Cara Memperbaiki Hp Android Mati Total, Cepat Panas, dan Lemot

0

Android merupakan suatu sistem operasi Google yang sedang menjadi trend sekarang ini. Khususnya didunia smartphone, begitu banyak fitur, aplikasi dan game yang ditawarkan oleh Android. Hal ini yang membuat vendor smartphone menggunakan jasanya, namun terkadang masalah kerap muncul pada smartphone Android tersebut.

Berbagai masalah yang muncul yang biasanya menghinggapi smartphone Android ini seperti : Android yang mati total, Android cepat panas, Androidnya yang lemot serta berbagai permasalahan lainnya. Karena itu tim futureloka disini akan menjelaskan cara-cara memperbaiki hp Android dengan semua permasalahannya tersebut.

Cara Memperbaiki Hp Android Mati Total

Disayangkan memang jika Handphone Android kesayangan kita mengalami kerusakan. Hal itu tentu sangat tidak diharapkan karena Handphone androidnya mengalami kerusakan Mati total atau Brick. Brick ini merupakan Hal error yang terjadi pada Boot manager di smartphone android anda yang mengalami kondisi Mati total dan tidak ada suatu proses tanda kehidupan pada HP Android anda. Nah, disini tim futureloka akan membahas cara memperbaiki Hp Android  mati total. Berikut ulasannya :

Lepaskan semua komponen yang terdapat pada HP Android

lepaskan-komponen-hp-android

  • Lepas SIM Card, micro SD, baterai, dan komponen lainnya
  • Tunggu hingga 20 menit
  • Setelah itu pasang kembali komponen dan nyalakan HP
  • Kalau sudah nyala, maka langsung download untuk melakukan flashing

Jika cara pertama tidak berhasil, maka lakukan dengan cara yang kedua dibawah ini.

Sambungkan HP Android ke Komputer Menggunakan USB

 

 sambungan-hp-ke-pc
  • Lepas dulu komponen (baterai, SIM card, dan juga micro SD)
  • Lalu tekan tombol power, volume up, dan volume down hingga terdengan suara pada komputer anda
  • Jika tidak terdengar bunyinya, maka tekan ketiga tombol tersebut minimal 1-3 menit
  • Kemudian pasang kembali baterai
  • Jika berhasil masuk ke download untuk melakukan flashing

Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas

Hp Android anda cepat panas? Itu adalah hal yang normal yang terjadi pada setiap handphone. Panas ini biasanya berasal dari sebuah baterai yang memanas karena melakukan banyak aktivitas di hp, seperti : chat, bermain game, menonton video, dll. Selain baterai, cepat panasnya Android disebabkan oleh kerja cpu, RAM dan perangkat lainnya. Di bawah ini tim futureloka akan membahas tentang cara mengatasi hp android cepat panas. Yuk simak!

Ganti Baterai

ganti-baterai

 

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kalau tenaga baterai memang sering turun drastis atau mati mendadak, sudah dipastikan baterai anda rusak dan harus di “lem biru”.

Jangan Digunakan Ketika Lagi di Charge

charge-ponsel

 

Hal seperti ini yang sering sekali dilakukan, menggunakan / memainkan hp ketika sedang di charge. Jika kalian tahu, ini sangat berpotensi membuat hp anda cepat panas. Bisa juga menyebabkan baterai anda menggembung dan rusak karena meningkatnya kerja pada baterai.

Periksa Aplikasi yang Terinstall

periksa-aplikasi-yang-terinstall

 

Biasanya ada beberapa aplikasi yang membuat CPU bekerja terus menerus walau tidak dipakai. Ini yang menyebabkan kinerja baterai menjadi tidak normal dan menyebabkan panas. Anda bisa pantau kinerja aplikasi di hp anda melalui task manager bawaan android.

Matikan Aplikasi yang Menguras Baterai

matikan-aplikasi-penguras-baterai-android

 

Tutup semua aplikasi dengan benar. Selain itu, matikan juga koneksi yang tidak dibutuhkan seperti, bluetooth, GPS, wifi, dll. Satu lagi jangan gunakan lampu led sebagai senter dalam jangka waktu yang lama, karena menyebabkan baterai cepat habis dan cepat panas.

Jauhkan dari Panas

jauhkan-dari-panas

 

Tidak semua panas yang muncul di Ponsel bersumber dari ponsel itu sendiri. Bisa juga karena pengaruh dari luar, cuaca yang memang sedang panas, diletakkan di atas tv dan juga di letakkan di samping kipas laptop yang menghasilkan panas. Solusinya jauhkan ponsel anda dari hal-hal tersebut.

