Cara Membersihkan Tas Kulit yang Kotor, Kusam, dan Berjamur Agar Bersih dan Seperti Baru

2

cara merawat tas kulit

Trend mode dan fashion kerap kali berganti sesuai dengan perkembangan zaman, namun salah satu jenis yang tidak pernah lekang waktu adalah aksesoris fashion dengan bahan baku kulit.

Banyak sekali fashion yang menggunakan kulit sebagai bahan baku produknya. Sepatu, Jaket, hingga tas yang menggunakan bahan kulit otomatis akan menjadi barang premium, karena memang kulit sebagai bahan dasar cukup diminati banyak orang.

Namun ada yang harus kita ketahui, produk berbahan baku kulit sangat butuh perawatan yang ekstra, tidak terlalu sulit, namun harus disiplin dalam perawatannya. Apalagi untuk masyarakat Indonesia yang cenderung tinggal di lingkungan yang tropis, panas dan hujannya susah diperkirakan.

Sehingga barang – barang berbahan dasar kulit akan mudah timbul jamur, debu, atau bahkan terlihat kusam. Salah satu produk yang sering bermasalah adalah Tas Kulit, produk ini memang cukup rawan jamur, apalagi jika salah meraawatnya.

Namun kamu bisa membersihkannya dengan banyak cara, kali ini Tim Futureloka akan membahas tentang Cara Membersihkan Tas Kulit yang Kotor, Kusam, dan Berjamur Agar Bersih dan Seperti Baru.

Penyebab Tas Kulit Berjamur

Jika kalian menyadari, udara kita sebenarnya mengandung air, dan tingkat konsentrasi air di udara berbeda – beda. Udara dengan tingkat konsentrasi yang tinggi disebut udara lembab yang mana udara lembab merupakan tempat favorit untuk jamur tumbuh, bisa pada permukaan kayu, tembok, dan termasuk kulit.

Tentu, tumbuhnya jamur pada tas kulit kesayangan kamu tidak akan mudah begitu saja, butuh proses waktu panjang tegantung tingkat kelembaban udara yang ada disekitar ruangan. Apalagi jika tas kamu berdasarkan bahan baku kult yang premium, tentu kualitas juga akan mempengaruhi cepat atau lambatnya proses tumbuhnya jamur.

Apa yang Harus Diperhatikan untuk Membersihkan Tas Berbahan Kulit

Cara membersihkan bahan kulit tentu berbeda dari cara membersihkan kulit manusia. Memang sebagian besar diantara kita memiliki paham bahwa bahan kulit tahan lama. Tetapi ini bukan berarti bahan kulit tidak perlu dirawat dan dibersihkan.

Baik ada maupun tidak ada noda, bercak, lapisan debu, dan kotoran, kamu tetap harus menjaga dan merawat barang – barang kamu yang berbahan kulit. Mengingat bahan kulit berbeda dengan bahan kain tentu membersihkan denga metode pembersihan barang berbahan kain akan merusak bahan kulit.

membersihkan-tas-kulit-yang-berjamur

Ketika menangani bahan kulit, selalu tes produk pembersih yang akan digunakan dalam area keci dan selalu ikuti petunjuk pemakaiannya. Berikut ini tips merawat kulit agar tas kulit milik kamu tetap terlihat seperti baru.

  • Pada saat membersihkan noda pada tas usahakan mengelap mengikuti alur serat bahannya
  • Jangan menggunakan kertas tisu untuk membersihkan tas, karena serpihan seratnya akan menempel pada bahan kulit
  • Bahan alami seperti cuka, perasan jeruk lemon, dan minyak zaitun dapat membantu membersihkan bahan kulit.

Bagaimana Membersihkan Tas atau Dompet Kulit

Tas dan dompet kulit sangat mudah terkena noda, karena sering dibawa keluar rumah dan diletakan ditempat – tempat yang cenderung kotor, seperti meja atau lantai. Kebanyakan orang menggunakan sabun atau deterjen biasa untuk menghilangkan noda pada bahan kulit. Memang terlihat sekilas bersih, namun ini bukan cara yang cocok.

Residu sabun bisa menutup pori – pori kulit sehingga menyebabkan bagian yang dicuci menggunakan sabun atau deterjen menjadi kering dan pecah – pecah. Kamu dapat mengikuti tips berikut untuk merawat tas kulit secara benar sehingga terhindar dari kerusakan.

tas-kulit1

  • Campur air bersih atau air mineral dengan sabun berbahan lembut, seperti sabun muka atau deterjen yang soft dengan perbandingan 8 : 1. Tuangkan campuran tersebut kedalam botol semprot, jika kamu tidak punya, kamu bisa menggunakan botol parfurm bekas yang dicuci terlebih dahulu.
  • Semprotkan pada kain atau spons bersih, akan lebih baik jika kamu menggunakan kain microfiber. Hindari penyemprotan langsung pada noda, karena bisa membuat areanya terlalu basah
  • Lap nodanya secara perlahan searah alur serat bahan kulitnya. Hindari melawan atau menabrak serat alur bahan kulit.
  • Setelah noda hilang, biarkan tas atau dompet kamu mengering secara alami, hindari dari paparan sinar matahari langsung. (Kamu bisa mengipas ngipas tas artau dompet kamu hingga kering, dan jangan dijemur dibawah sinar matahari, karena akan merusak barang kamu)
  • Setelah kering, kamu bisa mempoles tas atau dompet kamu dengan pelembab khusus bahan kulit

