Cara Mudah Cek iPhone Second atau Bekas yang Masih Bagus

1

(1) ip

Produk yang dikeluarkan perusahaan asal Amerika Serikat, Apple, memiliki para penggemarnya tersendiri. Walaupun smartphone berbasis Android keluaran Google cukup booming di pasaran, namun tetap tidak mengurangi para pecinta smartphone buatan Apple, iPhone, di pasaran. iPhone memiliki banyak keunggulan dan kekhasan tersendiri yang membuat penggemarnya tidak bisa berpaling.

Namun harga ditawarkan untuk produk ini terbilang cukup mahal. Banyak konsumen yang akhirnya memilih produk ini namun barang tangan kedua atau second karena harganya yang cukup murah. Tidak pernah ada salahnya jika kita memilih produk second. Karena tidak semua produk second kurang baik atau sudah rusak. Nah, kali ini Tim Futureloka akan mengulas tentang Cara Mudah Cek iPhone Second atau Bekas yang Masih Bagus. Yuk kita intip tips-tips yang berikut ini

Untuk mendapatkan iPhone yang masih bagus kamu perlu menyeleksi dengan beberapa kriteria-kriteria yang harus kamu terapkan saat mengecek iPhone sebelum membelinya. Berikut adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan.

(1) iph

  1. Lakukan Cek Fisik iPhone

Lakukan pengecekan pada fisik iPhone terlebih dahulu, kemudian cek kelengkapan aksesoris iPhone yang akan kamu beli. Setelah fisik iPhone tidak ada masalah, lalu cari tahu kelengkapan aksesoris apa saja dan bagaimana bentuk aksesoris yang ada di seri iPhone tersebut, cocokan untuk mengetahui aksesoris tersebut original atau tidak, untuk mengetahuinya silahkan kunjungi website resmi Apple. Jika tidak ada masalah langsung saja lanjut langkah berikutnya.

  1. Cek iPhone Apakah Original atau Fake 

Pastikan iPhone yang akan kamu beli adalah iPhone original bukan supercopy atau pun replika. Untuk memeriksa keaslian iPhone silahkan cek serial number di Check Service and Support Coverage – Apple, jika detail keterangan iPhone muncul berarti iPhone yang akan kamu beli terdaftar atau asli dan original.

  1. Cek iPhone Bergaransi Resmi Indonesia Atau International

Untuk iPhone bekas disarankan untuk membeli iPhone dengan garansi resmi Indonesia, cek warranty/garansi iPhone pastikan bukan garansi internasional, Yang di maksud dengan iPhone bergaransi international adalah iPhone yang di keluarkan bukan dari negara Indonesia seperti contoh iPhone keluaran Singapure, US, Jepang dll.

Jadi jika kamu membeli iPhone di luar negara Indonesia atau di dealer tidak resmi di Indonesia, klaim garansi dan service tidak akan di layani oleh Apple Service Center di Indonesia, untuk mengecek asal negara iPhone silahkan cek IMEI iPhone pada website iphoneimei.info, lihat pada detail keterangan “country purchased”, pastikan itu adalah Indonesia.

  1. Cek iCloud iPhone Telah Sign-Out atau Belum

Cek iCloud pada iPhone apakah sudah kosong/signout atau belum, jika belum coba tanyakan ke penjual agar segera mengeluarkan akun iCloud-nya. Cara mengceknya silahkan masuk menu Settings > iCloud, Jika masih ada email iCloud yang signin minta ke penjual untuk signout akun tersebut.

  1. Cek Fungsi Layar Touchcscreen, Tombol Home, Tombol Power, Tombol Folume Serta Sensor Pada iPhone

Apple tidak menjual parts atau suku cadang iPhone secara bebas, dan biaya service di service center Apple resmi pun sangat mahal, jadi pastikan ketika membeli iPhone bekas tidak ada kerusakan sama sekali pada parts iPhone seperti pada jack port usb, layar, toucscreen, body, dan lainnya kecuali accessories seperti adaptor charger, kabel USB/Lightning, earpods. Maka jika terjadi kerusakan, suku cadang iPhone yang original sangat susah untuk di cari kecuali kamu mau di ganti dengan suku cadang KW.

  1. Cek Baterai iPhone

Battery iPhone hampir menyatu dengan unit, jadi jika penjual mengatakan baterai pernah di ganti sudah pasti body iPhone akan cacat. Cek juga cek cycle count baterai iPhone.

