Cara Mudah Merawat Kulit Wajah Secara Alami

0

merawat-wajah

Wajah merupakan bagian yang paling penting pada semua manusia. Pasalnya jika wajah tidak dirawat maka akan timbul berbagai masalah seperti jerawat, wajah kusam, dan juga wajah terlihat kotor. Beberapa masalah tentunya dapat ditangani dengan beragam cara, alami ataupun cara ke dokter kulit dengan biaya yang tidaklah murah.

Dokter kulit merupakan salah satu cara yang praktis untuk menyembuhkan berbagai macam masalah pada kulit wajah, namun terdapat juga cara yang lebih alami. Nah, pada kesempatan kali ini tim Futureloka akan membahas beberapa cara mudah merawat kulit wajah secara alami dan dapat dilakukan siapa saja. Yuk langsung saja kita simak lebih detailnya.

Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak

wajah-berminyak

Kulit berminyak biasanya terjadi pada kulit pria atau wanita dan cukup membuat repot jika tidak membawa kertas penyedot minyak pada wajah. Tentunya kulit berminyak membuat wajah terlihat kotor dan tidak menarik. Terdapat beberapa cara yang dapat menanggulangi kulit berminyak dengan cara yang alami tidak perlu cairan pelembab dan sebagaina. Yuk langsung saja kita simak lebih detailnya.

Membersihkan Wajah Secara Teratur

Cara yang paling mudah untuk menghilangkan minyak pada wajah adalah dengan membersihkan wajah dengan air hangat secara teratur dan memberi pijatan ringan dengan gerakan searah jarum jam pada sekitar dagu, hidung, dan dahi. Setelah itu kalian bisa mengeringkan wajah dengan handuk.

Menjaga Kelembapan Wajah

Salah satu faktor yang bisa menghilangkan minyak pada wajah adalah dengan cara menjaga kelembapan pada wajah. Sebaiknya menggunakan pelembab namun jangan terlalu banyak dan juga di imbangi dengan memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh dengan banyak minum air putih setidaknya 2 liter perhari. Tentunya hal ini dapat membuat racun yang ada dalam tubuh juga.

Mengatur Pola Makan

Salah satu penyebab wajah berminyak adalah banyaknya asupan lemak yang cukup tinggi. Sebaiknya imbangi dengan konsumsi sayurang segar dan juga beberapa makanan dengan protein yang tinggi. Lebih baik hindari makanan yang digoreng dan pilih makanan yang direbus.

Lebih Hati-hati Memilih Kosmetik

Kosmetik merupakan sebuah alat yang paling sering dipakai oleh para wanita, baik untuk menyamarkan jerawat, atau menghilangkan minyak namun kalian harus lebih berhati-hati memilih kosmetik karena banyak yang tidak cocok dengan jenis kulit wajah sensitif.

Cara Merawat Kulit Wajah Kering

kulit-kering

Kulit kering biasanya sangat mengganggu dan menyebabkan banyak masalah tambahan seperti bibir pecah-pecah dan juga jerawat yang muncul pada wajah. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu karena membuat tidak percaya diri timbul dan pastinya membuat penampilan. Terdapat beberapa cara alami untuk memperbaiki wajah kering yang bisa kalian lakukan dengan mudah, yuk langsung saja kita simak detailya.

Menggunakan Lidah Buaya

Salah satu tanaman yang berguna untuk rambut ini bisa dibilang dapat digunakan untuk kulit wajah. Mengandung kandungan vitamin dan mineral yang cukup banyak untuk melembabkan kulit wajah. Cara penggunaannya juga mudah, kalian bisa mengoles gel yang terdapat pada lidah buaya selama 15 menit kemudian bisa membilasnya dengan air bersih.

Susu dan Madu

Susu dan madu sangat bermanfaat untuk tubuh, begitu juga untuk wajah kalian. Kandungan nutrisi yang cukup banyak membuat susu dan madu dapat digunakan sebagai masker untuk wajah kalian. Cara penggunaannya juga cukup mudah, yaitu campurkan susu dan madu dan taruh di wajah kalian selama beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

Masker Campuran Yoghurt, Pisang, dan Lemon

Salah satu yang bisa menghilangkan efek kering pada wajah dan juga efektif dapat melembutkan wajah adalah masker campuran dari yoghurt, pisang, dan juga lemon. Kalian cukup menyampurkan setengah dari buah pisang, 10 sendok teh yoghurt, dan juga beberapa tetes lemon untuk membuat masker ini. Oles secara merata campuran ini pada wajah selama 15 sampai 20 menit. Masker ini dapat menjaga kelembapan kulit dan menjadikan kulit bersinar.

Cara Merawat Kulit Wajah Pria

wajah-pria

Wajah pria bisa dibilang terdapat banyak masalah jika tidak dirawat dengan benar. Tentunya jika wajah pada pria banyak masalah maka ketampanan akan berkurang dan wanita akan segan untuk mendekati pria tersebut. Terdapat beberapa cara untuk merawat dan pastinya membuat wajah pria lebih halus dan juga putih. Yuk langsung saja kita simak point-point untuk merawat kulit wajah pada pria.

