shutdownBukan merupakan hal yang aneh apabila laptop yang sedang kita gunakan tiba-tiba hang tidak ada aktivitas alias eror tidak mau merespon perintah yang kita berikan. Tidak hanya laptop atau notebook, PC biasa pun juga terkadang sering mengalami hang entah akibat piranti keras atau piranti lunaknya. Mau tidak mau harus mengambil keputusan terhadap komputer kita yang hang.

Jika komputer atau laptop kita berhenti begitu saja tidak mau merespon apa pun yang kita perintahkan atau berjalan sangat lambat sehingga tidak menunjukkan tanda-tanda yang berarti maka satu-satunya cara yang bisa kita lakukan adalah reset paksa atau dimatikan paksa. Bagi yang sudah mengusai banyak ilmu komputer mungkin informasi ini bukanlah sesuatu yang baru, namun bagi yang masih pemula ini akan cukup membantu.

Laptop sekarang ini sudah menjadi kebutuhan wajib bagi pelajar, mahasiswa, guru maupun pengusaha. Seiring perkembangan teknologi dan software internet, banyak pengguna laptop yang menginstal aplikasi apa saja tanpa melihat prioritas aplikasi yang dibutuhkan untuk membantu pekerjaan.

Akhirnya, banyak laptop yang tiba-tiba hang, not responding, lemot/lambat bahkan crash karena kelebihan beban aplikasi dan tidak melihat kemampuan laptop. Hal ini tentu saja mengganggu aktifitas kerja anda, terlebih jika pekerjaan itu menuntut untuk segera diselesaikan.

Dapat diibaratkan kita bersih-bersih, mulai dari aplikasi, software, bahkan driver serta tool-tool yang tidak diperlukan. Selain itu, melakukan cek up pada hardware juga amat penting dilakukan. Kali ini Tim Futureloka akan membahas mengenai Beragam Cara Mematikan Laptop Error Atau Hang dengan Mudah dan Tanpa Ribet, berikut ulasannya :

Cara Mematikan Laptop Windows 8

shutdown-1

Banyak fitur windows 8 yang sudah mengalami perubahan cukup jauh dari edisi windows sebelumnya, termasuk salah satunya tombol power options atau cara mematikan windows yang tersembunyi. Berikut ini cara mematikan Laptop Windows 8 :

Mematikan Windows dari Tombol Tersembunyi

Cara ini adalah langkah atau tahapan resmi yang dianjurkan Microsoft, yaitu melalui charmbar yang berada di sidebar windows. Langkah mematikan windows 8 adalah dengan mengarahkan kursor mouse ke pojok kanan bawah atau atas sampai charm bar muncul » klik tombol Settings » Power » lalu pilih Sleep, Shutdown atau Restart sesuai kebutuhan Anda. Sebagai catatan, 3 cara mematikan windows ini sudah cepat dan sesuai dengan keamanan sistem dan berhubung judul artikel juga mengedepankan kecepatan. Cara ini butuh waktu sekitar 4-5 detik.

Cara Mematikan Windows dari Desktop

Adapun mematikan windows dari desktop berlaku tidak hanya bagi windows 8 tapi juga bagi semua Edisi Windows. Caranya windows Anda harus sudah berada pada posisi Desktop » lalu tekan tombol ALT + F4 (Shut Down Windows akan muncul) » dan tinggal pilih opsi Shutdown, Sleep, Restart, Sign Out atau Switch User. Cara ini memerlukan waktu sekitar 3-4 detik.

Mematikan Windows dengan Shortcut

Mematikan Windows dengan shortcut adalah favorit saya. Cara ini aman karena sebenarnya memanfaatkan fitur run command yang terintegrasi pada windows. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat file shortcut berisi perintah shutdown (sama halnya dengan mematikan komputer dari command prompt, tapi cara ini lebih efektif lebih ringkas dan cepat). Silahkan klik kanan di desktop dan buat “New Shortcut” atau pintasan baru, lalu masukan kode di bawah ini pada “Type location of the item”.

Setelah itu masukan nama apa saja seperti “ShutDown” dan klik finish, selesai (atau download file shutdown shortcut). Sekarang, untuk mematikan windows Anda hanya perlu doubleclick saja file ini dan komputer akan mati sendiri. Cara ini butuh waktu sekitar 1-2 detik saja. Sementara untuk Restart tinggal ubah kode di atas menjadi shutdown.exe /r /t 00 atau untuk bibernate shutdown.exe /h.

