Cara Membuat Komik Sendiri di LINE Webtoon dengan Mudah dan Cepat

0

Line Webtoon

Webtoon adalah aplikasi pembaca komik digital yang diluncurkan oleh LINE yang akhir-akhir ini semakin diminati banyak orang. Mungkin, kamu juga salah satu penggemar dari Webtoon. Di sisni kamu bisa menemukan banyak komik menarik yang mengangkat beragam genre cerita yang dapat kamu akses dengan mudah. Bahkan dengan hadirnya Webtoon, kamu bisa menghabiskan waktu macet dijalan atau dimana saja saat bosan dengan membaca komik-komik seru yang sudah disediakan dalam aplikasi tersebut.

Tapi sebenarnya, tahukah kamu bahwa dalam Webtoon terdapat banyak pembuat komik baru yang juga turut menambah isi koleksi komik dalam Webtoon. Meskipun mereka masih baru, tapi terkadang beberapa diantara mereka memiliki karya yang tidak kalah menarik dengan mereka yang sudah ahli atau sering membuat komik.

Sebab, Webtoon adalah wadah bagi siapa pun yang ingin belajar dan berkarya melalui cerita komik. Termasuk kamu sekali pun. Kamu tidak perlu susah-susah mencari penerbit yang mau menerima komik karya kamu, melalui Webtoon kamu pun dapat memulai karier atau mungkin sekedar mengisi waktu luang dengan membuat komik dan menguploadnya di LINE Webtoon.

Namun, hanya beberapa orang yang mungkin tahu cara mengupload atau mengunggah karya komik ke Webtoon. Tapi jangan sedih, kali ini kita akan bersama membahas bagaimana cara membuat komik sendiri di Webtoon dengan mudah dan cepat. Pasti sudah penasaran kan, yuk ikuti kisahnnya:

Langkah-langkah Mudah Upload Komik di Webtoon

line-cover-1

Pertama, kita akan sama-sama membahas tentang bagaimana sebenarnya prosedur mengupload komik di Webtoon. Sebab, sayang bila kamu memiliki karya dan bakat namun tidak direalisasikan. Sebagai informasi penting, melalui Webtoon kamu bukan hanya sekedar mempublikasikan komik ciptaan kamu dengan percuma. Tapi, melalui aplikasi ini, kamu dapat memulai karier kamu sebagai komikus. Tapi, tentu saja bila kamu bersungguh-sungguh dan menekuninya. Bila kamu dengan tekun dan rutin menguunggah komik ciptaan kamu, lalu banyak iorang yang membacanya. Biasa pihak LINE Webtoon akan memnghubungi kamu dan meminta kamu menjadi komikus tetap. Kamu akan ditawari kontrak oleh mereka, maka ini adalah peluang yang bagus bukan untuk memulai karier mu.

Cara mengupload cerita pada Webtoon pun juga tergolong mudah dan pasti kamu bisa melakukannya. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu ketahui bila ingin mengupload komik mu di Webtoon:

  1. Kunjungi link: www.webtoons.com (harus melalui pc)
  2. Masukan email dan password yang telah kamu daftar kan pada line milik kamu.
  3. Setelah login berhasil, kamu akan mendapatkan pesan dari line atas terdaftarnya kamu di webtoon.
  4. Kamu dapat mengedit profil dengan klik nama kamu yang terdapat di sebelah kanan atas, dan silahkan disesuaikan dengan kebutuhan.
  5. Selanjutnya kamu dapat klik “terbitkan” yang terdapat disebelah nama kamu.
  6. Sesuaikan genre komik yang akan kamu upload di webtoon, dan harus memiliki ukuran gambar dari cover komik kamu adalah 436px x 436px, isi lah data-dat lainnya dengan tepat dan benar sesuai komik kamu.
  7. Kemudian kita akan mulai memasukan komik di webtoon dengan membagi nya sesuai dengan episode, dan gambar dari isi komik berukuran 700px x 1000px.
  8. Dan setelah semuanya selesai kamu upload dan data-data telah terisi dengan benar. Maka kamu telah dapat memasukan komik di webtoon dengan klik “terbitkan”. Dan komik kamu telah dapat dinikmati oleh banyak orang diseluruh dunia

Syarat dan Ketentuan Pengguna

line-cover-1

Berikutnya, ada baikanya bila kita membahas tentang syarat dan ketentuan mengakses dan mengunggah karya di Webtoon. Sehingga, kamu akan lebih paham cara main dan tidak melanggar ketentuan-ketentuan yang sudah mereka tetapkan. Begitu juga mereka, tidak boleh melanggar hak-hak yang harus kamu dapatkan. Agar lebih paham, berikut adalah detailnya:

  1. Definisi

Sesuai dengan tujuan Perjanjian ini:

“Konten Digital” artinya buku komik digital, termasuk penerbitan tunggal dan publikasi barter dan konten digital lainnya yang tersedia di layanan ini.

