Cara Mudah Merubah Jaringan 3G ke 4G Pada Beragam Kartu Seluler Pada HP Android di Indonesia

1

3g-ke-4g

Sinyal memang merupakan hal yang sering kita eluh-eluhkan, ketika jaringan sinyal memiliki kestabilan kalo bisa memiliki jaringan yang kuat. Tentu itu merupakan idaman bagi para penggona perangkat komputer ataupun smartphone dan perangkat selular lainya. Saat ini memang zamannya akses internet jaringan 4G, bukan lagi 3G seperti beberapa waktu sebelumnya.

Oleh karenanya, tidak mengherankan banyak orang yang penasaran mengenai bagaimana cara merubah jaringan 3G ke 4G untuk HP mereka seperti Samsung, Xiaomi, Asus, Oppo, Lenovo maupun lainnya supaya bisa mendapatkan akses internet yang cepat. Bisa dikatakan hampir seluruh HP android terbaru yang ada saat ini memang sudah support  jaringan 4G LTE, baik itu dari mulai HP android murah ratusan ribu sampai dengan yang punya harga fantastis menyentuh belasan juta.

Maka dari itu cara merubah jaringan 3G menjadi 4G memang sangat perlu Sobat ketahui apalagi kalau pada dasarnya Sobat merupakan orang yang tidak sabaran terlebih untuk urusan internet lemot. Jaringan 4G atau LTE saat ini sudah merajaleka di hampir semua kota di Indonesia. Tidak sampai disitu, pelosok desa kini pun sudah terjangkau sinyal internet berkecepatan tertinggi saat ini.

Maka tidak heran, fungksi atau fitur pengaturan network 4G seluler di smartphone andorid pun kini sudah mulai bisa digunakan untuk menagnkap jaringan LTE. HP Android banyak orang menggunakanya, pastinya ketika sinyal buruk tentu saja akan sangat menganggu aktifitas menggunakan hp android. Terlebih ketika hp android tersedia berbagai pilihan menarik yang dapat anda download ataupun tonton streaming, tentu saja hal itu membutuhkan internet.

Dengan adanya internet yang mencukupi maka semua kegiatan yang membutuhkan koneksi internet akan lebih lancar lagi. Kali ini Tim Futureloka berkesempatan untuk membahas mengenai Cara Mudah Merubah Jaringan 3G ke 4G Pada Beragam Kartu Seluler Pada HP Android di Indonesia, beriikut ulasannya :

Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G Telkomsel

3g-ke-4g-1

Bagi pemilik smartphone yang sudah mendukung jaringan 4G dan berada di area jangkauan 4G tentu ingin segera menikmati cepatnya akses internet melalui jaringan 4G. Untuk bisa menikmatinya kita juga harus menggunakan kartu seluler yang sudah mendukung jaringan 4G.

Saat ini kartu seluler 4G atau yang dikenal dengan sebutan USIM Card sangat mudah diperoleh melalui konter-konter pulsa di sekitar tempat tinggal kita. Setelah USIM Card perdana (dengan nomor baru tentunya) diaktivasi dan diisi paket data kita sudah bisa langsung menikmati internet 4G yang kecepatannya berkali lipat jika dibandingkan dengan internet 2G dan 3G.

Telkomsel sebagai operator seluler dengan pelanggan terbanyak di Indonesia turut memberikan solusi. Bagi pelanggan lama Telkomsel yang ingin meng-upgrade SIM Cardnya bisa datang langsung ke GraPARI yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Upgrade SIM Card 3G menjadi USIM Card 4G yang dilakukan di GraPARI Telkomsel tidak dikenakan biaya sama sekali (gratis). Berikut ini cara merubah jaringan 3G ke 4G Telkomsel :

Pertama: mengambil token atau PIN dari kartu lama

Menggunakan kartu lama hubungi *888*46#. Pada pilihan yang muncul pilih 1. Dapatkan Token/PIN. Masukkan nomor kartu upgrade 4G Telkomsel yang akan digunakan untuk upgrade. Kemudian pilih 1. Ya untuk mengonfirmasi nomor upgrade 4G Telkomsel yang telah dimasukkan jika sudah benar. Tunggu sesaat, kode token/PIN akan dikirim melalui SMS ke nomor lama Anda. Simpan token/PIN tersebut.

