Cara Merawat Bibir Secara Alami Agar Tetap Sehat, Tidak Kering dan Merah Alami

1

bibir sehat alami

Bibir merupakan salah satu bagian terpenting pada wajah yang menjadi sorotan banyak orang. Ada beberapa orang yang menilai kecantikan wanita dari bibirnya. Bibir yang merah, sehat, dan menarik, itu bisa semakin menambah kesan kecantikan.

Maka dari itu banyak sekali wanita yang melakukan perawatan bibir sampai harus rela operasi demi mendapatkan bibir yang cantik dan sehat. Bahkan mereka pun mau jika harus mengeluarkan banyak uang untuk operasinya. Karena dengan bibir yang cantik, mereka juga dapat tampil dengan percaya diri.

Namun, kebanyakan wanita Indonesia kurang mengerti dan kurang paham bagaimana cara merawat bibir yang benar. Merawat bibir memang tidak boleh sembarangan. Jika salah perawatan akan dapat menyebabkan iritasi pada bibir. Berikut ini adalah beberapa cara merawat bibir dengan benar, agar tetap sehat dan menarik:

1. Hindari bahan kimia yang dapat merusak bibir

Jika anda menggunakan lipstik, sebaiknya anda janganlah sering-sering menggunakan lipstik. Apalagi jika diketahui terdapat bahan kimia yang berbahaya, bukannya bibir tambah cantik, tapi justru membuat bibir tambah kering, pecah-pecah, dan bahkan rusak.

2. Hindari menjilat bibir

Kebanyakan orang mengira dengan menjilati bibir, akan menjaga kelembaban bibir. Justru sebaliknya, Menjilati bibir malah akan menyebabkan bibir semakin kering. Maka jangan biasakan anda menjilati bibir, karena itu merupakan kebiasaan yang dapat merusak bibir anda.

3. Gunakan lip balm

Ketika anda ingin keluar ruangan, biasakan anda untuk menggunakan lip balm. Selain melembabkan bibir, lip balm juga dapat melindungi bibir anda dari polusi udara dan teriknya sinar matahari secara langsung. Kulit bibir termasuk kulit paling tipis yang dimiliki manusia, sehingga harus dirawat agar tetap sehat dan lembab.

Setelah anda berhasil membiasakan untuk menggunakan pelembab dan tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan diatas. Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah perawatan menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan alami ini mampu menjaga bibir anda agar tetap sehat dan menarik.

Cara Merawat Bibir Kering

4

Bibir yang kering tentu akan menjadi pengganggu penampilan anda. Namun, Anda bisa tenang karena ada beberapa cara alami yang dapat anda gunakan untuk mengatasi dan merawat bibir kering agar kembali lembab dan mulus seperti sedia kala.

Merawat bibir kering sebenarnya sangat gampang sekali, anda tak perlu menggunakan pelembab untuk membuatnya terlihat sehat dan cantik kembali. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Penuhi asupan nutrisi

Langkah pertama untuk mengatasi bibir kering pecah pecah adalah dengan memenuhi semua nutrisi. Bibir kering dapat disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin C, B, zat besi, dan asam lemak essensial.

Untuk memenuhi asupan nutrisi itu kembali, konsumsilah makanan-makanan yang berasal dari buah dan sayur. Misalnya seperti jambu biji, jeruk, alpukat, sayur brokoli, bayam, dan masih banyak lagi. Bila perlu, konsumsilah suplemen multivitamin setiap harinya.

2. Hindari menjilat bibir

Banyak sekali orang yang beranggapan bibir yang kering dapat diatasi dengan cara menjilatnya. Padahal, menjilat bibir sendiri justru akan menimbulkan kelembaban bibir menurun. Seperti yang telah saya jelaskan diatas, menjilat dapat menghilangkan minyak alami pada bagian bibir kamu.

3. Hindari kebiasaan mengigit bibir

Tidak hanya menjilat bibir saja yang akan menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah, akan tetapi mengigit bibir juga demikian. Memang dengan mengigit bibir, kita akan mendapatkan bibir merah merona dengan cepat, tetapi setelah itu tak jarang akan menimbulkan luka.

Munculnya bibir kering akibat digigit dapat terjadi karena lapisan bibir terkelupas, lebih tepatnya lapisan pelindung. Oleh karena itu, mulai sekarang hindarilah kebiasaan menggigit bibir kamu. Lebih baik biarkan natural saja.

