Cara Menghilangkan Asap Rokok di Paru-Paru dan Cara Menghilangkan Bau Rokok di Mobil, Mulut dan Tangan

0

cara-menghilangkan-asap-rokok

Rokok adalah silinder dari kertas yang berukuran panjang sekitar 70 hingga 120 mm (berbeda tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun tembakau yang sudah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya.

Saat merokok, Anda akan turut memasukkan zat-zat berbahaya yang bisa berdampak buruk pada tubuh, Salah satu efek paling berbahaya akibat merokok adalah kanker paru-paru. Bahan-bahan kimia pada rokok berpotensi merusak sel-sel pada paru-paru yang bisa membentuk sel kanker. Penyakit serius lainnya yang bisa Anda alami adalah bronkitis, pneumonia, dan emfisema.

Selain membahayakan diri sendiri (perokok aktif) rokok juga dapat memberikan efek negatif kepada orang yang tidak merokok (perokok pasif), yaitu dari asap yang dihembuskan oleh perokok, asap rokok tidak hilang begitu saja. Asap rokok dapat bertahan di udara sekitar dua hingga tiga jam.

Dampak-dampak negatif tersebut di atas bisa kita atasi dengan beberapa cara, berikut kami berikan langkah langkah Cara Menghilangkan Asap Rokok di Paru-Paru dan Cara Menghilangkan Bau Rokok di Mobil, Mulut  dan Tangan.

Cara Menghilangkan Asap Rokok di Paru-paru

cara-menghilangkan-asap-rokok-di-paru-paru

ketika asap rokok mulai dihirup, dan semakin banyak dihirup, paru-paru akan semakin kotor. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi paru-paru kotor :

1. Air

Apabila sedang merokok akan memgakibatkan dehidrasi. Cara mengatasi dehidrasi tentu saja dengan minur air putih, sebanyak yang telah ditentukan oleh para ahli kesehatan yaitu 8 gelas per hari atau sebanyak 1 liter.

2. Wortel

Bersihkan nikotin dari paru-paru anda dengan mengkonsumsi wortel. Kandungan berbagai macam vitamin pada wortel sangat bermanfaat untuk membersihkan nikotin. Vitamin A, B, C dan K yang terdapat pada wortel mampu membersihkan flek hitam pada paru akibat dari asap rokok.

3. Nanas

Kandungan senyawa bromelin pada nanas berfungsi untuk membersihkan patru-paru sehingga menyebabkan oksigen masuk ke dalamparu-paru lebih besar, nafas lega dan membuat paru-paru lebih elastis.

4. Olahraga

Berolagraga sangat diutamakanuntuk membersihkan paru-paru. Ketika anda berolaraga terjadinya pengeluaranzat berbahaya dalam paru-paru.

5. Ikan Salmon

Ikan salmon yang kaya akan omega 3 dapat menyembukan penyakit asma, penyakit ini sangat erat kaitanya dengan paru-paru. Maka dengan mengkonsumsi ikan salmon dapat membersihkan paru-paru perokok.

6. Sayuran

Sayuran mempunyai peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh termasuk paru-paru. Kol dan brokoli serta jenis sayuran lain mampu berperan aktif untuk meningkatkan kinerja dari paru-paru.

7. Mengonsumsi kedelai

Menurut studi yang dilakukan oleh tim yang berasal dari Jepang yang meneliti lebih dari 300 pasien sesak napas dan 340 orang sehat dan normal menyatakan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi produk kedelai mampu menstabilkan kinerja paru-paru dan juga menurunkan resiko sesak napas pada pasien. Hal ini dikarenakan kedelai kaya akan flavonoid yang berperan sebagai anti-peradangan. Sehingga hal ini dapat melindungi paru-paru dari tembakau yang dapat menyebabkan kanker.

Cara Menghilangkan  Bau Asap Rokok di Mobil

cara-menghilangkan-bau-asap-rokok-di-mobil

kenyamanan dalam berkendara sangatlah penting, selain mendukung konsentrasi, kenyamanan dapat juga mengurangi rasa letih ketika berkendara. Bau rokok pada mobil yang terus mengendap tidak sehat untuk kita hirup setiap hari, maka dari itu kebersihan mobil harus tetap terjaga, dan yang pasti kesehatan itu mahal. Berikut kami berikan tips menghilangkan bau asap rokok di mobil ;

1. kulit jeruk

kamu pasti tahu kalo bau yang dihasilkan buah asem ini cukup menyengat, caranya mudah cukup tinggalkan beberapa lembar kulit dimobil, terutama pada bagian yang sulit dijangkau, dan biarkan beberapa hari sampai kulit jeruk mengering, alhasil bau rokok akan terserap dengan bau kulit jeruk dan dijamin bau rokok tidak kembali tercium.

2. Cuka

Bahan yang satu ini umum digunakan untuk penyedap makanan, namun bau dari cairan ini juga tidak kalah dengan kulit jeruk, anda cukup tuangkan sedikit pada wadah, lalu diamkan sekitar 2 sampai 3 jam didalam mobil anda, dengan cara ini baru rokok akan hilang. Jadi jika anda tidak suka bau cuka, mungkin bisa menggunakan kulit jeruk dan sebaliknya, kedua cara ini lebih ampuh dan cepat.

3. Baking Soda

Anda bisa menghilangkan berbagai macam bau, karena sifatnya yang mampu menyerap bebagai jenis bau. Cukup sebarkan secara merata pada daerah dalam mobil yang mengedap bau rokok, tutup mobil dan biarkan sedikit aliran angin untuk proses penyerapan, jika sudah, tinggal vacum sisa sisa baking soda tersebut, setelah itu bau mobil akan kembali normal.

