Cara Mudah Menambah dan Membersihkan Kapasitas Memory Internal iPhone dengan Beberapa Metode

0

jio

Hai semua, selamat datang di website futureloka – website yang menyediakan informasi terlengkap dan terupdate seputar teknologi, gadget, PC, Laptop, aplikasi, Android, iPhone, sampai ke gaya hidup. Topik kita kali ini tidak kalah menarik dari topik – topik lainnya guys. Bahasa topik artikel kita kali ini datang dari kategori tips and tricks.

Saat kita membeli sebuah smartphone, saya yakin bahwa kapasitas memori atau storage menjadi salah satu spesifikasi yang paling kalian perhatikan terlepas dari OS, Processor, resolusi kamera, baterai, dan desain. Memang mempunyai kapasitas memori internal yang besar merupakan dambaan semua pengguna smartphone karena kalian akan bisa mendownload serta menyimpan banyak aplikasi dalam smartphone kalian.

Baca juga:

Khusus untuk smartphone keluarkan Apple – perusahaan teknologi konglomerat asal negeri Paman Sam ini, semakin besar memori internal yang kalian pilih saat membeli sebuah iPhone atau iPad dan segala produk Apple, maka semakin besar harga yang akan dikenakan ke kalian. Oleh karena itu kalian pastinya akan mikir – mikir dong untuk pilih kapasitas memori internal yang besar, apalagi iPhone tidak didukung dengan slot untuk memori eksternal.

Nah, bagi kalian yang suka download dan menyimpan banyak aplikasi dalam iPhone kalian, namun kalian juga khawatir atau concern dengan kapasitas memori internal iPhone kalian, di bawah ini akan saya jelaskan cara mudah menambah dan membersihkan kapasitas memori internal iPhone dengan menggunakan beberapa metode. Bagi kalian yang penasaran, yuk langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini guys. Check it out!

Cara Mudah Menambah dan Membersihkan Kapasitas Memory Internal iPhone

iphone-7-14

Nah berbagai cara dapat kamu terapkan untuk mendapatkan kapasitas memori internal iPhone yang lebih memadai guys. Berbagai cara dan metode tersebut seperti:

1. Hapus Data dan aplikasi yang tidak terlalu penting

Nah, cara ini pada dasarnya merupakan cara normal yang kebanyakan orang akan lakukan guys. Kalian bisa menambah dan membersihkan memori internal iPhone kalian dengan cara menghapus data atau aplikasi yang kiranya tidak terlalu penting atau tidak terlalu tergunakan. Contohnya: kalian punya banyak banget aplikasi photo editor sampai 3 atau 4 yang fungsinya tidak jauh – jauh berbeda. Nah, kalian dapat memulai untuk menghapus 1 aplikasi photo editor tersebut, lumayan guys bisa mengurangi 100 MB sampai 200 MB. Intinya kalian harus bisa belajar hemat dan bijak. Nah, kelonggaran memori tersebut dapat kalian gunakan untuk mengisi aplikasi lainnya yang belum ada sebelumnya.

2. Menonaktifkan iCloud photo Library

Nah cara kedua yang bisa kalian lakukan adalah dengan mematikan iCloud pada photo library kalian. iCloud photo library memang menyediakan tempat buat kalian menyimpan foto dan video namun aplikasi iCloud ini pada dasarnya saling sinkron dengan iPhone kalian. Jadi misalkan kalian mengambil gambar ratusan, nah ratusan tersebut ibaratnya akan kecopy dan kesimpan di iCloud juga guys. Jadi bukannya nambah hemat malan makan memori.

3. Hapus Cache

Nah, hapus cache adalah salah satu alternatif yang bisa kalian gunakan jika kalian tidak rela untuk menghapus aplikasi guys. Dengan menghapus cache dan semua file sampah dalam iPhone kalian, memori internal iPhone kalian akan lebih longgar dan lebih bebas guys.

4. Menghapus pesan

Nah pastinya pada suka chattingan kan kalian? Menghapus pesan bisa menjadi salah satu cara untuk melonggarkan memori internal iPhone kalian guys. Untuk pesan yang tidak berguna seperti spam, promosi, dan lain sebagainya ada baiknya untuk kalian bersihkan secara berkala, begitu juga dengan pesan yang telah selesai di baca dan tidak terlalu penting. Dengan membersihkan pesan secara berkala, kalian dapat membebaskan cukup besar kapasitas memori internal iPhone kalian guys.

