Cara Merawat dan Mengobati Gigi Berlubang Agar Tidak Membesar

0

Gigi adalah salah satu organ yang penting mengingat dari fungsi gigi yaitu untuk melumat makanan. Kesehatan gigi perlu dijaga karena mulut merupakan pintu masuk virus dan bakteri ke dalam tubuh. Gigi juga bisa memberikan pengaruh pada  penampilan kita sehingga sangat layak untuk dijaga kesehatan dan kebersihannya.

Karena apabila masalah gigi sudah terjadi anda harus melakukan perawatan yang lebih intensif lagi. Terlebih jika gigi Anda telah terlanjur berlubang dan terasa sakit sekali. Berikut ini tim futureloka akan memberikan tips2 cara merawat dan mengobati gigi berlubang.

Perawatan Gigi Berlubang Tanpa Bor Dan Penambalan

Gigi berlubang memang sering menjadi masalah yang dialami sebagian orang. Gigi berlubang yang tidak segera ditangani semakin lama akan membuat sakit, bahkan infeksi gigi. Oleh sebab itu merawat gigi menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Biasanya seseorang tidak menyadari gejala awal gigi berlubang, gejala awal karies dapat timbul dari area permukaan gigi yang berkapur, semakin lama area gigi ini akan menjadi penyebab timbulnya gigi berlubang. Kalau hal ini sudah terjadi sebaiknya segera lakukan perawatan agar gigi yang berlubang tidak semakin besar. Berikut beberapa langkah penting untuk perawatan gigi berlubang tanpa bor dan penambalan :

Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

menjaga-kesehatan-gigi-dan-mulut

Merawat gigi berlubang agar tidak semakin parah adalah menjaganya agar tetap bersih, hal ini bertujuan agar plak gigi segera terbuang, sebab jika plak terlalu lama menempel di gigi maka bakteri dan kuman akan mudah berkembang pada gigi. Dianjurkan untuk menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur.

Gunakan Pasta Gigi yang Mengandung Florida

fluoride

Cara ini merupakan langkah tepat untuk mencegah gigi berlubang, karena florida mampu membuat enamel resisten terhadap karies. Selain itu, florida ini juga berfungsi untuk menghilangkan plak-plak yang melekat pada gigi. Jelas bila hal ini diabaikan akan mengancam kesehatan gigi Anda. Penggunaan florida akan mencegah mikroorganisme tersebut untuk tidak menempel pada gigi Anda.

Pengaturan Makanan

pengaturan-makanan
Memilih makanan yang tepat untuk gigi berlubang juga perlu diperhatikan, hal ini agar kesehatan gigi Anda semakin membaik dan tidak semakin parah. Perhatikan makanan dan minuman yang banyak mengandung gula. Karena apabila gula sudah menempel pada gigi, ia akan lebih cepat memproduksi asam, jika ini sering terjadi maka gigi akan semakin keropos dan berlubang.

Berkumur dengan Air Garam

berkumur-dengan-air-garam

Berkumur menggunakan 1 sdm garam yang dicampur air hangat setiap hari mampu mencegah gigi berlubang semakin menyebar. Cara ini sudah dilakukan sejak dulu, larutan air garam dipercaya dapat membunuh bakteri dan kuman yang bersarang pada gigi.

Cara Merawat Gigi Berlubang Agar Tidak Bau

Satu permasalahan gigi yang paling sering menyerang kita adalah gigi berlubang. Jika mengalaminya maka gigi biasanya akan terasa sakit dan membuat anda kurang nyaman dalam menyantap makanan. Jika gigi berlubang didiamkan terlalu lama akan menyebabkan membusuknya gigi. Jika itu terjadi maka mulut akan terasa bau dan tidak nyaman.

Nah, disini kita akan memberikan tips-tips cara merawat gigi berlubang agar tidak bau. Berikut tipsnya :

Tambal Gigi

tambal-gigi-berlubang

Karena gigi berlubang terlalu berpotensi untuk didiami oleh bakteri maka cara terbaik dalam mengatasi bau pada gigi yang berlubang adalah dengan menambal gigi anda. Janganlah hanya berharap dengan menyikat gigi dengan rajin anda dapat mengatasinya. Berkonsultasilah dengan dokter gigi anda terlebih dahulu sebelum melakukan penambalan.

Sering Minum Air Putih

minum-air-putih

Rajin meminum air putih akan sangat baik bagi gigi.berlubang anda. Air putih bisa memberikan kenetralan pada gigi dan menghilangkan bakteri yang singgah pada gigi anda.

