Jepang serta cara membacanya.

Angka (11-20) Kana Kanji Romaji
11 じゅういち 十一 Juu-ichi
12 じゅうに 十二 Juu-ni
13 じゅうさん 十三 Juu-san
14 じゅうよん 十四 Juu-yon
15 じゅうご 十五 Juu-go
16 じゅうろく 十六 Juu-roku
17 じゅうなな 十七 Juu-nana
18 じゅうはち 十八 Juu-hachi
19 じゅうきゅう 十九 Juu-kyuu
20 にじゅう 二十 Ni-juu

Tidak berbeda dengan angka belasan tadi, penyebutan angka ratusan, ribuan, dan puluhan ribu di Jepang juga hanya tinggal dengan menambahkan imbuhan di depan angka dasarnya. Yaitu “hyaku” untuk ratusan, “sen” untuk ribuan, dan “man” untuk puluhan ribu.

Bilangan Ratusan
Angka (100-900) Kana Kanji Romaji
100 ひゃく Hyaku
200 にひゃく 二百 Ni-hyaku
300 さんびゃく 三百 San-byaku
400 よんひゃく 四百 Yon-hyaku
500 ごひゃく 五百 Go-hyaku
600 ろっぴゃく 六百 Rop-pyaku
700 ななひゃく 七百 Nana-hyaku
800 はっぴゃく 八百 Hap-pyaku
900 きゅうひゃく 九百 Kyuu-hyaku
Bilangan Ribuan
Angka (1000-9000) Kana Kanji Romaji
1,000 いっせん 一千   Issen
2,000 にせん 二千 Ni-sen
3,000 さんぜん 三千 San-zen
4,000 よんせん 四千 Yon-sen
5,000 ごせん 五千 Go-sen
6,000 ろくせん 六千 Roku-sen
7,000 ななせん 七千 Nana-sen
8,000 はっせん 八千 Hassen
9,000 きゅうせん 九千 Kyuu-sen
Bilangan Puluhan Ribu – 100.000
Angka (10.000-100.000) Kana Kanji Romaji
10000 いちまん 一万 Ichi-man
20000 にまん 二万 Ni-man
30000 さんまん 三万 San-man
40000 よんまん 四万 Yon-man
50000 ごまん 五万 Go-man
60000 ろくまん 六万 Roku-man
70000 しちまん 七万 Shichi-man
80000 はちまん 八万 Hachi-man
90000 きゅうまん 九万 Kyuu-man
100,000 じゅうまん 十万 Juu-man

Nah, itulah beberapa cara dasar untuk belajar bahasa Jepang dengan mudah dan pastinya menyenangkan. Tentunya bagi kalian yang ingin belajar bahasa Jepang sekarang sudah mengerti gambaran mengenai kesulitan dan kemudahan dari belajar Bahasa Jepang. Tentunya ikuti tutorial berguna lainnya hanya di Futureloka.com!

Baca juga artikel populer ini :

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here