Cara Membersikah Kaca Mobil yang Buram dan Berjamur Agar Kembali Kinclong

0

Cover

Saat ini banyak orang – orang hampir semuanya memiliki kendaraan pribadinya masing – masing, ada sepeda, motor, hingga mobil, bahkan gak jarang juga beberapa artis punya jet pribadi lho  guys. Tapi kali ini kita gak akan membahas tentang artis, atau jet pribadi. Kali ini kita akan membahas tentang mobil. Ya, banyak sekali dikota besar para pekerja menggunakan mobil sebagi kendaraan pilihannya untuk pergi kekantor. Namun, kota besar yang dipenuhi kendaraan tentunya juga akan menyebabkan mobil kita cepat kotor, dan yang paling mengganggu adalah ketika kaca mobil tertutup oleh debu.

Untuk itu, kebersihan mobil menjadi hal yang sangat penting untuk dijaga. Kebersihan mobil menjadi hal yang perlu kamu perhatikan agar saat mengendarainya akan terasa nyaman dan tidak terganggu oleh kotoran ataupun debu yang sulit dihilangkan. Bayangkan saja jika mobil yang kamu kendarai tertutup oleh jamur dan debu, pasti kamu akan merasa tidak nyaman bukan? Nah, karena itu, kali ini Tim Futureloka akan memberikan informasi penting tentang Cara Membersikah Kaca Mobil yang Buram dan Berjamur Agar Kembali Kinclong. Yuk kita simak artikelnya.

Cara Membersihkan Kaca Mobil yang Buram dan Berjamur

rawat kaca

Tentu sudah kita bahas sebelumnya jika kaca mobil berjamur dan buram sangat mengganggu pandangan ketika berkendara, dan bisa fatal akibatnya jika dibiarkan. Hal ini tentu bisa membahayakan diri kita sendiri ataupun orang lain. Banyak sekali penyebab kaca mobil buram dan berjamur. Bisa karena panas, atau perawatan yang kurang. Tapi kamu tidak usah khawatir, kamu bisa membersihkan kaca mobil yang buram dan berjamur dengan cara berikut ini.

Membersihkan Kaca Mobil dengan Menggunakan Shampo Rambut

Kita semua pasti punya dong shampo rambut, selain untuk membersihkan rambut, ternyata shampo juga bisa digunakan untuk membersihkan kaca mobil dari debu dan jamur. Caranya sangat mudah, cukup  taruhkan shampo ke permukaan kaca, namun jangan dicampur dengan air, shamponya saja. Setelah itu kamu bisa lap dengan kain dengan serat halus atau kain microfiber.

Saat mengelap kamu harus melakukannya dengan searah, hal ini berfungsi agar kotoran tidak bercampur dengan busa shampo yang dihasilkan. Mengelap dengan banyak arah secara berkali – kali akan meratakan busa shampo yang bercampur dengan kotoran yang ada pada kaca, sehingga bukan menjadi bersih malah sebaliknya, kaca akan menjadi buram.

Didalam cairan shampo terkandung zat kimia dengan PH tertentu yang dibuat khusus untuk mengeringkan uap air. Produsen shampo tentu meracuk zat kimia tersebut agar rambut penggunanya tidak lembab sehingga rambut akan terlihat mengkilap. Nah, itu bisa kita manfaatkan juga untuk menghilangkan jamur dan debu pada kaca mobil kita.

Membersihkan Kaca Mobil dengan Menggunakan Pasta Gigi

Banyak cara membersihkan jamur pada kaca mobil dengan murah, namun perlu ekstra tenaga untuk mengerjakannya, salah satu caranya yaitu dengan menggunakan pasta gigi. Berikut ini adalah perlengkapan yang harus kamu siapkan untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil dengan menggunakan pasta gigi.

  • Lap bersih yang berserat tipis, seperti bahan kaos
  • Kanebo yang bersih
  • Botol penyemprot dan air bersih
  • Pasta gigi putih, hindari pasta gigi berjenis gel

Car wash

Setelah kamu mendapatkan semua bahan – bahan diatas, sekarang kita masuk ke langkah – langkah membersihkan jamur kaca mobil.

