Cara Mengetahui Samsung Galaxy S5 Serta J5 Asli dan Palsu atau Replika dengan Mudah

0

Penggunaan smartphone kini sudah menjadi hal yang sangat dibutuhkan manusia jaman sekarang. Berbagai macam vendor smartphone bersaing mengeluarkan produk-produk terbaiknya untuk memuaskan kebutuhan konsumen. Namun, ada pihak-pihak yang memanfaatkan kesempatan itu dengan membuat replika atau produk tiruan dari vendor-vendor tersebut. Tidak terkecuali vendor besar dari Korea Selatan, Samsung.

Produk Samsung yang terkenal memiliki kualitas yang terbaik berpeluang besar bagi orang-orang yang ingin mereplikanya. Banyak produk Samsung yang dijual di pasaran Indonesia yang ternyata adalah sebuah replika. Produk Samsung yang belum lama keluar adalah Samsung S5 da J5. Keluaran teraru ini tidak luput dari kecurangan. Namun, kualitas yang dihasilkan pasti tidak sebaik produk asli yang dikeluarkan oleh Samsung. Bagi para konsumen sebaiknya tahu bagaimana cara mengetahui mana produk Samsung yang asli ata palsu. Pastinya kita tidak mau merugi jika kita salah membeli produk yang ternyata produk tersebut adalah replikanya.

Nah, pada kesempatan kali ini, Tim Futureloka akan membahas bagaimana cara mengetahui Samsung S5 Serta J5 yang Asli dan Palsu atau Replika dengan Mudah. Daripada penasaran, yuk simak artikel yang berikut ini.

Cara Mengetahui Samsung Galaxy S5 Asli Atau Palsu

s5-promo

Smartphone Samsung Galaxy S5 sangat terkenal kecanggihanannya hingga muncul juga produk replikanya. Namun, tetap ada perbedaan yang bisa kita jumpai untuk mengetahui apakah Samsung Galaxy S5 itu asli atau palsu. Berikut adalah cara mengetahui Samsung Galaxy S5 atau palsu.

  • Booting

Pada saat booting (menyalakan HP), Samsung Galaxy S5 yang asli dan palsu akan terlihat sekali perbedaannya. Pada Samsung Galaxy S5 yang asli, akan terdapat tulisan “Powered by ANDROID”. Sedangkan pada replikanya tidak ada tulisan itu. Malah, pada produk palsunya terdapat tulisan type “SM-G900”.

  • Logo Samsung

Ketika booting memasuki tahap logo, tulisan “SAMSUNG” ada Samsung Galaxy S5 yang palsu akan terlihat lebih kecil. Pada produk yang asli, tulisan “SAMSUNG” tersebut berukuran lebih besar dan tebal.

  • Kecepatan Booting

Kecepatan booting Samsung Galaxy S5 yang asli dan palsu pun berbeda. Pada produk yang asli, kecepatan booting lebih cepat dan langsung menuju home screen. Berbeda dengan produk replika, proses booting akan lebih lama.

  • Water Proof Samsung Galaxy S5

Samsung Galaxy S5 memang memiliki kelebihan tahan air. Produk yang aslinya, pada bagian belakang cover ketika dibuka ada water proof yang berfungsi menahan air masuk kedalam mesin. Pada produk replika, water proof ini tidak ditemukan, maka pada produk yang palsu, Galaxy S5 ini akan rusak ketika masuk ke dalam air.

  • Penutup Port USB

Pada Samsung Galaxy S5 yang asli, penutup port USB berwarna bening dan terbuat dari bahan yang berkualitas. Sedangkan pada Samsung Galaxy S5 yang palsu, penutup port USB ini berwarna hitam gelap dan hanya terbuat dari plastik.

  • Cocokan No. IMEI di HP dengan di Kardus dan IMEI.info

Cocokan nomor IMEI pada HP, yaitu dengan menekan *#60#. Nomor IMEI terdiri dari 15 dikit angka, samakan dengan yang ada di kemasan (kardus) dan bagian badan di smartphone (bawah baterai). Kemudia cek nomor IMEI ke imei.info cocokkan dengan spesifikasi yang muncul pada situs tersebut dengan HP kalian dengan menggunakan aplikasi Antutu.

  • Periksa Kardus Kemasan

Pada Samsung Galaxy S5 yang palsu biasanya tulisan pada kardus kemasannya lebih tajam dan logo Samsung berwarna biru tua.

  • Tombol Home pada Samsung Galaxy S5

Pada produk aslinya, tombol Home akan berada di bagian tengah (seimetris). Berbeda dengan produk replikanya yang berada di bagian condong ke bawah.

  • Cek OS Kitkat

Pada saat mengecek OS Android di Samsung Galaxy S5 yang asli, akan muncul tulisan “ANDROID 4.4.2”. Namun tidak pada produk palsunya. Untuk mengecek OS Android pada Samsung Galaxy S5 silakan pilih menu Settings-> System -> About Phone -> Android Version.

Cara Mengetahui Samsung Galaxy J5 Asli Atau Palsu

samsung_galaxy_j5

Selain Samsung Galaxy S5, kita juga akan membahas bagaimana cara mengetahui Samsung Galaxy J5 atau palsu. Walau pun belum lama keluar, produk baru Samsung ini juga terdapat banyak replikanya di pasaran. Yuk kita simak artikel yang berikut ini untuk mengetahui bagaimana cara mengetahui mana produk Samsung Galaxy J5 yang Asli atau Palsu.

