Cara Mudah Latihan Untuk Mengetik 10 Jari di Komputer Tanpa Melihat dan Cepat

0

mengetik 10 jari

Hai semua, what’s up yoo? Semoga kalian selalu dalam keadaan luar biasa ya! Kali ini kita akan membahas mengenai topik yang bakalan sangat bermanfaat bagi kalian terkhususnya kalian yang selalu berkutat dengan aktivitas mengetik. Bahasan kita kali ini datang dari kategori tips and tricks, yaitu Cara Mudah Latihan Untuk Mengetik 10 Jari di Komputer Tanpa Melihat dan Cepat.

Kalian mahasiswa yang selalu berkutat dengan tugas kuliah atau paper? Kalian berprofesi sebagai freelancer content writer, kalian seorang jurnalis? Kalian seorang story creator? atau apapun itu profesi dan aktivitas yang berkaitan dengan kegiatan mengetik. Pernah tidak kalian merasa bahwa banyak waktu kalian yang terbuang hanya karena kalian ngetiknya lama sehingga konten yang kalian buat itu memerlukan waktu yang lama untuk selesai atau pernah kah kalian merasa sangat jengkel dengan kemampuan mengetik kalian yang lambat sehingga membuat kalian selalu kepepet sama deadline?

Baca juga:

Jika jawaban atas semua itu iya, maka artikel kali ini akan menjadi bahasan yang sangat cocok buat kalian guys. Dalam artikel kali ini saya akan memberikan kalian tips and trics bagaimana sih Cara Mudah Latihan Untuk Mengetik 10 Jari di Komputer Tanpa Melihat dan Cepat itu.

Bayangkan jika kemampuan mengetik kalian cepat, pastinya akan ada lebih banyak waktu yang tersisa buat kalian istirahat atau melanjutkan ke pekerjaan lainnya. Tapi, jika kemampuan mengetik kalian lambat pastinya kalian akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan 1 tugas. Jika kalian seorang copywriter atau content writet tentunya kemampuan mengetik yang cepat dan handal akan sangat mendukung peforma kalian untuk menjadi lebih baik.

Baiklah guys, bagi kalian yang penasaran dengan tips and tricks yang akan saya bahas berikut ini, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini. Check it out!

Cara Mudah Latihan Untuk Mengetik 10 Jari di Komputer Tanpa Melihat dan Cepat

rwq

Mempelajari posisi dan kegunaan dari masing – masing jari pada tangan kanan dan kiri

Kalian dapat memperhatikan posisi dan kegunaan dari masing – masing jari pada tangan kanan dan kiri di bawah ini guys. Posisi dan fungsi ini sangat penting untuk kalian ketahui jika kalian ingin meningkatkan kemampuan mengetik kalian yang lebih handal

Tugas Jari pada Tangan Kanan

  • Telunjuk : Untuk menekan tombol huruf : J, H, U, Y, M, N, 7 dan 6
  • Jari Tengah : Bertugas menekan huruf : K, I, koma (,) / tanda lebih kecil (<) dan 8 atau tanda bintang (*)
  • Jari Manis : bertugas untuk menekan L, O, 9 / tanda kurung kiri ( ( ), dan titik (.) / tanda lebih besar (>) serta Alt
  • Kelingking : Semua tombol keyboard yang ada di sebelah kanan, selain dari yang telah disebutkan di atas, yaitu mulai dari tanda petik (‘), tanda titik dua (;) Enter, huruf P, tanda kurung siku ( { } / [ } ), garis miring ke kiri ( \ ), tanda Tanya  ( ? ) / tanda miring (/), klik kanan (tanda seperti dokumen) serta Shift dan Ctrl kanan.
  • Jempol : Spasi. Prinsip kerjanya dibuat bersilang dengan jempol kiri. Sebagai contoh jempol tangan kanan akan digunakan kalau salah satu dari jari kiri yang terakhir kali menekan tombol. Sedangkan jika yang terakhir adalah salah satu jari pada tangan kanan, maka yang bertugas adalah jempol tangan kiri.

Tugas Jari pada Tangan Kiri

  • Telunjuk : Fungsinya untuk mengetik huruf F, R, V, G, T, B, angka 4 dan 5,
  • Jari Tengah : Bertugas untuk menekan huruf D, E, C, dan angka 3.
  • Jari Manis : Bertugas untuk menekan S, W, X, dan 2.
  • Kelingking : A, Q, Z, 1, Alt dan selain yang disebut, yaitu tanda ~, Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, dan tombol jendela / Windows.
  • Jempol : Menekan spasi. Bekerja bersilangan dengan jempol kanan seperti yang telah dijelaskan di atas.

NOTE: Pemahaman akan posisi dan fungsi jari di atas akan sangat berguna untuk menambah kemampuan mengetik kalian dan mendukung proses latihan kalian. Namun cara di atas tidak selalu harus multak kamu terapkan guys. Jika kamu menemukan posisi dan tugas lain dari masing – masing jari yang membuat kamu lebih nyaman sehingga meningkatkan kemampuan mengetik kamu, kamu bisa menggunakannya asalkan selalu maksimalkan penggunaan 10 jari, jangan hanya menggunakan 2 jari karena tidak akan menpercepat kinerja mengetik kamu.

