Beragam Penyebab dan Cara Menghilangkan Virus Iklan dan Malware di HP Android Tanpa Ribet

0

hui

Hai guys, selamata datang di website futureloka – website yang menyediakan informasi terlengkap seputar teknologi, gadget, smartphone, PC, laptop, sampai ke gaya hidup. Bahasan kali ini akan datang dari kategori tips dan aplikasi. Nah sebelumnya, pernah ga kalian merasa kesal dan jengkel karena kalau lagi buka sesuatu (entah itu file di chrome atau aplikasi) tapi tiba – tiba muncul iklan yang menghambat kalian. Tentunya bikin jengkel ya guys.

Meskipun sudah dipanggil smartphone alias HP pintar, namun ternyata cobaan yang datang dari virus masih tetap saja dapat menganggu dan belum dapat diproteksi 100% guys. Hal ini tentunya diluar kendali kan. Security system HP Android pada dasarnya sudah bagus, namun siapa yang bisa prediksi juga bahwa ada virus yang masih kebal dan bikin jengkel.

Baca juga:

Nah bagi kalian yang pernah merasakan hal yang demikian dan kalian sangat amat jengkel dengan iklan – iklan yang muncul tersebut, tentunya kalian ingin tahu dong gimana solusi yang tepat buat benerin HP Android kalian menjadi kebal terhadap virus iklan dan malware itu.

Sebelumnya, saya yakin kalian pastinya penasaran dengan penyebab dari mana datangnya dan munculnya ini virus iklan dan malware kan guys. Nah kalau begitu, kalian mesti dan kudu menyimak artikel ini selengkapnya karena saya akan membahas secara tuntas mengenai virus iklan dan malware di HP Android ini, mulai dari penyebabnya dan cara mengatasinya. Bagi kalian yang penasaran, yuk langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini. Check it out!

Penyebab Virus Iklan dan Malware di HP Android

Image result for virus iklan dan malware android

Nah guys, jika kalian sudah melihat gejala, tiba – tiba muncul iklan di layar HP Android anda, lalu ada aplikasi yang tiba – tiba terinstall di HP Android anda padahal kalian merasa tidak pernah menginstall aplikasi tersebut. Wah bisa jadi itu adalah tanda bahwa HP Android kalian telah terserang dan terinfeksi virus iklan dan malware ini guys.

Nah apa sih penyebab virus iklan dan malware ini bisa hinggap di HP Android kalian? Well, sebenarnya ada beberapa kemungkinan dan kondisi yang bisa menyebabkan virus iklan dan malware ini hinggap di HP Android kalian guys.

Kondisi 1 adalah ketika kalian lagi browsing di chrome, lalu tiba – tiba muncul halaman yang menyatakan “Bahaya HP anda terkena virus, install ….” lalu kalian termakanlah dengan informasi tersebut dan kalian menginstall aplikasi yang diperintahkan. Nah, ini bisa menjadi salah satu jalur utama masuknya virus iklan dan malware ini.

Kondisi 2 adalah kalian mau bermain games, namun game yang kalian inginkan tidak ada di google play store atau kalian tidak tahu tentang kegunaan google play store ini sebelumnya. Maka kalian mulai mencari – cari game yang kalian ingin mainkan tersebut lewat browser atau internet dan kalian mulai mendownload dan menginstall game tersebut di HP Android kalian. Nah ada kemungkinan besar game yang kalian download tidak melalui google play store itu disisipi virus iklan dan malware ini sehingga membuat HP Android kalian terinfeksi. Nah virus iklan dan malware ini bukan hanya dapat diselipkan pada game yang kalian download tidak melalui google play store namun juga dapat diselipkan pada berbagai aplikasi yang sering kalian download tidak melalui google play store.

Nah setelah mengetahui 2 kemungkinan penyebab dari virus iklan dan malware yang menginfeksi HP Android kalian. Tentunya virus iklan dan malware tersebut dapat menyebabkan efek samping yang tidak baik bagi HP kalian. Kalian juga pastinya penasaran, apa sih tujuan dari virus iklan dan malware tersebut? Apakah cuma iseng pengen ganggu aja? BIG NO!

Nah guys, jika HP Android kalian telah terinfeksi dan terserang oleh virus iklan dan malware ini, HP kalian akan menjadi:

  • Bertindak abnormal. Akan ada iklan yang tiba – tiba muncul dan menutupi layar HP Android kalian, pastinya akan membuat aktivitas kalian menjadi tidak nyaman
  • Baterai HP Android kalian akan cepat habis alias boros karena virus iklan dan malware ini akan tetap membuat HP Android kalian berjalan secara non stop meskipun kalian sedang tidak membuka aplikasi apapun
  • Aplikasi yang sedang kalian buka tiba – tiba keluar dengan sendirinya dan kemudian muncul iklan
  • Data dan pulsa kalian dapat dimakan oleh virus iklan dan malware ini. Virus malware ini berbahaya guys, dia dapat mencuri data dari aktivitas yang kalian sedang lakukan
  • HP kalian menjadi lemot karena RAM kalian tidak mencukupi untuk menjalankan semua aplikasi. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa virus iklan dan malware ini dapat menjalankan aplikasi di belakang
  • Akan banyak aplikasi yang akan terinstall secara otomatis tanpa sepengetahuan kalian guys.

