Cara Mudah Menyembunyikan Aplikasi, Foto, dan Video di HP Android dengan Aman dan Tanpa Ribet

0

secret

Pada dasarnya ada beberapa alasan orang ingin menyembunyikan sesuatu. Pertama karena sesuatu itu adalah privasi penting dan kedua, sesuatu itu kalian rasa menganggu dan tidak berguna sehingga kalian ingin menonaktifkan atau menyembunyikannya.

Sering kali dalam hidup ini kalian menyembunyikan sesuatu dari anggota keluarga, orang tua, sahabat, dan orang lain karena kalian anggap “sesuatu” tersebut adalah hal yang penting dan merupakan privasi kalian yang tidak boleh diketahui oleh orang lain.

Sikap kalian dalam melindungi privasi kalian itu sesungguhnya wajar dilakukan. 99% populasi di planet bumi ini pastinya memiliki paling minimal 1 privasi yang ingin disimpan sendiri saja dan tidak mau diketahui orang lain meskipun itu merupakan orang terdekat kalian.

Baca juga:

Biasanya di abad 21 ini, orang kebanyakan menyimpan privasi itu di HP atau di laptop, udah jarang banget di buku diari. Perkembangan teknologi di era revolusi industri yang ke 4 ini bisa dibilang memang sangat pesat hingga manusia kerap menjadikan teknologi itu sebagai teman penyimpan rahasia.

Nah buat kalian ini, terkhususnya pengguna Android yang banyak memiliki privasi di HP Android kalian itu, chat pacar kah, foto gebetan kah, video jahilin temen kah, atau apapun itu dan kalian tidak mau semua privasi itu sampe dibuka orang lain (kalian hanya ingin kalian aja yang bisa ngeliat) nah dalam bahasan kali ini saya akan membahas mengenai Cara Mudah Menyembunyikan Aplikasi, Foto, dan Video di HP Android dengan Aman dan Tanpa Ribet. Bagi kalian yang penasaran, yuk langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini! Check it out!

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

Sub headline yang pertama akan membahas mengenai cara menyembunyikan aplikasi di Android.

  • Cara yang pertama adalah tanpa melalui aplikasi downloadan alias langsung menggunakan fitur – fitur settingan yang ada di Android
  • Cara kedua yang akan dibahas adalah melalui aplikasi yang kalian harus download di play store
  1. Cara menyembunyikan aplikasi melalui fitur – fitur settingan di Android.

Langkah – langkah:

  • Nah, untuk cara ini gampang banget buat kalian ikuti. Pertama kalian buka home kalian, lalu pilih settings
  • Scroll ke bawah dan pilih applications

a1

  • Setelah itu pilih applications manager, klik, dan pilih aplikasi yang ingin kalian hidden

a2

  • Lalu pilih disable, aplikasi yang telah di-disable akan mempunyai tulisan disable seperti aplikasi OneNote yang telah di disable di bawah

a3

  • Selesai, aplikasi yang ingin kalian sembunyikan tidak akan muncul di homescreen kalian
  • Jika kalian ingin menggunakan aplikasi itu lagi kalian tinggal ikuti cara yang sama dengan cara menyembunyikannya, lalu tinggal pilih enable dan aplikasi tersebut muncul dan bisa digunakan kembali.

a4

Sayangnya cara ini juga sebagai tindakan untuk menonaktifkan suatu aplikasi. Kalian tidak akan bisa menggunakan aplikasi ini selama kalian membuat aplikasi ini disabled.

2. Cara menyembunyikan aplikasi dengan menggunakan aplikasi download-an

Nah, jika kalian merasa kurang puas dengan cara di atas, kalian dapat menggunakan cara ini untuk menyembuyikan aplikasi kalian dengan lebih efektif. Cara satu ini tentunya membutuhkan suatu aplikasi yang mesti kalian download. Yuk ikuti langkah – langkah nya di bawah.

  • Pertama, kalian pengguna Android buka playstore kalian dan cari aplikasi bernama Nova Launcher. Gambar aplikasinya di bawah ini.

b2

  • Jika sudah ketemu kalian download dan install dulu ke HP Android kalian.
  • Jika sudah terinstall, kalian tinggal buka aplikasi tersebut, masuk ke settingan aplikasi Nova Launcher lalu pilih app and Widget drawers, lalu pilih hide apps dan tandai aplikasi yang ingin kalian sembunyikan, selesai.
  • Selain Nova Launcher, kalian juga dapat menggunakan aplikasi Apex Launcher. Nah jika kalian lebih memilih menggunakan aplikasi Apex Launcher, untuk menyembunyikan aplikasi kalian tinggal masuk ke Apex settings, lalu pilih drawer settings, kemudian hidden apps. Tampilan overview Apex Launcher dapat kalian lihat di bawah

b1

Selain menggunakan Apex Launcher ataupun Nova Launcher, banyak aplikasi hidden apps yang ditawarkan di dalam Play Store. Kalian bisa mengotak ngatiknya sendiri jika kalian ingin menggunakan aplikasi lain. Aplikasi lainnya yang saya rekomendasikan adalah PrivacyHider yang sudah didownload oleh kurang lebih 1 juta orang dan masih banyak yang lainnya. Kamu dapat menggunakan aplikasi tersebut tanpa perlu root.