  • Bersihkan wajah minimal 2 kali sehari
  • Gunakan pelembab wajah khusus pria
  • Kurangi begadang semalam suntuk
  • Kurangi kopi dan juga rokok
  • Menjaga pola makan secara teratur

Cara Merawat Kulit Wajah Agar Tidak Kusam

wajah-kusam

Wajah kusam dan juga lecek memang membuat perasaan para wanita tidak karuan. Terdapat banyak penyebab yang bisa dibilang membuat kulit wajah terlihat kusam dan pastinya tidak enak untuk dipandang. Nah untuk itu kita akan membahas kira-kira faktor apa saja yang membuat kulit wajah kusam agar dapat menghindari faktor-faktor tersebut. Yuk langsung saja kita simak lebih detailnya faktor yang membuat kulit wajah kusam.

  • Pola makan tidak teratur
  • Pola hidup yang berantakan
  • Faktor lingungan yang polusi dan berdebu
  • Faktor genetik atau keturunan
  • Kurangnya konsumsi air putih yang cukup
  • Jarang tidur atau sering begadang
  • Terlalu stress dengan aktivitas

Cara Merawat Kulit Wajah Berjerawat

wajah-berjerawat

Jerawat pada wajah bisa dibilang menjadi faktor utama ketidakpercayaan diri pada seseorang. Pasalnya jerawat akan membuat penampilan pada wajah terasa buruk hanya karena satu titik merah pada wajah. Terdapat beberapa cara untuk merawat dan menghilangkan jerawat agar kepercayaan diri meningkat kembali. Yuk langsung saja kita simak lebih detailnya.

Menggunakan Daun Pepaya Tua Untuk Jerawat

Salah satu cara alami untuk menghilangkan kulit wajah dengan jerawat adalah dengan mengambil daun pepaya tua sebanyak 2 atau sampai 3 helai dan kalian bisa menjemurnya. Setelah itu kalian bisa memeras dan mengambil airnya untuk menjadi bahan olesan pada jerawat yang ada di wajah kalian. Lakukan 2 sampai 3 kali sehari sampai jerawat hilang dari wajah kalian.

Menggunakan Sayuran Lobak Untuk Jerawat

Lobak dapat menjadi makanan yang enak dan juga dapat menghilangkan jerawat jika kalian tahu cara menggunakannya. Kalian bisa mencoba tehnik ini yaitu dengan memblender lobak dan tambahkan sedikit cuka apel kemudian aduk dengan rata. Setelah itu kalian bisa menggunakan masker lobak tersebut dan mendiamkan sampai kering. Terakhir basuh wajah dengan air bersih untuk hasil yang maksimal.

Menggunakan Produk Anti Jerawat

Beberapa produk kosmetik memang sengaja dibuat untuk menghilangkan jerawat dengan cepat dan juga efektif. Bahkan terdapat produk anti jerawat yang dapat menghilangkan jerawat hanya dalam semalam saja. Tentunya kalian juga harus berhati-hati dalam memilih obat anti jerawat karena terdapat beberapa merk yang tidak cocok dengan beberapa kulit pria dan wanita.

Perawatan Kulit Wajah Flek Hitam

wajah-flek-hitam

Bercak hitam atau flek hitam biasanya terjadi karena berbagai macam hal mulai dari ketidakseimbangan hormon, hamil, menopause, ataupun asupan obat-obatan tertentu. Beberapa orang mungkin enggan menggunakan cara medis dan lebih memilih cara alami untuk menghilangkan flek hitam pada wajah ini. Nah, yuk langsung saja kita simak bagaimana cara menghilangkan flek hitam dengan cara yang alami.

Menggunakan Buah Lemon

Lemon memiliki kandungan asam sitrat yang bisa dibilang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati pada wajah. Cara penggunaannya juga mudah, kalian bisa memeras lemon ke dalam wadah dan menaruh air perasannya di kapas. Usap kapas tersebut ke wajah kalian dan tunggu hingga kering lalu bilas dengan air bersih.

Menggunakan Buah Pepaya

Buah pepaya yang dikenal dengan buah negara tropis ini memiliki kandungan papain yang merupakan enzim yang bagus untuk kulit. Cara penggunaannya juga tidak kalah mudah dengan lemon, kalian tinggal membuat bubur pepaya dan menggosokannya pada daerah yang terkena flek hitam pada wajah anda. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih, lakukan berulang untuk hasil yang efektif.

Menggunakan Kulit Buah Semangka

Kaya akan vitamin A, B, dan C kulit semangka bisa dibilang dapat mengurangi bintik-bintik pada kulit akibat terlalu lama berada di bawah sinar matahari. Tentunya penggunaanya sangat mudah, kalian bisa mengambil kulit semangka dan menggosok pada wajah pada bagian dalam kulit semangka agar meresap pada kulit. Lakukan 2 sampai 3 kali setiap minggunya agar mendapatkan hasil yang efektif.

Nah, itulah beberapa cara alami untuk merawat kulit wajah agar bebas dari masalah kulit. Semoga cara diatas bermanfaat ya untuk kalian semua. Jangan sungkan untuk berbagi cara diatas kepada teman, saudara, dan juga siapapun yang membutuhkannya. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel menarik yang satu ini:

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here