Cara Cermat Membedakan Xiaomi Asli dan Palsu dengan Mudah dan Tidak Ribet

0

Xiaomi real - fake

Xiaomi bisa terbilang pemain baru dalam industry smartphone di Indonesia, namun namanya kini sudah lumayan terkenal. Harga yang ditawarkan oleh vendor asal Tiongkok tersebut terbilang murah dengan spesifikasi di atas rata-rata perangkat lainnya di kelas yang sama.

Ketenaran Xiaomi ini pun dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang ingin mencari keuntungan namun dengan cara yang salah. Salah satunya adalah dengan membuat dan menjual smartphone Xiaomi tiruan.

Seperti yang kita ketahui barang “KW” memang sangat mirip dengan yang original, seperti ponsel Xiaomi “KW” ini benar-benar mirip dengan aslinya. Walaupun ada sedikit perbedaan diantara keduanya, namun jika dilihat secara sepintas, sangat sulit untuk membedakan mana yang asli dan mana yang palsu.

Selain Samsung dan produk smartphone lainnya, Xiaomi juga merupakan smartphone yang paling banyak dipalsukan. Sebagai pengguna smartphone, tentunya kita tidak menginginkan smartphone bajakan bukan? Lalu bagaimana cara untuk mengetahui mana Xiaomi asli dan palsu?

Tim Futureloka punya beberapa cara mudah dan tidak ribet nih untuk kalian yang ingin mengecek keaslian smartphone Xiaomi kalian, yuk langsung aja di cek. Cara termudah adalah dengan menggunakan tools atau aplikasi pengecekan buatan Xiaomi sendiri. Kalian hanya perlu masuk ke situs  https://jd.mi.com lewat browser di PC atau laptop.

Kemudian, download saja file APK yang sudah tersedia di situs ini. Setelah itu, pasang aplikasi tersebut di ponsel Xiaomi yang mau dicek keasliannya dan jalankan setelah proses instalasi selesai.

Sekadar catatan, Anda mungkin harus mengaktifkan mode instalasi aplikasi dari sumber di luar Google Play Store untuk meng-install aplikasi ini. Di perangkat Xiaomi, mode itu bisa ditemukan di bagian Settings; Additional Settings; Privacy; dan pilih Unknown Sources.

Setelah aplikasi berhasil di-install, jalankan aplikasi tersebut dan Refresh situs web https://jd.mi.com, kemudian arahkan ponsel ke kode QR. Arahkan hingga proses pemeriksaan selesai. Setelah itu, situs web akan memberikan informasi apakah ponsel Xiaomi yang diuji asli atau tidak dengan memunculkan informasi pada layar di PC atau laptop kalian bukan di layar smartphone kalian.

Sayangnya, tools tersebut hanya bekerja untuk ponsel Xiaomi terbaru saja, seperti Mi 4 dan Mi 4i. Seri ponsel Xiaomi lawas, seperti Redmi 1S dan Redmi 2, tidak didukungnya.

Cara selanjutnya kalian bisa cek IMEI dan serial number dengan mudah. Pastikan kedua informasi tersebut sesuai. Kalian bisa mengecek IMEI Xiaomi kalian dengan berbagai cara, nih tim Futureloka kasih tips beberapa cara cek IMEI Xiaomi Asli atau Palsu.

Cara Cek IMEI Xiaomi Asli atau Palsu

  • Dial *#06#

Cara yang satu ini bisa dipastikan sangatlah mudah. Caranya hanya dengan menekan *#06# pada keypad smartphone Xiaomi kalian lalu akan muncul kode IMEI yang terdiri dari 15 digit tersebut.

  • Box Pembelian

 

Ketika kalian membeli smartphone Xiaomi baru, kalian akan mendapatkan seperangkat alat termasuk Box. Disana  terdapat kode IMEI smartphone kalian.

  • Body Smartphone

IMEI Xiaomi

Kode IMEI Xiaomi juga ada pada bagian Body. Umumnya kode IMEI Xiaomi terletak pada bagian bawah baterai, ketika kalian mencopot baterai akan terlihat kode IMEI di sana.

  • Menu Cek Status

Xiaomi jua menyediakan cara mudah lainnya untuk mnegecek kode IMEI smartphone Xiaomi kalian. Caranya yaitu dengan pergi ke Menu Settings; About; Status disana akan terlihat beberapa info dari perangkat Xiaomi yang kalian miliki.

  • Aplikasi Third-Party

antutu benchmark

Selain cara diatas masih ada cara yang menggunakan aplikasi Third-Party atau aplikasi pihak ketiga. Kalian bisa menggunakan AnTuTu Benchmark dan CPU-Z. perhatikan secara detail, apakah spesifikasi yang dibekali di perangkat benar-benar sama dengan aslinya atau tidak.

CPU-Z

Untuk mengecek spesifikasi Xiaomi kalian bisa mengunjungi artikel berikut dari Futureloka

Setelah mengecek IMEI, kalian juga perlu mengecek IMEI smartphone kalian pada website resmi Xiaomi yang caranya sudah kami jelaskan di atas apakah sama atau tidak.

Cara lainnya untuk mengecek keaslian HP Xiaomi kalian adalah dengan cara mengakses MI Recovery dan juga MI Fastboot. Untuk mengakses MI Recovery, pertama-tama matikan smartphone Xiaomi kalian lalu tekan tombol Power dan tombol Volume Up atau cara lainnya dengan masuk ke folder Security Xiaomi; Icon Updater; Option; lalu pilih Reboot To Recovery Mode. Setelah masuk ke MI Recovery pastikan ada tampilan gambar kelinci MI sedang mengoperasi robot Android dan keluar pilihan dengan bahasa Chinese atau English.

Mode Fastboot Di Xiaomi

Selanjutnya untuk mengakses MI Fastboot yaitu dengan cara tekan dan tahan tombol Power dan tombol Volume Down secara bersamaan hingga beberapa detik. Pastikan lagi yang muncul ada gambar kelinci MI tengah mengutak-atik robot Android. Bila ada gambar kelinci MI maka bisa dipastikan perangkat Xiaomi kalian asli.

Nah itulah beberapa cara mudah mengecek asli atau palsu smartphone Xiaomi dengan mudah dan tidak ribet yang bisa kalian pakai. Semoga artikel ini menambah wawasan kalian dan juga bermanfaat bagi kalian ya. Sampai jumpa.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here