Cara Merawat Kulit Agar Putih dan Selalu Sehat

0

cover-merawat-kulit-putih

Kulit bisa dibilang menjadi bagian yang sensitif untuk manusia karena sangat mempengaruhi penampilan. Beragam penyakit kulit juga sering ditemui oleh beragam kalangan, mulai dari yang muda sampai lanjut usia tidak mengenal umur. Selain itu kulit pada manusia juga memiliki tingkat sensitif yang berbeda dan pastinya penanganan yang berbeda juga.

Beragam penyakit pada kulit tentunya bisa untuk disembuhkan dengan metode modern maupun tradisional. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara merawat kulit agar putih dan selalu sehat dengan cara yang tradisional atau disebut juga alami. Yuk langsung saja kita simak lebih lengkapnya pada artikel di bawah ini.

Cara Merawat Kulit Wajah

Kulit wajah untuk perempuan biasanya merupakan hal yang paling dijaga sebelum kulit pada tubuh. Penampilan pada wajah untuk perempuan merupakan hal yang paling penting dan wajib untuk diperhatikan oleh semua orang. Kulit pada wajah tentunya berbeda dengan kulit pada tubuh karena lebih sensitif dan tidak bisa menggunakan sembarangan sabun untuk membersihkan kulit pada wajah. Nah, untuk tahu cara merawat kulit pada wajah yuk langsung saja kita simak lebih detailnya.

Menggunakan Jeruk Nipis

jeruk-nipis

Buah yang memiliki kandung vitamin C cukup tinggi ini bisa dibilang memiliki kemampuan merapatkan pori wajah secara alami. Cara penggunaannya sangat mudah, anda tinggal membelah jeruk menjadi 2 bagian kemudian peras airnya dan oleskan pada bagian wajah. Setelah beberapa menit kalian bisa membasuhnya menggunakan air hangat untuk hasil yang maksimal.

Menggunakan Buah Apel

apel

Ternyata buah apel juga merupakan buah yang sangat berguna lho untuk mengurangi kandungan minyak pada wajah. Kalian bisa memblender buah apel merah dan mengambil sedikit dalam mangkuk kecil untuk dibalurkan pada wajah kalian setelah itu kalian bisa membasuhnya dengan air hanyat. Sisa dari blender apel tadi dapat kamu minum untuk menyehatkan wajah dari dalam tubuh.

Menggunakan Buah Pisang

pisang

Pisang merupakan buah yang digemari oleh siapa saja dan memiliki banyak vitamin didalamnya. Siapa sangka buah pisang ternyata dapat digunakan untuk masker wajah? Pisang mampu memberikan kelembapan pada kulit wajah anda. Kandungan yang ada dalam pisang mampu menutrisi kulit wajah dengan maksimal. Jika ingin mendapatkan yang lebih maka sebaiknya dicampur dengan 1 sendok madu.

Cara Merawat Kulit Kering

Kulit kering biasanya terjadi karena terlalu lama terkena sinar matahari yang berlebihan. Tentunya kulit yang kering dapat menyebabkan kulit hitam dan juga pecah-pecah yang sangat ditakuti oleh para wanita. Tentunya terdapat beberapa cara untuk merawat kulit kering dengan metode tradisional yang bisa dibilang dapat digunakan oleh siapa saja karena sangat mudah. Yuk langsung saja kita simak lebih detailnya.

Ubah Frekuensi dan Durasi Mandi

6820900 - sweet boy taking a bath

Mungkin hal ini bisa dibilang cukup sepele dan jarang diperhatikan oleh orang lain. Jika kalian mandi terlal sering akan dapat menyebabkan minyak alami di kulit hilang dan menjadikan kulit kalian kering. Pastikan kamu mandi setiap hari, tapi lakukan secukupnya, jadi jangan terlalu sering. Selain itu, pastikan pula mandi tidak melebihi waktu 10 menit dan tidak kurang dari 5 menit. Kebiasaan ini akan membantumu mengatasi kulit kering.

Lakukan Olahraga Secara Teratur

olahraga

Olahraga ternyata dapat mempengaruhi kesehatan kulit lho. Bagi kalian yang jarang olahraga biasanya lebih gampang terkena penyakit kulit. Ternyata keringat saat berolahraga bisa dibilang sangat baik untuk pertumbuhan kulit. Kalian tak perlu melakukan olahraga yang berat-berat. Hanya dengan jogging, sepeda santai, yoga, dan jalan sehat setiap pagi hari minimal 30 menit saja akan membuat kulit serta tubuh tetap sehat.