4. Konsumsi banyak air putih

kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi dapat menyebabkan munculnya sariawan, panas dalam, dan bibir pecah-pecah. Untuk mengatasi bibir pecah-pecah, sangat disarankan kamu untuk mengkonsumsi air putih sebanyak mungkin.

Apabila para ahli menyarankan idealnya konsumsi air putih sehari 8-10 gelas, maka kamu dapat lebih dari itu. Misalnya 12 gelas sehari, 13 gelas sehari, dsb. Agar tidak mual, konsumsilah air putih dengan jangka waktu tertentu. Misal pagi 2-3 gelas, siang 5 gelas, malam 4 gelas, dsb.

5. Jangan bernafas melalui mulut terlalu sering

Hembusan angin melalui pernafasan mulut dapat mengakibatkan bibir cepat kering. Biasanya ini banyak terjadi pada atlet renang atau orang yang renang, dimana mereka lebih banyak menggunakan mulut untuk mengambil napas.

6. Hati-hati memilih lipstik

Kebanyakan wanita tidak menyadari  bahwa lipstik sebenarnya juga dapat mengakibatkan bibir cepat kering, khususnya apabila produk kosmetik tersebut dibuat dengan menggunakan bahan dari alkohol.

Tanda-tanda bahwa lipstik yang kamu gunakan harus segera diganti adalah apabila bibir mengalami panas, gatal, dan mengering setelah 5 jam menggunakannya. Gantilah lipstik tersebut dengan yang berkualitas dan sudah terdaftar.

Selain menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik seperti diatas, kamu juga baiknya melakukan salah satu cara mengatasi bibir secara alami dibawah ini. Bahan alami ini sudah teruji secara klinis mampu mengatasi bibir pecah pecah, jadi jangan takut untuk mencobanya.

Anda dapat menggunakan beberapa bahan alami seperti tomat, jeruk dan wortel. Bahan alami ini dipercaya mampu mengatasi bibir yang  kering.

– Tomat

Tomat merupakan buah yang mengandung vitamin E dan C cukup tinggi. Kandungan vitamin-vitamin pada tomat dapat meningkatkan kelembaban pada bibir secara alami. Selain mengonsumsi, kamu juga bisa menggunakannya secara langsung.

Cara mengatasi bibir kering dengan tomat sangatlah mudah. Belah 1 buah tomat segar menjadi 2 bagian. Masing-masing bagian tersebut oleskan secara merata keseluruh bagian bibir, baik atas ataupun bawah. Diamkan selama 15 menitan, lalu bilaslah dengan air dingin sampai bersih.

– Lemon / Jeruk nipis

Baik lemon ataupun jeruk nipis, keduanya sama-sama memiliki sifat masam. Ternyata dibalik sifat masamnya tersebut, kedua buah keluarga jeruk ini mengandung vitamin C cukup tinggi.

Pengalaman saya menggunakan lemon dan jeruk nipis adalah bibir akan terasa sedikit perih. Akan tetapi rasa tersebut akan hilang dengan sendirinya seiring bibir kamu mulai sembuh.

– Wortel

Diperkaya dengan vitamin A, wortel sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Namun setelah dilakukan penelitian, ternyata kandungan tersebut juga bermanfaat untuk melembabkan bibir secara alami.

Cara mengatasi bibir pecah-pecah dengan wortel sangatlah mudah, kamu tinggal menghaluskan sayur ini kemudian mengoleskan secara merata keseluruh bibir. Agar meresap, diamkan selama 30 menitan lalu bilas dengan air dingin.

– Madu

Madu dikenal sebagai pelembab alami yang cukup efektif. Kandungan mineral essensial di dalam madu mampu menjaga kelembaban bibir dan mencegahnya dari paparan sinar matahari.

Cara merawat bibir kering dengan madu cukuplah mudah. Oleskanlah madu secara rutin setiap sebelum beraktivitas, tanpa dibilas pun bibir akan lembab sepanjang hari. Namun agar maksimal, oleskan juga di waktu sebelum tidur.

– Mentimun

Mentimun merupakan sayuran yang diperkaya dengan kandungan air cukup tinggi. Kandungan air ini ternyata bersifat seperti lend-ir, sehingga bisa membantu merawat bibir pecah-pecah secara alami.

Pertama haluskan mentimun secukupnya, kemudian oleskan keseluruh bagian bibir secara merata. Jangan lupa dipijat secara lembut selama 5 menit agar meresap, setelah itu diamkan kira-kira sealama 15 menitan dan bilas air dingin.

