Cara Merawat Rambut Rontok dan Kering dengan Tradisional

0

Masalah pada rambut masih menjadi masalah utama yang ditemui para wanita karena rambut sejatinya adalah mahkota untuk para wanita. Beragam penyakit rambut juga terbilang sulit untuk ditangani jika tidak mengetahui cara yang tepat untuk menanggulangi masalah tersebut. Nah, salah satu masalah yang paling menjengkelkan adalah rambut rontok yang bercampur dengan rambut kering.

Masalah rambut rontok adalah penyakit rambut yang paling ditakuti oleh kaum hawa karena cukup sulit penanganananya dan penyembuhannya. Nah, pada kesempatan kali ini tim Futureloka akan membahas mengenai cara perawatan atau merawat rambut rontok dan kering dengan jalan tradisional yang aman. Yuk langsung saja kita simak lebih detailnya pada artikel di bawah ini.

Mengatasi Rambut Rontok Parah

Rambut Rontok parah bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah Jarang Keramas atau malah salah dalam penggunaan shampoo. Bergonta-ganti shampoo membuat juga tidak bagus karena banyak yang memiliki kulit kepala yang sensitif dan membuat rambut rontok bahkan sampai parah. Nah, untuk kalian yang bingung mengatasi rambut rontok parah dengan tradisional, yuk langsung saja kita simak lebih detailnya.

Gunakan Putih Telur

Bukan hanya para kue saja lho, tetapi putih telur juga dapat berguna untuk kesehatan rambut dan mencegah rambut rontok. Penggunaannya cukup mudah, kalian bisa mengaduk putih telur setelah sebelumnya memisahkan dengan kuning telur. Setelah itu kalian bisa mengolesi pada rambut anda.

Menggunakan Bawang Merah

kuku-dengan-bawang-putih

Kandungan belerang yang tinggi pada bawang merah membuat jus bawang merah bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah pada bagian kulit kepala. Selain itu, bawang merah memiliki sifat anti-bakteri yang mampu menumpas kuman dan juga berbagai parasit lainnya selain itu bisa menyembuhkan kulit kepala yang bisa menyebabkan terjadinya kerontokan. Caranya pengaplikasiannya adalah dengan memblender bawang merah lalu mengolesnya pada rambut anda yang rontok.

Memakai Tanaman Jahe

Jahe juga memiliki kandungan yang sehat dan dapat menyembuhkan kerontokan pada rambut lho ternyata. Kalian bisa membuat minyak untuk perawatan rambut dengan menggunakan jahe, caranya dengan memarut jahe dan tambahkan dengan minyak wijen lalu dicampur hingga merata. Tentunya dengan lebih tradisional akan dapat menyehatkan kalian.

Menggunakan Santan

Santan memang menjadi bumbu paling enak untuk setiap masakan Indonesia. Pasalnya selain bisa untuk menyedapkan makanan, santan juga dapat digunakan sebagai formula untuk menyembuhkan kerontokan rambut. Kalian bisa mendidihkannya selama lima menit lalu saring. Diamkan hingga suhunya menjadi normal, setlah itu santan tersebut bisa digunakan pada kulit kepala Anda lalu diamkan sekitar kurang lebih dua puluh menit. Dan jangan lupa untuk memberishkan rambut Anda dengan air.

Mengatasi Rambut Rontok Berjilbab

Indonesia memang menjadi salah satu negara dengan penganut muslim yang banyak dan pastinya para wanita muslim di Indonesia mayoritas menggunakan jilbab atai hijab. Beberapa wanita tersebut juga banyak yang mengelami rambut rontok dan juga kering saat menggunakan jilbab. Untuk kalian yang masih bingung caranya, yuk langsung saja kita simak cara mengatasi rambut rontok berjilbab yang bisa dibilang cukup meresahkan.

Pilih Bahan Jilbab yang Nyaman

Dengan bahan jilbab yang nyaman, kalian juga menyehatkan kulit kepala dan mengurangi penyebab kerontokan. Selain itu, pilih juga bahan jilbab yang tidak bertumpuk untuk memudahkan sirkulasi udara sehingga lebih lancar. Karena jika Anda memilih bahan jilbab yang tidak tepat justru akan menyebabkan kepala mudah berkeringat, menimbulkan ketombe sehingga memicu kerontokan pada rambut.

