Berbagai Cara Merawat Mata Agar Tetap Sehat dan Bening

0

cover-mata

Indera pada tubuh manusia tentunya memiliki fungsi masing-masing yang bisa menunjang kehidupan manusia itu sendiri. Salah satu indera pada manusia yang paling penting adalah mata karena untuk melihat dan pastinya akan sangat mengganggu jika penglihatan kita kabur atau terganggu. Tentunya terdapat berbagai macam solusi untuk mengatasi masalah pada mata.

Masalah pada mata tentunya tidak bisa dianggap sepele dan juga harus cepat ditangani. Nah, pada kesempatan kali ini tim Futureloka akan membahas beberapa cara untuk merawat mata agar tetap sehat dan juga bening. Untuk kalian yang memiliki gangguan mata wajib untuk melihat artikel yang satu ini. Yuk lebih lengkapnya langsung saja kita simak detailnya.

Cara Merawat Mata Minus

Mata minus tentunya terdapat banyak penyebabnya, salah satunya adalah penggunaan mata yang berlebihan dan jarang diistirahatkan. Terdapat beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengobati mata minus dengan berbagai macam metode. Untuk lebih lengkapnya langsung saja kita simak lebih detailnya cara merawat mata minus dengan tradisional dan tidak ribet.

Merawat Mata Minus Memakai Daun Sirih

daun-sirih

Daun Sirih ternyata memiliki kegunaan yang bagus untuk mata minus lho. Cara penggunaannya juga bisa dibilang tidak ribet, anda tinggal menempelkan dua helai daun sirih yang sudah dicuci bersih pada kedua mata kalian saat kalian tidur.

Membersihkan Mata Untuk Merawat Mata Minus

bersihkan-mata

Untuk kalian yang memiliki mata minus sebenarnya cukup mudah untuk merawatkan. Bagi kalian yang sering melakukan perjalanan cukup jauh dengan menggunakan sepeda motor sebaiknya segera membersihkan mata saat kalian sudah sampai dirumah. Debu kecil banyak yang berterbangan ke mata dan juga perlu dibersihkan walaupun tidak seperti kotor.

Melepas Kacamata Untuk Beberapa Saat

melepas-kacamata

Bagi para penyidap mata minus tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya kacamata atau bahkan sudah menjadi hal yang umum dalam menggunakan kacamata. Nah, sesekali kalian bisa melepaskan kacamata agar mata tidak selalu lelah dan lebih baik istirahatkan mata dalam jangka waktu yang agak lama. Penggunaan kacamata secara terus menerus tentunya dapat menyebabkan mata lelah.

Cara Merawat Mata Rabun

mata-rabun

Mata Rabun merupakan salah satu penyakit mata yang terbilang sangat menganggu karena mengganggu penghilatan dan cenderung membahayakan nyawa. Karena saat mata rabun kambuh penglihatan kalian akan berkurang sampai 80% dan kalian akan tidak bisa melihat segala sesuatu dengan jelas, nah apalagi saat menyetir kendaraan bermotor. Yuk kita simak saja apa saja penyebab dari mata rabun.

  • Memaksa mata untuk membaca dan juga melihat benda yang berukuran kecil
  • Mengalami sensitifitas terhadap cahaya yang cukup terang
  • Lensa mata sering merah, berair, perih, dan juga terasa panas
  • Terlalu memaksa mata untuk bekerja di depan layar komputer
  • Terdapat lingkaran hitam di sepanjang kantung mata bagian bawah

Cara Merawat Mata Juling

Juling adalah bentuk ketidaknormalan pada bola mata manusia, dan tak jarang kita menemui orang dengan gangguan ini. Mata juling ditandai oleh posisi bola mata yang tidak normal. Mata juling merupakan salah satu bentuk kelainan mata yang dalam bahasa kedokteran disebut dengan Strabismus atau squint. Kelainan mata seperti ini umumnya adalah  penyakit yang diwariskan (turunan), dan penyebabnyapun hingga kini belum diketahui secara pasti. Nah, untuk mengetahui perawatan mata Juling yuk langsung saja kita simak lebih detailnya.

Perawatan atau tindakan untuk mengatasi mata juling

mata-juling

Perawatan yang biasa dilakukan untuk penderita mata juling biasanya tergantung dari tipe mata juling tersebut. Untuk yang mengalami mata juling dan mata malas sekaligus, Biasanya terapi dimulai dengan penggunaan kacamata. Atau bisa juga dengan melakukan tindakan operasi untuk memperbaiki mata atau pembedahan untuk memperbaiki otot-otot penggerak mata. Sebaiknya jangan menganggap remeh kelainan mata ini, karena jika tidak diobati bisa menyebabkan kelainan mata yang permanen. Oleh karena itu, nantinya justru akan membutuhkan waktu pengobatan yang jauh lebih lama.

Cara Merawat Mata Letih

Mata letih atau lelah bisa dibilang cukup banyak penyebabnya, salah satunya adalah karena kelelahan akibat berkerja yang tidak kenal waktu. Nah mata letih juga bisa menyebabkan penyakit mata lainnya yang kalau dibiarkan bisa fatal nantinya. Untuk itu yuk kita simak cara merawat mata letih dengan mudah dan juga bisa dilakukan oleh siapa saja.

