15 Cara Menghemat Baterai Android dengan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi Paling Irit

0

rer

Hai semua, selamat datang di website futureloka – website yang menyediakan informasi terlengkap dan terupdate seputar teknologi, PC, Android, laptop, aplikasi, smartphone, sampai ke gaya hidup. Bahasan topik artikel kali ini akan sangat bermanfaat bagi kalian guys, jadi pastikan kalian menyimak ulasannya secara lengkap.

Topik bahasan kita kali ini adalah tentang 15 Cara Menghemat Baterai Android dengan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi Paling Irit. Saat awal kita membeli sebuah smartphone tentunya kapasitas baterai menjadi salah satu spesifikasi penting yang kita perhatikan guys apalagi bagi kita yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan, pastinya membutuhkan daya tahan baterai yang besar. Oke lah sekarang sudah ada power bank yang bisa membantu mengisi daya baterai kita secara portable, namun kan power bank itu kurang praktis guys.

Baca juga:

Well, bagi kalian yang sangat membutuhkan daya baterai yang tinggi, di bawah ini saya akan menjelaskan secara tuntas mengenai 15 cara untuk menghemat baterai tanpa aplikasi ataupun dengan aplikasi paling mudah dan tidak ribet. Kalian pastinya penasaran dong guys. Baiklah, tanpa basa basi lagi, yuk kita simak ulasan selengkapnya berikut ini. Check it out!

Cara Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi

Menggunakan fitur power saving

Kalian pengguna HP Android terkhususnya Samsung, kalian tahu tidak kalau sebenarnya Samsung telah menyediakan fitur Power Saving yang akan membantu kalian dalam menghemat daya baterai HP Android Samsung kalian. Nah, fitur power saving ini dapat kalian temukan ketika kalian menggeser ke bawah layar home screen kalian. Fitur ini sejajar dengan quick settings yang disediakan Samsung, sejajar dengan tombol on – off wifi, mobile data, location, airplane mode, dan lain sebagainya.

Dengan mengaktifkan fitur power saving ini, kalian hanya akan bisa melakukan sedikit akses pada HP Android kalian guys. Tentunya dengan akses yang terbatas ini akan menghemat daya baterai yang terpakai.

Pada OS Android Marshmallow di HP Android Samsung ataupun OS Lollipop kalian dapat melakukan pengaturan ke ultra power saving mode, dimana fitur ini akan menghemat daya baterai kalian 2 kali lebih besar dari pada fitur power saving mode. Selain cara yang sudah saya sebutkan di atas, kalian dapat menggunakan fitur ini dengan cara: masuk ke pengaturan settings —> pilih battery —> pilih power saving mode / ultra power saving mode.

Matikan outdoors lamp

Outdoors lamp itu adalah fitur yang mendukung pemberian kecerahan pada layar HP ketika berada di luar ruangan. Kecerahan layar di luar ruangan dengan menggunakan pencahayaan indoor normal pastinya agak gelap dan tidak cocok, maka dari itu biasanya beberapa HP Android seperti Samsung menyediakan fitur outdoors lamp untuk mendukung aktivitas kalian di luar ruangan.

Nah, tapi tahu kah anda kalau penggunaan outdoors lamp ini sangat boros daya baterai. Fitur ini dapat menguras daya baterai hingga 1/4 dari daya baterai normal yang terkuras saat menggunakan pencahayaan indoor normal. Selain itu pula, outdoors lamp akan membuat baterai kalian menjadi cepat panas. Maka dari itu guys, usahakan untuk seminim mungkin dalam menggnakan outdoors lamp ini. Matikan outdoors lamp pada saat kalian berada di dalam ruangan.

