Cara Mudah Mengurangi Polusi Udara di Lingkungan Sekitar

0

pencemaran-udara

Polusi merupakan proses pencemaran lingkungan yang menyebabkan menurunnya kualitas lingkungan serta kesehatan dan ketenangan makhluk hidup khususnya manusia. Udara yang tercemar itu sangat tidak baik bagi kesehatan, karena akan menimbulkan berbagai penyakit, seperti : kanker saluran pernapasan, penyakit ISPA dan penyakit lainnya.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi polusi udara tersebut. Di bawah ini tim futureloka akan menjelaskan cara-cara mengurangi polusi udara.

Cara Mengurangi Polusi Udara di Lingkungan Sekitar

Pencemaran udara tidak bisa dihilangkan sama sekali, tapi hanya bisa dikurangi atau dikendalikan. Manusia bisa menyebabkan pencemaran udara, tetapi bisa juga berperan dalam pengendalian pencemaran udara ini. Adapun cara mengurangi polusi udara di lingkungan sekitar kita adalah sebagai berikut :

Reboisasi

reboisasi

Reboisasi yaitu penanaman kembali hutan yang gundul. Reboisasi ini bisa mengurangi polusi udara akibat CO2. Tumbuhan menyerap CO2  untuk berfotosintesis, dengan melakukan reboisasi berarti akan meningkatkan pengambilan COoleh tumbuhan.

Menggunakan Kendaraan Umum

tj

Menggunakan sarana transportasi umum merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengurangi polusi udara. Lebih baik menggunakan bus atau kereta. Walaupun kendaraan umum juga sama-sama mengeluarkan gas emisi, namun kendaraan umum bisa menampung banyak orang ketimbang menggunakan mobil pribadi. Coba bayangkan, jika setiap orang mengurangi menggunakan kendaraan pribadi dan memilih kendaraan umum. Berapa banyak polusi yang sudah berkurang? Bahkan bisa mengurangi kemacetan juga.

Bersepeda

naik-sepeda

Bersepeda selain tidak mencemari lingkungan, tetapi juga bisa menyehatkan tubuh.

Tidak Merokok

tidak-merokok

Asap rokok juga memberikan dampak polusi yang tinggi. Jika anda merokok dirumah dan asapnya tertinggal di bantal, sofa, karpet akan menimbulkan penyakit juga bagi anda. Karena itu kurangilah merokok untuk mengurangi polusi udara sekitar anda juga itu menghindarkan dari penyakit yang tidak diinginkan.

Menggunakan Energi Ramah Lingkungan

energi-ramah-lingkungan

Energi yang termasuk ramah lingkungan adalah energi matahari. Energi matahari ini banyak manfaatnya yaitu menyehatkan tubuh, sumber energi listrik dan masih banyak yang lainnya.

Merawat Mobil

merawat-mobil

Rawatnya mobil secara rutin dengan baik agar asap kendaraannya tidak mengotori lingkungan dan agar tidak boros bahan bakar juga.

Gerakan Menanam Pohon

menanam-pohon

Melakukan gerakan menanam pohon ini dilakukan dengan berkoordinasi dengan para warga di sekitar lingkungan tersebut. Bahu membahu menanam pohon sedikit demi sedikit bisa membuat kita terbiasa nantinya untuk selalu ingat untuk menanam pohon demi terwujudnya lingkungan yang bersih dan sehat.

Cara Mengatasi Pencemaran Udara oleh Asap Pabrik

Asap pabrik menjadi penyebab yang besar terjadinya polusi udara. Selain polusi udara, asap pabrik juga memicu terjadi hujan asam. Asap pabrik biasanya dibuang lewat cerobong asap, jika asapnya naik ke permukaan maka akan menghasilkan gas- gas yang berbahaya. Nah, oleh karena itu, tim futureloka ingin memberikan tips cara mengatasi pencemaran udara oleh asap pabrik. Berikut tips-tipsnya :

Memasang Penyaring Udara di Cerobong Asap

cerobong-asap-pabrik

Memasang penyaring udara ini sangat penting karena menyaring partikel-partikel yang sudah bercampur asap sehingga tidak menghasilkan asap yang menyebabkan polusi udara.

Mengurangi Penggunaan Bahan Bakar

batubara pabrik industri

Mengurangi bahan bakar fosil di bidang industri seperti pengurangan minyak bumi dan batu bara akan berdampak mengurangi asap yang dihasilkan pabrik juga. Alternatif energi ramah lingkungan lain sebagai penggantinya bisa menggunakan energi panas bumi, energi surya atau energi biogas.

Mendirikan Kawasan Industri yang Jauh dari Pemukiman Warga

kawasan-industri

Jarak antara industri pabrik dan pemukiman warga harus diperhatikan. Jangan terlalu dekat karena dikhawatirkan asap yang dihasilkan oleh pabrik akan mengganggu kehidupan warga yang ada disekitarnya.

Nah, begitulah beberapa cara mudah untuk mengurangi polusi udara yang ada di sekitar kita. Semoga bermanfaat.

Baca juga Artikel Populer ini :

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here