Beragam Cara Melacak HP Android yang Hilang Lewat Internet dan Metode Lainnya Tanpa Ribet

3

smartphone-hilang

Melacak smartphone yang hilang karena suatu alasan bisa dilakukan dengan beberapa cara, tentu saja pemilik smartphone tersebut akan khawatir akan file yang penting yang tersimpan di dalam smartphone itu.

Disamping itu juga file hiburan seperti foto dan video pribadi, tak kalah penting juga kontak telepon, pin BBM dan pesan baik berupa sms backup secara otomatis maka semuannya pun akan hilang.

Namun, inilah salah satu kehebatan dari smartphone era sekarang, meskipun ponsel pintar anda hilang atau pun berpindah tangan tanpa sepengetahuan anda, ternyata ada sebuah cara yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan informasi ataupun untuk melacak tentang keberadaan dari ponsel anda tersebut.

Kali ini Tim Futureloka berkesempatan untuk membahas mengenai Beragam Cara Melacak HP Android yang Hilang Lewat Internet dan Metode Lainnya Tanpa Ribet, berikut ulasannya :

Cara Melacak HP Android yang hilang Lewat Internet

Saat ini kita hidup pada era dimana telfon genggam atau smartphone menjadi suatu barang yang sangat penting. Tanpa kehadiran barang tersebut kita tentunya bakal sulit buat berkomunikasi semisal menghubungi seseorang dengan cara telfon, saling bertukar SMS, atau bahkan untuk sekedar browsing untuk mencari berita terbaru maupun untuk saling sapa pada jejaring sosial. Berkaca dari hal tersebut, telfon genggam atau smartphone tentunya menjadi suatu barang yang kedudukannya sangat penting dalam kegiatan sehari-hari.

Sistem operasi yang dikenal dengan sebutan sang robot hijau ini terus meningkat penggunanya di seluruh dunia. Tak heran jika Android terus dan terus mengembangkan fitur dan aplikasinya. Berikut ini cara Melacaak HP Andorid yang Hilang Melalui Internet :

1. Menggunakan Ceebydith

 

Ceebydith.com merupakan sebuah website yang dibuat khusus untuk melacak nomer HP seseorang. Meskipun cukup populer dikalangan orang-orang yang ingin melacak nomer HP, namun ternyata kebanyakan orang tersebut salah kaprah. Ceebydith memang berguna untuk melacak nomer HP, namun bukan untuk melacak posisi nomer HP sekaligus posisi orang tersebut.

Seperti yang kita tahu nomer HP yang ada di semua ponsel setiap orang memiliki kode area tersendiri. Kode area tersebut berbeda-beda tergantung dari mana mereka mendapatkan nomer tersebut atau dimana nomer HP tersebut dibuat. Cara kerja dari Ceebydith tersebut adalah hanya akan memberitahukan kepada kode area atau asal dari nomer HP tersebut dibuat.

2. Menggunakan Lacak GSM

 

Mirip seperti Ceebydith, Lacak GSM merupakan sebuah website yang menawarkan fasilitas pelacakan nomor HP.  Perbedaan Lacak GSM dengan Ceebydith adalah pada website ini bisa melacak nomor HP seseorang lengkap dengan posisi sebenarnya pada saat itu juga.

Jadi meskipun nomer tersebut memiliki kode area Jakarta dan saat itu nomer HP dan penggunanya sedang berada di daerah Bandung, maka website ini akan tetap memberitahukan daerah Bandung sebagai posisi sebenarnya dari nomer HP tersebut.

Cara kerja dari sistem yang dimiliki Lacak GSM adalah dengan mengandalkan menara-menara BTS yang banyak tersebar di seluruh daerah. Nomor HP yang dilacak tersebut akan mengirimkan sinyal ke menara BTS terdekatnya dan kemudian sinyal yang diperoleh menara BTS tersebut akan diolah kembali oleh sistem yang kemudian bisa diketahui posisi sesungguhnya dari nomer HP tersebut.

3. Menggunakan Friend Locator: Phone Tracker

 

Aplikasi ini berfungsi untuk melacak posisi HP dengan memasukkan nomer HP tersebut. Lewat aplikasi ini bisa dengan mudah memantau misalnya keberadaan orang – orang yang ingin diketahui keberadaanya. Aplikasi ini gratis dan bisa didapatkan di Play Store. Namun, supaya aplikasi ini bisa bekerja maka baik itu HP seseorang yang melacak dan yang dilacak harus  sudah menginstal aplikasi ini. Berikut cara penggunaanya:

  • Download aplikasi Friend Locator.
  • Pilih Find My Friends.
  • Masukkan nomer HP yang mau dilacak keberadaannya, lalu pilih OK.
  • Tunggu beberapa saat kemudian pilih Locate untuk mengetahui keberadaan nomer HP tersebut.

