Cara Merawat Beragam HP Android Samsung Agar Tidak Cepat Rusak

1

rawat samsungKamu baru saja membeli smartphone idamanmu selama ini? Wah.. selamat yaah. Tapi pastinya kamu sangat ingin mempertahankan smartphone kesayangan kamu itu untuk tetap berjalan normal dan tidak cepat rusak kan?  Bagaimana caranya sih? Yuk cek caranya dari artikel tim futureloka ini.

Di jaman yang semakin modern ini, dengan semakin banyaknya teknologi yang berkembang pula, kamu dituntut untuk mengikuti perkembangan jaman yang ada.  Salah satu contoh dari perkembangan teknologi tersebut adalah banyak bermunculan berbagai jenis smartphone di pasaran. Dari jenis smartphone android, apple dan lain-lain.

Mengikuti perkembangan smartphone memang tidak ada habisnya, apalagi Samsung yang menghadirkan beragam jejeran smartphone murah dan juga memiliki spesifikasi tinggi. Samsung selalu menghadirkan smartphone terbaru setiap tahunnya dengan beragam variasi didalamya dan juga fitur terbaru yang dapat memudahkan penggunaan smartphone. Tapi apa jadinya jika beragam spesifikasi tersebut tidak lagi berjalan normal hingga kerap kali membuatmu kecewa, khawatir atau yang lainnya?

Dengan beragam spesifikasi smartphone kesayangan kamu, kamu juga harus pintar-pintar merawat smartphone kamu dengan baik dan benar. Resik-resiko seperti layar yang rusak, baterai yang menggelembung, hingga hal-hal lainnya sangat bisa kamu hindari dengan cara-cara yang tim futureloka sajikan di bawah, check it out!!!

Cara merawat hp samsung j5, dan Cara merawat hp samsung j5 prime

rawat layarPerawatan pada Layar Handphone

Salah satu komponen handphone yang paling rentan rusak adalah Layar LCD serta layar sentuh. Sehingga bagi kamu penguna smartphone pastikan memasang piranti anti gores yang bagus, hal tersebut untuk menjaga keawetan layar handphone karena akan terhindar dari berbagai benturan yang tidak diinginkan serta akan merusak layar handphone.

Gunakan pula pelindung hanphone lainnya, bagi yang sering menjatuhkan handphonenya, maka ada baiknya untuk menggunakan pelindung handphone atau silicon pelindung casing handphone untuk antisipasi resiko lebih besar karena handphone terjatuh dan terbentur keras. Dengan pelindung karet untuk handphone maka biasanya handphone akan lebih terlindungi.

Inilah beberapa cara merawat layar handphone:

  1. Menggunakan screen protector atau plastik anti gores, ini penting sekali mengingat berbagai benda dan bermacam tangan sering tersentuh kelayar ponsel. Dengan menggunakan screen protector layar akan aman dari goresan.
  2. Gunakan sarung pelindung handphone seperti halnya silicon yang banyak tersebar dipasaran untuk melindungi layar handphone kamu dari penturan keras atau terjatuh. Sarung pelindung handphone juga tidak hanya berguna untuk keamanan layar handphone kamu, tapi juga dapat dijadikan pengan Brody handphone kamu loh.
  3. Jangan mendekatkan handphone kamu dengan benda yang mengandung medan magnet seperti radio, televisi, dan benda-benda lain
  4. Gunakan layar monitor dengan telunjuk kau bukan dengan kuku kamu yang panjang yaa, ini akan mengakibatkan layar tergores
  5. Simpan handphone di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, karena hal ini bisa menurunkan kualitas LCD ponsel kamu
  6. Jangan menekan layar LCD terlalu kencang, tetapi cukup sentuh seadanya saja
  7. Jangan menyimpan handphone kamu dalam tempat yang terjepit dan bisa menekan hp, seperti dalam celana ketat, karena ini bisa mempengaruhi pada lcd ponsel kamu kalau digunakan terlalu sering.

Cara merawat hp samsung j2, dan Cara merawat hp samsung j3

rawat J3Perawatan pada Body Handphone

Jika kamu pengguna smartphone yang menginginkan handphone milik kamu awet maka biasanya akan memperlakukan handphone kamu secara baik dan hati-hati. Jangan biarkan hal-hal buruk terjadi pada handphone kesayangan kamu itu.

