Cara Mengurangi Kolesterol Tinggi Secara Alami dengan Cepat

0

makanan-penurun-kolesterol

Kalian tahu sebenarnya apa yang menyebabkan kadar kolesterol meningkat dalam darah? Ya, seseorang dengan pola hidup dan pola makan yang tidak terkendali bisa menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam darah. Faktor terpenting yang menyebabkan tingginya kadar kolesterol adalah makanan yang mengandung lemak jahat.

Seperti yang sudah ketahui, sekarang banyak makanan cepat saji yang dipilih untuk dikonsumsi di sela-sela kesibukannya. Terlalu banyak makan makanan cepat saji mengakibatkan kolesterol menjadi tinggi. Nah, karena itulah tim futureloka akan memberikan tips cara menurunkan kolesterol yang tinggi secara alami.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Bagi Anda yang merasa memiliki kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh, sebelum menimbulkan penyakit kronis yang tidak diinginkan, sebaiknya lakukan cara untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dengan cara alami. Adapun cara cepat menurunkan kolesterol secara alami berikut ini:

Alpukat

alpukat

Buah alpukat tak hanya memiliki rasa yang lezat dan enak ini, tetapi juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Alpukat merupakan buah yang mengandung lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh.

Delima

buah-delima

Tak hanya alpukat, buah delima merah ini bisa Anda konsumsi untuk membantu menurunkan kolesterol secara alami. Selain itu, delima juga dapat membantu mengurangi plak arteri dengan meningkatkan oksida nitrat di dalam tubuh.

Perbanyak konsumsi sayuran

sayuran

Sayuran memiliki kandungan serat dan juga antioksidan tinggi yang baik bagi tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam sayuran berupa betakaroten, Vitamin A, Vitamin C dan juga E. Antioksidan inilah yang dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan timbulnya penyakit berbahaya dalam tubuh.

Jeruk

jeruk

Jeruk memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C sebagai antioksidan ini mampu mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Tak hanya itu, dengan mengkonsumsi sebanyak 3 gelas jus jeruk setiap hari dapat meningkatkan kadar HDL hingga 21 mg dalam waktu 1 bulan.

Olahraga Teratur

olahraga

Untuk menurunkan kadar kolesterol, maka kita harus menurunkan berat badan terlebih dahulu dengan cara membakar lemak atau kalori dalam tubuh. Cara yang paling efektif dan murah yaitu dengan melakukan olahraga secara teratur minimal 3 kali dalam seminggu. Dengan berolahraga, maka Anda bisa mengurangi kadar lemak jahat di dalam tubuh.

Hindari Makanan Mengandung Kolesterol Tinggi

kolestrol-tinggi

Untuk menurunkan kolesterol dalam darah, sebaiknya kita meminimalisir makanan yang mengandung kolesterol tinggi, seperti gorengan, daging jeroan, cumi-cumi, telur puyuh, kerang, mentega, kepiting, dan lain sebagainya. Anda juga tidak disarankan untuk mengkonsumsi fast food atau junk food.

Cara Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat dengan Cepat

Angka kolesterol dan asam urat yang tinggi sering menjadi keluhan terutama orang tua atau lanjut usia. Biasanya orang tua merasa sangat tidak nyaman karena kolesterol dan asam urat yang tinggi karena tubuh menjadi lebih lemah. Kolesterol dan asam urat yang tinggi selalu bisa menimbulkan dampak penyakit komplikasi. Ada berbagai penyebab kolesterol tinggi yang benar-benar bisa membuat kesehatan tubuh menurun.

Hal paling penting untuk mengatasi angka kolesterol dan asam urat yang tinggi adalah dengan mengendalikan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol dan asam urat.

Makanan Mengandung Serat Tinggi

makanan serat tinggi

Semua jenis makanan yang mengandung serat tinggi bisa mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Serat akan membantu proses pencernaan dan penyerapan sari makanan dalam tubuh. Selain itu serat juga bisa berfungsi untuk menyerap kadar asam urat dalam darah dan kemudian zat berbahaya ini akan dibuang lewat saluran urin. Serat juga bisa membantu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh yang mengurangi dampak kolesterol berlebihan.