  • Cocokan No. IMEI di HP dengan di Kardus dan IMEI.info

Cocokan nomor IMEI pada HP, yaitu dengan menekan *#60#. Nomor IMEI terdiri dari 15 dikit angka, samakan dengan yang ada di kemasan (kardus) dan bagian badan di smartphone (bawah baterai). Kemudia cek nomor IMEI ke imei.info cocokkan dengan spesifikasi yang muncul pada situs tersebut dengan HP kalian dengan menggunakan aplikasi Antutu.

  • Kamera

Spesifikasi kamera pada Samsung Galaxy J5 adalah 13 MP untuk kamera utama dengan LED Flash. Kamera ini juga mampu merekap video hingga 1080p dengan 30fps. Kamera depan yang dimilikinya pun 5 MP yang juga dilengkapi dengan LED Flash. Jika fitur kamera pada Galaxy J5 kamu tidak memiliki spesikasi tersebut maka kemungkinan produk tersebut palsu. Karena kemampuan menangkap gambar Galaxy J5 amat baik.

  • Ram dan Memori

Samsung Galaxy J5 yang asli punya RAM sebesar 1,5 GB dan memori internal 16 GB. Biasanya Samsung Galaxy J5 replika hanya memiliki kapasitas RAM dan memori yang lebih kecil seperti 512 MB atau 1 GB untuk RAM dan 4 GB atau 8 GB untuk memori. Karena itu silahkan cek di menu Settings > About Phone untuk mengetahui berapa kapasitas RAM dan memori internal yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J5 kamu.

  • Chipset

Samsung Galaxy J5  ini dilengkapi oleh prosesor Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 quad core berkecepatan 1,2 GHz Cortex-A53. Kalau Galaxy J5 kamu tidak memiliki spesifikasi seperti itu, mungkin yang kamu miliki adalah produk palsu. Kamu bisa mengeceknya menggunakan bantuan aplikasi CPU-Z.

  • Versi Android

Samsung Galaxy J5 menggunakan OS Android 5.1 Lollipop dengan tampilan antarmuka Touch Wiz UI. Kalau Samsung Galaxy J5 yang kamu gunakan masih menggunakan Android Jelly Bean ataupun KitKat, berarti kemungkinan besar HP kamu adalah produk replika.

Cara Mengecek HP Samsung Asli dengan Kode

Samsung bisa dibilang memiliki beberapa cara untuk mengecek keaslian dari smartphone yang dibuatnya, salah satunya adalah dengan menggunakan kode rahasia yang cukup jarang diketahui oleh orang lain. Kode rahasia tersebut tentunya tidak terlalu rumit dan bisa digunakan untuk mengecek keaslian dari smartphone Samsung baik yang KW, Supercopy, bahkan yang terlihat paling original sekalipun. Kalian bisa mengeceknya dengan menekan  Yuk langsung saja kita simak bagaimana cara mengeceknya.

  • Cek warna pada layar Merah, Hijau, dan Biru untuk mengetes keaslian layar
  • Receiver untuk mengetahui penerimaan
  • Vibration untuk mengecek fungsi getar
  • Dimmer untuk mengecek dim layar
  • Mega Camera untuk mengecek kamera utama
  • Sensor
  • Touch untuk mengetes layar sentuh berfungsi normal
  • Sleep untuk mematikan sementara
  • Speaker untuk mengecek suara
  • Sub Key untuk mengecek haptic key home, back, dan menu
  • Front Camera untuk mengecek kamera depan

Tentunya kode rahasia tersebut dapat kalian gunakan untuk mengecek dan mengetahui keaslian dari Samsung Galaxy kalian dan dapat membandingkannya dengan HP Supercopy, KW, maupun yang Super KW.

Cara Cek Keaslian HP Samsung Galaxy Lewat Imei dan Kode Negara Asal Samsung

Selain menggunakan berbagai macam cara diatas, ternyata juga terdapat beberapa cara yang cukup mudah untuk mengetahui keaslian dari Samsung Galaxy yang kalian miliki yaitu dengan mengecek imei dan mencari tahu dari negara mana Smartphone kalian dibuat. Cara mengeceknya terbilang cukup mudah, kalian cek bagian pada 356406050180933 dan perhatikan pada urutan ketujuh dan delapan. Berikut detail dari kode tersebut.

  • 00 Produksi Prancis
  • 01 atau 10 Produksi Finlandia
  • 02 atau 20 Produksi Asia
  • 03 Produksi Kanada
  • 04 Produksi Korea
  • 05 Produksi Amerika
  • 08 atau 80 Produksi Jerman

Itulah detail dari beberapa kode yang bisa kalian ketahui dengan cara mengecek IMEI hp Samsung Galaxy yang kalian miliki. Tentunya setiap negara memiliki kelebihan tersendiri dalam memproduksi HP.

Nah, itulah tadi artikel cara Mengetahui Samsung S5 Serta J5 Asli dan Palsu atau Replika dengan Mudah. Sekian informasi dari Tim Futureloka kali ini, semoga artikel ini sebelum membeli smartphone kamu bisa lebih teliti agar tidak membeli produk replika karena nantinya akan merugikan diri sendiri.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here