Latihan mengetik

Nah setelah kalian mengetahui posisi jari dan kegunaan dari masing – masing jari pada tangan kanan dan kiri, saatnya kalian mengimplementasikan apa yang telah kalian pelajari dan ketahui itu dalam bentuk latihan. Ingat practice makes perfect. Kalian tidak akan pernah langsung menjadi hebat tanpa latihan, begitu pula dengan kemampuan mengetik kalian, kemampuan mengetik kalian tidak akan meningkat secara signifikan namun butuh proses pada setiap latihan yang keras. Oleh karena itu usahakan untuk selalu latihan. Berikut ada beberapa situs latihan mengetik yang bisa kalian gunakan untuk melatih kemampuan mengetik kalian:

  • typing.com
  • typingtutor-online.com
  • typeonline.co.uk

Selain itu kalian juga bisa melatih kemampuan mengetik kalian dengan cara:

  • Membuat Diari

Salah satu cara yang biasanya digunakan untuk mencurahkan isi hati adalah dengan cara menulis diari di buku privasi. Menulis diari nyatanya tidak hanya dilakukan oleh para remaja yang lagi keasmaran guys, namun banyak juga orang dewasa yang menggunakan note mereka untuk merefleksikan diri, mencurahkan isi hati, ataupun untuk mengungkapkan ide. Nah bagi kalian yang kebiasaan mencatat note dengan cara menulis, sekarang kalian bisa mulai untuk mencatat note dengan cara mengetikkan di laptop pribadi kalian, itung – itung sekalian buat latihan kemampuan mengetik kalian guys. Cara ini bisa kalian terapkan dengan sangat mudah dan semakin kalian sering mempraktekkan ketikkan kalian, maka semakin besar kemajuan yang akan kalian hasilkan

  • Menjadi copywriter freelance

Bagi kalian para mahasiswa yang berkutat dengan banyaknya tugas paper namun sering kelabakan dengan kemampuan mengetik kalian yang sangat minim, kalian bisa mencoba untuk latihan mengetikan dengan cara menjadi penulis freelance. Nah selain dapat menambah uang saku kalian, dan selain juga dapat menambah pengalaman, kalian juga bisa jadikan job ini sebagai media pengembangan kemampuan mengetik kalian yang handal guys. Sangat efektif!

  • Ikuti lomba esai

Nah buat kalian juga para mahasiswa atau siswa yang bergelut dengan kemampuan menulis kalian yang rendah, kalian bisa mencoba meningkatkannya dengan cara mengikuti lomba menulis esai secara berkala. Lomba menulis esai ini akan sangat bermanfaat bagi kalian dalam meningkatkan kemampuan mengetik kalian. Selain itu menambah ilmu dan pengetahuan, menambah pengalaman, dan jika kalian menang nah itu kan bagus untuk mempercantik CV kalian guys. Oleh karena itu, banyak – banyaklah mengikuti lomba esai.

  • Membuat blog

Nah cara lain yang paling efektif adalah dengan membuat aktif blog. Kalian tentunya sudah tau dengan blog – yaitu situs pribadi kalian di internet yang bisa kalian isi dengan berbagai macam konten sesuai dengan keinginan kalian. Kalian bisa buat blog dengan berbagai macam tema dan kategori sesuai keinginan kalian. Kalian mungkin bisa menulis artikel yang membahas tentang hobi kalian dan lain sebagainya. Tentunya cara ini bisa menjadi salah satu cara yang efektif buat kalian dalam meningkatkan kemampuan mengetik kalian guys. Selain itu pula, sisi positif lainnya adalah kalian dapat menjadi lebih terkenal dan populer jika konten blog kalian bagus.

  • Belajar dari youtube

Nah youtube memang merupakan situs yang sangat bermanfaat. Daripada kalian streaming video dan nonton drama korea terus, mending kalian gunakan situs video raksasa ini untuk mengembangkan kemampuan mengetik kalian guys. Banyak sekali video – video yang bisa menjadi sumber referensi kalian dalam mengembangkan kemampuan mengetik dengan menggunakan 10 jari. Kalian bisa buka situs youtube dan cari video yang menjelaskan cara mengembangkan skill mengetik kalian dengan 10 jari dengan mudah.

Nah guys, itulah beberapa cara yang bisa saya bagikan ke kalian yang ingin meningkatkan kemampuan mengetik dengan 10 jari dengan cepat. Jika kalian ikut semua tips saya di atas, saya yakin kalian akan dapat meningkatkan kemampuan mengetik kalian hanya dalam waktu 1 sampai 2 bulan saja. Jangan mudah menyerah guys, ingat bahwa latihan itu membuat sempurna. Kalian tidak akan bisa mengembangkan kemampuan mengetik kalian dengan signifikan tanpa latihan yang terus menerus. Jangan patah semangat, nothing is impossible jika kalian percaya jika kalian mampu.

Oh ya mengenai metode posisi dan fungsi jari yang saya berikan di atas, kalian tidak perlu 100% mutlak dan kaku mengikut metode tersebut. Dalam arti jika kalian mempunyai posisi jari sendiri yang lebih nyaman tanpa mengurangi tingkat fleksibelitas dan kecepatan mengetik kalian, kenapa kalian tidak gunakan cara kalian sendiri? Oleh karena itu, cara yang saya jelaskan di atas adalah yang bisa kalian gunakan jika kalian tidak punya metode sendiri.

Baiklah guys, kalau begitu saya undur diri dulu. Jangan lupa untuk terus pantau website futureloka karena masih ada banyak topik menarik lainnya yang bisa kalian simak dan tentunya akan sangat bermanfaat bagi kalian. Terima kasih sudah menyimak artikel ini dan saya harap artikel kali ini bisa memberikan manfaat yang maksimal buat kalian. Sampai jumpa di artikel lainnya. Salam dan terima kasih. Have a nice day everyone! Bye for now!

Baca juga:

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here