Cara Merawat Sepatu Kulit Asli, Sintetis dan Suede

1

Sepatu merupakan salah satu aset terpenting dalam penampilan seseorang. Biasanya jenis sepatu yang digemari umumnya terbuat dari bahan kulit. Sepatu berbahan dasar kulit memang menarik untuk dipakai. Secara tidak langsung, sepatu formal berbahan kulit menunjukkan kualitas kemapanan seseorang secara luar dalam. Dari sisi luar, sang pemakai pastinya terlihat mapan yang dilengkapi dengan status pekerjaan dan kondisi keuangan yang sudah stabil. Sedangkan dari sisi dalam, sang pemakai terlihat sudah dewasa dan matang dari segi berpikir dan perilaku.

Langkah awal untuk merawat sepatu berbahan dasar kulit adalah mengerti jenis kulit apa yang dipakai untuk membuat kulit tersebut, apa itu berbahan kulit sintetis atau suede. Jika kulit tersebut berkualitas baik, Anda bisa bernafas lega karena Anda akan semakin mudah dalam perawatannya, walaupun memang membutuhkan modal yang cukup besar. Kenali juga sifat kulit sepatu Anda, apakah dia elastis atau tidak. Apakah dia kuat menghadapi perubahan cuaca atau tidak. Bahkan kenali juga tingkat kelembabannya.

Cara Merawat Sepatu Kulit Asli

sepatu-kulit-asli-merawat

Sepatu berbahan kulit sendiri memang tergolong gampang-gampang susah untuk dirawat. Karena jika kita tidak pintar merawatnya, bahan kulit pada sepatu bisa saja retak, bahkan pecah. Belum lagi sengatan panas yang bisa membuat warna sepatu Anda memudar dan tampak tidak menarik. 

Berikut inilah langkah-langkah mudah agar sepatu kulit Anda tetap terawat:

1. Hindarilah sepatu dari terkena air.

Meski tidak langsung terasa efeknya, tapi air secara perlahan dapat merusak bahan dan permukaan kulit pada sepatu. Jika sampai terkena air, segera di lap dengan menggunakan lap kering yang lembut.

2. Selalu gunakan semir sepatu

Gunakanlah semir sepatu dengan warna yang sesuai dengan warna kulit sepatu. Selain itu, pilih semir dengan kualitas terbaik yang bisa kita dapatkan.

3. Bersihkan sepatu dengan cairan pembersih

Jika ingin membersihkan sepatu dengan cairan pembersih, sebaiknya di tes dahulu pada sedikit bagian kecil sepatu yang tidak terlihat. Jika tidak menyebabkan sepatu tergores, kusam atau berubah warna, barulah gunakan cairan pembersih itu ke seluruh permukaan sepatu.

4. Menjemur sepatu

Ketika akan mengeringkan sepatu, jangan dijemur secara langsung di bawah terik matahari. Hal ini justru akan membuat kulit sepatu menjadi kering dan mudah rusak. Cukup diangin-anginkan saja.

5. Gunakan Shoe tree atau Shoe saddle

Jika sepatu kulit akan disimpan dan tidak dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama, gunakan shoe tree atau shoe saddle. Untuk yang bingung, apa itu shoe tree, itu adalah alat yang mirip dengan telapak kaki yang fungsinya untuk diletakkan di dalam sepatu saat tidak digunakan. Biasanya bahannya dari kayu atau plastik. Namun disarankan untuk memilih yang berbahan kayu sebab lebih awet, berfungsi sekaligus menjaga kelembaban dan juga memberikan aroma yang baik untuk kulit sepatu.

6. Hindari penggunaan pengharum sepatu.

Sepatu kulit berbeda dengan sepatu kets atau olahraga!