“Situs LINE WEBTOON” artinya www.webtoons.com

“Aplikasi LINE WEBTOON” secara bersamaan adalah bacaan komik digital, aplikasi-aplikasi etalase, website dan/atau software dari NAVER WEBTOON (termasuk segala update/upgrade dari software tersebut) di mana Anda bisa: (1) menjelajah, berbelanja, download dan/atau stream, membaca dan/atau menggunakan Konten Digital atau item-item lain yang kami tawarkan untuk satu penggunaan (1) atau perangkat-perangkat lain yang dipilih (contoh; ponsel, tablet, PC/Mac, dsb.); dan (2) mengelola Konten Digital dan pengaturan akun Anda.

“Layanan” artinya layanan Konten Digital yang disediakan oleh NAVER WEBTOON dan afiliasinya serta anak perusahaan untuk para pengguna melalui Situs LINE WEBTOON dan Aplikasi LINE WEBTOON.

“Posting Pengguna”adalah fitur-fitur tertentu pada Layanan kami yang memungkinkan Anda dan pengguna lain untuk memasang sesuatu pada Layanan kami, atau menyampaikan pada kami konten, termasuk, teks, data, foto, grafis, gambar, informasi, dan segala kombinasi dari unsur ini.

2. Konten Digital dan Ketentuan Lisensi Terbatas

  1. Konten Digital.Anda memahami dan menyetujui bahwa Website LINE WEBTOON dan Aplikasi LINE WEBTOON dilindungi oleh hukum-hukum hak cipta Republik Korea, beserta perjanjian dan hukum-hukum hak milik intelektual lainnya. NAVER WEBTOON tidak memindahkan judul apapun, hak atau kepentingan atau Situs LINE WEBTOON, Aplikasi LINE WEBTOON dan / atau Konten Digital kepada Anda.
  2. Penggunaan Konten Digital.Setelah mengunduh dan / atau menggunakan Konten Digital , NAVER WEBTOON memberi Anda sebuah lisensi yang terbatas, non-eksklusif dan tidak dapat dipindahtangankan, tidak dapat disublisensikan, serta tidak dapat dibatalkan untuk mengakses, melihat, mengunduh, dan menggunakan Konten Digital tersebut semata-mata untuk kepentingan pribadi serta non-komersial yang sesuai dengan ketentuan Perjanjian ini.

Lisensi tidak memberikan kepada Anda setiap keuntungan kepemilikan di Konten Digital tersebut. Dalam Situs LINE WEBTOON dan Aplikasi LINE WEBTOON, Anda dapat mengakses, melihat atau menggunakan Konten Digital dan / atau pada Aplikasi LINE WEBTOON, Anda dapat mengunduh Konten Digital hanya pada satu perangkat yang akan dipergunakan selama tiga puluh (30) hari dan Konten Digital tersebut akan secara otomatis dihapus setelah tiga puluh (30) hari.Konten digital dilisensikan kepada Anda oleh NAVER WEBTOON; teak dijual, dipindahkan atau diserahkan kepada Anda.

NAVER WEBTOON dapat memposting ketentuan tambahan untuk Konten Digital pada aplikasi LINE WEBTOON. Ketentuan tersebut dianggap berlaku, namun apabila terjadi pertentangan antara ketentuan tambahan dengan Perjanjian ini, maka Perjanjian ini dianggap sebagai perjanjian utama yang akan menentukan.

  1. Batasan.Kecuali dinyatakan secara tertulis oleh NAVER WEBTOON, Anda dilarang menyalin, mendistribusikan, menjual, menyewakan, meneruskan, meneruskan kembali atau mensublisensikan Konten Digital. Anda dilarang melakukan percobaan untuk mengelak, menghindari, memotong, menghapus, menonaktifkan, merusak atau memecahkan segala bentuk enkripsi, penandaan hak cipta atau teknologi perlindungan hak cipta yang membalut Konten Digital atau yang terkait, dan Anda dilarang menyunting, memodifikasi, menerjemahkan atau membuat karya turunan atau adaptasi dari Konten Digital. Anda dilarang menggandakan atau memperbanyak (termasuk, namun tidak terbatas hanya pada pembakaran / “burning”) Konten Digital, atau bagiannya, ke media fisik, memori atau perangkat (selain dalam perangkat pribadi yang diperbolehkan untuk diunduh dari Konten Digital untuk periode tiga puluh hari), termasuk namun tidak terbatas hanya pada CD, DVD, komputer atau perangkat keras lainnya, atau media lainnya yang sekarang dikenal atau yang baru akan dirancang.

