Cara Mudah Cek HP Samsung J5 dan J7 Original dan KW atau Replika Tanpa Ribet

0

(2) j7

Penjualan smartphone Samsung di pasaran Indonesia sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Samsung yang terkenal dengan produknya yang canggih dan berbagai tawaran harga sesuai spesifikasinya menjadikan Samsung vendor yang banyak digemari konsumennya. Namun kini banyak produk Samsung yang direplika atau dipalsukan. Lantas bagaimana cara kita mengetahui mana produk Samsung yang Original dan KW atau replika?

Samsung belum lama ini mengeluarkan produk seriesnya yang meninggikan keunggulan pada kamera dan dilengkapi LED Flasnya. Ya, Samsung Galaxy J Series. Salah dua andalannya adalah Samsung Galaxy J5 dan J7. Di tengah keunggulannya ini tentu ada kecurangan dari orang-orang yang memanfaatkannya. Kini di pasaran sudah banyak terdapat smartphone replika dari Samsung Galaxy J5 dan J7 ini. Kali ini Tim Futureloka akan membahas artikel mengenai Cara Mudah Cek HP Samsung J5 dan J7 Original dan KW atau Replika Tanpa Ribet. Daripada penasaran, yuk kita simak artikel yang berikut ini.

Cara Cek HP Samsung Galaxy J5 Original atau KW

(2) Samsung-Galaxy-J5

Samsung Galaxy J5 adalah salah satu Galaxy J Series yang memiiki keunggulan dalam kualitas kameranya. Namun produk yang dibandrol dengan harga 2,5 jutaan rupiah ini sudah banyak produk replika atau KW-nya di pasaran Indonesia. Bagaimana cara mengecek apakah HP Samsung Galaxy J5 Ori atau KW?  Berikut adalah ulasannya.

  • Cocokan No. IMEI di HP dengan di Kardus dan IMEI.info

Cocokan nomor IMEI pada HP, yaitu dengan menekan *#60#. Nomor IMEI terdiri dari 15 dikit angka, samakan dengan yang ada di kemasan (kardus) dan bagian badan di smartphone (bawah baterai). Kemudia cek nomor IMEI ke imei.info cocokkan dengan spesifikasi yang muncul pada situs tersebut dengan HP kalian dengan menggunakan aplikasi Antutu.

  • Kamera

Spesifikasi kamera pada Samsung Galaxy J5 adalah 13 MP untuk kamera utama dengan LED Flash. Kamera ini juga mampu merekap video hingga 1080p dengan 30fps. Kamera depan yang dimilikinya pun 5 MP yang juga dilengkapi dengan LED Flash. Jika fitur kamera pada Galaxy J5 kamu tidak memiliki spesikasi tersebut maka kemungkinan produk tersebut KW. Karena kemampuan menangkap gambar Galaxy J5 amat baik.

  • RAM dan Memori

Samsung Galaxy J5 yang asli punya RAM sebesar 1,5 GB dan memori internal 16 GB. Biasanya Samsung Galaxy J5 KW hanya memiliki kapasitas RAM dan memori yang lebih kecil seperti 512 MB atau 1 GB untuk RAM dan 4 GB atau 8 GB untuk memori. Karena itu silahkan cek di menu Settings > About Phone untuk mengetahui berapa kapasitas RAM dan memori internal yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J5 kamu.

  • Chipset

Samsung Galaxy J5  ini dilengkapi oleh prosesor Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 quad core berkecepatan 1,2 GHz Cortex-A53. Kalau Galaxy J5 kamu tidak memiliki spesifikasi seperti itu, mungkin yang kamu miliki adalah produk KW. Kamu bisa mengeceknya menggunakan bantuan aplikasi CPU-Z.

  • Versi Android

Samsung Galaxy J5 menggunakan OS Android 5.1 Lollipop dengan tampilan antarmuka Touch Wiz UI. Kalau Samsung Galaxy J5 yang kamu gunakan masih menggunakan Android Jelly Bean ataupun KitKat, berarti kemungkinan besar HP kamu adalah produk KW.

Cara Cek Samsung Galaxy J7 Original atau KW

(2) j7 samsung

Selain Samsung Galaxy J5, saudaranya, Samsung Galaxy J7 juga telah banyak produk replikanya di pasaran. Smartphone yang dibandrol dengan harga 3,5 jutaan rupiah ini memiliki keunggulan yang lebih daripada Samsung Galaxy J5. Namun bagaimana jika produk yang kita beli adalah KW? Nggak mau dong kalau kita merugi seperti itu? Daripada menyesal nantinya, yuk kita simak yang di bawah ini mengenai bagaimana cara mengecek Samsung Galaxy J7 Original di bawah ini.

