Cara Mengolah dan Mengurangi Sampah Dengan Benar

1

cara-mengolah-dan-mengurangi-sampah

Sampah merupakan material sisa-sisa yang tidak diinginkan oleh seseorang setelah berakhirnya suatu proses. Sampah didefinisikan menurut derajat keterpakaiannya, dalam proses alam tidak ada yang namanya konsep sampah, yang ada hanyalah produk yang dihasilkan selama proses alam tersebut berlangsung.

Sampah dapat membawa dampak yang buruk pada kondisi kesehatan manusia. Bila sampah dibuang secara sembarangan atau ditumpuk tanpa ada pengolahan yang baik, maka akan menimbulkan berbagai dampak kesehatan yang serius. Tumpukan sampah yang dibiarkan begitu saja selain berdampak pada kesehatan namun juga bisa berdampak, pencemaran lingkungan seperti pencemaran tanah dan air.

Sampah juga bisa mengakibatkan gangguan estetika dimana akan menimbulkan kesan pandangan yang buruk ketika terlihat tumpukan sampah. Masih banyak lagi dampak negatif yang disebabkan sampah, maka dari itu kita dapat mengurangi dampak negatif tersebut dengan melakukan pengolahan sampah dan mengurangi kapasitas sampah.

Dengan itu kami akan memberikan tips bagaimana Cara Mengolah dan Mengurangi Sampah Dengan Benar.

Cara Mengurangi Sampah Plastik

cara-mengurangi-sampah-plastik

Plastik mengandung berbagai bahan kimia yang tidak baik bagi kesehatan dan juga kebersihan lingkungan. Kandungan yang terdapat di dalam plastik adalah karsinogen yang mengandung racun yang bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit seperti tumor, endokrin dan genital.

Limbah plastik merupakan sampah yang tidak bisa diurai oleh tanah. Sehingga akan selalu memiliki ancaman terhadap pencemaran lingkungan.

Ada beberapa ide untuk menangani dan mengurangi limbah plastik, yaitu diantaranya:

1. Untuk mengurangi dampak dari limbah plastik, sebagian besar negara di dunia telah melarang penggunaan produk plastik tertentu. Hal ini untuk mengurangi rasa ketergantungan terhadap produk plastik. Dan menggantikannya dengan produk yang lebih ramah lingkungan, seperti menggunakan tas dari bahan kertas atau dari bahan lainnya untuk berbelanja. Sehingga dapat mengurangi pemakaian plastik di dalam kehidupan sehari-hari.

2. Melakukan daur ulang sampah plastik dengan cara memisahkan partikel-partikel plastik hingga terciptanya produk baru. Plastik daur ulang biasanya akan dirubah bentuk menjadi biji plastik, botol minuman, dan produk baru dengan bentuk baru yang lainnya. Salah satunya dalah dengan membuat kerajinan tangan dari plastik bekas.

cara-mengurangi-sampah-plastik-2

3. BLH (Badan Lingkungan Hidup) meluncurkan gerakan ecobricks  untuk pemanfaatan sampah plastik, Sistem ini dilakukan hanya dengan memasukkan sampah plastik jenis apapun ke dalam botol, sampah plastik tersebut harus dalam keadaan bersih dan kering. Setelah masuk ke dalam botol, maka tinggal dilakukan pemadatan menggunakan tongkat atau kayu stik. Setelah penuh terisi, maka hanya tinggal ditutup dan kemudian dapat dimanfaatkan sebagai bahan konstruksi.

Botol-botol ecobricks tersebut bisa untuk digunakan sebagai dasar membuat meja, kursi, dinding dan konstruksi apapun.

Cara  Mengurangi Sampah Kering

cara-mengurangi-sampah-kering

Sampah kering adalah bahan rongsokan yang tidak dibuat dari bagian tubuh makhluk hidup. Misalnya tas plastik (tas kresek), ember plastik yang sudah bocor, kaca, kaleng, botol, dan masih banyak lagi.

Sampah kering harus dimanfaatkan kembali, karena tanah tidak bisa menguraikannya. Jangan membuang sampah kering ke sungai, karena akan terbawa arus sampai ke laut, dan dimakan oleh ikan. Akibatnya, ikan di laut banyak yang mati karena pencemaran. Jika ada ikan yang berhasil hidup, kita harus berhati-hati mengkonsumsinya karena dikhawatirkan dagingnya mengandung bahan berbahaya seperti merkuri.