Matikan flash

Kalian pasti tahu flash itu apa. Flash itu adalah lampu pencahayaan yang kalian biasa gunakan pada saat hendak selfie di tempat dengan intensitas cahaya rendah. Selain itu pula, biasanya kalau mati lampu kalian pastinya akan menggunakan flash HP Android kalian sebagai pencahayaan ataupun ketika sedang menonton atau bermain HP di ruangan gelap kalian juga cenderung untuk menyalakan flash. Namun untuk menghemat baterai, usahakan seminim mungkin untuk menyalakan flash ini guys. Hal itu dikarenakan, Flash yang aktif menguras daya baterai dengan sangat cepat. Selain itu pula, HP kalian juga akan cepat panas. Oleh karena itu, saat kalian lagi chattingan di tempat yang kurang cahaya, usahakan untuk ditahan dulu, jangan nyalain flash sambil chatting-an jika kalian ingin menghemat daya baterai

Matikan Location

Kalian sering banget tentunya membiarkan fitur location kalian on terus. Mungkin ini karena kalian tidak tahu efek samping nya ataupun karena kalian ingin terus mendapatkan update-an temperatur dan forecast secara otomatis. Tapi tahukah kalian jika fitur location yang ON itu dapat membuat daya baterai lebih boros guys. Jadi usahakan jika kalian tidak terlalu membutuhkan atau menggunakan fitur location ini, di turn off aja guys karena itu tidak akan memberikan efek apa – apa kok jika di turn off, kecuali jika kalian sedang melihat rute di google map atau menggunakan waze dan aplikasi navigasi lainnya, ataupun ketika kalian sedang memesan ojek online, kalian bisa menyalakannya. Namun, jika sudah selesai, akan lebih baik dimatikan.

Mematikan Wifi dan mobile data

Nah, salah satu untuk menghemat daya baterai adalah dengan mematikan wifi dan mobile data ketika kalian sedang tidak memerlukan koneksi internet guys. Contohnya adalah pada saat kalian tidur atau pada saat belajar, kalian dapat mematikan terlebih dahulu wifi dan koneksi mobile data kalian untuk penghematan daya baterai. Ketika kalian sudah bangun tidur atau sudah selesai melakukan aktivitas lainnya, barulah kalian dapat menyalakan koneksi wifi dan mobile data ini lagi guys.

Matikan Sinkronisasi

Sinkronisasi adalah fitur yang membuat anda tetap update dengan pesan – pesan dan update-an terbaru. Fitur sinkronisasi akan memberikan notifikasi update-an terbaru mengenai segala hal yang berkaitan dengan HP Android kalian; apakah itu update OS, update aplikasi, update pesan email, dan lain sebagainya. Dengan semakin banyak notifikasi, maka akan menggunakan koneksi internet yang lebih besar dan mengakibatkan semakin besar daya baterai yang terkuras guys.

Log out aplikasi

Nah cara lain yang dapat kalian lakukan adalah dengan log out aplikasi setelah digunakan, dan baru sign in kembali jika ingin menggunakan nya kembali. Kebanyakan orang akan membiarkan aplikasi instagram mereka terus terhubung. Ketika selesai melihat orang akan kebanyakan hanya menekan tombol keluar ke home screen HP tanpa mengeluarkannya dengan log out dengan harapan terus mengetahui update-an terbaru. Tentunya, jika kalian hanya menekan tombol keluar ke home screen tanpa log out aplikasi instagram kalian contohnya, segala notif akan terus masuk ke HP Android kalian apalagi jika kalian turn on notif dari instagram orang – orang tertentu misalkan gebetan kalian. Tahukah kalian bahwa segala notif yang masuk itu akan menggunakan koneksi data internet dan mengakibatkan pada pengurangan daya baterai. Jadi jika kalian ingin menghemat daya baterai, kalian dapat log out setelah melihat facebook atau instagram dan baru log in lagi jika ingin masuk ke halaman nya lagi. Tidak sulit kok hanya butuh masukkan username dan password doang.