Kedua: Menukar (memindah) nomor lama ke SIM Card baru

Menggunakan kartu upgrade 4G Telkomsel hubungi *888*46#. Pilih 2. Upgrade ke Kartu 4G. Konfirmasi bahwa Anda bersedia kehilangan nomor baru tersebut beserta pulsa, kuota dan datanya setelah digunakan untuk upgrade 4G dengan memilih 1. Ya. Masukkan nomor lama Anda, kemudian masukkan token/PIN dengan memperhatikan besar kecilnya huruf. Pilih 1. Ya untuk mengonfirmasi token/PIN dan nomor lama yang Anda masukkan sudah benar. Permintaan upgrade 4G selesai.

Setelah permintaan upgrade 4G selesai, kita harus menunggu maksimal 15 menit untuk mendapat SMS notifikasi proses migrasi nomor telah berhasil dilakukan. Jika sampai lebih dari 15 menit belum mendapat SMS sebaiknya matikan dulu kartu upgrade 4G Telkomsel, kemudian aktifkan kembali.

Sebelum melakukan upgrade 4G, sebaiknya tidak usah mengisi pulsa ke kartu upgrade 4G Telkomsel yang akan digunakan. Sebab nomor baru akan mati (dinonaktifkan) dan pulsa yang kita isi akan hangus. Hanya pulsa senilai 3.000 rupiah bawaan kartu perdana yang akan ditransfer ke nomor lama kita berupa pulsa Telkomsel yang bisa digunakan selama 7 hari pada pukul 00.00-12.00.

Sebelum 30 hari sejak diaktifkan, kartu upgrade 4G Telkomsel bisa digunakan untuk upgrade nomor lama (Simpati, Kartu AS, Loop) yang masih 3G menjadi 4G. Jika sudah melewati 30 hari kartu belum digunakan untuk upgrade 4G maka kita tidak bisa melakukan upgrade 4G dengan kartu tersebut dan harus menggunakan kartu upgrade 4G Telkomsel yang baru.

Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G Smartfren

Smartfren berhasil memperluas jaringan 4G atau LTE ke sebagian besar wilayah di Indonesia, Namun, ternyata penggunaan  jaringan koneksi internet 4G belum maksimal digunakan, karena masih banyak pelanggan (khususnya pelanggan lama) yang masih bertahan  dengan nomer EVDO (3G) nya.

Jika sudah begitu, jalan satu-satunya adalah dengan upgrade RUIM Card EVDO/3G menjadi uSIM Card 4G. Ini artinya kartu lama kita yang hanya bisa menerima jaringan 3G akan diganti dengan kartu yang bisa menangkap jaringan 4G. Tapi tidak usah khawatir, upgrade SIM Card 3G menjadi uSIM Card 4G tidak akan mengubah nomor alias kita ganti kartu dengan nomor yang sama.

Bagi pelanggan lama Smartfren yang ingin meng-upgrade RUIM Cardnya bisa datang langsung ke Gallery Smartfren yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Upgrade RUIM Card EVDO/3G menjadi USIM Card 4G yang dilakukan di Gallery Smartfren tidak dikenakan biaya sama sekali (gratis) bahkan jika beruntung kalian bisa membawa HP 4G Smartfren dengan harga yang sangat miring sebagai Royalti Smartfren kepada pelanggan. Berikut ini cara merubah jaringan 3G ke 4G Smartfren :

Alat – alat :

  • Pertama, Siapkan kartu CDMA Smartfren lama.
  • Kedua, Siapkan Handphone Smartfren Andromax  (Gunakan Andromax 4G lebih Rekomended, Hal ini diperlukan untuk cek sinyal muncul atau tidak dan berhasil upgrade atau tidaknya).
  • Ketiga,  Siapkan Perdana 4G yang masih belum Aktif (Kartu bisa kalian beli di konter-konter, paling harganya sekitar 10-15 Ribu saja, Pastikan pilih kartu 4G VOLTE gambarnya seperti contoh di bawah.