Cara Menyembunyikan Foto di Android

Setelah keinginan untuk menyembunyikan aplikasi beres, tiba – tiba kalian ingin menyembunyikan foto. Ya ela, banyak banget yang pengen disembunyiin. Tapi tak apa, ini saya bantu langkah – langkahnya.

Nah, untuk menyembunyikan foto di Android ternyata kalian juga bisa menggunakan aplikasi PrivacyHider yang telah saya sebutkan di atas. Nih gambar aplikasinya di bawah.

c1

Langkah – langkahnya:

  • Pertama, yang pasti kalian mesti mendownload aplikasi ini terlebih dahulu di playstore Android kalian.
  • Jika sudah terinstall di HP Android kalian barulah kalian dapat menjalankan aplikasi ini. Kalian buka deh tu aplikasi. Di tampilannya utamanya ada pilihan private album.
  • Nah kalian akan diminta untuk menambahkan foto dengan import foto melalui tanda plus (+) di pojok kanan atas. Kalian pilihlah foto yang ingin kalian hidden.
  • Jika sudah selesai, kalian tinggal klik hide dan semua foto yang kalian pilih dan import tadi semuanya telah aman disembunyikan.

Nah foto kalian yang tadinya ada di galeri sudah aman tersimpan di aplikasi PrivateMe atau Privacy Hider itu. Namun bagaimana jika orang lain tahu aplikasi ini dan membuka foto yang sudah disimpan melalui aplikasi PrivateMe itu? Well, jangan khawatir, jika dapat menyembunyikan aplikasi PrivateMe ini juga, jadi tangan – tangan jahil tidak akan bisa mengotak – ngatik foto yang sudah kita sembunyikan itu.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Kalian akses dulu daftar menu dari aplikasi PrivateMe ini dan cari fitur Protection for PrivateMe
  • Jika udah ketemu kalian klik, lalu akan muncul jendela pop up dengan dua pilihan; Cover PrivateMe atau Lock PrivateMe.
  • Pilih sesuai kalian mau
  • Jika kalian pilih cover PrivateMe maka aplikasi ini akan menjadi invisible alias tersembunyi, kalau pilih lock PrivateMe, maka aplikasinya tetap ada namun terkunci
  • Jika kalian lebih tertarik dengan cover PrivateMe, kalian klik lalu nanti kalian akan diarahkan pake fake calculator dan diminta untuk memasukan password dan email untuk pemulihan jika lupa passwordnya.
  • Selesai deh
  • Untuk mengakses PrivateMe untuk melihat foto yang disembunyikan kalian tinggal cari fake calculator itu dan masukan password yang telah kalian set. Selesai deh.
  • Untuk Lock PrivateMe caranya juga gampang kok, kalian tinggal perlu mengikuti langkah – langkah yang disediakan

Cara Menyembunyikan Video di Android

Setelah menyembunyikan file dan foto, sekarang kalian pengen menyembunyikan video. Wow, banyak banget privasi kalian yang guys. Caranya tidak akan jauh berbeda dari menyembunyikan foto guys jika kalian menggunakan aplikasi downloadan.

Namun ada beberapa sumber yang menyertakan cara menyembunyikan video atau pun foto tanpa harus mendownload aplikasi. Nah caranya sebagai berikut:

  • Kalian buka file explorer atau file manager yang biasa kamu gunakan
  • Lalu kalian cari video yang ingin disembunyikan
  • Lalu pilih rename dan ubah nama file video tersebut dengan menambahkan awalan titik di depannya tanpa mengubah nama lainnya.
  • Selesai, file video kalian tersebut sudah tersimpan dan tidak akan ditemukan di folder video

Namun, ingat, cara di atas tidak selalu compatible dengan semua jenis OS dan Android. Ada yang bisa ada juga yang tidak. Contohnya, HP Android saya Samsung Galaxy J5 dengan OS Marshmallow ternyata memiliki perbedaan sehingga cara ini tidak berlaku di HP saya *atau saya yang melakukannya tidak benar ya? Entahlah*

Namun kalian coba aja guys, kalau belum mencoba tidak akan tahu hasilnya. Mencoba itu hal yang penting.

Nah guys, itulah cara – cara menyembunyikan aplikasi, foto, dan video di Android dengan aman dan tanpa ribet. Jika kalian mengikuti langkah – langkah di atas, yakin deh pasti berhasil. Sebenarnya banyak aplikasi di play store lainnya yang menyediakan fitur hide apps, tinggal kalian explore aja.

Baiklah guys, kalau gitu saya pamit dulu. Terima kasih sudah menyimak artikel kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian. Terus pantau website futureloka untuk mengetahui informasi terlengkap dan terupdate seputar aplikasi, teknologi, smartphone, gadget, sampai ke gaya hidup. Sampai jumpa di artikel lainnya. Have a nice day everyone. Bye for now!

Baca juga:

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here