  1. Cek Software

Cek iCloud dan reset di tempat. Untuk mengecek iCloud masih aktif atau tidak, kamu bisa cek melalui Setting > iCloud dan pastikan sudah kosong ya. Jika masih ada, tanyakan langsung dan minta segera mengeluarkan iCloud-nya berikut juga fitur Find My iPhone. Fitur ini akan memungkinkan iPhone dapat dikendalikan dari jarak jauh. Jadi, mintalah matikan Find My iPhone dan hapus account.

Perlu diingat! iPhone akan selalu meminta password iCloud di setiap aktivitas penting, contohnya menginstal aplikasi. Jadi langsung saja reset di tempat, masuk ke Setting > iCloud > Find My iPhone dan matikan (akan meminta password iCloud). Kemudian lakukan Erase All Content and Setting di Setting > General > Reset > Erase All Content and Setting.

  1. Cek iPhone FU atau SU

Pastikan iPhone yang akan kamu beli adalah Factory Unlock (FU). Biasanya iPhone yang beredar secara resmi di Indonesia semuanya adalah iPhone FU atau Factory Unlock, jadi dapat digunakan oleh operator lain.

Cara simpel untuk mengecek iPhone FU atau SU kamu dapat mengunjungi website imei.info kemudian masukan IMEI iPhone lalu klik Check > lalu akan di tampilkan informasi iPhone > scroll ke bawah kemudian tekan pada tombol “Free simlock status check” > lalu di situ akan menampilkan keterangan simlock status > jika iPhone yang akan kamu beli FU maka keterangan pada simlock status adalah false.

Sedikit pengetahuan mengenai iPhone software unlock atau SU, artinya sim di unlock oleh software, dan kebanyakan yang terjadi jaringan iPhone tidak 100% akan berjalan normal. Dari banyak pengalaman, entah bluetooth, wifi, pasti akan ada yang error nantinya.

  1. Cek Fungsi Touchscreen iPhone

Periksa fungsi touchscreen ke-seluruh bagian layar dengan menggunakan aplikasi kalkulator, caranya aktifkan rotasi layar iPhone > lalu buka aplikasi kalkulator > putar iPhone 90 derajat ke-kanan hingga kalkulator pada tampilan landscape > kemudian coba ketikan apapun hingga sampai ke semua sudut  layar iPhone, pastikan semua bagian touchscreen berfungsi normal.

  1. Periksa Fungsi Konektifitas Wifi, Bluetooth, Microphone, Speaker, 3.5mm Jack dan Sensor

Periksa koneksi wifi, bluetooth, microphone, speaker, 3.5mm jack untuk earpods, untuk mengecek sensor accelerometer caranya dengan mengaktifkan rotasi layar iPhone,apakah rotasi layar berfungsi secara otomatis jika iPhone di putar atau tidak.

  1. Cek Kamera iPhone

Cek kamera iPhone dengan mencoba mengambil foto dengan flash atau tanpa flash dan lihat hasilnya.

  1. Cek Ambient Light Sensor 

Cek ambient light sensor, sensor ini akan berfungsi mengurangi intensitas cahaya layar atau meredupkan layar iPhone ketika berada di kegelapan. Cara mengeceknya, tutup bagian 1/3 layar atas dengan tangan atau alat bantu lain, lalu tekan tombol sleep dan hidupkan kembali dengan menekan tombol sleep (1/3 layar masih di tutup), harusnya layar harus lebih redup dari sebelumnya.

Cara ke-2 coba panggil kontak suara, pada saat memanggil coba tutup 1/3 layar bagian atas pada iPhone, jika layar iPhone mati atau gelap berarti sensor masih berfungsi.

  1. Cek GPS iPhone

Cek GPS iPhone, buka aplikasi maps, sebelumnya pastikan wifi, jaringan data seluler dan GPS dalam mode on, kemudian pusatkan dengan menekan tombol ber-ikon pesawat kertas, lalu lihat apakah posisi kamu di maps sama dengan posisi dimana kamu berada.

Itulah tips-tips dan ulasan mengenai Cara Mudah Cek iPhone Second atau Bekas yang Masih Bagus. Sebelum memberli iPhone second sebaiknya kita memang perlu mengetahui tentang produk yang akan kita beli tersebut agar kita tidak merugi saat setelah membelinya Semoga bermanfaat!

SHARE

1 COMMENT

  1. terimakasih banyak kak. sangat informatif dan membantu! berkat blog ini, saya tidak ragu metika beli iphone 2nd, dan saya dapat lebih teliti lagi dalam memilih iphone 2nd dengan kondisi prima dan terbaik! saya jadi sangat senang, karena iphone 2nd pilihan saya terasa seperti baru!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here