Saya temukan cara ini ketika sedang asyik belajar membuat perintah pada Command Prompt untuk aplikasi windows pertama saya Time Information yaitu aplikasi komputer berbicara setiap pergantian jam, dan ternyata perintah command prompt tersebut bisa juga diaplikasikan pada shortcut.

Cara Mematikan Laptop Windows 10

shutdown-2

Pada umumnya untuk melakukan Shut Down entah itu pada Windows 7 , 8 ataupun Windows 10 pasti mencari dimana tombol shut down berada. Misalnya di Windows 7 orang akan menekan tombol Start lalu pilih power terus klik shut down , di Windows 8 ke Charm Bar lalu mencari shut down, bahkan di Windows 10 terulang lagi cara seperti di Windows 7. Oke itu memang cara yang benar, tetapi juga cara yang biasa dilakukan semua orang. Berikut ini cara mematikan Laptop Windows 10 :

Klik Kanan pada Start

Jika kamu klik kanan pada tombol Start, akan muncul banyak sekali shortcut.  Lalu lihatlah pada shortcut paling bawah kedua, ada shortcut menu Shut down or sign Out. Nah pilih saja shortcut menu tersebut dan klik Shutdown maka Windows akan mati.

Menggunakan 3 Tombol Mematikan

Iya tombol ini benar adanya, dan mengerikannya tombol ini sudah ada sejak Windows XP . Untuk menggunakannya kamu tinggal klik desktop lalu tekan tombol ALT+F4 secara bersamaan dan tekan tombol ENTER.

Membuat Shortcut Shut Down Sendiri

Dengan membuat shortcut sendiri jadi lebih memudahkan untuk melakukan shut down, dimana kamu tinggal taruh saja shortcut shut down tersebut di desktop. Nantinya begitu shortcut shut down tersebut di klik / Enter maka  dan PC akan langsung mati.

Bisa juga ganti icon shortcut shut down dengan mengklik kanan pada shortcut -> Properties -> Change Icon -> di pilih -> Klik OK. Taraa sudah jadi shortcutnya, bisa kamu kasih nama “Matiin aku mas” biar lebih greget.

Mengganti Tombol Power

Oke cara ini saya sarankan dalam keadaan darurat saja, misalnya saat kamu sedang melakukan hal yang privasi dan tiba – tiba datang sesosok yang tidak kamu inginkan. Cara ini sangat simpel, kamu tinggal mengganti tombol power kamu menjadi tombol shut down, karena pada awalnya saat laptop menyala dan kamu menekan tombol power itu akan otomatis laptop dalam mode Sleep.

Untuk menggantinya pilih Control Panel -> Hardware & Sound -> pada opsi Power Options pilih Change what the power buttons do -> ubah When I press the power buttondari Sleep jadi Shut Down -> OK .

Cara Mematikan Laptop dengan CMD

Cara mematikan atau shutdown komputer menggunakan comand prompt tidak banyak pengguna komputer yang tahu. Karena, biasanya orang mematikan komputer melalui cara biasa yaitu Start > Shutdown. Tapi, dengan mengguankan comand prompt akan terlihat jauh berbeda.

shutdown-3

Comand Prompt (CMD) adalah sebuah aplikasi windows yang bisa kita gunakan untuk memasukan perintah-perintah kedalam komputer. Perintah atau comand prompt itu adalah sebuah tulisan yang berfungsi memerintahkan komputer untuk melakukan sesuatu. Berikut ini  carra mematikan Laptop dengan CMD.

Cara Masuk CMD (Comand Prompt) Windows

Untuk masuk CMD tekan logo Windows + R > ketik CMD > Enter

Shutdown adalah kondisi dimana komputer/laptop sedang tidak bekerja atau telah dimatikan. Cara mematikan komputer bisa langsung menekan tombol power, melalui instruksi layar, hingga mencabut listrik. Tetapi jarang sekali yang menggunakan cara ini yaitu mematikan menggunakan perintah comand prompt.

Cara Mematikan Komputer Windows Lewat CMD (Comand Prompt)

1. Masuk ke CMD.

2. Pada CMD ketikan shutdown.exe -s

3. Enter

Maka komputer akan muncul pemberitahuan, dan langsung shutdown atau mati.

Tapi Bagaimana jika kita ingin memberikan timer?

