Cara Cepat Hard Reset atau Reset Ulang iPhone Beragam Jenis dengan Mudah

0

Sekarang ini semua handphone dan smartphone sudah semakin canggih, bahkan setiap perusahaan berlomba-lomba mengeluarkan produk baru dengan ketebalan dan dimensi yang sangat tipis dan juga mengurangi tombol pada handphone yang akan diluncurkan. Namun kadang sekarang banyak handphone yang sering mengalami lagging atau pengguna biasa menyebut hang, dan handphone terkadang juga cepat panas. Karena keperluan konsumen pada handphone pun sekarang ini meningkat.

Tidak terkecuali handphone dengan spesifikasi mantap pun pasti pernah mengalami hang atau lagging. Hal ini dapat disebabkan karena aplikasi yang dibuka terlalu berat atau dapat dikarenakan juga karena RAM handphone itu sendiri tidak terlalu besar. Salah satu handphone yang dinilai mempunyai spesifikasi bagus adalah iphone.

Jika iphone mengalami lagging atau hang pasti pengguna awam akan merasa bingung harus berbuat apa. Karena iphone hanya memiliki tombol home, tombol lock dan tombol suara atau volume. Inilah mengapa pengguna awam harus juga menjadi pemakai yang pintar, yaitu dengan cara banyak mencari referensi dan searching di internet. Nah, maka dari itu pada kali ini akan dibahas mengenai cara hard reset dengan mudah.

Sebelumnya pengguna harus mengetahui dulu apa bedanya hard reset dengan soft reset. Karena hal ini dapat mempengaruhi data-data pada iphone anda jika salah memahaminya.

Soft Reset

Soft reset adalah melakukan reboot atau restart pada iphone, hal ini dapat dilakukan untuk memperbaiki beberapa masalah, seperti ketika  iphone hang, apikasi tidak bisa ditutup, atau ketika iphone tidak dapat dilock. Soft reset tidak akan menghapus aplikasi, lagu atau pengaturan dan data-data yang ada di iphone. Jadi pengguna tidak perlu khawatir dengan data data yang dimiliki pada iphone anda.

  • Tekan tombol home dan lock pada iphone secara bersamaan selama setidaknya 10 detik, sampai pengguna melihat logo apple.
  • Kemudian pengguna dapat melepaskan kedua tombol tersebut setelah muncul Logo apple
  • Kemudian iphone akan melakukan proses restart atau reboot.
  • Tampilan akan kembali pada tampilan layar utama atau home pada iphone

Hard Reset

Sedangkan Hard Reset adalah me-reset iphone secara keseluruhan, atau mengembalikan iphone dalam pengaturan pada saat awal pertama kali digunakan atau biasa disebut pengaturan pabrik. Hard reset ini dapat menghapus data-data yang ada pada iphone, seperti lagu foto dan pengaturan yang sebelumnya sudah diatur. Biasanya hard reset ini digunakan ketika iphone anda ingin dijual karena biasanya calon pembeli menginginkan iphone yang memang benar-benar bersih atau sudah tidak ada lagi data pengguna sebelumnya, karena calon pembeli akan merasa direpotkan jika harus menghapus data itu sendiri. Atau bisa juga karena memang keinginan pengguna iphone tersebut.

Sebelum pengguna melakukan Hard reset, penggguna iphone harus memastikan terlebih dahulu untuk memback-up data data yang ada pada iphone tersebut. Jadi ketika pengguna membutuhkan data yang sebelumnya dapat digunakan kembali.

Sebenarnya cara hard reset hampir sama pada semua tipe iphone. Hanya saja pada iphone 7 berbeda sedikit dengan iphone lain.

Cara hard reset pada iphone 4 , 4s , 5 , 5s , 6 adalah sebagai berikut

  • Buka pengaturan atau setting pada iphone
  • Kemudian pilih menu ‘general’
  • Kemudian klik menu ‘reset’
  • Pilih ‘erase all content and settings’
  • Kemudian akan ada menu pop up yang memberikan peringatan seluruh data akan terhapus jika melakukan reset
  • Kemudian akan dilanjutkan dengan memasukkan apple id dan password apple id
  • Kemudian iphone akan memproses reset dan semua data pada iphone akan hilang dan kembali seperti pengaturan awal.

Cara hard reset pada iphone 7

  • Tekan tombol lock pada sisi kanan handphone dan tombol untuk mengecilkan suara secara bersamaan
  • Tekan tombol tersebut selama setidaknya 10 detik sampai muncul logo apple.
  • Kemudian iphone akan memulai proses dan kembali pada tampilan lock screen

Pada iphone 7 sebenarnya hamper serupa dengan iphone lainnya, hanya saja pada iphone 7 diperlukan menekan tombol untuk mengecilkan suara. Setelah dilakukan soft reset ataupun hard reset akan terlihat perbedaan pada kinerja iphone itu sendiri. Yang sudah pasti iphone akan lebih cepat dan tidak lagging karena data data yang menghambat sudah dihapuskan.

Hal yang perlu diperhatikan pada saat Hard Reset atau Soft Reset adalah video, foto dan music yang anda simpan pada iphone harus anda back up terlebih dahulu ke iCloud atau iTunes. Agar file tersebut dapat anda nikmati kembali. Itulah informasi mengenai cara hard reset pada iphone dengan mudah. Untuk dapat mengetahui informasi lainnya mengenai gadget dapat anda cek di Futureloka.com

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here