Agar tidak banyak menghasilkan sampah kering kita bisa meminimalisir penggunaan benda-benda sekali pakai yang bisa menjadi sampah. Contohnya :

  • Ketika berbelanja, alangkah baiknya jika anda membawa tas belanja sendiri sehingga anda tidak perlu lagi menggunakan kantong plastik.
  • Jangan sering-sering membeli minuman kemasan botol. Kalau minuman sudah habis, botolnya hanya menambah sampah.
  • Kurangi jajan. Jajanan di sekolah-sekolah biasanya menggunakan kemasan plastik, seperti snack, permen, minuman, juga makanan yang dijual ‘abang-abang’ PKL. Selain tidak menimbulkan sampah, dengan tidak banyak jajan kita terhindar dari berbagai penyakit karena jajanan berpotensi mengganggu kesehatan.
  • Apabila kamu sering membeli koran atau majalah, jangan langsung dibuang setelah dibaca. Sebaiknya didaur ulang atau dijual ke tukang loak.

Cara Mengatasi Sampah Organik

cara-mengatasi-sampah-organik

Sampah organik merupakan limbah yang berasal dari sisa-sisa makhluk hidup (alam) seperti manusia, hewan, dan tumbuhan yang mengalami pembusukan atau pelapukan. Sampah ini merupakan sampah yang tergolong ramah lingkungan karena dapat di urai oleh bakteri secara alami dan berlangsung dengan cepat.

Contohnya : Daun, kayu, kulit telur, bangkai hewan, bangkai tumbuhan, kotoran hewan dan manusia, Sisa makanan, Sisa manusia. kardus, kertas dan lain-lain.

limbah organik dapat dimanfaatkan secara langsung maupun melalui daur ulang terlebih dahulu. Tanpa melalui daur ulang, limbah organik dapat dimanfaatkan secara langsung, misalnya sampah rumah tangga berupa sayuran, daun-daun bekas dapat dijadikan makanan ternak. Melalui daur ulang, limbah organik dapat juga dimanfaatkan. Contohnya adalah pembuatan pupuk kompos, pembuatan biogas, dan pembuatan kertas daur ulang.

Proses daur ulang memiliki potensi yang cukup besar dalam mengurangi tambahan biaya pengolahan dan tempat pembuangan akhir sampah.

Cara Mengatasi Sampah Anorganik

cara-mengatasi-sampah-anorganik

Sampah Anorganik adalah sampah yang berasal dari sisa manusia yang sulit untuk di urai oleh bakteri, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama (hinga ratusan tahun) untuk dapat di uraikan. Biasanya berasal dari sampah industri.

Contohnya : Plastik, botol minuman mineral, besi, kaca (beling), Kain atau baju, kaleng, ban bekas, pulpen, spidol, jam tangan, dan lain-lain.

Limbah anorganik yang dapat didaur ulang yaitu sampah plastik, logam, kaca, plastik, dan kaleng. Limbah tersebut terlebih dahulu diolah. berikut beberapa langkah pengolahan sampah anorganik :

1. Sanitary Landfill

Merupakan salah satu metode pengolahan sampah terkontrol dengan sistem sanitasi yang baik.Sampah dibuang disuatu tempat, kemudian dipadatkan dengan traktor.Selanjutnya sampah ditutup tanah.Pada bagian dasar tempat tersebut dilengkapi sistem saluran yang berfungsi sebagai saluran limbah cair sampah yang harus diolah terlebih dahulu sebelum dibuang ke sungai.Pada sanitary landfill juga dipasang pipa gas untuk mengalirkan gas hasil aktivitas hasil penguraian sampah.Cara ini sangat menguntungkan karena menghilangkan polusi udara.

2. Pembakaran sampah (incineration)

Sampah padat dibakar didalam insinerator.Hasil pembakaran adalah gas dan residu pembakaran.Penurunan volume sampah padatmencapai 70%.

3. Penghancuran (pulverization)

Penghancuran sampah dilakukan di dalam mobil pengumpul sampah yang telah dilengkapi dengan alat pelumat sampah. Sampah langsung dihancurkan menjadi potongan-potongan kecil yang dapat dimanfaatkan untuk menimbun tanah yang letaknya rendah.

Mari kelola sampah dengan benar, dengan begitu tidak akan ada sampah yang menumpuk serta menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Lingkungan yang bersih dan sehat akan menciptakan kenyamanan bagi diri kita.

Baca juga artikel populer ini :

SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here