4. Kopi

Anda pasti pernah minum kopi, jangan salah loh kalau kopi itu banyak khasiatnya, salah satunya mengusir bau rokok, caranya cukup praktis, anda cukup bungkus dengan kain yang berbahan tipis, kemudian simpan di bagian sudut karpet, atau bisa juga digantung agar lebih cepat menyebar. Kopi tidak hanya mengusir bau rokok, tapi bisa mengusir bau tak sedap lainnya.

5. Arang

Menghilangkan bau rokok di mobil juga bisa Anda lakukan dengan Arang, meskipun arang tidak terlalu bau, namun masih ada khasiatnya, yakni mampu menyerap baru apapun termasuk rokok, cukup letakan beberapa potong di dalam wadah dan diamkan selama beberapa hari, cara ini cukup ampuh dan mampu menetralisir bau yang tak sedap, namun cara ini sedikit kurang cepat dari cara di atas.

6. Alcohol Spray

Cara yang terbilang murah meriah lantaran bahan dasar yang dipakai tak lain hanya cairan alkohol murni 70-90% yang banyak dijual di apotek Gunakan alat penyemprot tanaman alias spray gun tangan yang banyak dijual bebas di supermarket. Isi tabung sprayer dengan alkohol murni hingga habis .Semprotkan langsung ke permukaan bahan fabric pada permukaan door trim atau karpet dasar dengan format kabut (mist). Lakukan secara berulang dengan metode keliling.

Cara Menghilangkan Bau Rokok di Mulut

cara-menghilangkan-bau-asap-rokok-di-mulut

Bau asap rokok tak hanya menempel di luar tubuh seperti pakaian tapi juga bisa menembus kulit, rambut dan dapat mengiritasi saluran hidung serta pernapasan.efek negatif yang ditimbulkan rokok tidak hanya pada segi kesehatan saja, namun bisa juga menimbulkan efek lainnya.

Merokok bukan hanya menyebabkan segala macam penyakit, melainkan juga bau mulut atau halitosis yang khas. Bau mulut perokok cenderung berbeda dengan non perokok. Karena merokok dikaitkan dengan risiko tinggi mulut kering sehingga memicu penyakit pada gigi dan gusi, yang dapat menyebabkan bau mulut.

Bau rokok di mulut seringkali membuat pembicaraan jadi tidak nyaman dengan orang lain, terutama untuk mereka yang tidak merokok. Lalu, bagaimanakah untuk mencegah agar orang lain tetap nyaman dengan kita, tanpa mengganggu kebiasaan kita untuk tetap bisa merokok dan lekas menghilangkan bau rokok dalam mulut kita?

1. Permen Karet

Kunyahlah permen karet, selalu sediakan permen karet ke mana pun Anda pergi untuk dikunyah setelah mengisap rokok agar memberikan aroma mentol pada napas Anda. Mengunyah permen karet adalah salah satu cara yang paling mudah dan baik untuk menutupi bau rokok. Anda bisa mempertimbangkan untuk mengunyah permen karet sambil merokok, kemudian mengunyah permen karet yang baru ketika Anda selesai merokok.

2. Kemanggi

Memakan kemanggi, kemanggi adalah lalapan yang berbau khas, kita dapat memakannya agar mulut jadi segar dan fresh. Bau rokok pun menghilang, selain itu banyak manfaat daun kemanggi lain yang bisa anda dapatkan.

3. Berkumur dengan Air Hangat + Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah anti oksidan yang baik dan vitamin C di dalamnya dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi

4. Mentimun segar

mentimun ini mengandung senyawa yang kuat dalam kandungannya. Orang yang seusai merokok disarankan untuk memakan mentimun segar satu buah dan dimakan dengan cara dikunyah hingga halus secara berulang-ulang.

5. Berkumur dengan air garam 

untuk menghilangkan bau asap rokok di dalam mulut adalah dengan berkumur dengan air yang dicampur garam. Cara ini lumayan ampuh untuk menghilangkan bau mulut yang disebabkan merokok.

Cara Menghilangkan  Bau Asap Rokok di Tangan

cara-menghilangkan-bau-asap-rokok-di-tangan

Bau rokok di tangan sebenarnya tidak terlalu menganggu seperti bau di mulut ataupun pakaian. Tapi sebagian perokok ada yang memperhatikan hal ini. Sebut saja mereka yang punya dedek bayi, sebelum memegang si buah hati pasti ingin tangannya bersih.

1. Cucilah tangan Anda dengan sabun

Bau pada tangan yang memegang rokok akan bertahan paling lama. Mencuci tangan secara menyeluruh merupakan cara yang paling praktis untuk menghilangkan bau asap rokok dari tangan Anda. Anda dapat menggunakan sabun cair yang beraroma kuat supaya, karena dapat menghilangkan bau dengan sangat efektif.

2. Usapkan Daun Beraroma Kuat pada Tangan Anda

Contoh dari daun yang saya maksud adalah kemanggi, mangga, jambu, jeruk dll. Banyak sekali jenis daun lain yang bisa anda dapatkan di sekitar. Cara menghilangkan bau rokok di tangan adalah dengan menghancurkan daun dan mengusapkannya ke tangan sampai ke sela sela jari.

3. Usapkan Teh atau Kopi
Kebanyakan orang merokok di warung sambil minum kopi, anda bisa mengusapkan ampas kopi ataupun teh pada jari jari anda yang berbau rokok.

Itulah beberapa Cara Menghilangkan Asap Rokok di Paru-Paru dan Cara Menghilangkan Bau Rokok di Mobil, Mulut  dan Tangan. Tips ini memang bisa melenyapkan bau tersebut, tapi alangkah baiknya jika berhenti merokok demi menjaga kesehatan diri sendiri dan orang di sekitar.

Baca juga artikel populer ini :

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here