Cara Merawat Kucing Kampung Dengan Baik Agar Sehat, Gemuk, dan Mempunyai Bulu yang Lebat

0

Kucing merupakan salah satu hewan yang paling sering dijadikan peliharaan oleh manusia. Selain lucu, perilaku kucing juga sangat menggemaskan. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan memelihara kucing salah satunya adalah sebagai teman bermain kita dirumah.

Terdapat cukup banyak jenis kucing yang ada di sekitar kita, namun salah satu yang paling sering kita jumpai adalah kucing jenis lokal atau biasa disebut kucing kampung. Cukup banyak orang yang kurang menyukai kucing jenis ini karena dari segi fisik maupun tingkah laku kurang menarik, jika dibandingkan dengan kucing sejenis persia atau angora. kenyataannya apabila kita dapat memelihara dengan baik, bukan tidak mungkin kucing kampung dapat mengalahkan keindahan serta kemolekan kucing ras lainnya.

Merawat kucing kampung sama halnya dengan merawat ras kucing lainnya. Perawatan bulu, pemberian makan yang baik, serta penambahan vitamin juga harus diperhatikan agar kesehatan dan keindahan kucing selalu terjaga. Berikut beberapa tips sederhana yang dapat anda gunakan apabila ingin kucing kampung peliharaan anda memiliki bulu yang lebat dan sehat.

Cara Merawat kucing kampung Agar Memiliki Bulu Yang Lebat

Cara merawat kucing kampung agar memiliki bulu yang lebat

Kucing kampung yang di kenal sebagai kucing liar yang terlihat tidak terawat dan juga bulunya tidak lebat ini tidak akan kalah keelokannya jika kalian merawatnya dengan baik. Bahkan cara merawatnya akan lebih mudah karena mereka tidak terlalu tergantung terhadap makanan buatan.

1. menyisir bulu kucing secara rutin dan teratur

cara-menyisir-bulu-kucing-yang-benar

Cara ini dilakukan agar bulu kucing terhindar dari kotoran serta mencegah bulu tidak mudah kusut. Langkah ini juga dapat membantu menyebarkan minyak natural yang dihasilkan kucing keseluruh tubuh, sehingga bulunya akan terlihat mengkilat. Lakukan cara ini minimal satu kali dalam seminggu secara teratur.

2. memandikannya secara teratur

memandikan kucing

Cara ini membantu kucing peliharaan kita tetap bersih dan terhindar dari kotoran menumpuk yang kadangkala menjadi ladang tumbuhnya jamur yang dapat menyebabkan kerontokan pada bulu kucing. Lakukan cara ini minimal seminggu sekali atau tergantung kondisi kucing anda. Jangan lupa gunakan shampoo khusus kucing untuk merangsang pertumbuhan bulu dengan baik dan maksimal.

3. memperhatikan makanan kucing

perhatikan-makanan-kucing

Pastikan makanan kucing anda memiliki kandungan protein dan lemak yang pas supaya bulu kucing bisa tetap terawat. Anda juga dapat memberikan susu sebagai tambahan vitamin agar bulu kucing dapat tumbuh lebat dan sehat. Selain itu usahakan juga untuk selalu memberikan air minum yang bersih untuk si kucing.

Cara Merawat Kucing Kampung Peliharaan Anda Agar Menjadi Gemuk.

kucing kampung agar gemuk

Sebelum anda mengetahui cara-cara untuk menggemukan kucing kampung, perlu diketahui bahwa cara di bawah ini bukan cara cepat. Karena cepat lambatnya proses penggemukan tergantung anda, namun cara ini merupakan cara yang cukup efektif untuk menggemukan kucing. Berikut ini cara-caranya :

1. Menambah nafsu makan si kucing terlebih dahulu

cara-menambah-nafsu-makan-kucing-kampung

Cara pertama ialah anda harus bisa menambah atau memancing nafsu makan si kucing. Ada beberapa cara untuk membuat kucingmu nafsu makan, seperti memoleskan sedikit makanan basah di hidung si kucing, lalu mendekatkan makanan ke kucing kita.

