Cara Mengirim File atau Lampiran Lewat Email Gmail dengan Mudah dan Cepat

1

gt

Gmail adalah aplikasi e-mail dari google yang digunakan untuk mengirim dan menerima surat elektronik. Penggunaan gmail sendiri sangat mudah, jika kamu tidak tahu mengenai cara mengirim e-mail dengan gmail, berikut cara mengirim e-mail dengan lampiran pada gmail.

Baca juga:

Cara Mengirim File atau Lampiran Lewat Email Gmail dengan Mudah dan Cepat

Sebenarnya cara mengirim file atau lampiran lewat gmail ini sangat mudah. Hanya butuh beberapa langkah untuk menggunakannya. Langkah – langkah mengirim file atau lampiran lewat e-mail gmail: (cara ini khusus membuat gmail melalui PC)

  1. Bagi kalian yang belum mempunyai akun gmail, kalian dapat membuat satu guys melalui link ini https://accounts.google.com/SignUp?hl=en. Akun google tersebut dapat kalian gunakan untuk membuka dan menjalakan aplikasi google lainnya seperti gmail, google play store, google map, google photo, youtube, dan lain sebagainya karena memang terintegrasi

w1

2. Lalu masukkan data – data kalian dalam kolom create your google account. Pilih alamat e-mail yang belum digunakan orang lain. Ikuti langkah – langkahnya sampai kalian sudah sukses dalam membuat satu account.

3. Setelah itu masuk atau log in ke akun gmail yang telah kalian buat. Ketikkan gmail pada search engine google kalian (jika kalian menggunakan google). Lalu pilih kata hasil pencarian gmail. Lalu kalian masukkan alamat e-mail kalian dan passwordnya sampai masuk ke halaman utama gmail.

w2

4. Jika sudah masuk ke halaman utama gmail, klik tombol “compose” untuk menulis e-mail  yang terdapat pada sisi kiri atas halaman utama gmail, sampai tampak halaman blank untuk mengirimkan pesan seperti di bawah ini.

w3
Halaman utama gmail
w4
Halaman utama compose

5. Setelah masuk ke halaman utama compose e-mail, masukkan alamat email penerima dan subject e-mail. Setelah memasukkan isi dalam body e-mail, lalu jika ingin menambah attachment atau lampiran pada e-mail, terdapat dua cara yakni men-drag file yang akan kalian lampirkan. Caranya hanya perlu me-minimize jendela gmail. Setelah itu buka folder dimana dokumen atau file disimpan.

klik file mana yang akan dimasukkan dalam e-mail, lalu drag hingga ke body e-mail dan sampai muncul tulisan “drop files here”.

w5

Jika sudah di drag, file akan masuk ke dalam halaman compose e-mail di gmail kalian dengan sendirinya, dan hanya perlu mengklik send untuk mengirimkan ke alamat email tujuan. Jika ingin melampirkan banyak file,  hanya perlu memblok file – file yang ingin dilampirkan tersebut lalu drag blok file itu ke halaman putih compose email. Semua file itu akan dilampirkan dengan otomatis.

w6

7. Cara kedua adalah dengan cara manual. Cara manual ini sebenarnya sama mudahnya dengan cara drag. Kalian cuma butuh menekan attach file (ikon dengan gambar kertas yang di klip menggunakan paper clip) pada halaman compose email seperti gambar di bawah.

w7

Setelah menekan attach file, lalu akan dibawa ke documents. Kalian hanya perlu mencari atau browse folder dimana file disimpan. Jika kalian sudah menemukan file yang ingin kalian lampirlan kalian hanya perlu menekannya dan tekan open. Lalu file tersebut akan dengan sendirinya terlampir masuk ke halaman compose email.

w8

8. Jika sudah hanya perlu menekan tombol send untuk membuat email terkirim ke tujuan.

Bagaimana?Mudah sekali ya? Jangan lupa untuk terus mengupdate informasi terkini seputar gaya hidup dan teknologi hanya di laman Futureloka.

Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Baca juga:

 

SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here