Berhenti Merokok dan Hindari Asap Rokok

asap-rokok

Merokok bukan hanya berbahaya untuk paru-paru dan jantung lho, tetapi bisa juga berbahaya untuk kulit kalian. Sebuah studi penelitian di Harvard University membuktikan asap rokok dapat mencuri kelembapan di kulit, sehingga membuatnya terlihat kering, kusam, dan pecah-pecah. Nah, sebaiknya bagi kalian para pecandu rokok berat dapat mengurangi atau sebaiknya berhenti karena rokok dapat menghambar produksi dari kelenjar minyak di kulit.

Hindari Panas Berlebihan

panas-matahari

Salah satu penyebab utama kulit kering adalah sinar matahari yang berlebih dan secara langsung menyentuh kulit kalian. Paparan sinar ultraviolet bisa dibilang menjadi musuh utama untuk kulit karena sinar matahari pada masa kini sudah tidak sehat. Tak hanya menyebabkan kulit kering dan bersisik saja, tapi juga dapat menimbulkan kanker kulit. Oleh karenanya, setiap keluar rumah gunakan pelindung seperti topi dan jaket.

Cara Merawat Kulit Tubuh

Kulit pada tubuh memang memiliki sensitivitas yang berbeda dengan kulit pada wajah. Namun bukan berarti perawatan pada tubuh diacuhkan begitu saja karena lebih mementingkan perawatan pada kulit wajah. Perawatan kulit pada tubuh juga memiliki cara yang cukup mudah dan juga bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Untuk kita mari kita bahas bagaimana cara merawat kulit pada tubuh pada artikel di bawah ini.

Pakai Sabun dengan PH Rendah dan Cocok Pada Kulit

sabun-mandi

Sabun untuk mandi tentunya sangat menentukan kesehatan pada kulit tubuh karena jika tidak cocok akan membuat kulit pada tubuh kita kering. Manfaatkanlah sabun yang mempunyai PH rendah atau lembut. Jika kalian menggunakan produk sabun yang terbiang keras, maka kulit kalian akan menjadi sangat kering dan tidak nyaman tentunya.

Mandi Air Hangat Menggunakan Shower

mandi-shower

Pancuran atau shower tentunya cukup baik untuk kulit karena kotoran pada tubuh akan segera jatuh dan berbeda dengan berendam yang akan membuat kotoran pada tubuh tersimpan dalam bak mandi. Selain itu mandi dengan air hangat juga dapat menyehatkan kulit, selain itu juga daapt membantu relaksasi fikiran.

Saat Hawa Dingin Segera Memakai Pakaian Tebal

pakaian-tebal

Mungkin hal ini yang jarang diperhatikan oleh orang lain, yaitu menghangatkan tubuh saat musim dingin melanda. Kulit tubuh akan lebih sensitif saat terkena udara dingin. Sebaiknya saat suhu udara mulai dingin kalian bisa menyiapkan baju hangat yang tentunya nyaman untuk kalian kenakan. Jangan lupa juga tutupi leher dan tangan kalian agar tidak masuk udara dingin ke tubuh kalian.

Cukup Tidur dan Istirahat

tidur-nyenyak

Pernah mengalami kulit kusam dan tidak fresh? Sepertinya kalian terlalu banyak berkerja sampai lupa akan beristirahat. Kulit juga membutuhkan istirahat sama halnya seperti otak kalian. Istirahat yang cukup untuk seorang manusia yakni 7 sampai 9 jam untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tentunya kelelahan juga dapat memicu stress pada kulit yang akibatnya bisa menambah kusam kulit.

Cara Merawat Kulit Berminyak

Kulit berminyak merupakan salah satu masalah kulit yang bisa dibilang cukup serius. Pasalnya kulit berminyak dapat menyebabkan jerawat tumbuh dan tentunya itu akan sangat mengganggu. Beberapa cara dapat diterapkan untuk merawat kulit berminyak salah satunya dengan metode tradisional. Nah, untuk lebih lengkapnya bagaimana cara merawat kulit berminyak langsung saja kita simak pada artikel di bawah ini.

Menggunakan Air Hangat dan Garam

air-hangat

Salah satu metode yang paling sederhana adalah menggnakan handuk kecil, air hangat, dan juga garam. Handuk kecil di celupkan ke dalam air hangat kukuh yang telah dicampur sedikit garam, usapkan secara berlahan ke wajah. Rasakan sensasi kesejukannya setelah itu. Air hangat akan membuka pori wajah dan garam akan mengangkat kotoran pada wajah.

