Cara Mudah Menggunakan Samsung Kies Untuk Upgrade dan Samsung Galaxy Y

0

Versi Android semakin hari semakin canggih. Oleh karena itu untuk mengikuti perkembangan zaman sebaiknya perangkat yang kita miliki juga di upgrade. Banyak cara mengupgrade versi android, salah satunya dengan menggunakan aplikasi keluaran dari vendor smartphone Korea Selatan, Samsung Kies. Samsung Kies adalah aplikasi untuk membantu mengupgrade versi android untuk smartphone Samsung.

Pada kesempatan kali ini, Tim Futureloka akan membahas mengenai cara mudah menggunakan Samsung Kies Untuk Upgrade. Samsung Kies memiliki beberapa kemampuan, yakni memberikan kemampuan untuk membuat back up data, transfer data dengan lebih mudah, mengelola konten, dan download aplikasi dari Samsung Apps. Tapi kegunaan yang utama adalah kamu bisa melakukan upgrade versi software terbaru untuk gadget Android. Kini update versi Android terbilang cepat, dan pastinya Anda ingin mendapatkan versi software terbaru untuk smartphone kesayangan. Sepanjang versi upgrade telah tersedia, kita bisa mengupgrade versi android tersebut. Daripada penasaran, yuk simak artike yang berikut ini:

Cara Upgrade Menggunakan Samsung Kies Untuk Upgrade Android

4 samsung-kies-16-700x341

Sebelum mendowload Samsung Kies pada PC kamu, pastikan PC kamu memenuhi standar untuk menginstall Samsung Kies. Hal ini menjadi hal yang perlu diperhatikan agar saat pengupgrade-an  android kamu berjalan lancer dan berhasil terupgrade. Berikut adalah cara mudah menggunakan Samsung Kies untuk mengupgrade Samsung android kamu.

  1. Download dari PC aplikasi Samsung Kies di situs: www.samsungapps.com
  1. Install dan buka aplikasi Samsung Kies, kemudian sambungkan Android Samsung kamu dengan PC lewat kabel data.
  1. Setelah terhubung dan aplikasi mengenali, layar akan menampilkan pemberitahuan firmware update
  1. Klik tombol upgrade, ikuti sampai langkah-langkah selanjutnya selesai.
  1. Tunggu sampai proses selesai, jangan sampai kabel data terlepas atau koneksi internet terputus.
  2. Setelah proses upgrade selesai, akan muncul informasi berikut ini. Setelah kabel data dilepaskan, sebaiknya lakukan restart pada hape.
  1. Selesai.

Cara Menggunakan Samsung Kies Untuk Galaxy Y

4 samsung y

Samsung Kies adalah aplikasi yang memiliki kemampuan untuk back up data, transfer data dengan lebih mudah, mengelola konten, download aplikasi dari Samsung Apps, dan mengupgrade versi Android. Aplikasi ini menjadi rujukan pada pengguna smartphone Samsung untuk mengolah data-datanya. Seperti memback up datanya sebelum melakukan flashing pada smartphone. Flashing, yaitu proses penghapusan program sistem operasi handphone / handheld kemudian menuliskannya kembali sesuai dengan jenis dan tipe ponsel tersebut.

Samsung Galaxy Y merupakan smartphone keluaran lama yang hanya memiliki RAM kecil. Oleh karena itu seiring dengan perkembangan aplikasi yang menyebabkan pembengkakkan memori data pada masing-masing aplikasi, Samsung Galaxy Y menjadi penuh dan hang. JIka sudah hang, flashing adaah satu alan untuk memulihkan smartphone tersebut.

Sebelum flashing, sebaiknya data diback up terlebih dahulu agar tidak ada yang terhapus. Berikut adalah langkah-langkah untuk memback up Samsung Galaxy Y di Samsung Kies.

  1. Hubungkan perangkat ke PC dan pilih “Backup & Restore”
    Pasang Samsung Galaxy Y di komputer melalui kabel USB. Setelah berhasil tersambung, pilih opsi “Backup & Restore” dan klik “Data backup“. Samsung Kies membagi data telepon ke dalam dua Kategori: informasi pribadi (kontak, memo, perencana, log panggilan dan pesan) dan konten (video, musik dan foto).
  2. Mulai membuat cadangan
    Kamu dapat selektif memilih data yang KAmu butuhkan. Ketika menyelesaikan seleksi, tekan tombol “Backup” di sudut kanan atas dan mulai proses backup. Setelah beberapa saat, tekan tombol “selesai” untuk mengakhiri proses. Kamu bisa langsung mengecek cadangan file media seperti musik, video dan foto pada computer. Tapi untuk log panggilan dan pesan backup, Kamu perlu menginstal beberapa perangkat lunak tertentu untuk membacanya.

Setelah membackup data. Kamu bisa langsung flashing Samsung Galaxy Y pada aplikasi Odin. Odin adalah aplikasi yang berfungsi untuk membantu kita dalam melakukan flash ulang untuk smartphone Android. Bagaimana cara memakai Odin? Berikut adalah cara-caranya.

  1. Instal dan buka aplikasi Odin di PC kamu.
  2. Setelah Odin terbuka, masukkan file masing-masing;
    • File csc ke kolom CSC
    • File modem pada kotak PHONE
    • File pda pada kolom PDA
    • Yang lain biarkan saja.
  3. Buat samsung Galaxy Y kamu ke ‘mode download’, caranya;
    • Tekan tombol volume down + home + power, setelah muncul menu baru lepaskan
    • Kemudian tekan volume up untuk melanjutkan, persipkan kabel usb.
  4. Colokkan usb dari komputer ke Samsung, tunggu sampai driver terinstal dan muncul warna kuning pada kolom odin.
  5. Kemudian tekan tombol START.
  6. Maka Odin akan mulai memproses file tersebut tunggu sampai keluar tulisan PASS berwarna hijau.
  7. Samsung Galaxy Y kamu akan melakukan reboot dan akan menyala dengan normal apabila selesai.

Selain untuk memback up data, Samsung Galaxy Y juga dapat diupgrade versi androidnya melalui Samsung Kies. Langkah-langkahnya sama seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Sekian artikel dari Tim Futureloka kali ini, semoga bermanfaat ya. Sampai jumpa di artikel-artike berikutnya.

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here