5. Merest iPhone

Mereset iPhone sama artinya juga dengan memformat ulang iPhone kalian. Kalian akan dapat menghapus segala jenis file sampah dan cache serta aplikasi tidak berguna dengan cara mereset iPhone ini guys. Namun, sebelum kalian mereset iPhone kalian, ada baiknya jika kalian memback up terlebih dahulu data – data dan file penting kalian agar jangan ikut tereset guys.

6. Menutup aplikasi

Cara ini merupakan salah satu cara dasar yang simpel yang dapat kalian gunakan untuk membebaskan memori internal iPhone kalian menjadi lebih longgar. Pada dasarnya setelah kalian membuka dan menjalankan sebuah aplikasi dan keluar dari aplikasi tersebut tidak dengan cara yang tepat, maka sebenarnya aplikasi itu masih akan berjalan di belakang layar guys. Oleh karena itu ada baiknya jika kalian menutup aplikasi tersebut dengan cara yang benar yaitu dengan menekan 2 kali pada tombol home screen.

7. Menutup tab safari

Nah cara lain yang dapat kalian lakukan untuk menambah dan membersihkan kapasitas memori internal iPhone kalian agar lebih longgar adalah dengan menutup tab safari setelah selesai digunakan. Menutup tab safari pada dasarnya juga dapat melonggarkan memori internal kalian guys. Kalian dapat menutup tab safari ini dengan menekan tombol silang pada bagian pojok halaman.

8. Menggunakan media penyimpanan lain

Nah selain menyimpan file dan data di memori internal, kalian juga dapat menyimpan file dan data di media penyimpanan lainnya yang disediakan secara gratis. Contohnya adalah google drive, dropbox, dan lain sebagainya guys. Dengan menyimpan di media penyimpanan lain tersebut, kalian dapat menghapus file yang kalian simpan di memori internal iPhone kalian, sehingga dapat membersihkan memori internal iPhone kalian guys.

9. Menggunakan aplikasi pembersih

Nah, cara atau metode lainnya yang dapat kalian coba terapkan adalah dengan menggunakan aplikasi pembersih yang dapat kalian download di app store iPhone kalian. Aplikasi pembersih yang biasanya digunakan adalah PhoneClean guys, namun juga ada aplikasi pembersih lainnya yang dapat kalian download dan gunakan. Namun aplikasi pembersih di iPhone ada yang berbayar ada juga yang free guys. Saran saya selalu back up terlebih dahulu data – data kalian sebelum kalian membersihkan memori internal iPhone kalian.

Nah guys, itulah ya metode dan cara yang bisa kalian lakukan untuk menambah dan membersihkan kapasitas memori internal iPhone kalian guys. Besarnya kapasitas memori internal yang akan bebas dan bertambah tidak akan sama satu dengan yang lain, tentunya berbeda tergantung dengan bagaimana cara kalian membebaskan kapasitas memori internal iPhone kalian dan bagaimana cara kalian untuk tetap hemat.

Tentunya untuk menjaga kapasitas memori internal iPhone kalian yang selalu terjaga, kalian juga harus menjadi bijak saat mendownload aplikasi. Contohnya: cukup download 1 sampai 2 saja aplikasi dengan tema yang sama. Misalkan photo editor, cukup cari 1 aplikasi yang sudah melingkupi fitur yang kalian inginkan, tidak perlu mendownload 2 sampai 3 aplikasi dengan genre atau fungsi yang sama guys.

Well, hanya itu yang dapat saya bagikan ke kalian. Saya harap, bahasan artikel kali ini bisa bermanfaat bagi kalian. Jangan lupa untuk terus pantau artikel futureloka karena akan banyak topik menarik dan bermanfaat lainnya yang bisa kalian simak. Terima kasih sudah menyimak artikel ini guys dan sampai jumpa di artikel lainnya. Salam dan terima kasih. Have a nice day everyone! Bye for now!

Baca juga:

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here