Cara Upgrade :

  • Pasang kartu / Chip CDMA mu yang warna putih tadi di HP Andromax\
  • Hidupkan HP
  • Buka Kartu Perdana Smartfren VOLTE tapi sementara tidak perlu di apa apakan, biarkan saja karna hanya butuh PUK saja di cangkang kartunya.
  • Kemudian kirim SMS ke “1233” dengan format SMS dari nomer/kartu CDMA lamamu dengan format seperti berikut: GANTI#NOMOR_4G#PUK_4G.
  • Jika sudah selesai mengirim SMS, tunggu sekitar 10 menitan kemudian restart HPmu dan pasang kartu 4G yang sudah di migrasi tadi.
  • Cek call *995# jika balasanya sudah tercantum nomer lamamu berarti anda sudah sukses melakukan migrasi. Juga bisa migrasi via SMS ini GRATIS 50GB.

Cara Mengubah Jaringan 3G ke 4G kartu 3 / Tri

3g-ke-4g-2

3 atau Tri atau Three merupakan salah satu perusahaan operator telekomunikasi yang terkenal di Indonesia, 3 sendiri memiliki layanan akses di berbagai bidang yakni paket nelpon, sms dan juga internet. Tri juga menjadi salah satu provider yang memiliki akses jaringan 4g di beberapa area tertentu, namun memang tidak semua pengguna kartu tri dapat menikmati layanan 4g karena memang cara aktivasinya terbilang susah.

Untuk melakukan upgrade kartu tri 4G, kami memiliki 4 metode yang bisa anda lakukan sendiri di rumah dan salah satunya adalah mendatangi langsung ke outlet resmi tri terdekat. Jika tidak gunakan cara yang akan kami berikan, diantaranya :

1. Cara Upgrade 4G Kartu 3 Tri lewat Fanspage FB 3 Indonesia

  • Langkah pertama untuk upgrade kartu online ialah dengan memesan langsung via fanspage Facebook Tri yang bernama 3 Indonesia.
  • Anda tinggal mengisi data anda dengan lengkap seperti yang kami share dibawah ini :
    – Nomor Tri Anda :
    – Nama Lengkap :
    – Alamat rumah lengkap :
    – Kota :
    – Kode Pos :
    – Email :
  • Jika sudah, silahkan anda kirim data lengkap anda ke fanspage 3 Indonesia, selang beberapa menit nanti akan ada balasan. Bila memang lama anda bisa kirim ulang karena kemungkinan admin sibuk.
  • Biasanya sekitar 2 mingguan atau 14 hari pesanan anda akan sampai kerumah anda dengan selamat.

2. Cara Upgrade tri ke 4G lewat Online

  • Langkah pertama silahkan anda akses situs resmi di tri.co.id/paskabayar/upgrade-usim-64k-4g
  • Setelah itu akan muncul form pengisian seperti yang kami share di bawah ini, jadi anda tinggal mengisi data sebenar-benarnya dengan lengkap.

3g-ke-4g-3

  • Jika sudah diisi dengan benar, maka silahkan anda langsung klik tombol submit untuk mengirimkan informasi data-data anda.
  • Selanjutnya anda tinggal menunggu pesanan kartu 4g anda datang sampai kerumah.