Contoh Makanan : brokoli, oats, seledri, wortel, kale, sawi, tomat dan kubis.

Sayuran

sayuran-hijau

Beberapa jenis sayuran bisa membantu tubuh menurunkan asam urat karena bisa mengurangi kadar asam dalam tubuh. Berbagai jenis sayuran hijau juga bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah serta menurunkan berat badan. Efeknya adalah kadar kolesterol akan menurun karena sayuran mengandung kalori yang rendah dan kadar serat yang tinggi.

Contoh Sayuran : Seledri menjadi sayuran terbaik untuk menurunkan asam urat dan kolesterol.

Buah Ceri

buah-ceri

 

Buah ceri yang bisa didapatkan dalam bentuk kalengan juga sangat baik untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Konsumsi buah ceri setiap hari bisa menurunkan asam urat yang tinggi. Buah ceri juga bisa dijadikan camilan rutin untuk setiap hari. Selain itu buah ceri juga membantu menghilangkan lemak dalam tubuh, menurunkan kolesterol dan mengurangi beberapa resiko penyakit stroke dan serangan jantung. Buah ceri tidak mengandung lemak dan memiliki jumlah kalori yang cukup rendah.

Minyak Biji Rami

minyak-bijih-rami

Minyak biji rami menjadi salah satu jenis minyak yang sangat baik untuk menurunkan kadar asam urat dan kolesterol yang tinggi. Minyak biji rami mengandung setidaknya 45 % serat dan 55 % asam lemak omega 3. Selain itu minyak biji rami yang mengandung kalium yang sangat tinggi sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan darah.

Apel

buah-apel

Apel menjadi buah yang sangat bermanfaat untuk menurunkan asam urat dan kolesterol. Hal ini disebabkan karena kandungan asam malat pada buah apel yang bisa menetralkan efek asam urat dalam tubuh. Zat ini juga bisa membantu pengeluaran asam urat dari tubuh  lewat saluran urin. Sementara kandungan pektin dalam buah apel bisa menghambat proses oksidasi kolesterol sehingga menurunkan jumlah kolesterol yang tinggi dalam tubuh.

Pisang

buah-pisang

Pisang bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Kandungan pisang seperti gula yang rendah, kadar alkali yang cukup tinggi dan sumber kalium bisa menurunkan kadar asam urat. Kalium bisa membantu menurunkan kadar asam urat karena akan membantu mencairkan asam dalam tubuh dan kemudian keluar dari tubuh lewat saluran urin.

Air dan Teh Hijau

air-teh-hijau

Air dan teh hijau sangat penting untuk menurunkan asam urat dan kolesterol dalam tubuh. Air akan membantu tubuh dalam mengalirkan kadar asam urat yang tinggi melalui saluran urin. Sementara teh hijau akan membantu tubuh mengeluarkan semua limbah dan kotoran dalam tubuh yang bisa memicu kadar asam urat tinggi. Teh hijau juga bisa menurunkan kadar LDL karena mengandung kadar antioksidan yang sangat tinggi. Minum setidaknya dua cangkir teh hijau setiap hari akan membantu tubuh menjadi lebih sehat untuk penderita asam urat dan kolesterol tinggi.

Ikan Salmon

ikan-salmon

Ikan salmon bisa dikonsumsi untuk orang yang memiliki kadar asam urat tinggi. Ikan salmon mengandung kadar purin yang rendah sehingga masih aman untuk dikonsumsi, hanya saja tetap harus dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas. Ikan salmon juga akan menurunkan kadar kolesterol tinggi karena kandungan asam lemak omega 3 yang penting untuk memerangi kadar kolesterol buruk di tubuh. Ikan salmon juga akan menurunkan resiko penyakit komplikasi yang biasanya sering terjadi pada penderita kolesterol tinggi seperti penyakit jantung dan stroke. Salmon juga akan meningkatkan perlindungan tubuh untuk mengatasi berbagai penyakit peradangan.