2. memberikan makanan dengan Protein tinggi

nutrisi-makanan-kucing-dengan-protein-tinggi

Ini merupakan salah satu kunci sukses untuk membuat si kucing menjadi gemuk dimana kita memberikannya makanan berprotein tinggi. Protein seperti ini biasanya bisa didapatkan dengan mudah dari daging, anda bisa membeli ayam atau ikan sebagai makan utamanya. Jika anda ragu makanan itu higienis atau tidak, anda bisa merebusnya terlebih dahulu.

Selain daging, anda juga bisa menambahkan kuning telur pada menu makanan kucing, ingat hanya kuningnya saja. Anda bisa menambahkan kuning telor pada makannya sekitar 2 -3 kali saja per minggu.

Makanan dry food tetap boleh anda berikan tapi hanya sebagai camilan saja. Pilihlah dry food yang kandungan proteinnya lebih banyak serta tidak mengandung banyak pewarna. Karena pewarna pada dry food berbahaya untuk ginjal kucing.

3. Vitamin

vitamin-kucing

Vitamin merupakan salah satu kunci sukses untuk membuatnya menjadi gemuk. Vitamin seperti minyak ikan bagus juga untuk nafsu makan, membantunya untuk menjadi gemuk dan bulunya menjadi sehat.

4. Vaksin

vaksin-untuk-kucing

Kesehatan kucing merupakan salah satu hal yang penting jadi, Jangan sampai lupa untuk memberikan vaksin untuk menjaga kucing agar tidak sakit. Dengan menjaga kesehatan kucing, maka nafsu makannya pun terjaga dan ia bisa cepat gemuk.

Cara Merawat Anak Kucing Kampung Tanpa Induk

anak kucing kampung tanpa induk

Tips yang terakhir yaitu bagaimana cara merawat kucing tanpa induk. Sebenarnya cara merawatnya sama saja dengan merawat kucing yang memiliki induk. Hanya saja, apabila kucing tersebut masih kitten atau anakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti:

  1. Kebiasaan dari anak kucing yang paling umum adalah suka sekali tidur. Oleh karena itu area selaput mata sering dipenuhi oleh kotoran-kotoran yang menempel. Rutinlah membersihkan kotoran di area mata ini agar kotoran tidak masuk ke mata dan membuat mata si kucing menjadi iritasi.
  2. Tidak adanya sang induk membuat kebutuhan susu untuk si anak kucing di gantikan oleh susu buatan manusia. Perlu di perhatikan bahwa susu yang anda akan berikan kepada si anak kucing janganlah susu formula untuk manusia, karena susu untuk manusia tidak akan cocok untuk si anak kucing. Berikanlah susu khusus untuk kucing.
  3. Setelah annda mendapatkan susu yang dirasa cocok untuk si kucing, siapkanlah wadah untuk menampung susu tersebut. Seduhlah susu dengan air hangat dan jangan terlalu panas lalu masukkan susu ke dalam sedotan khusus untuk membantu si kucing memimum susu tersebut. Lakukan secara perlahan hingga si kucing merasa kenyang.
  4. Jika setelah anda beri susu tapi si anak kucing malah mengeong dengan kerasnya, bisa jadi si anak kucing masih lapar atau ingin susu lagi. Namun apabila si kucing ketika mengeong di beri susu tidak di makan berarti dia menginginkan tempat yang nyaman. Cobalah pindahkan si kucing ke tempat yang di rasa nyaman. Tempat yang paling nyaman buat si kucing adalah diatas boneka atau diatas karpet yang berbulu.
  5. Seiring berjalannya waktu, anak kucing akan semakin bertumbuh dan akan semakin mudah untuk merawatnya. Pada kasus ini silahkan jika anda ingin memberikan makanan pelet untuk si kucing. Karena kucing sudah siap untuk memakan makanan tersebut.
  6. Belilah atau sediakan wadah khusus untuk menampung kotoran si kucing dan beli juga pasir khusus yang bisa di peroleh di pet shop terdekat.
  7. Ajari si kucing untuk berlari atau ajak bermain main agar si kucing tidak jenuh dan tidak merepotkan untuk kedepannya.

Tentunya tidak terlalu sulit bukan untuk merawat kucing kampung agar menjadi kucing rumah yang tidak kalah bagus dengan kucing ras. Kucing kampung lebih mudah untuk dirawat dan cukup murah juga perawatannya. Semoga tips dan trik dari Futureloka tersebut berguna untuk kalian semua ya.

Baca juga artikel populer ini :

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here