Cara Merawat Sepatu Kulit Sintetis

bahan-sepatu-kulit-sintetis

Sepatu berbahan dasar kulit sintetis yang artinya sepatu tersebut di buat dengan menggunakan bahan kulit sintetis, sehingga sepatu tersebut tidak murni terbuat dari bahan kulit. Sepatu kulit sintetis terbuat dari campuran bahan-bahan kimia yang diolah di pabrik. Bentuk penampakannya menyerupai kulit dan mempunyai tekstur yang mengkilat, namun sama sekali tidak ada unsur kulit dalam pembuatannya. Kulit sintesis merupakan jenis bahan pembuat sepatu yang paling sering digunakan oleh para produsen, karena mudah didapatkan dan lebih murah.

Untuk cara merawatnya hampir sama dengan sepatu kulit asli dan perlu membutuhkan perhatian ekstra untuk merawatnya, agar kualitas kulit sepatu sintetis tidak rusak.

1. Bersihkan sepatu dari kotoran dan debu dengan menggunakan sikat.

Jangan membersihkan dengan cara mencuci dengan menggunkan deterjen dan air, karena dapat merusak bahan sepatu tersebut. Cukup lap sepatu dengan lap yang basah.

2. Keringkan Sepatu

Jika sudah di bersihkan, langsung keringkan sepatu dengan meng angin-anginkannya di tempat yang sejuk dan teduh.

3. Gunakan silica gel

Setelah kering, simpanlah di dalam kotak sepatu anda yang telah di beri silica gel.

Cara Merawat Sepatu Kulit Suede

cara-merawat-sepatu-suede-yang-tepat

Sepatu berbahan suede memang nyaman dipakai baik oleh pria maupun wanita. Secara sepintas orang awam akan kesulitan untuk membedakan antara suede dan beludru. Padahal, beludru dan suede jelas berbeda bahan dasar pembuatannya.

Suede dibuat dari bagian dalam kulit sapi atau juga bisa hewan ternak lainnya yang disamak lalu diproses melalui beberapa tahap sampai akhirnya tampil eksklusif. jika dibandingkan dengan bahan kulit biasa, kulit suede memiliki tekstur lebih lembut dan lebih rentan rusak. Selain itu, bahan suede juga lebih cepat menjadi kotor dan lebih sulit dibersihkan.

Oleh karena itu, bahan suede memerlukan cara perawatan khusus jika terkena noda. Produk pembersih yang mengandung sabun untuk bahan kulit biasa justru akan memperparah noda pada bahan suede.

1. Gunakan suede protector

Pertama kali Anda membeli sepatu, belilah juga suede protector, semprotkan merata pada sepatu Anda dan sepatu Anda terlindung dari debu dan kotoran. Bisa Anda beli di toko sepatu, harganya sekitar Rp 30.000 – Rp 100.000.

2. Karet penghapus

Jika debu terlanjur menempel, Anda bisa menggunakan karet penghapus untuk menghilangkan debu yang menempel. Gosok secara merata dan searah serta jangan diberi tekanan yang terlalu kuat. Cara ini yang biasa digunakan untuk membersihkan noda-noda yang ringan atau baru.

3. Penyedot debu

Gunakan penyedot debu untuk menghilangkan kotoran yang membandel, gunakan seperti Anda sedang menyedot karpet.

4. Sikat gigi dan air

Sikat gigi digunakan untuk noda yang terlanjur menempel, seperti lumpur atau cipratan minuman yang tumpah. Caranya basahi sikat dan gosokkan searah pada noda. Agar kering letakkan sepatu pada kipas angin, jangan sekali-kali menjemur sepatu Anda!

5. Suede cleaner

Ingin yang praktis? Semprotkan saja suede cleaner dan sikatlah bagian yang disemprot

6. Jaga bentuk sepatu dan kelembabannya

Ada beberapa tips:

  • Bila akan lama tidak dipakai, masukkan sepatu ke wadahnya dan isikan koran ke dalam sepatu agar bentuknya terjaga.
  • Masukkan silica gel pada kotak sepatu dan kamper agar kelembaban dan baunya terjaga, juga mencegah serangga masuk ke dalam sepatu.

