Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Rusak

0

Baterai merupakan komponen yang sangat penting didalam laptop. Fungsi utamanya adalah sebagai penyimpan daya listrik, kemudian dari daya yang disimpan tersebut digunakan untuk menyuplai laptop agar bisa dihidupkan. Meskipun tanpa arus langsung dari charger, laptop bisa dihidupkan asalkan baterai telah terisi, dan kondisinya masih bagus tentunya.

Kerusakan baterai itu bermacam-macam. Ada yang rusak karena baterai laptop drop / cepat habis dan juga baterai laptop yang tidak bisa mengisi ketika di charge. Nah, di bawah ini tim futureloka akan memberitahu cara mengatasi permasalahan tersebut.

Cara Mengatasi Baterai Laptop Drop/Cepat Habis

Baterai laptop yang cepat habis mungkin menjadi salah satu kendala kita dalam penggunaan laptop tersebut, apalagi kalau anda adalah tipe orang yang sibuk dengan kegiatan atau pekerjaan di luar rumah, dan menjadi suatu masalah karena harus setiap saat mengisi baterai laptop agar tidak mati disaat sedang digunakan. Berikut adalah tips mengatasi baterai laptop yang cepat habis :

Mengatur Daya

mengatur-daya

Salah satu cara untuk mengatasi baterai laptop yang cepat habis adalah dengan mengatur daya laptop itu sendiri, cara mengatur daya adalah dengan mensetting Power Option laptop kamu, caranya : Control Panel > Hardware and Sound > Power Option > Pilih Balanced. Ini berfungsi untuk menyeimbangkan performa laptop kamu, dan kamu juga bisa memilih pengaturan Power Saver ketika kamu memang sudah tidak membutuhkan performa yang besar untuk laptop kamu.

Hibernate & Low Battery Option

hibernate-low-battery-option

 

Selanjunya jangan lupa untuk mensetting pengaturan Hibernate & Low Battery Option Laptop kamu, caranya gampang, pada bagian Power Option kemudian pilihlah Choose when to turn off the display, settinglah sebaik mungkin supaya baterai laptop kamu tidak cepat habis. Ini dia settingan laptop saya pada mode balanced.

Melakukan Kalibrasi kepada Baterai Laptop

kalibrasi-baterai

Melakukan kalibrasi baterai laptop caranya adalah : Charger Penuh baterai laptop, hingga 100%. Atur Pengaturan Daya Menjadi Balanced. Kemudian atur juga pengaturan Hibernate & Low Battery Option, ubah turn off display dan computer sleep menjadi never. Lalu biarkan laptop menyala sampai baterainya habis dan mati. Setelah laptop benar-benar mati, lalu lakukanlah pengisian baterai laptop dalam keadaan laptop mati. Terakhir, hidupkan kembali laptop saat baterai sudah terisi penuh dengan begitu baterai kamu berhasil di kalibrasi.

Masukan Baterai Laptop ke dalam Kulkas

baterai-laptop

Ini mungkin adalah cara lama yang pastinya kamu sudah pernah dengar, yaitu memasukan baterai kedalam kulkas. Ini cara kuno, tapi sudah banyak yang mencobanya. Caranya adalah : Lepas Baterai laptop, bungkus baterai dengan plastik dan pastikan plastik tertutup rapat agar tidak ada air yang masuk. Lalu simpanlah baterai laptop didalam kulkas, pada suhu medium hingga maksimum. Tunggulah 3-4 hari. Setelah itu keluarkan baterai, dan keringkan hingga suhu baterai menjadi normal kembali. Kemudian pasang lagi baterai laptopnya. Selanjutnya lakukan pengisian baterai sampai penuh dalam keadaan laptop mati.

Tips ini hanya bisa dilakukan pada laptop yang mempunyai baterai Removable, dan tidak bisa digunakan untuk baterai laptop yang non-removable.

Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Bisa Mengisi

Laptop adalah benda yang sifatnya portabel alias dapat dibawa kemana-mana jika hendak digunakan. Karenanya jika baterai yang tidak mengisi, maka fungsi laptop sebagai benda portabel menjadi terganggu. Berikut ini tim futureloka akan memberikan solusi untuk mengatasi baterai laptop tak bisa dicharge atau tidak bisa mengisi.

Restart Komputer Anda

restart-windows

Restart komputer Anda. Setelah itu matikan laptopnya lalu lepaskan adaptor dan baterainya. Terus pasang lagi setelah 10 detik. Kemudian tekan tombol power minimal selama 30 detik. Coba di-restart lagi dan periksa kembali apakah baterainya udah bisa mengisi.

Periksa Baterainya

baterai

Lepas baterainya. Debu mungkin menumpuk atau baterainya tidak dipasang dengan benar. Luangkan waktu untuk membersihkan debunya, dan pastikan bahwa tidak ada kerusakan. Ingat-ingat kembali sudah berapa lama laptop Anda digunakan. Jika sudah terlalu lama mungkin baterainya sudah harus diganti dengan yang baru. 

Periksa Kabelnya

kabel-charger

 

Pastikan bahwa Anda menggunakan adaptor yang benar. Kalau adaptornya bukan buatan perusahaan yang sama seperti laptop Anda, atau pemakaian watt-nya tidak benar, ini bisa membuat laptop Anda tidak nge-charge.
Periksa kerusakan. Luangkan waktu untuk memeriksa adanya kerusakan pada adaptor.
Ganti kabelnya. Ganti adaptor Anda jika mengalami kerusakan atau pemakaian watt-nya tidak cocok untuk komputer Anda.

Instal Ulang Driver

uninstall-driver-baterai

Buka Device Manager. Pertama, buka “Device Manager”. Perhatikan pengaturan Baterainya. Bila daftarnya sudah terbuka, klik tab “Batteries”. Klik entri dengan tulisan “Microsoft ACPI-Compliant Control Method battery. Lalu klik uninstall driver yang ada. Klik kanan dan tekan “Uninstall”. Periksa perubahannya. Kalau sudah selesai, klik tombol pada toolbar yang bertuliskan ‘Scan for hardware changes” Atau Anda bisa membuka tab “Action” dan menekan Scan for hardware changes. Menginstall ulang driver ini nantinya akan mendeteksi baterai secara otomatis dan menginstal ulang driver.

Itulah beberapa cara untuk cara mengatasi masalah pada baterai laptop anda. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel popular ini :

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here