Matikan bluetooth

Bluetooth adalah fitur yang kalian biasa gunakan untuk mengirimkan file tanpa PC guys. Nah setelah menggunakan fitur bluetooth ini kebanyakan orang akan lupa untuk menonaktifkannya lagi karena saking senengnya mungkin filenya sudah sukses diterima. Nah, tentunya jika kamu membiarkan fitur bluetooth di HP Android kamu menyala terus menerus, itu adalah salah satu pemborosan daya baterai guys. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mematikan fitur bluetooth ketika kalian sudah selesai menggunakannya ya!

Bijak dalam menggunakan Widget

Nah ada beberapa fitur widget yang memberikan tampilan cantik ke HP Android kalian, seperti contohnya widget picture frame yang akan menampilkan foto yang berganti – gantian di HP Android kalian ataupun fitur screen saver. Nah tentunya kedua fitur tersebut akan menambah nilai estetika pada tampilan HP Android kalian, tapi tahukah kalian bahwa akan lebih banyak daya baterai yang terpakai ketika kalian mengaktifkan kedua fitur tersebut. Oleh karena itu, jika tidak terlalu perlu kalian dapat menonaktifkannya guys.

Mengatur kontras dan brightness layar HP

Setelah outdoors lamp, sekarang tingkat kecerahan indoor yang perlu kalian perhatikan. Jika tidak terlalu perlu, kalian usahakan untuk tidak menggunakan tingkat kecerahan yang tinggi pada layar HP Anda karena tingkat kecerahan yang tinggi akan menguras lebih banyak daya baterai kalian guys. Usahakan untuk menggunakan tingkat kecerahan yang normal ya guys.

Cara Menghemat Baterai Android dengan Aplikasi

Nah setelah kalian mengetahui cara – cara untuk menghemat baterai Android tanpa aplikasi, sekarang adalah pembahasan mengenai cara menghemat daya baterai android dengan aplikasi. Bagi kalian yang penasaran, pembahasan selengkapnya di bawah ini guys. Yuk simak.

360 Battery Saver Plus

sop

Aplikasi ini dikeluarkan oleh Funded Stuff dan sudah didownload oleh kurang lebih 5 ribu orang. Dengan aplikasi ini kalian dapat menghemat pemakaian daya baterai kalian dan kalian juga dapat mempercepat waktu pengecasan HP di bawah power saving mode. Aplikasi ini akna meningkatkan daya tahan dari baterai kalian dalam situasi apapun sehingga bagi kalian yang sering melakukan kegiatan di luar ruangan jangan khawatir dengan low battery.

Cara kerja aplikasi ini yaitu dengan memutuskan semua process yang tidak penting, tidak berguna, dan tidak diinginkan, sehingga dapat membuat HP kalian bekerja lebih cepat dengan memperbesar kapasitas RAM dari proses aplikasi yang tidak berguna. Melalui aplikasi ini kalian juga dapat melihat grafik dari proses pengecasan HP kalian. Kalian juga dapat mengetahui daya baterai yang sudah terisi ketika mengecas HP. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan informasi mengenai baterai sehingga akan memudahkan kamu dalam mengetahui jenis baterai ketika hendak membeli baterai yang baru.

Battery Doctor (Power Saver)

mlllll

Aplikasi ini dikeluarkan oleh Cheetah Mobile Inc (NYSE: CMCM) dan sudah didownload oleh kurang lebih 100 juta orang. Aplikasi ini juga menawarkan tampilan yang simpel dan sederhana. Kalian akan dapat memperpanjang daya tahan baterai kalian hanya dengan 1 tap. Kalian juga dapat memonitori draining apps in real time dimana kalian dapat memonitori kondisi baterai, aplikasi yang memakan banyak daya baterai, dan lain sebagainya.

Kalian juga dapat memotong semua aplikasi tidak berguna yang menguras daya baterai kalian. Kalian dapat memilih mode penghematan baterai, apakah sleep mode, classic mode, advanced mode, dan sebagainya. Kalian juga dapat menutup aplikasi yang tidak tergunakan untuk mengembalikan temperature baterai yang normal.