Cara Membersihkan Sepatu Kulit yang Kotor

tips-merawat-sepatu-yang-kotor

Walaupun dibuat untuk menginjak tanah, sepatu tidak bisa kamu biarkan kotor setiap saat. Bukan hanya akan menjadi sarang bakteri saja, tetapi juga bisa merusak sepatu itu sendiri. 

Tapi, bagaimana sih cara membersihkan sepatu yang benar? berikut ulasannya:

1. Bersihkan kotoran sebelum anda semir

Jangan pernah menyemir sepatu kulit anda sebelum kotoran yang ada hilang. Karena ketika anda gosok, anda hanya akan menyebarkan kotorannya ke seluruh permukaan.

Untuk hasil maksimal anda bisa menggunakan saddle soap. Sabun ini dirancang khusus untuk membersihkan kulit tanpa merusak permukaan yang sensitif. Kemudian bersihkan dengan sikat atau kain yang lembut.

2. Semir secara rutin

Setelah bersih, semir sepatu kulit anda dengan produk wax/cream polish yang ada. Pastikan sepatu sudah kering sebelum anda semir. Sesuaikan warna wax/cream dengan sepatu.

Tempelkan wax/cream ke sepatu. Kemudian  anda sikat hingga seluruh permukaan sepatu. Diamkan selama beberapa menit. Lalu anda gosok dengan kain bersih hingga mengkilap. Sepatu kulit sebaiknya di semir setiap hari secara rutin.

3. Segera keringkan jika terkena basah

Jangan biarkan terlalu lama sepatu anda terkena air. Jika anda kehujanan, segera keringkan dengan lap kering atau tisu. Untuk bagian dalam sepatu yang basah, gunakan kertas koran.

Masukkan kertas koran ke dalam sepatu. Kemudian posisikan sepatu pada posisi berdiri agar cepat kering. Jangan gunakan pemanas buatan seperti hair dryer, dll. Karena akan merusak kulit dari sepatu tersebut. Biarkan sepatu kulit anda kering secara natural.

4. Jauhkan dari sinar matahari langsung

Ketika anda menjemur sepatu, hindari sinar matahari langsung. Karena sepatu akan mudah cepat rusak dan warna akan cepat pudar. Sepatu akan menjadi terlalu kering dan merusak bentuk aslinya.

5. Keringkan kaki

Kaki yang basah akan membuat kaus kaki anda juga basah. Kondisi di dalam sepatu juga akan menjadi lembab. Jika anda terus-menerus melakukan hal ini, akan memicu bakteri dan kuman di dalam sepatu yang tentunya tidak baik baik bagi kesehatan kaki. Selain itu, sepatu juga akan menjadi bau.

6. Gunakan baking soda untuk penghilang bau

Anda bisa taburkan baking soda pada bagian dalam sepatu di malam hari.  Lalu anda bersihkan taburannya di pagi hari.

7. Hindari mencuci dengan mesin cuci

Sepatu akan cepat rusak dan berkerut. Beberapa lem di sepatu juga akan mudah lepas. Ada baiknya anda mencucinya dengan sikat dan sabun/deterjen.

Sepatu sneakers  canvas biasanya agak sulit dibersihkan. Jangan menunda, karena semakin lama, kotorannya yang menempel akan sulit dibersihkan. Jangan menggunakan pemutih jika sepatu banyak terdapat variasi warna yang cukup banyak.

8. Simpan dengan baik dan rapih

Sediakan tempat khusus untuk menyimpan sepatu. Sediakan rak atau apapun itu agar sepatu anda tertata dengan rapih. Jika memang sepatu anda jarang digunakan, anda bisa meletakkannya di dalam box/kotak kardus agar sepatu anda terhindar dari debu dan kotor.

 
baca juga artikel populer ini :

 

 

SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here