Cara Mudah Inject Ulang iPhone 4 CDMA dengan Mudah dan Tidak Ribet

0

iphone 4 inject

Kalian pasti sudah tau kan tentang produk apple yaitu iPhone, tetapi nih ya banyak dari kita tau nya hanya iPhone hanya untuk kartu GSM dimana informasi dan setting jaringan berada di sebuah kartu yang disebut dengan SIM, Sedangkan CDMA jarang sekali ada yang mengetahui. Dan sebenarnya tidak hanya iPhone ya yang dapat menggunakan kartu CDMA, tetapi semua handphone dan smartphone tertentu bisa loh menggunakan kartu CDMA.

Oh ya ngomong-ngomong kalian tau enggaksih arti dari Inject itu sendiri? Inject dalam sebuah handphone pada dasarnya adalah proses untuk memasukkan setting dan informasi lain tentang pelanggan dan jaringannya ke dalam handphone kesayangan niih, yang kemudian handphone kalian bisa digunakan di jaringan operator tertentu. Jadi misalnya kita ingin menggunakan operator esia dari Bakrie Telecom, maka dari itu informasi seputar setting jaringan esia tersebut dimasukkan ke handphone kalian. Jika handphone kalian mendukung R-UIM (dapat dianalogikan dengan SIM di GSM network), maka informasi dan setting tentang operator esia tersebut sudah berada di dalam R-UIM dalam kartu perdana yang sudah dibeli.

Sebelum melakukan peng injectan ulang di handphone ataupun smartphone kalian nih, ternyata kalian harus mengetahui beberapa hal, seperti :

  • ESN number (electronics serial number)
    Electronics Serial Number atau bisa disebut ESN ini merupakan informasi tentang identitas handphone kita.ESN ini sama halnya dengan IMEI yang merupakan sebuah nomor unik yang membedakan suatu handphone dengan handphone lainnya. Biasanya ESN tercantum dalam 2 macam penulisan, yaitu dengan Sistem Bilangan Decimal (ESN DEC) atau dengan Sistem Bilangan Hexadecimal (ESN HEX). Biasanya untuk melakukan inject ini menggunakan nomor EXN HEX.
  • MIN (mobile identity number)
    Mobile Identity Number atau MIN merupakan identitas nomor telepon kita di database operator. Beda halnya dengan nomor handphone kita.
  • SID (System ID)
    System ID atau bisa disebut SID merupakan identitas dari sebuah jaringan operartor yang sedang kita gunakan.
  • NID (Network ID)
    Network ID atau singkatan dari NID merupakan bagian dari IP address yang menunjukkan pada jaringan mana komputer tersebut berada.
  • Channel
    Channel merupakan stasiun dari setiap provider jaringan yang terdapat dalam smartphone kalian.
  • A-Key
    A-Key merupakan keywoard atau kunci ataupun pasword yang digunakan untuk pengamanan tambahan selain ESN dan MIN.

Cara Inject iPhone 4 CDMA Ke GSM

iphone inject

Kadang ya rasanya gimana gitu handphone udah canggih, tetapi sinyalnya kadang yaa gitudeh, duh serba salah deh jadinya gimana, enggak mungkin juga dong beli handphone baru lagi gara-gara pengen ganti biar ke GSM. Nah bagi kalian yang sudah terlanjut membeli atau memiliki handphone iPhone tapi kartunya CDMA, tim futureloka akan memberitahukan kepada kalian tentang bagaimanasih cara meng inject handphone ataupun smartphone kita sendiri agar dari CDMA bisa menjadi GSM. Yaudah simak ajayuk.

  1. Masukkan setting dan parameter ke dalam handphone  kalian nihh yang biasanya disebut juga dengan setting NAM
  2. Daftarkan ESN dan MIN ke pihak operator, supaya ESN kita tercatat dalam database mereka
  3. Operator akan memberikan A-Key (bila operator itu mendukung A-Key)
  4. Masukan lagi parameter A-Key ke handphone

Nahh, sekiranya seperti itulah cara meng inject iPhone dari CDMA menjadi GSM. Jangan lupa untuk tetap simak artikel seputar teknologi lainnya yaa.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here