3. Membeli kartu 3 4g langsung

Jika cara yang kami share diatas membuat anda jemu menunggu, anda bisa melakukan cara ketiga yakni dengan membeli kartu 3 tri 4g dengan harga Rp 2.000-3.000. Setelah mendapatkan kartu 4G  tri, silahkan anda kirim SMS menggunakan kartu Tri lama yang formatnya ketik SIM (spasi) 20 Angka ICCID USIM 4G (angka dibawah barcode kartu) kemudian kirim ke 123.

EX : SIM 89628990007081725441 08980753336 Kirim ke 123

Selanjutnya masukkan kartu dengan 4G LTE ke ponsel anda dan kemdian coba anda cek nomor, pulsa, dan kuota, silahkan cek. Memang umumnya anda akan segera memperoleh bonus kuota 30GB 4G yang lewat sms.

4. Aktivasi 4g kartu 3 Lewat Outlet

Untuk melakukan melakukan aktivasi kartu 3 ke 4g yang terakhir adalah dengan mendatangi langsung outlet resmi kartu tri yang tersedia yakni di JABOTABEK, kemudian kota Bandung, Yogyakarta, Danpasar, Pontianak, Makassar dan Batam.

Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G Indosat Ooredoo

3g-ke-4g-4

Siapa tak kenal dengan Indosat, perusahaan industri yang bergerak di bidang operator telekomunikasi ini semakin memperbanyak layananya, dari mulai paket telpon, sms hingga paket internet. Indosat abetau perusahaan yang memiliki jargon Indosat Ooredoo ini memiliki beberapa produk seperti mentari, m3 dan matrix, semuanya memiliki layanan internet yang berbeda-beda, namun kini Indosat memiliki layanan jaringan super tangguh yakni jaringan 4G LTE.

Jaringan 4G LTE merupakan salah satu teknology jaringan yang dapat memudahkan kita untuk mengakses internet, dengan cepat dan aman. Meskipun teknology 4G LTE sudah ada, namun keberadaanya belum dapat digunakan oleh semua pengguna provider, termasuk provider Indosat Ooredoo. Berikut ini cara merubah jaringan 3G ke 4G Indosat Ooredoo :

  • Pertama silahkan anda hubungi Customer Service dari Indosat buat mengaktifkan Kartu USIM 4G-LTE yang dibeli.

3g-ke-4g-5

  • Sebelum anda memasukan kartu USIM 4G-LTE pada perangkat android, ios atau windows phone, pastikan koneksi data atau data seluler anda dalam keadaan “off”.
  • Kemudian matikan perangkat, lalu masukan kartu USIM 4G-LTE, setelah itu hidupkan perangkat.
  • Selanjutnya pergi ke menu Setting kemudian klik Network/jaringan lalu pilih Mode Jaringan dan Pilih LTE maupun 4G. Silahkan aktifkan data seluler Hp anda.

3g-ke-4g-6

Demikianlah artikel mengenai Cara Mudah Merubah Jaringan 3G ke 4G Pada Beragam Kartu Seluler Pada HP Android di Indonesia yang dapat Tim Futureloka sampaikan,s emoga bermanfaat. Ada juga yang sudah melakukan pengaturan tapi jaringan 4G belum bisa tertangkap. Ada beberapa hal yang menyangkut persoalan itu, seperti pertama, menggunakan SIM Card yang sudah lama keluaran tahun 2012 ke bawah dimana belum support jaringan 4G.

Silahkan Sobat pergi ke galeri operator SIM Card yang digunakan dan ganti SIM Card. Kedua, daerah belum ter-cover jaringan atau sinyal 4G. Ketiga, HP android belum support jaringan 4G. Dapat dipastikan juga dengan jaringan 4G LTE ini juga kita dapat internetan baik itu main game online, streaming, download dan browsing lebih cepat dan stabil menggunakan jaringan 4G LTE. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

1 COMMENT

  1. Terimakasih ilmunya semoga bermanfaat. Maaf saya masih ada blum faham dg nomor untuk upgrade 4G. Apakah itu nomor pin/token. Atau lain? Terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here