Seperti apa sih cara merawat Body handphone kesayangan kamu?

  1. Gunakan bahan pelindung hp kamu agar hp aman dari berbagai kemungkinan rusak seperti benturan, panas, percikan air, debu dll. Dalam menjaga dari bahaya ini kamu bisa menggunakan LCD display, gantungan hp, kesing bagus, sarung pelindung hp, tali hp. Untuk kesing lebih baik kamu menggunakan softcase daripada hardcase, karena softcase lebih baik dalam meredam benturan dan lain-lain.
  2. Bersihkan handphone secara berskala. Lakukan pembersihan terhadap debu-debu yang menempel pada handphone setiap harinya dengan menggunakan softcutton. Lakukan secara hati-hati agar handphone tetap utuh dan tidak tergores.
  3. Menyimpan handphone pada tempat yang aman akan membuat ponsel kamu terhindar dari berbagai benturan, kemalingan dan hal-hal lain yang tidak di inginkan.
  4. Pelihara handphone dari air. Air adalah musuh utama bagi ponsel handphone, tetapi sekarang sudah ada beberapa merk handphone yang anti air bahkan bisa digunakan dalam air. Tetapi secara umum handphone masih sangat rentan rusak bila terkena air. Ketika handphone terkena air maka akan terjadi konsleting dan bisa membawaki rusak pada hardwarenya. Jadi jauhkan handphone
  5. dari tempat yang kemungkinan terkena air.
  6. Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Kamu tahu sendirikan kan apa yang akan terjadi kalau handphone kamu digunakan oleh anak-anak.

Cara merawat hp samsung j1, dan Cara merawat hp samsung j1 ace

rawat bateraiPerawatan pada Baterai Handphone

  1. Jangan biarkan handphone kamu melakukan pengecasan yang terlalu lama. Idealnya melakukan pengecasan Handphone dilakukan hingga baterai penuh, dan jika sudah penuh sebaiknya pengisian baterai segera dihentikan. Karena pengisian baterai terlalu lama akan mengakibatkan baterai serta handphone berusia pendek, meskipun sebenarnya kelebihan arus pengisian baterai secara otmatis akan terputus jika level baterai hanphone telah penuh.

Namun jika kebiasaan pengecasan hanphone dalam waktu yang lama secara terus menerus tetap terjadi, maka akibatnya komponen hanphone terutama bagian regulator pengecasan akan cepat rusak karena panas. Sehingga handphone akan cepat mati karenanya. Pada smartphone canggih sekarang ini kebanyakan telah memiliki pengaman untuk kelebihan pengecasan baterai, namun tetap saja pengisian baterai terlalu lama sangat idak disarankan. Karena selain akan memperpendek usia baterai dan juga smartphone, hal lainnya tentu akan berdampak pada pemborosan listrik rumah.

Jangan biarkan daya baterai handphpne kamu sering mengalami kehabis daya secara total.

Kondisi handphone yang sering kehabisan daya baterai hingga baterai terlalu lemah akan mengakibatkan baterai cepat rusak atau mati.

Terlebih lagi pada saat bepergian kamu harus mengantisipasi degan membawa perangkat power bank atau membawa charger. Baterai yang kehabisan daya baterai secara total terkadang hingga tidak dapat dicharger akan membahayakan kondisi bateai.

2. Jangan menggunakan handphone saat di charge, karena hal ini akan menyebabkan handphone kamu menjadi overheat dan daya tahan baterainya melemah, sehingga ini akan membahayakan nyawa hanphone. Jika hal seperti tadi terus saja diulang-ulang bukan mustahil jika lama-kelamaan handphone akan cepat mati karena komponen didalam hanphone beroperasi dalam suhu yang terlalu tinggi.

3. Lakukan pengisian baterai dengan menggunakan charger asli. Kerusakan handphone dapat dikarenakan penggunaan perangkat charger yang tidak sesuai dengan kriteria handhone apalagi penggunaan charger handphone imitasi. Hal tersebut biasanya dikarenakan tegangan keluaran yang dihasilkan oleh charger abal-abal kurang stabil sehingga lama-kelamaan akan cepat menurunkan kinerja komponen power untuk pengecasan. Selanjutnya usia baterai biasanya juga akan terpengaruh karena hal tersebut.