  • Cocokan No. IMEI di HP dengan di Kardus dan IMEI.info

Cocokan nomor IMEI pada HP, yaitu dengan menekan *#60#. Nomor IMEI terdiri dari 15 dikit angka, samakan dengan yang ada di kemasan (kardus) dan bagian badan di smartphone (bawah baterai). Kemudia cek nomor IMEI ke imei.info cocokkan dengan spesifikasi yang muncul pada situs tersebut dengan HP kalian dengan menggunakan aplikasi Antutu.

  • Layar Samsung Galaxy J7

Samsung Galaxy J7 memiliki layar berukuran 5.5 inch dengan resolusi 720 x 1280 pixel. Hal tersebut membuat kecerahan pada layar cukup bagus. Pada Samsung Galaxy J7 KW, tingkat kecerahan berkurang sehingga kualitas layar memburam.

  • Kamera

Kualitas kamera utama bisa dilihat untuk mengecek apakah Galaxy J7 tersebut ori atau KW. Kamera utama pada Galaxy J7 adalah 13 MP dengan berbagai kemampuan yang canggih seperti f/1.9, 28mm, autofocus, face detection hingga mampu merekam video hingga [email protected] Jika kualitas foto yang dihasilkan Galaxy J7 tersebut kurang bagus, maka kemungkinan produk tersebut bukan merupakan produk original.

  • Kapasitas RAM

Samsung Galaxy J7 ori memiliki RAM 2 GB. Jika Samsung Galaxy J7 kamu tidak memiliki RAM 2 GB, maka dipastikan itu merupakan produk KW. Karena produk KW biasanya hanya memiliki keci seperi 512 MB saja.

  • Versi Android

Versi Andorid pada Samsung Galaxy J7 ori adalah Android OS, v6.0.1 (Marshmellow). Nah kalian bisa mengecek apakah Galaxy J7 kalian sudah Android Marshmellow atau belum. Jika belum, dipastikan itu merupakan produk KW.

  • Chipset

Samsung Galaxy J7  ini dilengkapi oleh prosesor Qualcomm MSM8952 Snapdragon 617 octa core berkecepatan 1,6 GHz Cortex-A53. Kalau Galaxy J7 kamu tidak memiliki spesifikasi seperti itu, mungkin yang kamu miliki adalah produk KW. Kamu bisa mengeceknya menggunakan bantuan aplikasi CPU-Z.

Cara Cek Tipe HP Samsung Galaxy

Selain mengetahui beberapa komponen yang dilansir asli dan juga original kalian juga harus bisa mengetahui cara cek tipe HP Samsung agar dapat membedakan mana HP KW atau Supercopy dan juga mana HP yang asli ataupun Original. Tentunya hal ini menjadi sebuah hal yang paling penting dan cukup efektif ketika kalian ingin membeli sebuah smartphone terbaru khususnya merk Samsung. Berikut beberapa point yang harus kalian ketahui.

  • Cek lewat boks Samsung yang ingin kalian beli, cocokan IMEI yang terdapat dalam boks dan juga IMEI yang terdapat dalam smartphone.
  • Gunakan Aplikasi Resmi dari Google Play Store seperti CPU-Z yang dapat mengindentifikasi spesifikasi sebenarnya dari smartphone yang akan kalian beli. Jika palsu maka akan terdeteksi tidak sesuai dengan spesifikasi sebenarnya.
  • Cara paling ampuh adalah datangi service center resmi Samsung dan tanyakan tentang keaslian smartphone yang kalian miliki.

Cara Cek Layar Samsung Galaxy Asli atau Palsu

Selain mengecek smartphone Samsung Galaxy yang akan kalian beli lewat tipe, kalian bisa mengecek lewat layar dengan cara yang cukup sederhana. Tentunya hal ini cukup ampuh untuk membuktikan hp Samsung yang akan kalian beli asli atau palsu. Samsung sendiri memiliki layar yang cukup unik dan cukup sulit ditiru oleh beberapa tipe Supercopy atau KW yang beredar dipasaran. Berikut point-pointnya.

  • Tekan *#0*# Lalu kalian akan masuk ke pilihan warna dari layar
  • Tes warna mulai dari warna Merah dan cermati layar dengan seteliti mungkin
  • Jika kalian menemukan sesuatu yang aneh bisa dicurigai kalau itu adalah barang KW atau Supercopy
  • Ada baiknya kalian mengeceknya di pusat service resmi Samsung terdekat agar memastikan keaslian dari smartphone Samsung yang kalian miliki.

Nah, begitulah cara mengecek apakah smartphone Samsung Galaxy J5 dan J7 ori atau KW. Semoga artikel dari Tim Futureloka ini bermanfaat ya agar kita tidak salah membeli produk yang ternyata produk KW. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here