Cara Merawat Bibir Agar Tidak Hitam

2

Nah, bagi Anda yang  ingin menjadikan warna bibir Anda kembali menjadi merah merona, Anda bisa menggunakan dan mencoba beberapa cara sebagai berikut :

1. Menggunakan Madu

Madu memang sudah terkenal akan khasiatnya, madu juga sangat membantu Anda untuk mengembalikan bibir Anda yang hitam dan kusam. Anda hanya perlu mengoleskan madu pada bibir Anda secara rutin dan merata sebelum tidur dan bilaslah pada saat Anda bangun dipagi harinya. Lakukan cara ini 3 kali dalam seminggu.

2. Menggunakan Lidah Buaya

Yang dimanfaatkan dari lidah buaya disini adalah gelnya. Cuci bersih dan ambil gel lidah buaya kemudian oleskan dengan merata pada seluruh bagian luar bibir. Namun perlu diperhatikan bahwa katanya gel lidah buaya ini akan terasa sangat pahit apabila bersentuhan dengan lidah. Maka dari itu mungkin sebelum Anda melakukan cara ini, Anda bisa menanyakan terlebih pada para ahli apakah cara ini benar-benar aman dan efektif untuk digunakan.

3. Menggunakan Mentimun

Buah yang satu ini selain manjur untuk menghilangkan bekas jerawat, juga sangat baik untuk mengembalikan warna bibir Anda yang hitam. caranya haluskan sedikit mentimun dan campurkan dengan sedikit air perasan jeruk nipis. Lalu oleskan pada bibir Anda yang hitam, diamkan beberapa saat kemudian bilas menggunakan air dingin.

Cara Merawat Bibir Agar Merah Alami

3

Senyum akan nampak lebih indah saat disunggingkan oleh bibir yang nampak merah muda alami. Terdapat berbagai produk kosmetik yang bisa membuat bibir terlihat merah merona. Namun, produk kosmetik ini tidak hanya mahal, namun juga belum tentu aman. Cara alami tentu lebih direkomendasikan untuk merawat bibir Anda agar nampak tetap terlihat cantik. Berikut adalah beberapa cara alami untuk membuat bibir nampak merah muda.

1. Jeruk nipis

Air jeruk nipis dan lemon merupakan agen pemutih alami sekaligus membantu mengeluarkan sel-sel mati dari tubuh. Gosokkkan sepotong jeruk nipis atau lemon pada bibir dengan lembut selama dua menit dan kemudian biarkan selama 10 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat. Lakukan hal ini setiap hari untuk mendapatkan bibir merah muda alami.

2. Susu

Susu dengan beberapa tetes gliserin yang dioleskan pada bibir sebelum tidur dapat membuatnya berwarna merah muda dan lembut. Ambil susu segar secukupnya dan tambahkan beberapa tetes gliserin. Oleskan pada bibir dan biarkan semalam dan kemudian cuci dengan air biasa di pagi hari. Anda juga bisa menggunakan resep ini pada wajah untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah.

3. Madu

Madu juga bermanfaat membuat bibir nampak merah merona. Ambil dua sendok teh madu dan satu sendok teh air jeruk nipis. Campur hingga merata dan oleskan pada bibir. Diamkan selama 10 menit sebelum dicuci dengan air hangat. Gunakan resep ini selama sekitar satu bulan untuk mendapatkan hasil optimal.

4. Lemon dan gula

Ambil sepotong lemon dan taburkan sedikit gula di atasnya kemudian gosokkan pada bibir selama dua menit dan biarkan selama 15 menit. Cuci dengan air hangat. Gula merupakan salah satu agen pengelupasan kulit alami sehingga memiliki kemampuan membuang sel-sel kulit mati.

5. Bubuk kunyit

Campur sejumput bubuk kunyit dengan satu sendok teh susu. Oleskan pada bibir untuk mendapatkan bibir merah muda. Gunakan resep ini setiap hari sebelum tidur untuk memperoleh hasil terbaik.

6. Kelopak mawar

Kelopak mawar dapat membuat bibir gelap menjadi lebih cerah. Ambillah beberapa kelopak mawar dan rendam dalam susu kurang lebih selama setengah jam. Setelah itu, tambahkan beberapa tetes gliserin pada campuran. Selanjutnya, buat pasta dengan menambahkan sedikit madu. Gosokkan atau pijat bibir dengan pasta ini selama 5 menit dan kemudian biarkan selama 20 menit. Penggunaan secara teratur dapat memberikan hasil positif pada warna bibir.

Bagaimana, mudah bukan?

Baca juga artikel populer ini:

SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here