Mengompres Mata Secara Berkala

mengompres-mata

Salah satu cara untuk mengatasi mata lelah adalah dengan mengompresnya dengan air hangat dan juga handuk bersih. Dengan mengompres mata anda maka anda akan merasa nyaman. Selain membuat nyaman hal ini akan membuat mata anda bersih.

Menggunakan Sendok Dingin Untuk Kompres dan Terapi

terapi-sendok-dingin

Terdapat banyak cara untuk melakukan terapi pada mata dengan alat yang mudah dan juga dapat dilakukan dimana saja. Salah satunya degan sendok dingin. Letakkanlah sendok di dalam kulkas agar bisa dingin. Setelah itu sendok yang dingin bisa kalian letakkan pada mata sebagai refleksi dari mata yang lelah.

Menggunakan Irisan Mentimun

irisan-mentimun

Menempatkan irisan mentimun, kentang atau strawberry di mata, caranya potong mentimun atau kentang menjadi irisan lalu tempatkan di mata selama 15-20 menit. Bisa juga dengan meletakkan strawberry yang sebelumnya sudah disimpan di lemari es beberapa saat di kelopak mata sambil terpejam.

Gunakan Susu Dingin atau Air Mawar

susu-dingin

Air mawar serta susu juga sangatlah berguna. Merendam kapas bola dengan susu dingin atau air mawar, caranya Ambil semangkuk susu dingin atau air mawar, lalu celupkan kapas bola ke dalamnya. Setelah itu letakkan di kelopak dengan posisi mata tertutup. Tentunya nutrisi yang terdapat pada kedua air tersebut dapat menyehatkan mata yang membuat mata segar kembali dalam waktu yang cepat.

Cara Merawat Mata Merah

mata-merah

Mata merah memiliki banyak penyebab dan pastinya sangat mengganggu karena membuat mata sakit ketika kita mengedipkan mata. Terdapat banyak obat yang bisa kalian gunakan untuk menyembuhkan mata merah, mulai dari obat kapsul, salep, dan juga obat tetes mata. Tentunya bagi kalian yang mengalami sakit mata merah jangan khawatir, yuk langsung saja kita simak bagaimana cara menanggulanginya dengan mudah.

  • Atur pencahayaan ruangan
  • Cuci mata dengan air bersih, atau menggunakan air mawar
  • Jangan menggosok atau mengucek mata
  • Istirahatkan mata
  • Kompres mata dengan kentang dingin
  • Jangan menyentuh bola mata dengan tangan
  • Gunakan obat tetes mata
  • Hindari penggunaan kontak lens jika mata masih merah

Cara Merawat Mata Panda atau Menghitam

Mata panda adalah sebuah kondisi dimana terdapat garis hitam di area sekitar mata, timbulnya mata panda atau kantung mata dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor tanpa sepengetahuan. Salah satu faktor utama yang diduga menjadi penyebab utama mata panda adalah begadang atau tidak tidur semalam suntuk. Nah, untuk kalian yang ingin tahu cara mengatasinya langsung saja kita simak lebih lengkapnya pada artikel di bawah ini.

Tidur yang Cukup

tidur-nyenyak

Salah satu cara untuk mengatasi mata panda adalah dengan tidur yang cukup dan juga berkualitas. Mata yang menghitam biasanya terjadi karena kurang tidur atau begadang semalaman. Normalnya setiap orang butuh waktu istirahat atau tidur kurang lebih 7 sampai 8 jam perhari, jika porsi tidur kurang maka akan timbul berbagai masalah yang berkaitan dengan mata.

Membersihkan Make Up Sebelum Tidur

membersihkan-make-up

Bukan hanya masalah pada muka saja lho, ternyata masalah make up tidak dibersihkan juga dapat menimbulkan masalah pada mata. Mata panda adalah salah satu penyakit yang ditimbulkan oleh make up yang tidak segera dihapus dari muka. Oleh karena itu untuk kalian para wanita sebaiknya segera membersihkan make up agar terhindar dari penyakit mata panda.

Hindari Sinaran Langsung Matahari

hindari-sinar-matahari

Ternyata sinar matahari di siang hari juga mampu menimbulkan penyakit pada mata. Ada baiknya kalian menggunakan kacamata hitam anti UV untuk melindungi mata dari jahatnya sinar matahari. Jika perlu gunakan tabir surya untuk melindungi kulit wajah dan secara tidak langsung juga melindungi mata dari berbagai macam penyakit.

Nah, itulah berbagai macam cara merawat mata dengan masalah yang berbeda-beda. Tentunya jika diaplikasikan dengan benar dan juga rutin secara teratur dapat mengurangi masalah bahkan menyembuhkan mata kalian dari masalah tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa dibagikan untuk kalian yang membutuhkan solusi dari masalah penyakit di atas.

Baca juga artikel menarik yang satu ini:

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here