Istirahatkan Hp Anda

istirahatkan-hp

 

Caranya yaitu matikan hp anda, lepas casing belakang, jangan lupa lepas juga baterainya. Tunggu sampai dingin, lalu rakit kembali dan hidupkan.

Itulah beberapa tips cara mengatasi hp android cepat panas. Semoga bermanfaat.

Cara Memperbaiki Hp Android yang Lemot

Kalian semua mungkin terpesona oleh kecepatan kinerja Android saat pertama kali membelinya. Tapi dengan seiring berjalannya waktu performa HP Android yang kalian pakai tiba-tiba mulai melambat atau bisa di bilang lemot. Itu pasti membuat anda kesal dan menjadi tidak sabaran tidak android yang kita pakai lemot. Nah, di bawah ini tim futureloka akan membahas mengenai cara memperbaiki hp android yang lemot. Berikut penjelasannya :

Mencegah Penuhnya Memory Internal

memori-internal-android

Aplikasi yang terlalu banyak di hp akan memenuhi ruang penyimpanan android. Padahal sebuah smartphone memerlukan ruang agar bisa menjalankan suatu proses dengan cepat. Kalau memory terlalu penuh, maka kinerja android menjadi lemotIni hal pertama yang harus di hindari oleh semua pemilik HP android. Periksa berapa banyak ruang yang tersisa di pengaturan penyimpanan. Salah satu cara yang paling mudah untuk membebaskan ruang penyimpanan adalah menghapus aplikasi yang tidak di perlukan.

Kurangi Widget

kurangi-widget

Widget yang  dipasang di layar home mungkin sangat berguna bagi anda. Tapi harus diketahui bahwa widget tersebut juga bisa memperlambat kinerja android anda. Karena saat data aktif, semua widget yang anda pasang akan berjalan bersamaan. Solusinya jangan terlalu banyak menggunakan widget di ponsel karena akan beresiko pada hp anda.

Tutup Aplikasi dan Bebaskan RAM

bebaskan-ram

Membuka aplikasi secara bersamaan tanpa menutup aplikasi yang sebelumnya akan berdampak buruk bagi android anda. Multi-tasking memang memudahkan kita untuk beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain tapi resikonya akan membuat kinerja android  semakin lemot. Jadi lebih baik tutup aplikasi yang sebelumnya dibuka,  setelah itu barulah jalankan aplikasi lainnya.

Restart Android

restart-android

Hanya dengan restart, android anda akan membersihkan cache yang tersimpan dengan sendirinya. Dan juga akan menghentikan tugas yang berjalan. Dengan begitu android anda akan mendapatkan kecepatanya kembali.

Cara Memperbaiki Hp Android yang Kena Virus

Belakangan ini android adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan smartphone. Karena hal itu, maka menjadikan sistem operasi ini sasaran untuk memasukkan virus, dll. Jika sudah terkena virus, handphone anda pasti akan lemot dan tidak bekerja secara maksimal. Nah, di bawah ini tim futureloka akan menbahas mengenai cara memperbaiki hp android yang kena virus. Yuk disimak!

Instal Antivirus

antivirus-for-android

Setelah melakukan instalasi AntiVirus, anda bisa lanjutkan dengan melakukan scanning. Proses scanning ini merupakan langkah pertama. Setelah melakukan scanning biasanya akan muncul pemberitahuan aplikasi mana dan file apa saja yang bermasalah (terinfeksi). Tunggu sampai proses scanning ini selesai. Setelah itu silahkan lakukan pembersihan virus terlebih dahulu (hapus file yang terkena virus).

Uninstall Aplikasi yang Bermasalah

application-manager

Untuk melakukan penghapusan aplikasi (uninstall), silahkan masuk ke Pengaturan –> Aplikasi –> Atur Aplikasi –> Pilih Aplikasi yang akan di Uninstall, selanjutnya pilih Hapus Instalan. Setelah melakukan proses uninstall aplikasi yang bermasalah. seharusnya android anda sudah kembali dalam keadaan normal.

Melakukan Pengaturan Awal

_actory_reset_

Untuk melakukan master reset anda bisa melakukannya dengan cara masuk ke Pengaturan –> Privasi –> Reset Data Pabrik. Setelah itu akan muncul peringatan Hapus semua data pada penyimpanan USB. Jika tidak ingin data pada memorycard terhapus pastikan Jangan Mencentang “Format Penyimpanan USB“. Ingat, Jangan di centang! Selanjutnya pilih Reset Data Telfon.

Baca juga Artikel Popular berikut ini :

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here