3. Situs LINE WEBTOON dan Aplikasi LINE WEBTOON

  1. Penggunaan Situs dan Aplikasi LINE WEBTOON.Anda dapat menggunakan Situs LINE WEBTOON dan Aplikasi LINE WEBTOON, termasuk perangkat lunaknya, hanya pada jumlah dan jenis (jika demikian terbatas) pada perangkat yang Anda unduh dari konten tersebut. Anda tidak boleh memisahkan komponen individu pada perangkat lunak tersebut untuk digunakan pada perangkat lain atau komputer, tidak boleh memindahkannya untuk digunakan pada perangkat lain atau komputer atau menggunakannya, atau sebagian darinya, melalui jaringan, dan dilarang menjual, menyewakan, meminjamkan, mendistribusikan, atau mensublisensikan atau mengalihkan hak untuk perangkat lunak tersebut secara keseluruhan atau sebagian.
  2. Pembaruan.Untuk menjaga agar Website dan/atau Aplikasi LINE WEBTOON Anda tetap baru, NAVER WEBTOON dapat membuat update/upgrade tersedia untuk website dan/atau aplikasi. Apabila Anda tidak mengunduh update/upgrade, Anda dapat tidak menerima fitur-fitur tertentu, fungsionalitas, atau pemberitahuan-pemberitahuan dan/atau Anda dapat kehilangan fitur-fitur tertentu, fungsionalitas, atau pemberitahuan-pemberitahun dari website dan/atau aplikasi.
  3. Tidak ada Teknik Rakit Ulang (Reverse Engineering), Penguraian, Pembongkaran, atau Pengelakan.Anda tidak boleh mengubah, membalikkan, menguraikan, mereproduksi, menyalin, membongkar Situs dan / atau Aplikasi LINE WEBTOON atau mengurangi file komputer di mana Konten Digital disimpan ke bentuk yang bisa dibaca oleh manusia, baik secara keseluruhan atau sebagian, menciptakan setiap karya turunan dari Situs LINE WEBTOON atau Aplikasi LINE WEBTOON, atau memotong, memodifikasi, membobol, mengutak-atik atau menggagalkan salah satu fungsi atau perlindungan dari Aplikasi LINE WEBTOON; misalnya, dengan memodifikasi, membobol, menambahkan atau mengganti fungsi pengaturan hak cipta digital apa saja.

4. Syarat Penggunaan

  1. ‘Batas Usia para pengguna.Anda harus setidaknya berusia empat belas (14) tahun untuk menggunakan Layanan ini. Penggunaan Layanan oleh siapapun di bawah usia empat belas (14) tahun adalah tidak sah dan tidak berlisensi. Penggunaan untuk setiap layanan kami untuk anak dibawah umur (sebagaimana telah didefinisikan dalam hukum di negara Anda) harus mendapat persetujuan dari orang tua atau wali yang sah secara hukum. (“Wali”). Wali yang ingin memberikan persetujuan bagi pengguna dibawah umur untuk menggunakan Layanan kami harus mengirimkan email ke kontak Informasi.

Anda menyatakan kepada kami bahwa (1) Anda sekurang-kurangnya berusia empat belas (14) tahun dan (2) jika Anda masih dibawah umur, Anda harus mendapatkan persetujuan dari orang tua Anda untuk menggunakan Layanan atau penggunaan Layanan harian yang Anda perlukan. Kami dapat meminta Anda untuk memberikan bukti izin dari Wali yang sah atau bukti usia Anda. Kami juga dapat menghentikan penggunaan Layanan jika data-data yang Anda berikan kepada kami tidak benar. Jika Anda menyatakan bahwa Anda masih dibawah umur, Wali Anda harus membaca dan menyetujui Ketentuan Penggunaan [atau Kebijakan privasi] sebelum Anda mulai menggunakan Layanan atau produk atau layanan lain yang ditawarkan oleh NAVER WEBTOON. Kami menyarankan Wali yang mengizinkan anak di bawah umur untuk menggunakan layanan interaktif untuk berkomunikasi mengenai keamanan online, serta sesekali mengawasi tentang nilai konten dan isi apapun yang tidak layak yang dapat ditemukan dalam Layanan. Anak di bawah umur yang diizinkan untuk menggunakan layanan interaktif ini harus mengetahui akan potensi risiko bagi mereka. Wali bertanggung jawab atas tindakan atau kelalaian dari anak di bawah umur tersebut.