Gunakan Sikat Gigi Berbulu Halus

sikat-gigi-bulu-halus

Sikat gigi yang berbulu halus akan baik jika anda ingin menjaga gigi berlubang agar tetap bersih karena secara total akan membersihkan gigi anda dari bakteri yang membuatnya bau.

Gunakan Obat Kumur

obat-kumur

Obat kumur memberikan anda kesegaran dan mampu untuk membersihkan bakteri yang ada di sela-sela gigi anda. Sehingga tidak membuat gigi berlubang anda ditempati bakteri yang membuat gigi anda bau.

Cara Mengobati Gigi Berlubang yang Sakit

Sakit gigi dapat terjadi karena adanya peradangan pulpa pada gigi. Terkadang peradangan pulpa yang cukup parah akan mengakibatkan rasa sakit, linu dan bengkak pada area sekitar gigi.  Faktor dari peradangan tersebut juga bermacam-macam, yaitu karena menumpuknya nanah pada bawah gigi karena infeksi bakteri, kerusakan gigi akibat gigi berlubang, tambalan gigi rusak dan adanya gigi yang terjepit dengan gigi yang lain. Untuk mengatasi hal tersebut, di bawah ini tim futureloka sudah menyiapkan beberapa tips/cara mengobati gigi berlubang yang sakit. Berikut cara-caranya :

Membersihkan Mulut/Gigi

menyikat-gigi

Bakteri adalah penyebab utama sakit gigi karena bakteri dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan gusi. Jadi jangan lupa atau malas untuk membersihkan mulut/gigi terutama setelah kalian selesai makan.

Jeruk Nipis

jeruk-nipis

Apakah kalian tahu kalau jeruk nipis juga termasuk obat loh. Caranya teteskan sesendok demi sesendok pada bagian gigi yang sakit setiap 10 menit, sampai sari jeruknya habis. Vitamin C pada sari jeruk juga bisa meredakan sakit gigi dan itulah mengapa jeruk nipis menjadi salah satu cara untuk mengobati gigi berlubang yang sakit.

Garam

garam

Dibalik rasa asinnya garam ternyata ada kandungan yodium yang bisa meringankan ngilu pada gigi. Begini caranya, larutkan garam dalam segelas air mineral hangat lalu aduk, setelah itu kumur2 sampai kalian merasa cukup nyaman dan gak terlalu tersiksa karena rasa sakit gigi. Tapi, tidak dianjurkan langsung mengunyah garamnya, karena penyebarannya tidak sampai pada sela -sela gigi.

Belimbing Wuluh

belimbing-wuluh

Caranya Ambil beberapa buah belimbing wuluh lalu Cuci bersih, setelah itu makan dengan menggunakan garam. Kunyah perlahan dengan menggunakan gigi yang sakit.

Cengkeh

cengkeh

Cengkeh juga bisa mengurangi rasa sakit pada gigi. Cengkeh ini memiliki anti – inflamasi, antioksidan, anti bakteri dan sifat anestesi. Caranya adalah semprotkan sedikit minyak cengkeh ke kapas lalu tempelkan pada gigi yang sakit. kalian juga bisa campurkan beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam gelas berisi air untuk berkumur.

Bawang Putih

bawang-putih

Bawang putih yang memiliki sifat antibiotik ini sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit pada gigi. Caranya adalah ambil satu siung bawang putih lalu tumbuk sampai halus, kemudian tambahkan garam dan oleskan langsung pada gigi yang terasa sakit. Ulangi sampai beberapa hari.

Bawang Merah

bawang-merah

Tidak kalah khasiatnya dengan bawang putih. Bawang merah ini juga memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang ternyata bisa untuk mengontrol sakit gigi. Caranya adalah ambil satu siung bawang merah mentah lalu kunyah beberapa menit sampai rasa sakit pada gigi hilang. Tapi jika kalian tidak bisa mengunyah, gosokkan saja pada gigi yang sakit. Ini akan membantu membunuh bakteri di mulut penyebab infeksi.

Daun Jambu Biji

daun-jambu-biji

Daun jambu biji ternyata juga bisa meredakan sakit gigi. Caranya adalah cukup kalian kunyah satu atau dua lembar, lalu gosokkan pada gigi yang sakit. Atau bisa juga masak 4-5 daun jambu biji dan tambahkan garam sampai mendidih.

Itulah beberapa tips-tips untuk merawat atau mengobat gigi yang sakit. Semoga bermanfaat untuk kalian yang membacanya 🙂 .

Baca juga Artikel Popular berikut ini :

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here