Cara Mudah Supaya Memori HP Android Tidak Cepat Penuh dan Lega

0

(5) Internal-Storage

Memori internal HP android kita sering kali penuh. Padahal tidak banyak aplikasi yang diinstall bahkan data yang kita simpan seperti foto, video, atau music tidak terlalu banyak. Namun mengapa masih cepat penuh hingga menimbulkan peringatan ya? Angan langsung panic dan menghapus aplikasi atau data yang kita punya dulu. Sebaiknya simak yang berikut ini.

Kali ini Tim Futureloka akan membahas tentang Cara Mudah Supaya Memori HP Android Tidak Cepat Penuh dan Lega. Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menyiasati Memori HP kamu yang seringkali penuh tiba-tiba. Yuk kita simak yang berikut ini.

  1. Hapus Chace dari aplikasi

(5) cover

Apa itu chace? Chace berasal adri kata Cash. Istilah Cache adalah tempat menyembunyikan atau tempat penyimpanan sementara. Sesuai dengan definisi, chace memori adalah tempat menyimpan data sementara. Namun chace ini bisa dibilang sampah/sisa. Cara membersihkannya adalah pengaturan -> penyimpanan -> aplikasi -> hapus semua cache. Maka cache akan terhapus.

  1. Hapus folder .thumbnail

Folder .thumbnail adalah sebuah flder yang terletak di dalam folder DCIM pada memori internal android. Folder ini berisi file .thumbdata dan icon-icon fotogambar dengan resolusi kecil yang muncul pada galeri. Fungsi dari icon-icon yang muncul pada folder tersebut adalah untuk menyimpan icon gambar atau foto di galeri sehingga ika kita membuka galeri maka proses loading akan lebih cepat. Selain itu, gambar atau foto yang dihapus sebelumnya uga masih ada duplikatnya dapa folder .thumbnail.

Cara menghapus folder .thumbnail adalah manager file -> internal storage -> folder DCIM -> folder .thumbnail dan hapus semua file yang ada.

Menghapus folder .thumbnail ini uga bisa dilakukan dengan menggunakan PC.

Mungkin cara di atas bisa untuk menyiasati memori internal kamu yang penuh. Itulah artikel mengenai Cara Mudah Supaya Memori HP Android Tidak Cepat Penuh dan Lega. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here