Selain memasukkan nomer secara manual, dapat juga memasukkan nomor langsung dari kontak yang ada di dalam HP. Yang perlu digaris bawahi disini adalah koneksi internet harus selalu tersedia untuk bisa menjalankan aplikasi ini karena Friend Locator adalah aplikasi melacak nomor yang mengandalkan GPS.

Cara Melacak HP Android yang Hilang Melalui Gmail

Saat ini handphonr merupakan salah satu perangkat yang tidak bisa dipisahkan lagi. Banyak orang melakukan berbgai macam aktvitas mengandalkan handphone. Lalu bagaimana jika lupa menyimpan atau bahkan hilang di suatu tempat?

Kali ini Tim Futureloka akan membahas mengenai Cara Melacak HP Andoid yang Hilang Melalui Gmail, berikut ulasannya :

  • Hal pertama yang anda harus lakukan adalah dengan melakukan login atau Sign In ke akun google kalian. Jika handphone belum terhubung dengan akuan google maka pencarian handphone hilang lewat gmail tidak bisa digunakan.
  • Berikutnya kalian masuk pada situs google dengan link www.google.com/android/devicemanager, lalu sign in dengan akun google yang sama dengan akun google di handphone yang akan dicari.
  • Ketiga, apabila muncul Pop-Up bertuliskan “Allow Android Device Manager to use location data?” klik Accept. Apabila tidak muncul notifikasi tersebut langsung saja ke langkah berikutnya saja.
  • Keempat untuk mengetahui lokasi terakhir hp android kamu berda maka kamu klik aca Icon GPS yang terletak pada bagian pojok atas. Jika lupa menyalakan GPS, maka informasi lokasi terakhir tidak bisa diperoleh. Namun kalian bisa meresetnya kesetelan awal dengan mengklik tombol “Hapus “sehingga secara otomatis GPS di handphone yang hilang akan hidup secara otomatis
  • Kelima, jika kalian berhasil, maka secara otomastis akan muncul  informasi lokasi dan peta letak dimana handphone Android berada.
  • Keenam, informasi yang didapat tidak hanya lokasi tapi bisa juga mengunci handphone jarah jauh dengan menggunakan password. Jika lupa keberadaan handphone namun sedang dalam mode diam, maka bisa mengaktifkan mode Dering sehingga handphone akan mengeluarkan bunyi yang cukup keras.

Cara Melacak HP Android yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Bagaimana jika handphone tiba – tiba hilang padahal banyak data penting di sana? Sekarang terdapat aplikasi resmi yang diluncurkan oleh Google untuk mengetahui keberadaan handphone atau orang yang ingin diketahui keberadaanya.  Jika ingin dapat menggunakan aplikasi ini tentunya ada beberapa hal yang harus dimiliki salah satunya anda mengetahui nomor handphone sendiri, selain itudapat menggunakan kode IMEI untuk dapat menemukan handphone yang hilang.

Aplikasi Android Device Manager ini dilengkapi dengan alat dering dan wriping walaupun data – data email anda telah di hapus oleh pencuri. Berikut ini cara melacak smartphone dalam keadaan mati :

1. Masuklah ke dalam situs Android Device Manager atau anda bisa mendownloadnya pada aplikasi android anda yang baru.

2. Kemudian masukan alamat email yang terhubung pada HP android anda yang hilang, atau anda bisa menggunakan nomor hp

3. Selanjutnya anda akan melihat lokasi keberadaan seperti yang ditunjukan pada jarum pin.

4. Selain itu anda juga dapat mengetahui beberapa informasi berupa waktu dan lokasi terakhir berada

Cara Melacak HP Android yang Hilang Melalui Imei

Selain menggunakan aplikasi dan akun gmail, salah satu cara lain untuk mengetahui keberadaan handphone adalah dengan menggunakan IMEI. Berikut ini adalah cara melacak HP Andorid yang hilang menggunakan internet :

1. Untuk cara mengetahui kode IMEI anda bisa mengecek dengan melakukan panggilan nomor dial *#06#

2. Atau anda juga dapat masuk ke menu pengaturan android, yaitu pilih Settings > About Phone > Status, dan kursor ke halaman bawah anda akan menemukan data MEID dan catat nomor tersebut pada secarik kertas.