Cara Mencegah Agar Tas atau Dompet Kulit Tidak Berjamur

Seperti yang sudah saya beritahu pada tulisan diatas, kita berada disalah satu negara tropis, sehingga kelembaban udaranya tinggi dan meningkat jika dinmusim hujan. Penyimpanan tas di dalam ruangan tertutup dan ber AC membuat jamur sangat mudah sekali tumbuh, hal ini tentu saja sangat mengganggu apalagi jika sampai menyerang tas kulit kesayangan kamu.

Selain membuat tampilan tas kamu tidak kece lagi, jamur dapat membuat tas kulit kamu menghasilkan bau yang tidak sedap. Namun kamu tidak usah khawatir, kamu bisa mengikuti tips untuk melakukan perawatan pada tas kulit sehingga tidak mudah berjamur.

  • Periksalah tas kamu dari tempat penyimpanan minimal dua kali dalam sebulan.
  • Setelah itu gantung tas diluar ruangan selama beberapa jam, sebaiknya dilakukan pada siang hari dan tetap menghindari sinar matahari langsung.
  • Jika sudah terlihat spot jamur, kamu bisa menggunakan tips untuk membersihkan tas kulit dari jamur diatas.
  • Setelah itu simpan kembali tas kamu kedalam bag kain, jangan lupa masukan silica gel kedalam tas kamu, agar furing dalam tas juga tidak berjamur. Usahakan agar handle atau tali tas kamu tidak menyentuh langsung bagian body tas.

Cara Membuat Tas Kulit Selalu Tampil Seperti Baru

tas baru

Tentu memilik tas yang selalu terlihat seperti baru merupakan kebahagian, ketika hangout dengan teman pun kamu tidak akan merasa minder karena tas kamu terlihat lusuh atau kusam.

Nah, berikut ini ada beberapa cara agar tas kulit kamu bisa terlihat seperti baru.

Hindari Air

Selama kamu memiliki tas kulit dirumah, kamu harus bisa merawat serta menghindari penyebab mudahnya rusak atau cepat memudarnya warna tas kesayangan kamu. Jadi, jangan pernah menyimpan atau menaruh tas dilantai yang banyak makanan, bisa jadi tas kesayangan kamu akan terkena minyak, air atau kotoran.

Lalu bagaimana jika sudah terlanjur terkena air atau minyak? Kamu bisa mengelapnya sesuai dengan tips yang sudah diberikan diatas. Jika sudah tidak dipakai lebih baik langsung menyimpannya didalam lemari penyimpanan dan jangan lupa selalu dibungkus dengan kain penutup yang sudah disediakan.

Hindari Sinar Matahari

Sinar matahari menjadi salah satu penyebab ruasknya permukaan kulit, sama seperti kulit kita jika terpapar sinar matahari langsung secara lama maka akan menjadi kering dan rusak. Begitu juga bahan kulit, ketika terlalu lama dibiarkan dibawah sinar matahari langsung makan tas kulit akan cepat rusak, dan tampilan warna juga akan cepat memudar.

Hindari Kontak dengan Plastik

Sebaiknya kamu menghindari tas kulit menempel dengan bahan plastik atau bahan kulit imitasi, sebab hal seperti itu menjadi penyebab mudahnya tas kulit rusak, plastik dapat menyerap bahan pencelup warna pada bahan kulit, sehingga bisa muncul noda yang terlihat seperti terkena jamur.

Simpan Tas Jauh dari Tempat yang Tidak Terawat

Jika kamu menyimpan tas kulit kesayangan didalam lemari, usahakan juga rawat lemari kamu, apalagi jika lemari kamu terbuat dari kayu. Tentu kayu juga salah satu bahan yang mudah terkena serangan jamur dan binatang perayap.

Maka jika kamu tidak ingin tas kamu rusak karena hewan kecil, kamu bisa merawat lemari kamu dalam waktu sebulan sekali. Cukup keluarkan semua barang yang ada didalamnya dan lap dengan menggunakan pembersih kayu, sehingga lemari kamu bisa terhindar dari serangan jamur, bau apek, dan binatang kecil yang dapat merusak tas kulit kesayangan kamu.

Demikian aritkel tentang Cara Membersihkan Tas Kulit yang Kotor, Kusam, dan Berjamur Agar Bersih dan Seperti Baru.

Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk kamu yang memiiliki tas kulit, sehingga kamu bisa tampil kece dengan produk berbahan kulit tanpa takut terkena serangan jamur dan terlihat selalu seperti baru.

Tetap baca terus artikel lainnya yang ada di Futureloka, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here