Mematikan Komputer Lewat CMD (Comand Prompt) dengan Timer

1. Masuk ke CMD.

2. ketikan shutdown.exe -s -t 60

3. Enter.

Note : Satuan waktu nya adalah detik/sekon jadi angka 60 diatas berarti 60detik. Anda bisa merubahnya sesuai kebutuhan. Seperti 1 Jam = 3600 detik

Komputer tersebut akan mati setelah 60 detik, Fitur seperti ini sama yang ada pada televisi-televisi yang memberikan waktu Sleep.

Cara memberikan pesan sebelum komputer mati lewat cmd (Comand Prompt)

1. Masuk ke CMD.

2. Ketikan shutdown.exe -s -t 60 -c “Ini Pesan Sebelum Komputer Shutdown”

3. Enter

Komputer sebelum shutdown atau mati pasti akan meberikan peringatan “Ini Pesan Sebelum Komputer Shutdown” di layar monitor Anda.

Cara membatalkan perintah mematikan komputer lewat CMD (Comand Prompt)

1. Masuk CMD

2. Ketikan shutdown.exe -a

3. Enter

Cara Mematikan Laptop Lewat Keyboard

Setiap kali kalian menggunakan laptop, kalian pati mempunyai arah atau tujuan yang keluar di pikiran kalian untuk menggunakan alat elektronik yang satu ini. Beberapa tujuan itu sangat berbeda, barnagkali hanya untuk mengerjakan tugas sekolah, menyelesaikan tugas kantor, mengedit sebuah foto, mengarsipkan berkas, main game, browsing, atau hanya sekedar menonton video kesukaan kalian. Meningkatnya penggunaan laptop, memunculkan sebuah kebiasaan diantara user laptop, misalnya menghidupkan dan tidak lama kemudian mematikan laptop dengan meng-klik shutdown.

shutdown-4

Saat kalian menggunakan laptop atau komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang tidak membebankan RAM laptop kalian, dan ingin mematikan laptop tersebut tidaklah sulit. Mungkin proses mematikaanya tidaklah melalui proses yang lama. Tetapi, berbeda masalahnya jika kalian menggunakan beberapa aplikasi yang membebani RAM laptop kalian, seperti menggunakan aplikasi Photoshop misalnya. Mematikan laptop memerlukan waktu cukup lama juga, karena kita harus menunggu laptop harus benar-benar mati. Berikut ini cara mematikan llaptop lewat keyboard  :

Cara mematikan komputer dengan keyboard di windows xp

1. tekan tombol windows, kemudian tombol U dan U lagi. (Windows+U+U) Dengan begitu maka komputer Anda akan segera mati dengan perlahan.
2. Anda juga dapat menggunakan cara kedua, yaitu dengan menekan tombol alt+F4 di keyboard Anda, dan menekan lagi tombol U.

Cara mematikan komputer dengan keyboard di windows 7

1. Tekan tombol windows, kemudian tekan tombol panah ke kanan, dan tekan enter. Ini adalah cara yang paling saya sukai. Cukup dengan dua langkah, dalam posisi apa pun baik di desktop atau tidak, kita bisa shutdown windows 7 dengan cepat.
2. Tekan tombol alt+F4, kemudian tekan enter. Tapi untuk yang ini Anda harus berada pada posisi desktop ya sobatku. Soalnya kalau masih di depan aplikasi yang terbuka, tombol alt+F4 berfungsi untuk menutup aplikasi (sama kayak tombol close di pojok kanan atas)

 

Cara Mematikan Komputer Dengan Keyboard Di windows 8 dan 10

Caranya masih sama seperti windows xp dan 7. Silahkan berada pada desktop, kemudian klik alt+F4. Kalau pada windows 8 Anda muncul tampilan seperti berikut, berarti tanpa perubahan langsung saja tekan enter di keyboard komputer atau laptop Anda.
Untuk mempersingkat proses shutdown kalian dapat menggunakan tombol keyboard. Cukup dua kali tekan, shutdown sudah berjalan. Langkah pertama, kalian tekan tombol kombinasi Alt + F4. Lalu, kalian tekan tombol U. Proses Shutdown komputer sudah berjalan. ini untuk semua jenis Sisten Operasi pada laptop.

Cara Mematikan Laptop yang Tidak Bisa di Shutdown

Mungkin Anda pernah mendapati sebuah laptop yang jika dishutdown tidak bisa mati. Meskipun dishutdown berulang-ulang, tetap saja nampak tidak ada respon terhadap perintah yang Anda berikan kepada komputer agar mematikan dirinya sendiri.