4. Pastikan daya charge yang masuk ke dalam handphone sesuai dengan daya charge yang dapat diterima oleh handphone kamu.

5. Istirahatkan Handphone kamu dengan mematikan handphone secara total. Mencabut baterai adalah salah satu solusi yang akan sangat mengistirahatkan handphone kamu. Sehingga seluruh komponen yang ada didalam handphone mendapat kesempatan untuk mendinginkan diri dari panasnya aliran listrik.

Jika didbaratkan manusia, Hanphone juga perlu yang namanya istirahat sejenak untuk mendinginkan seluruh komponen didalamnya. Dengan mengistirahatkan hanphone secara berkala maka hal ini akan sangat bagus untuk keawetan handphone itu sendiri. Maka dari itu sebaiknya matikan handphone ketika tidak dipakai atau lebih bagus lagi bateai juga dilepaskan ketika mengistirahatkan handphone.

Cara merawat hp samsung galaxy core 2, dan Cara merawat hp samsung galaxy core

rawat backupPerawatan pada Software Database

  1. Atur jumlah database pesan yang ada pada android kamu, jangan sampai terlalu penuh. Jika mendekati batas maksimal, hapus sms yang tidak perlu
  2. Atur jumlah database email, jangan sampai terlalu banyak
  3. Atur database aplikasi, instal aplikasi ataupun game yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi handphone kamu, upayakan menggunakan aplikasi yang minim agar tidak membebani RAM serta software di hp android
  4. Atur database file pada SD Card dan memory internal, jangan sampai penuh di atas 90% kapasitas, agar loading hp android kamu tidak berat

Cara merawat hp samsung galaxy j7 prime, dan Cara merawat hp samsung j7

rawat databasePerawatan pada Software Backup

  1. Demi menjaga dari hal yang tidak diinginkan, jangan lupa membackup data data yang ada di android kamu. Terutama kontak serta aplikasi. Jadi bila ada error pada software dan perlu di reset ulang. Maka data penting kamu tidak hilang.
  2. Jangan Sering Instal/Uninstal Aplikasi
  3. Layaknya ponsel pada umumnya ponsel android juga memiliki kekurangan, hal tersebut sangat berlaku pada kinerja RAM. Karena bagaimana pun juga jika menginstal aplikasi pasti akan ada data yang tersimpan secara otomatis pada RAM.
  4. Walaupun ukurannya relatif kecil, ponsel yang suka instal atau uninstal aplikasi otomatis RAM-nya akan terus bekerja. Sehingga umurnya akan menjadi lebih pendek, dan yang paling sering terjadi adalah RAM rusak setelah itu kinerja ponsel akan sangat menurun terutama dalam kecepatan mengakses menu.

Cara merawat hp samsung grand primer, Cara merawat hp android samsung galaxy Yong, Cara merawat hp samsung galaxy chat, dan Cara merawat hp samsung galaxy ace 3

rawat lainPerawatan lain

  1. Jangan lupa membersihkan pin konektor secara berkala menggunakan tisu
  2. Jangan sering menggonta ganti SIM Card dan juga kartu memory card
  3. Gunakan hp android pada suhu ruangan yang normal, jangan terlalu panas dan juga terlalu rendah
  4. Ketika memasang kabel usb, headset atau media lain yang masuk ke hp android, gunakan dengan halus jangan terlalu kasar, agar lubang media tersebut tidak cepat rusak
  5. Hindari pemakaian pada cahaya matahari langsung ketika terik, karenan dapat menyebabkan sensor pada screen tidak berfungsi optimal.

Demikian tips dari tim futureloka yaitu tentang Cara Merawat Beragam HP Android Samsung Agar Tidak Cepat Rusak. Semoga tips dari tim futureloka bermanfaat untuk kamu semua, dan terimakasih atas kunjunagn kamu untuk membaca artikel ini yaa, sampai jumpa lagi..

SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here