Nah tentunya tujuan dari virus iklan dan malware ini adalah tujuan ekonomis. Mereka akan mendapatkan uang dari hasil iklan yang ditanamkan oleh virus iklan ini di HP Android kalian. Terlebih lagi virus iklan dan malware ini dapat mencuri data dan pulsa kalian guys. Makanya perlu hati – hati. Yuk simak cara mengatasinya selengkapnya di bawah ini.

Cara Menghilangkan Virus Iklan dan Malware di HP Android

Image result for virus iklan dan malware android

Nah, setelah mengetahui betapa menjengkelnya dan tidak baiknya virus iklan dan malware ini di HP Android kalian, maka jangan dipelihara ya guys, yuk langsung dihapus dan dimatikkan itu virus segera dengan mengikuti langkah – langkah di bawah ini:

1. Kalian ingat – ingat apa aplikasi yang terakhir kalian download dan install yang kira – kira menjadi jalur masuk dari virus iklan dan malware ini ke HP Android kalian. Jika sudah ingat, coba kalian hapus aplikasi itu beserta semua data – datanya melalui pengaturan settings –> applications. Lalu kalian uninstall itu aplikasi dan lihat efeknya, apakah masih ada iklan yang muncul tiba – tiba, apakah masih lemot dan nge-hang HP Android kalian. Jika iya, maka sudah beres dan kalian bisa lega hati. Namun jika belum, lihat langkah yang kedua

2. Bila cara pertama ternyata tidak mempan untuk membasmi virus iklan dan malware ini, kalian coba download aplikasi trojan killer melalui google play store ya biar aman

3. Biasanya dengan mendownload dan menginstall aplikasi Trojan Killer tersebut, virus iklan dan malware itu bakalan mati seketika. Jika beneran iya, maka sudah beres, namun jika belum juga, monggo lihat langkah selanjutnya.

4. Cara terakhir adalah dengan membawa HP Android kalian ke pengaturan awal pabrik alias root HP Android kalian untuk membasmi induk virus iklan dan malware ini. Sebelum kalian melakukan root ini, kalian sebaiknya memindahkan seluruh data kalian (terkhususnya data yang penting) ke laptop atau komputer kalian sebagai back-upan

5. Untuk kalian pengguna Android dengan OS Jelly Bean dan KitKat kalian dapat mengikuti langkah – langkah ini: setelah kalian pindahkan data ke komputer, sekarang kalian matikan auto sinkron akun google dengan cara: masuk ke menu settings –> pilih Back up and Reset –> lalu hapus tanda centang pada Back up My Data.

6. Setelah itu kalian matikan HP Android kalian dulu lalu tekan tombol power dan volume up secara bersamaan untuk kurang lebih 1 menit sampai ada tanda getar

7. Kalian akan masuk ke mode Android System Recovery. Untuk kalian pengguna OS Android Jelly Bean, kalian pilih Wipe data/ factory reset dengan menekan tombol volume down. Untuk kalian pengguna OS Android KitKat, kalian pilih Clear eMCC

8. Setelah itu kalian confirm dengan memilih yes – Delete All User Data

9. Setelah itu kalian hanya tinggal menunggu sampai proses selesai. HP Kalian akan masuk ke pengaturan awal pabrik dan semua virus iklan dan malware yang hinggap akan hilang.

Nah guys, begitulah cara yang paling efektif untuk menghilangkan virus iklan dan malware pada HP Android kalian yang terinfeksi.

Tips: lain kali jangan download dan install aplikasi dari manapun. Main aman aja, kalian download dan install aplikasi dari google play store aja. Di google play store banyak aplikasi dan game seru serta gratis maupun berbayar yang dapat kalian download dan install.

Lalu yang kedua, jangan sembarangan install jika tidak tahu kegunaan itu aplikasi buat apaan. Jangan gampang percaya dengan halaman dan iklan yang muncul di halaman pencarian jika kalian lagi browsing. Main aman aja, kalau tidak butuh tidak perlu diinstall. Jika dikasih iming – iming bakal dapet hadiah uang, HP, ataupun apapun itu jangan percaya karena di dunia ini siapa yang bakal ngasih gratisan HP, uang, laptop tanpa kalian ngapa – ngapain. Please be logic.

Nah, trick atau cara di atas tidak 100% ampuh untuk semua jenis HP Android. Ada yang berhasil, ada juga yang ga. Apalagi kalian sudah banyak mendownload aplikasi sembarangan kemungkinan virus tersebut sudah beranak cucu, berkembang biak, dan berinduk di HP Android kalian lebih besar. Cara terakhir yang dapat kalian lakukan hanya reset factory alias melakukan root HP Android kalian. Jangan sedih ya guys.

Well, itulah yang dapat saya share. Saya harap artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian. Jangan lupa buat terus pantau artikel futureloka karena masih banyak topik menarik dan bermanfaat lainnya yang dapat kalian simak. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel lainnya. Have a nice day everyone! Bye for now!

Baca juga:

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here