Kadang beranggapan itu ulah virus, kadang beranggapan itu masalah hardware komputernya. Untuk kasus laptop yang tidak bisa dishut down, saya oke saja dengan yang berpendapat tentang virus atau tentang hardwarenya. Karena memang benar, kasus seperti ini bisa saja terjadi akibat adanya kerusakan software mau pun hardware. Berikut ini cara mematikan laptop yang tidak bisa di shutdown :

Komputer yang tidak bisa dimatikan dengan sistem shutdown tidak selalu diakibatkan virus. Yang paling banyak biasanya justru masalah software. Namun, tidak menutup kemungkinan disebabkan kerusakan hardware. Apapun itu, berikut beberapa cara untuk mengatasi atau memperbaikinya.

Perbaiki registry

Peran registry pada Windows sangat penting. Ibaratnya seperti tempat perintah buat sistem operasi itu sendiri. Bila eror, dapat dipastikan Windows yang akan bermasalah. Salah satunya tidak dapat dimatikan (turn off).

Memperbaiki registry eror bisa dibilang gampang. Saya sendiri biasanya menggunakan aplikasi CCleaner. Caranya tinggal klik-klik doang. Dan setelah diperbaiki, komputer atau laptop biasanya sudah bisa di-shut down dengan normal.

Bersihkan dari file sampah

Cara selanjutnya adalah membersihkan komputer laptop dari sampah-sampah. Maksud sampah di sini bukan debu, bungkus makanan, atau sebagainya. Melainkan file sampah seperti history browser, sisa-sisa hasil buka program/aplikasi, dan sejenisnya.

Aplikasi buat membersihkannya masih sama seperti di atas, pakai CCleaner. Kalau sudah menginstal, saya yakin Anda jadi tau bagaimana cara menggunakannya.

Uninstall aplikasi tidak penting/tidak diperlukan

Selain file sampah, kebanyakan aplikasi yang terinstal pun dapat memberatkan kinerja komputer desktop maupun laptop. Bahkan, aplikasi yang tidak dibuat dengan baik dapat mendatangkan masalah. Salah satunya ya membuat komputer tidak bisa di-shut down seperti yang sedang dibahas ini.

Untuk itu, bila komputer Anda memiliki aplikasi yang sangat banyak, hapuslah sebagian yang tidak penting dan tidak dibutuhkan. Saat performa sudah terasa ringan kembali, cobalah matikan laptop untuk mengecek apakah sudah bisa di-shut down dengan baik atau belum.

Membersihkan virus

Laptop tidak dapat dimatikan mungkin saja disebabkan oleh virus. Beberapa kasus, virus menyerang registry hingga eror. Maka dari itu kalau cara-cara di atas sudah dilakukan tetapi belum berhasil, cobalah scan virus menggunakan antivirus. Setelah itu barulah coba shutdown. Oh ya, jangan lupa setelah membersihkan, perbaiki dulu registry-registry. Caranya lihat poin satu di atas.

Matikan laptop secara paksa

Mematikan laptop yang benar memang dengan menekan menu Windows dan kemudian klik shutdown. Akan tetapi dalam kasus ini tidak bisa. Jadi, jalan satu-satunya mematikan dengan paksa. Cobalah tekan tombol power selama 15 detik. Kalau mati berarti berhasil. Sedangkan jika gagal, langsung cabut baterai saja. Meskipun cara ini sangat ampuh, tetapi dilarang menjadikannya sebagai kebiasaan.

Uninstall driver

Fungsi driver pada komputer memang penting. Salah satunya untuk menunjang performa. Namun, kalau ternyata salah satu driver tidak cocok dan justru mengakibatkan laptop tidak bisa dimatikan, itu artinya harus menghapus/uninstall-nya.

Bila memang butuh jenis driver tersebut, cari saja lainnya yang sekiranya cocok dengan versi sistem operasi laptop yang Anda gunakan. Sudah uninstall tetapi belum bisa shutdown, lakukan cara pada urutan nomor lima.

Instal ulang sistem operasi Windows

Jika masalah laptop tidak bisa dimatikan lagi-lagi muncul, cobalah atasi dengan instal ulang sistem operasinya. Anda bisa pilih Windows 7 atau Windows 8. Akan tetapi saran saya pilih yang terbaru, Windows 10. (Namun sesuaikan juga dengan spesifikasi komputernya).