Pada Rambut Basah Hindari Penggunaan Jilbab

Rambut lembab dan ditutupi jilbab tentunya bisa jadi masalah utama dalam memicu rambut rontok untuk para wanita pengguna jilbab. Pasalnya rambut yang lepek dan juga basah akan membuat kulit kepala juga tidak sehat. Untuk mengatasinya, sebaiknya gunakan kipas angin terlebih dahulu untuk mengeringkan rambut kalian. Sehingga rambut dalam keadaan kering ketika berjilbab.

Ikat Rambut Jangan Terlalu Kencang

Rambut juga perlu ruang untuk sirkulasi udara yang cukup. Mengikat rambut terlalu kencang akan menyebabkan kurangnya sirkulasi udara dan juga rambut menjadi tertarik. Selain itu, hindari pemakaian karet gelang untuk mengikat rambut kalian. Hal ini bisa membuat trauma pada kulit kepala dan rambut Anda yang akhirnya bisa menyebabkan kerontokan pada rambut semakin parah.

Berikan Rambut Istirahat

Sebaiknya beri rambut untuk istirahat saat di rumah dan ketika kalian istirahat. Biarkan rambut terurai tanpa diikat ketika di rumah agar lebih mudah bernapas. Cara ini akan membuat rambut jadi lebih segar dan dapat mencegah datangnya ketombe.

Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Para ibu yang baru saja melahirkan pastinya pernah mengalami saat rambut rontok tanpa sebab yang cukup menjengkelkan. Tenang saja, hal itu sangat normal kok dan terdapat beberapa cara untuk menanggulangi rambut rontok yang dihadapi oleh para ibu-ibu paska melahirkan. Untuk lebih lengkapnya yuk langsung saja kita simak secara lebih detail pada artikel di bawah ini.

  • Cobalah gaya rambut yang bagus
  • Cobalah beberapa gaya yang berbeda
  • Gunakan shampoo dan kondisioner yang baik kualitasnya
  • Coba gunakan produk berbeda yang akan membuat rambut anda mengembang
  • Hindari menggunakan sikat atau sisir rambut yang akan menarik dan menekan rambut
  • Konsumsi protein yang cukup dan minum suplemen vitamin

Mengatasi Rambut Rontok Pada Anak

Rambut rontok bukan hanya ditemui pada wanita dewasa, namun juga pada anak-anak baik laki-laki maupun perempuan. Beberapa penyebab kerontokan rambut pada anak-anak bisa dibilang cukup beragam penyebabnya. Salah satunya adalah seringnya pergantian shampoo dan juga rambut yang jarang keramas. Nah, oleh karena itu orang tua harus rajin mengawasi buah hati agar tidak mendapati kerontokan rambut sejak dini. Kenali penyebab rambut rontok pada anak secara lebih detail.

Tinea Capitis

Tinea Capitis adalah infeksi jamur pada kulit kepala yang menjadi penyebab rambut rontok utama pada anak. Tentunya hal ini sangat mengganggu jika tidak ditangani dengan serius karena akan menyebar dan cukup berbahaya.

Trikotilomania

Biasanya anak-anak sering melakukan kebiasaan memutar-mutar, menarik, mencabut, dan juga mengusap rambut, nah kebiasaan ini dinamakan Trikotilomania. Kebiasaan ini biasanya terjadi pada anak-anak yang menderita stres dan juga depresi secara berlebihan.

Alopecia Areata

Salah satu kondisi dengan tanda bulat atau oval yang muncul pada kulit kepala ini sama sekali tidak menular dan sayangnya tidak ada bentuk pengobatan khusus untuk mencegahnya. Lebih mirip dengan unyeng-unyeng jika dideskripsikan dengan kata tradisional, sebaiknya sang anak disarankan untuk sering keramas dan tidak berganti shampoo untuk mencegah kerontokan.

Hypothyroidism

Kelenjar tiroid ternyata juga bisa menjadi penyebab kerontokan rambut pada anak lho. Cukup mewaspadai jika anak mengalami kerontokan rambut yang berlebihan segera cek darah ke dokter karena takut terkena kelenjar tiroid yang tidak aktif. Aktivitas metabolisme yang tidak teratur menyebabkan kerontokan pada rambut.

Nah, itulah berbagai macam cara dan juga penyakit yang menyebabkan kerontokan pada rambut baik pada orang dewasa maupun pada anak-anak. Tentunya hal ini jangan dianggap remeh karena penyebab penyakit yang parah juga bisa dideteksi dari rambut yang rontok secara terus menerus. Semoga artikel ini bermanfaat ya untuk kalian semua dan jangan ragu untuk share ke keluarga, teman, kerabat, saudara, dan semua yang membutuhkan.

Baca juga artikel menarik di bawah ini:

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here