  • No IMEI (Imei hp Android)
  • Model Name (Type Perangkat)
  • Manufacturer (Merk/Vendor)
  • Carrier (Provider yang digunakan)
  • Last Activity Seen on (Terakhir digunakan)
  • Registered Date (Kapan didaftarkan)

4. Untuk mulai mengidentifikasi anda dapat menekan tombol play sound, saat hp anda aktif proses pelacakan akan di mulai google location akan melacak keberadaan ponsel anda.

5. Saat anda menemukan titik lokasi, sekarang anda tinggal melakukan pengintaian menuju titik lokasi dan selanjutnya jangan lakukan deringan terlalu sering agar menghindari kecurigaan terhadap si pembawa hp.

6. Jika anda telah sampai pada titik pelacakan hp, deringkan sesering mungkin, dan pengguanya dapat mengetahui hp yang berbunyi dengan dering yang keras.

Cara Melacak HP Android yang Hilang Melalui GPS

Smartphone masa kini telah memiliki fitur location access yang terintegrasi dengan akun Google, sehingga tidak perlu lagi memakai aplikasi pihak ketiga untuk melacak HP Android yang hilang. Asalkan GPS dan fitur Lacation Acess pada HP yang hilang aktif, maka tak perlu khawatir akan data yang tersimpan di dalam HP Android yang hilang, karena bisa menghapus secara otomatis dari jarak jauh.

Selain itu, dapat juga menentukan dimana lokasi hilangnya Smartphone yang dengan petunjuk peta dari Google Maps. Berikut ini cara Melacak HP Android yang hilang melalui GPS:

  1. Langkah yang pertama, pastikan sobat tahu email dan password akun Google yang dipakai pada smartphone yang hilang. Jika tidak tahu, atau bahkan tidak ada akun Google yang terhubung ke smartphone yang hilang, tentu cara melacak Hp Android yang hilang ini tidak akan berguna sama sekali.
  2. Setelah memastikan email dan password yang dipakai pada Hp Android yang hilang, lalu buka website Device Manager pada alamat www.google.com/android/devicemanager, kemudian masukan log-in alamat email dan password menggunakan akun Google yang sudah terhubung dengan smartphone Android.
  3. Setelah berhasil masuk, maka akan muncul poup berisi tipe smartphone yang hilang. Setelah itu tinggal mengklik tanda “location device”seperti pada kolom merah pada gambar diatas. Maka secara otomatis Google Android Device akan mencari lokasi Hp A
  4. Jika beruntung, maka akan muncul informasi lokasi beserta peta dimana letak Hp Android yang hilang. Namun jangan berharap akan muncul lokasi smartphone yang hilang, apabila pencuri telah melakukan factory riset pada smartphone.
  5. Selanjutnya bagi yang tidak mendapatkan informasi lokasi, namun merasa smartphone Android yang hilang masih berada disekitar rumah akan tetapi dalam keadalan silent. Maka sobat bisa menekan tombol “Ring/Dering” yang otomatis akan membuat smartphone berbunyi selama 5 menit walaupun dalam posisi silent.
  6. Google menyediakan fitur sangat penting pada layananan Android Device managar milikinya yaitu fitur “Enable Lock & Erase”. Apabila fitur tersebut diaktifikan maka sobat bisa memilih fitur “Lock” untuk mengunci smartphone secara otomatis dengan password dan pesan singkat beserta nomer telepon yang bisa dihubungi.
  7. Akan 2 opsi untuk membukanya, yang pertama lewat panggilan telepon, lalu yang kedua dengan cara memasukan passoword yang sudah dimasukan pada fitur “Lock” diatas.
  8. Juga ada fitur “Erase” yang otomtias akan menghapus seluruh isi data pada Hp Android yang hilang. Apabila fitur ini diaktifikan, maka seluruh data pada smartphone akan terformat secara permanent.

Demikianlah artikel menegnai Beragam Cara Melacak HP Android yang Hilang Lewat Internet dan Metode Lainnya Tanpa Ribet yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat.

Supaya mencegah kehilangan makan, selalu aktifkan location pada handphone. Hal ini sangat berguna jika handphone tiba – tiba hilang, dan bisa diketahui dengan cepat keberadaannya.

Demikian ulasan mengenai

SHARE

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here