Menggunakan Putih Telur

putih-telur

Putih telur juga bisa digunakan untuk mengurangi kulit berminyak lho ternyata. Kalian bisa menggunakannya sebagai masker putih telut yang cara pengaplikasiannya dengan memecahkan telur dan memisahkannya dengan kuning telur. Setelah itu kalian bisa mengocok putih telur sampai berbusa dan mengoleskannya ke wajah sampai mengering. Selanjutnya kalian bisa membersihkan muka dengan air hangat.

Menggunakan Daun Seledri

daun-seledri

Selain dapat menyedapkan makanan, daun seledri ternyata juga bisa mengurangi kadar minyak pada wajah lho. Cara pengaplikasiannya bisa dibilang sangat mudah, kalian bisa menyiapkan air dalam panci kecil dan memasukan dua gelar air lalu didihkan air tersebut. Setelah itu kalian bisa memasukan daun seledri yang sudah kalian potong kecil-kecil dan rebut selama 15 sampai 20 menit. Selanjutnya kalian bisa angkat dan dinginkan lalu oleh pada wajah secara merata.

Menggunakan Tomat, Timun, Atau Kentang

irisan-mentimun

Untuk kalian yang tidak mau repot membeli masker wajah karena mahal atau jauh, kalian bisa menggunakan salah satu dari tiga buah yaitu Tomat, Timun, atau Kentang untuk menjadi masker wajah. Cara pengaplikasiannya bisa dibilang sangat mudah, kalian bisa memotong salah satu dari 3 buah tersebut dan mengusapkannya ke wajah. Selanjutnya kalian bisa membiarkannya kering dan keesokan harinya dapat membilas wajah dengan handuk dan air hangat. Terakhir kalian dapat membilas wajah kalian kembali dengan air dingin untuk menutup kembali pori wajah.

Cara Merawat Kulit Berjerawat

Kulit wajah berjerawat pastinya dapat mempengaruhi kepercayaan diri pada setiap wanita. Satu titik saja pada wajah pastinya akan sangat mengganggu wanita. Terdapat beberapa cara yang alami untuk mengatasi kulit berjerawat pastinya dengan bahan yang mudah, murah, dan bisa ditemukan dimana saja. Yuk langsung saja kita simak bagaimana cara merawat kulit berjerawat dangan tradisional dan juga mudah.

Menggunakan Air Mawar

air-mawar

Siapa bilang air mawar tidak memiliki kegunaan? Ternyata kandungan astringent yang ada pada air mawar dapat dipercaya mengurangi kandungan minyak pada wajah dan mengurangi jerawat lho. Cara penggunaannya cukup mudah, kalian bisa mencuci muka menggunakan rendaman air mawar pada setiap pagi agar wajah kalian terbebas dari minyak dan cerah setiap harinya.

Jangan Gunakan Sembarang Kosmetik

kosmetik-murah2

Terkadang wanita banyak yang tergiur kosmetik yang mudah dan digadang-gadang dapat mencerahkan wajah padahal malah menimbulkan jerawat. Tentunya kalian harus cerdas dalam memilih kosmetik dan tidak tergiur dengan harga yang murah serta khasiat yang banyak. Sebaiknya kalian memilih perawatan wajah berjerawat dan berminyak yang secara alami dan pastikan tidak ada efek sampingnya.

Menggunakan Masker Tanah Liat

tanah-liat

Beberapa orang menganggap masker tanah liat adalah sebuah mitos yang tidak bisa digunakan, namun itu merupakan salah besar. Tanah liat dipercaya bisa menyerap kandungan minyak pada wajah sehingga bermanfaat bagi perawatan wajah yang berminyak. Caranya sangat mudah, ambillah satu sendok tanah liat, tambahkan dengan beberapa tetesan air lemon, setelah itu aduklah jeruk nipis bersama air lemon menjadi sebuah pasta. Ambillah kuas kemudian oleskan pada wajah Anda. Hindari area mata dan tunggulah selama 20 menit, setelah 20 menit bilaslah menggunakan air hangat yang bisa menutup pori-pori Anda.

Menggunakan Kayu Manis Bubuk dan Madu

Honey pot and dipper.
Honey pot and dipper.

Masker kayu manis bubuk dan madu merupakan masker kombinasi dari kayu manis bubuk dan madu. Manfaat masker ini untuk menghilangkan jerawat dan mengurangi kandungan minyak yang ada di wajah. Cara membuatnya sangat simpel sekali, masukkan kayu manis bubuk sebanyak satu sendok teh saja ke dalam mangkuk kemudian tambahkan madu sebanyak dua sendok teh. Kemudian oleskan pada wajah menggunakan kuas dan tunggu hingga 15 menit. Membilasnya menggunakan air hangar agar lebih maksimal.

Baca juga artikel menarik ini:

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here