Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Bocor, Tidak Mau Berputar, dan masalah lainnya

1

top-loading-2-tabung-top-loading-1-tabung-front-loading-featuredimage

Mesin cuci merupakan perabotan yang berguna karena bisa membuat pekerjaan mencuci menjadi jauh lebih mudah. Dan perlu anda ketahui bahwa ada dua jenis mesin cuci, yakni mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung. Perbedaan dari dua mesin cuci tersebut tentunya sudah jelas, yakni jumlah tabung yang dimilikinya. Msin cuci 2 tabung memiliki 2 tabung, dan mesin cuci 1 tabung hanya memiliki 1 tabung, jadi proses mencuci dan mengeringkannya menjadi satu tanpa perlu dipindah-pindah.

Namun jika mesin cuci tidak dapat bekerja dengan baik, itu akan cukup merepotkan. Tapi terdapat langkah-langkah sederhana yang anda bisa lakukan untuk mengatasi mesin cuci yang bermasalah di rumah sebelum memanggil jasa servis mesin cuci. Berikut ulasannya:

Cara Memperbaiki Mesin Cuci 2 Tabung

mesin-cuci-2-tabung

Mesin cuci 2 tabung merupakan mesin cuci yang dioperasikan secara semi otomatis. Sesuai dengan namanya mereka terdiri dari dua tabung, satu untuk mencuci dan satu lagi untuk memutar pakaian. Anda akan menambah dan menguras air sendiri dari tabung pertama dan memindahkannya ke tabung kedua untuk diputar. Mesin cuci 2 tabung merupakan mesin cuci semi otomatis yang paling umum.

Mesin cuci jenis 2 tabung seperti ini sekarang bukan lagi barang mewah dan sudah banyak di miliki oleh kalangan orang rumah tangga, karna harganya yang relatif murah. Tetapi tidak lepas juga terjadi beberapa kerusakan pada mesin cuci 2 tabung ini, kerusakan apa saja yang biasa terjadi dan bagaimana cara memperbaikinya, berikut ulasannya:

Apa Penyebab Air Keluar Terus Pada Mesin 2 Tabung? 

air-keluar-terus-pada-mesin-2-tabung

1. Seal Pembuangan Kotor 

Seiring dengan lamanya pemakaian,  kotoran akan menempel pada seal pembuangan tersebut sehingga mengakibatkan posisi seal pembuangan tersebut terganjal (seal pembuangan tidak menutup dengan rapat) yang menyebabkan rongga/lubang air akan keluar terus meskipun posisi knop tidak pada drain (buang).

Solusi : Bersihkan seal pembuangan dan pasang lagi

seal-pembuangan-mesin-cuci-kotor

2. Seal Pembuangan Sudah Kaku / Tidak Elastis  

Jika di lihat tampak fisik memang terlihat tidak apa apa tapi setelah di bersihkan dan di pasang lagi air masih keluar terus.

Solusi : Ganti dengan yang baru

3. Per Pembuangan Berkarat dan Patah

Jika per yang sudah berkarat dan patah ini di biarkan, dapat mengkibatkan per pembuangan tidak mempunyai daya dorong lagi terhadap seal pembuangan.

Solusi : ganti dengan yang baru

Apabila anda membeli seal pembungan ke toko spare part sebaiknya anda membawa contohnya meskipun barangnya sudah rusak, karena macam dan jenisnya sangatlah banyak. Sekilas tampak fisik seperti sama tapi saat di pasang tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya dan jangan membeli berdasarkan merek dan model mesin karna toko tidak mengetahuinya, kecuali anda beli pada dealer resminya.

Apa penyebab pengering tidak bisa berputar pada mesin 2 tabung ini?

pengering-tidak-bisa-berputar-pada-mesin-2-tabung

1. Kabel putus

Kasus seperti ini biasa terjadi karena kabel dimakan tikus. Cobalah anda cek pada bagian penutup belakang, biasanya paling sering putus pada bagian kabel yang naik ke panel timer atau pas pada bagian dalam panelnya timmer.

Solusi :
a. sambung kabel yang putus dan sesuaikan dengan warnanya

b. lakukan perawatan rutin dengan cara memberi kamper / kapur barus pada bagian dalam atau bawah mesin cuci untuk mengurangi tikus datang

kabel-putus

 

2. door switch rusak ( tidak tersambung )

Posisinya berada di dekat timmer pengering, tapi kerusakan seperti ini jarang terjadi kecuali pada mesin cuci yang saluran masuk airnya ada 2 yaitu samping kanan dan kiri, posisi kanan dekat dengan door switch pengering yang menyebabkan peralatan menjadi lembab dan akan mudah lepas.

Solusi : Bongkar dan bersihkan dengan kertas gosok

3. kapasitor rusak

Ciri-cirinya  adalah ketika timmer di putar ada suara dengung yang artinya ada arus masuk ke dinamo tapi dinamo tidak bisa berputar sehingga menimbulkan suara dengung. anda bisa mengetahuinya setelah anda melakukan langkah-langkah di atas . kapasitor untuk jenis mesin cuci ini bentuknya kotak berwana hitam tidak seperti kapasitor mesin cuci pada umumnya yang bentuknya bulat seperti tabung.  kabelnya ada 4 yang 2 untuk pengering dan yang 2 lagi untuk pencuci.

Solusi : Ganti dengan yang baru dan sesuaikan dengan ukuran aslinya

kapasitor-rusak

4. Dinamo pengering terbakar

Setelah anda sudah melakukan tahapan semua di atas anda baru bisa memvonis kalau dinamo ini terbakar. kerusakan dinamo sering di sebabkan karena terkena air yang bocor pada seal pengering yang berada tepat di atas dinamo pengering, atau bisa juga saluran air pada tabung pengering tersumbat seperti kaos kaki, sarung tangan dan lainnya sehingga air tidak langsung keluar pada saat proses spin sehingga seal pengering akan bocor.

Solusi :
a. Bongkar dan bawa ke tukang gulung dinamo yang profesional.
b. Ganti dengan baru, tapi perlu juga anda ketahui kalau bahwa dinamo yang di jual  rata rata gulungan dari kawat almini bukan dari kawat tembaga, anda harus jeli dalam membeli.

Yuk simak ke halaman selanjutnya…

1
2
SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here