Cara Memperbaiki HP Android Rusak yang Mati Total dengan Mudah

0

Smartphone atau Handphone memang masih menjadi alat komunikasi paling mutakhir selain lewat komputer atau laptop serta media lainnya. Beberapa orang tentunya sangat menjaga alat komunikasi tersebut, namun tidak ada yang menyangka kalau smartphone atau HP yang kalian gunakan terjatuh dari tempat yang tinggi atau terjatuh ke dalam air sehingga menyebabkan HP tidak berfungsi atau Mati Total.

 

 

Terdapat beberapa sebab yang bisa dibilang cukup serius yang dialami oleh smartphone untuk menjadi alasan kalian membeli smartphone terbaru. Sayangnya smartphone kalian sebenarnya masih bisa diselamatkan dan bisa menghemat uang. Nah, pada kesempatan kali ini tim Futureloka akan membahas mengenai Cara Memperbaiki HP Android Rusak yang Mati Total dengan Mudah. Yuk langsung saja kita simak langsung lebih detailnya ada artikel di bawah ini.

Penyebab Smartphone atau Handphone Mati Total

Terdapat beberapa penyebab yang bisa dibilang sangat serius dan mengharuskan smartphone untuk dibongkar. Namun terdapat 2 penyebab yang harus kalian waspadai dan ketahui cara penanganannya. Berikut penyebabnya.

Cara Memperbaiki HP Mati Total Karena Jatuh

hp-mati-total

Pastinya kalian pernah teledor atau ceroboh menjatuhkan smartphone walau hanya sekedar dari tempat tidur yang jaraknya tidak jauh sampai dengan menjatuhkan smartphone dari lantai 2 rumah. Nah, cara untuk memperbaikinya ialahnya jangan panik dan keluarkan baterai terlebih dahulu jika smartphone mati. Jika tidak menunjukan tanda-tanda kehidupan, dapat dipastikan smartphone kalian terkena LCD rusak atau IC mati karena benturan.

Cara Memperbaiki HP Mati Total Kena Air

hp-mati-total

Air merupakan musuh utama dari semua alat elektronik mulai dari smartphone, handphone dan juga laptop atau komputer. Nah, ketika smartphone kalian secara tidak sengaja terkena air, maka hal yang pertama kalian lakukan adalah jangan panik, karena jika panik kita tidak bisa berfikir jernih. Terdapat beberapa cara untuk menanggulangi yang bisa menyelamatkan dan kalian tidak perlu membawanya ke tempat service.

  • Buka smartphone kalian mulai dari baterai dan juga case
  • Siapkan sekantung beras kering
  • Rendam smartphone beserta baterai di dalam beras semalaman
  • Besoknya cek kembali smartphone kalian

Jenis Smartphone dan Cara Memperbaikinya Ketika Mati Total

Sony Xperia Mati Total

hp-mati-total

Beberapa masalah juga kadang terjadi pada Sony Xperia, salah satunya baterai kembung yang sebelumnya terus menerus di isi daya dalam waktu yang lama. Tentunya hal ini menjadi sebuah kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang karena malas mencabut smartphone dari charger. Cara memperbaikinya adalah dengan mengganti baterai lama dengan baterai baru.

Nokia Mati Total

hp-mati-total

Handphone yang digadang-gadang menjadi yang paling awet pun kadang bisa menemui ajalnya atau mati. Hal ini menjadi sesuatu yang cukup mengejutkan melihat banyak yang sengaja membeli HP Nokia karena tingkat awet yang tinggi. Salah satu penyebabnya adalah bisa jadi konektor HP dengan baterai yang karatan sehingga tidak bisa menghantarkan daya.

Xiaomi Mati Total

hp-mati-total

Salah satu smartphone keluaran China ini memang terkadang terdapat masalah yang membuat hp mati seketika tanpa diketahui sebabnya. Software biasa menjadi kendala paling utama untuk Xiaomi. Beberapa smartphone Xiaomi dipaksa untuk memiliki bahasa Indonesia dengan ROM distributor yang tidak jarang membuat smartphone mati total. Cara memperbaikinya bisa dengan flash ulang atau menginstall ulang software tersebut.

Oppo R1001 Mati Total

Oppo dikenal dengan smartphone dengan harga yang cukup mahal namun spesifikasi yang dihadirkan tidaklah tinggi seperti Xiaomi. Sayangnya dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi membuat Oppo R1001 sering hang atau stuck karena tidak bisa menjalannya kerjanya dengan baik. Nah, cara yang bisa kalian lakukan untuk memperbaikinya adalah dengan memindahkan semua data agar memory smartphone menjadi cukup lega.

Asus Zenfone 5 Mati Total

hp-mati-total

Salah produk yang bisa dibilang tidak terlalu bagus dari Asus adalah Asus Zenfone 5. Banyak sekali yang mengalami kendala mulai dari borosnya baterai karena memaksakan chipset Intel yang tidak begitu bagus pada masanya, dan banyak lagi. Banyak orang yang terus menerus menggunakan power bank saat memakai Asus Zenfone 5 sehingga menyebabkan konslet yang berujung pada kematian smartphone.

 

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here