Biasanya, dengan menginstal ulang OS, semua masalah akan teratasi (saran saya jangan hanya repair. Mengapa? Karena dalan waktu dekat masalah yang sama bisa saja datang lagi).

Ganti hardware yang bermasalah

Cara memperbaiki komputer atau laptop tidak bisa dimatikan yang terakhir ini dengan mengganti hardware yang bermasalah. Baik proseseor, memori, atau hard disk kalau sudah rusak memang dapat mempengaruhinya. Dan jika ingin ganti, bila tidak bisa melakukan sendiri, lebih baik serahkan saja ke tempat service resmi.

Cara Mematikan Laptop yang Hang

shutdown-5

Program komputer sering macet pada saat mesinnya terlalu lama hidup atau terlalu panas sehingga menjadi berhenti, not responding atau yang biasa disebut dengan ngehang. Hang biasanya ditandai dengan komputer tidak merespon atau layar menjadi blank karena program yang macet.

Ada juga komputer yang pada saat suhu mesinnya terlalu panas langsung mematikan dayanya secara otomatis. Berikut ini cara mematikan laptop yang hang :

Menutup program yang macet tersebut

Hal yang pertama anda lakukan adalah mencoba untuk menutup program yang not responding atau ngehang tersebut. Anda bisa menutup program tersebut dengan menekan hotkey ALT + F4 atau jika mouse masih bisa digerakkan anda bisa menutup program tersebut dengan tombol silang pada pojok kanan atas window tersebut.

Membuka task manager lalu end task

Membuka task manager merupakan alternatif jika langkah pertama tidak berhasil. Terkadang program yang ngehang tidak bisa ditutup dengan mouse ataupun dengan hotkey alt f4. Untuk menutupnya secara paksa kita harus melakukan end task pada program yang ngehang tersebut. Membuka task manager dengan menekan tombol CTRL + SHIFT + ESC, lalu pilih program yang ngehang dan klik end task.

Menekan tombol CTRL + ALT + DEL

Terkadang pada saat program tersebut macet total kita harus logout ataupun merestart komputer/laptop tersebut dengan cara menekan tombol CTRL + ALT + DEL, lalu akan muncul opsi untuk membuka task manager, logout, restart, dan shutdown. Pilih saja shutdown/restart agar program yang macet tersebut tertutup dengan sendirinya.

Menekan tombol restart yang ada pada CPU

Saat kita tidak bisa menekan tombol apapun pada keyboard dan mouse kita tidak punya pilihan lagi selain merestart komputer tersebut dengan paksa. Untuk melakukan restart anda bisa menekan tombol restart pada cpu di komputer anda, tombol restart ini tidak tersedia pada laptop, namun beberapa model laptop ada yang memiliki tombol restart. Letak tombol restart pada komputer biasanya terletak di dekat tombol on pada CPU komputer.

Mematikan komputer/laptop secara paksa

Jika saja hal-hal di atas tidak bisa kita lakukan ini mungkin adalah cara opsional yaitu dengan cara mematikan komputer/laptop secara paksa. Kita bisa mematikan laptop secara paksa dengan menekan tombol on sekitar 10 detik lalu laptop akan mati dengan sendirinya.

Untuk komputer bisa langsung mencabut sumber daya, sehingga komputer akan mati. Cara ini hanya dilakukan pada saat Anda tidak bisa melakukan apa-apa lagi, dan jangan melakukan hal ini terlalu sering karena dapat merusak motherboard pada komputer/laptop Anda.

Demikianlah artikel mengenai Beragam Cara Mematikan Laptop Error Atau Hang dengan Mudah dan Tanpa Ribet yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat. Harap diperhatikan, gunakan cara alternatif restart darurat windows ini dengan bijak. Meskipun cara ini tidak akan merusak sistem komputer windows Anda, seperti jika melakukan Hard Reset (melalui tombol power komputer/ laptop).

Ketika opsi darurat ini telah dilakukan Windows akan langsung restart seketika tanpa memberikan peringatan lagi, maka program yang masih aktif atau data yang belum tersimpan akan akan dimatikan pula seketika.

Tetap saja ini lebih baik karena setidaknya tidak akan merusak sistem komputer. Adapun jika tetap membandel tidak mau mati, Anda bisa coba tekan tombol power lama sampai lampu indikator power benar2 mati. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Media Rekanan >> Gawai Mikro

SHARE

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here