Battery Saver 2

gds

Aplikasi ini dikeluarkan oleh Ignis Group dan sudah didownload oleh kurang lebih 5 juta orang. Aplikasi ini dapat menghemat baterai dan memori kalian hanya dengan 1 tap “optimize”. Selain itu kalian dapat menggunakan fitur deep sleep mode 2x – 6x untuk menghemat baterai kalian jika sedang dalam jam tidur hingga 15 jam. Kalian juga dapat memonitori baterai kalian guys. Oh ya, ada usefull widget juga yang akan nampak di jendela Android kalian.

Kalian juga dapat memutuskan berbagai aplikasi yang sedang berjalan di belakang namun tidak digunakan untuk menghemat baterai kalian dan melepaskan RAM sehingga kapasitasnya lebih longgar. Aplikasi ini juga menyediakan simple notification untuk memberitahu kalian level baterai. Tampilan dari aplikasi ini juga didesain dengan sangat menarik dan lucu guys menggunakan logo robot Android.

Battery Saver

ws

Aplikasi ini dikeluarkan oleh MobileSecurity Inc dan sudah didownload oleh kurang lebih 100 ribu orang. Aplikasi ini akan menyediakan informasi mengenai persentase baterai kalian saat ini. Aplikasi ini akan menghemat 20% dari daya baterai yang terpakai dengan menghentikan aplikasi yang berjalan di belakang layar yang tidak dibutuhkan dan tidak penting sehingga dapat melepaskan kapasitas RAM juga.

Aplikasi ini juga dapat mempercepat pengisian daya baterai HP Android kalian namun tetap menjaga healty charging dari HP Android kalian. Oh ya, aplikasi ini juga menyediakan fitur CPU Cooler untuk memperpanjang daya tahan baterai kalian. Kalian juga dapat memonitor energi atau daya baterai yang digunakan setiap aplikasi.

DU Battery Saver – Battery Charger and Battery Life

gftyi

Aplikasi ini dikeluarkan oleh DU Apps Studio – Battery and Booster dan sudah didownload oleh kurang lebih 100 juta orang. Kalian dapat save battery kalian hanya dengan one tap. Selain itu kalian juga dapat mengetahui estimasi daya tahan baterai. Kalian juga akan mendapatkan informasi mengenai temperature dari HP kalian. Aplikasi ini juga menyediakan healthy battery charge dalam mengisi daya baterai kalian. Kalian juga dapat mengganti mode dari HP kalian. Aplikasi ini juga menawarkan tampilan yang menarik yang bisa kalian ubah untuk menjadikan tampilan aplikasi ini lebih menarik.

Demikian lah guys cara menghemat baterai Android yang dapat kalian gunakan dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi paling praktis dan irit. Tentunya jika kalian mengikuti semua cara – cara di atas, daya baterai kalian akan bisa dipertahankan seharian tanpa perlu isi ulang daya baterai guys. Cara yang saya berikan di atas adalah cara paling mudah dan paling praktis yang bisa kalian coba gunakan.

Selain itu, itulah 5 aplikasi gratis Android sebagai penghemat baterai paling efektif yang bisa kalian coba gunakan untuk membantu kalian dalam menghemat daya baterai HP Android kalian. Kalian tentunya dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis dengan cara mendownload dan menginstallnya melalui play store di HP Android kalian masing – masing.

Baiklah guys kalau begitu saya undur diri dulu. Saya harap pembahasan artikel kali ini bisa menjadi bahan referensi yang bermanfaat bagi kalian. Jangan lupa untuk terus pantau website futureloka karena masih banyak artikel dengan topik menarik dan bermanfaat lainnya yang bisa kalian simak. Terima kasih sudah menyimak artikel kali ini dan sampai jumpa di artikel lainnya. Salam dan terima kasih. Have a nice day everyone and bye for now!

Baca juga:

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here