Susu Rendah Lemak

susu-rendah-lemak

Semua jenis produk yang diolah dari susu rendah lemah dan susu rendah lemak juga bisa mengatasi kadar asam urat dan kolesterol yang tinggi. Susu rendah lemak menjadi sumber protein yang menjadi sumber tenaga untuk tubuh namun memiliki kadar purin yang rendah sehingga tidak akan meningkatkan asam urat. Bagi penderita asam urat dan kolesterol tinggi yang tidak mengkonsumsi daging dan makanan dari unggas, maka susu akan menjadi pilihan terbaik agar tubuh tetap sehat.

Cara Menurunkan Kolesterol pada Ibu Hamil

Hati-hati untuk anda para wanita yang mempunyai penyakit kolsterol dalam masa kehamilan anda, kurangi mengkonsumsi makanan dan minuman berminyak, berlemak dan mengandung kolesterol tinggi. Contoh : jeroan, kepiting, udang, kerang, kacang-kacangan, daging, santan, minyak, margarin, cokelat dan gula. Jika tidak bisa, berarti harus minum banyak dan makan buah sebelum konsumsi makanan tersebut.

Berikut adalah cara menurunkan kolesterol pada ibu hamil :

Makanlah Makanan yang Sehat dan Bergizi

Untuk menurunkan kolesterol tidak harus mengurangi makan secara langsung, sobat bisa saja belajar sedikit-sedikit mengurangi jatah makan secara teratur, tapi tetap harus memperhatikan nilai dan kandungan gizinya. Untuk kebutuhan gizi haruslah diutamakan, karena jika sobat diet atau menurunkan kolesterol tinggi tanpa memperhatikan kebutuhan gizi untuk tubuh sobat itu sangat berbahaya dan salah-salah malah akan menimbulkan penyakit yang tidak diharapkan.

Berolahraga Secara Teratur

Olahraga merupakan bagian penting untuk hidup dan untuk menjaga kesehatan agar tubuh tetap sehat dan segar. Dalam banyak artikel yang saya baca pun, olahraga menjadi elemen penting untuk menjaga kondisi,daya tahan, kesegaran, dan memperbaiki bentuk tubuh. Untuk itu, sobat harus membiasakan untuk berolahraga secara teratur, kan sekarang sudah banyak alat olahraga yang dijual di toko olahraga atau alat olahraga yang modern yang tidak akan menyita waktu sobat. Sebenarnya waktu atau kesibukan sobat bukan menjadi alasan sobat untuk tidak berolahraga, karena olahraga itu penting.

Perbanyak makan buah dan sayuran

Buah dan sayuran mengandung banyak serat yang bisa melancarkan pencernaan serta memperbaiki pencernaan. Selain dari pada itu sayuran dan buah juga sangat diperlukan tubuh untuk meningkatkan kelembaban kulit serta baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterlrol tinggi.

Makanlah Secukupnya

Hindari kekenyangan. Kekenyangan disini bukan berarti tidak kenyang, tapi jangan berlebihan. Jika berlebihan maka akan kekenyangan dan malah tidak baik. Jika sudah kekenyangan maka tidak akan nyaman dan susah untuk melakukan aktivitas lainnya, makanya jangan sampai kekenyangan, karena bisa membuat kadar kolesterol tinggi meningkat.

Kurangi Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi

Ini penting untuk menurunkan kolesterol tinggi, jika sobat berkeinginan untuk menurunkan kolesterol tinggi, sebaiknya hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi, seperti : bolu, cake, daging, soda dsb.

Makan Sebaiknya 2 Jam Sebelum Tidur

Sebelum tidur jangan makan dulu. Maksudnya jika anda makan, harusnya minimal 2 jam sebelum tidur, agar makanan yang dikonsumsi akan diolah dan dicerna dengan baik oleh organ tubuh, Jika dalam keadaan tidur, otomatis sebagian alat atau organ pencenaan ada yang beristirahat makanya bisa membuat makanan tidak tercerna dengan baik.

Nah, begitulah berbagai cara mengatasi / mengurangi kolesterol dan asam urat yang tinggi. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel popular ini :

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here