NAVER WEBTOON tidak dengan sengaja ataupun tidak pula dengan tidak sengaja mengumpulkan informasi dari anak di bawah umur untuk kasus di mana mereka menggunakan layanan NAVER WEBTOON tanpa persetujuan Wali. Namun apabila Wali sudah mengetahui bahwa anak di bawah pengawasannya telah menyediakan informasi pribadi kepada NAVER WEBTOON tanpa izin dari Wali, maka Wali sebaiknya menghubungi NAVER WEBTOON melalui informasi kontak. Atas permintaan Wali, NAVER WEBTOON akan menghapus informasi pribadi dari anak tersebut tanpa pemberitahuan lebih lanjut dari Wali. Wali akan sepenuhnya menjamin dan membebaskan NAVER WEBTOON dari kewajiban, kerusakan, klaim atau tindakan hukum lainnya sehubungan dengan penyediaan informasi pribadi anak di bawah umur tersebut ke NAVER WEBTOON.

  1. Kepatuhan akan Hukum dan Kepemilikan Hak.Anda harus menggunakan Situs LINE WEBTOON, Aplikasi LINE WEBTOON dan / atau Konten Digital yang sesuai dengan semua hukum yang berlaku. Semua lisensi merupakan non-eksklusif dan semua hak yang tidak dicantumkan dalam Perjanjian ini diberikan untuk NAVER WEBTOON.

5. Privasi

NAVER WEBTOON menghormati privasi Anda dan telah menetapkan kebijakan serta prosedur tertentu yang berkaitan dengan pengumpulan dan penggunaan informasi pribadi sehubungan dengan penggunaan Layanan tersebut. Kebijakan privasi kami tersedia pada Situs dan / atau Aplikasi LINE WEBTOON dan berlaku bagi penggunaan Layanan ini. Dengan menggunakan Layanan dan / atau mengklik kotak persetujuan untuk Kebijakan privasi, Anda menyetujui ketentuan Kebijakan privasi kami yang tak bertanggal dari waktu ke waktu.

Kami tidak dengan sengaja mengumpulkan informasi pribadi dari anak-anak di bawah usia 14 tahun. Setiap orang tua atau wali yang percaya bahwa seorang anak mungkin telah memberikan informasi pribadi kepada kami harus menghubungi [Layanan Pelanggan]. Dalam kasus seperti itu, kami akan segera mengambil tindakan yang diperlukan untuk menghapus informasi pribadi dari anak-anak di bawah usia 14 tahun tersebut.

6. Kekayaan Intelektual dan Hak Lainnya

Website LINE WEBTOON, Aplikasi dan/atau Konten Digital LINE WEBTOON dimiliki dan dijalankan oleh NAVER WEBTOON. Konten digital, perangkat lunak, tatap muka visual, unsur-unsur interaktif, fitur, informasi, desain grafis, kompilasi, kode komputer, produk, tampilan dan nuansa, dan semua elemen lain dari Layanan, dilindungi oleh hukum Republik Korea yang berkaitan dengan perlindungan kekayaan intelektual dan hak kepemilikan, termasuk hak cipta, paten, dagang, dan hukum merek dagang, serta sebuah undang-undang yang berkaitan dengan perlindungan data dan keamanan. Semua Konten Digital dan Layanan, termasuk hak kekayaan intelektual dan hal tersebut, adalah milik NAVER WEBTOON atau anak perusahaan atau perusahaan afiliasi dan / atau pemberi lisensi pihak ketiga. Anda dilarang mereproduksi, mendistribusikan, menyewakan, menjual, lisensi, menyalin, memodifikasi, memperlihatkan kepada publik atau pameran, memindahkan, mengirimkan, mempublikasikan, menyunting, mengadaptasi, mempersiapkan karya turunan berdasarkan, atau menggunakan Konten Digital kecuali secara tegas diizinkan oleh Perjanjian ini. NAVER WEBTOON merupakan pemegang semua hak, termasuk yang tidak disebutkan dalam Perjanjian ini.

Nah, kini kamu suudah mengerti bagaimana cara mengunggah karya kamu di Webtoon dan apa saja yang menjadi syarat dan ketentuannya. Jangan lupa untuk langsung menerapkannya, agar karya kamu cepat banyak diketahui orang dan semakin menginspirasi. Semoga informasi ini dapat membantu kamu untuk terus berkarya. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini kepada teman atau kerabat kalian.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here