  • Pertama kamu harus memastikan kaca mobil sudah bersih dari debu dan kotoran lainnya. Kamu bisa mencuci mobil terlebih dahulu, jika tidak sempat maka cukup cuci bersih dulu bagian kacanya saja. Lalu tempatkan mobil anda di tempat yang tidak terpapar matahari secara langsung.
  • Selanjutnya, oleskan sedikit pasta gigi pada bagian yang berjamur. Ingat, satu bagian saja. Jangan langsung dioleskan keseluruh kaca, karena step ini harus dikerjakan sedikit demi sedikit.
  • Semprotkan air menggunakan botol spray, sedikit saja jangan terlalu basah, lalu mulai lap dengan menggunakan kain lap bersih yang sudah disediakna. Gosok memutar hingga kering, jika perlu kamu bisa menambahkan lagi air sedikit demi sedikit agar mendapatkan hasil maksimal.
  • Jika sudah dirasa cukup, lap lagi dengan menggunakan kanebo, jangan lupa bilas terlebih dahulu dengan air bersih sekali lagi. Kemudian kamu bisa memerikasa apakah jamur pada kaca sudah hilang atau belum. Kalau belum kamu bisa mengulangi step diatas hingga jamur hilang.
  • Lakukan secara bertahap dan sabar hingga semua jamur pada kaca mobil anda hilang.

Nah, itu dia tips menggunakan pasta gigi untuk membersihkan kaca mobil dari jamur, memang cara ini melelahkan namun hasilnya sangat memuaskan lho guys.

Membersihkan Kaca Mobil dengan Menggunakan Air Tembakau

Tembakau? Kamu pasti bingung ya. Benar, tembakau pada bagian dalam rokok bisa membersihkan kaca mobil yang buram ataupun berjamur. Caranya juga tidak sulit, kamu hanya perlu merendam tembakau kedalam air, usahakan pisahkan dahulu dari batang rokoknya ya guys. Setelah itu diamkan didalam air hingga sekitar 10 – 15 menit lamanya.

Sambil menunggu rendaman tembakau siap, kamu bisa mencuci dahulu mobil kamu termasuk kaca, agar terbebas dari debu  dan kotoran lainnya yang menempel pada kaca mobil. Setelah air rendaman tembakau siap, kamu bisa memulai membersihkan kaca mobil dari jamur dengan cara membasahi kaca mobil dengan air rendaman tembakau kemudaian gosok perlahan dengan kain lap atau kanebo secara lembut dan berulang. Lakukan cara tersebut secara terus menerus hingga jamur dan buram di kaca mobil kamu hilang.

Tips Merawat Kaca Agar Terhindar dari Jamur dan Kaca Buram

293315_ilustrasi-kaca-mobil-berembun_663_382

Beberapa tips diatas adalah untuk kaca mobil yang sudah mengalami hal seperti jamur dan buram pada kaca mobilnya, namun kamu bisa menghindari hal tersebut agar kaca mobil kamu selalu terlihat kinclong dan bening. Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan.

  • Bersihkan kaca mobil setiap kali selesai digunakan. Jika tidak sempat mencucinya, kamu bisa membersihkannya dengan kemoceng berbahan bulu lembut agar debu dan kotoran yang ada pada jalanan tidak tertinggal dan membuat kaca mobil kamu menjadi buram nantinya.
  • Jangan membersihkan kaca mobil dengan deterjen ataupun sabun colek. Deterjen tidak baik untuk membersihkan kaca karena mengandung zat yang merusak bagi kaca mobil, bukannya bersih malah akan menimbulkan masalah baru bagi kaca mobil kamu nantinya.
  • Selain merusak kaca, sabun colek juga mengandung lemak, sehingga jika anda membersihkan kaca mobil dengan menggunakan sabun colek akan meninggalkan kotoran yang lengket dan membuat kaca mobil menjadi buram.
  • Jangan menggunakan bahan kimia berbahaya seperti alkohol untuk membersihkan kaca mobil.
  • Apabila hujan, segera bersihkan kaca mobil yang terkena embun supaya tidak berjamur, kamu bisa menggunakan minuman bersoda ringa untuk membersihkan sementara, namun jangan lupa bilas dengan air bersih jika sudah sampai dirumah.
  • Perhatikan kotoran ataupun debu yang terdapat pada bagian karet jendela, karena bisa berpotensi menimbulkan baret jika dibiarkan terlalu lama.

Demikian beberapa tips dari Tim Futureloka untuk mengatasi dan membersikah Kaca Mobil yang Buram dan Berjamur Agar Kembali Kinclong. Semoga artikel ini bermanfaat sehingga kaca mobil kamu bisa bersih dan dapat menggunakan mobil kamu dengan nyaman dan aman. Baca juga artikel lainnya yang ada di Futureloka dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here